Jangan Sampai Terlambat, 3 Aset Berharga Ini Perlu Kamu Lindungi

Perlindungan Aset Berharga

Kemampuan manusia dalam memprediksi masa depan sangatlah terbatas. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Setidaknya, ada tiga aset berharga dalam hidup yang perlu dilindungi selagi kita sempat dan sehat.

Salah satu hal yang pasti dalam kehidupan adalah ketidakpastian itu sendiri. Ungkapan ini menggambarkan betapa terbatasnya kemampuan manusia dalam memprediksi sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Meskipun telah menggunakan teknologi tercanggih dan algoritma paling kompleks sekalipun. Hal terbaik yang bisa kita lakukan tidak hanya sibuk membuat prediksi, tetapi cepat bergerak dan menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, baik untuk dirimu atau aset berharga lainnya. Sesuai dengan pepatah: “Sedia Payung Sebelum Hujan”.

Manfaatkan Waktu Luangmu, Sebelum Datang Waktu Sempitmu

Kehilangan menyadarkan kita hal-hal berharga dan penyesalan yang selalu datang terlambat. Tahun 2020, sedikit banyak mengajarkan kita untuk mensyukuri segala nikmat yang diberikan Tuhan bagi kehidupan. Berikut beberapa hal yang seringkali kita abaikan pada masa sekarang, padahal sangat berharga jika sudah kehilangan atau berlalu.

- Waktu Luang

Waktu merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan. Sayangnya, Padatnya agenda kerja seringkali menjadi fokus utama kita dalam mengejar target harian dan lupa menyisihkan waktu luang, bagi diri sendiri ataupun keluarga. Mungkin karena terlalu meresapi ungkapan: waktu adalah uang, sehingga kita seperti terus dituntut menggunakan waktu hanya untuk mengerjakan hal-hal yang menghasilkan uang saja.

- Mulai Menabung Dan Investasi

Walau menabung dan berinvestasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun, hanya sebagian saja yang benar-benar melakukannya sedini mungkin. Karena sudah membayangkan besarnya dana yang harus dikumpulkan di masa depan, membuat orang jadi terlalu sibuk membuat perencanaan investasi tetapi tak kunjung juga memulainya. Padahal, tak ada patokan untuk mulai menabung atau berinvestasi harus dengan nominal yang besar. Mencicil investasi dengan dana sedikit dan rutin dilakukan akan jauh lebih baik hasilnya dibandingkan dengan langsung menganggarkan dana besar tetapi hanya sekali.

Semakin lama sibuk berkutat dengan kalkulasi angka, sebenarnya justru akan semakin “mahal” juga anggaran yang harus kita alokasikan untuk mencapai target keuangan di masa depan. Mulailah bergerak sesuai dengan kemampuan. Jika rezeki bertambah, maka kita dapat menambah alokasi dana untuk tabungan dan investasi juga. Jangan sampai, kita mewariskan trend sandwich generation karena kita lupa mengelola apa yang kita miliki sekarang bukan?

- Kehidupan Bersosialisasi

Di masa yang serba dituntut untuk cepat terkadang membuat orang hanya berorientasi pada target pekerjaan yang harus tuntas diselesaikan. Hal ini pula yang lama kelamaan membuat orang lebih bersifat individualis. Tak peduli lagi dengan apa yang sedang terjadi pada teman, kerabat, saudara, atau lingkungan terdekatnya. Kelelahan dengan urusan pribadi terkadang membuat orang lupa akan pentingnya bersosialisasi. Padahal, sebagai makhluk hidup, nilai-nilai sosial tetap penting untuk dijaga.  Bertemu dan menyapa tak hanya sebatas fisik tetapi juga dilakukan sepenuh hati. Jangan sampai terus larut tenggelam dengan dunia sendiri dan baru menyadari pentingnya kehadiran orang lain serta lingkungan saat mereka sudah meninggalkan kita.

- Perlindungan Aset

Aset merupakan barang berharga baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Agar terhindar dari risiko yang bisa menggerus nilainya, maka aset juga perlu dilindungi. Sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melindungi aset adalah merawatnya secara rutin, menggunakannya sesuai aturan, hingga menggunakan asuransi. Jangan sampai kita menanggung risiko kerusakan atau kehilangan dulu baru sadar bahwa aset tersebut berharga dan perlu untuk dilindungi.

Langkah Perlindungan Aset Berharga

Tak dipungkiri, untuk melindungi aset memang membutuhkan waktu dan biaya yang nilainya bervariasi. Tergantung jenis dan potensi risiko pada aset tersebut. Namun, dengan strategi dan langkah yang tepat, upaya perlindungan yang kamu lakukan bisa optimal. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam melindungi asetmu:

- Buat Inventaris Aset

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam melindungi aset-aset berharga adalah, dengan membuat inventaris harta beserta risiko dan tingkat kepentingannya. Mulai dari rumah, barang berharga, alat elektronik, hingga kendaraan.

- Petakan Cara Perlindungan Aset

Dalam inventaris aset tersebut, kamu bisa tambahkan penjelasan lebih rinci, misalnya tahun perolehan aset, harga pembelian, hingga faktor risiko. Dari keterangan itu kamu bisa menetapkan jenis perlindungan yang diberikan untuk masing-masing aset. Apakah cukup dengan perlindungan pribadi atau perlu perlindungan dari pihak lain seperti asuransi.

- Susun Anggaran

Luangkan waktu untuk menyusun anggaran bulanan, termasuk dalam hal perlindungan aset. Hal penting dalam penyusunan anggaran adalah mengetahui berapa penghasilan kita dan apa saja pengeluaran yang diperlukan.

- Realisasi

Jika rancangan anggaran telah tersusun, segera realisasikan dengan disiplin. Karena kita tidak tahu kapan risiko itu akan benar-benar terjadi. Semakin cepat aset kamu terlindungi, maka kita bisa meminimalisir risiko yang lebih besar di masa depan.

3 Aset Prioritas

Setiap orang memiliki kriteria yang berbeda untuk menetapkan aset mana yang menjadi prioritas untuk dilindungi. Namun demikian, secara umum ada tiga aset utama yang penting untuk segera dilindungi:

- Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Sebagai tempat tinggal dan berlindung, rumah menjadi salah satu aset yang penting untuk dilindungi. Untuk lebih memberikan ketenangan dan kenyamanan menempati rumah, ada baiknya kita memiliki asuransi bagi aset penting dalam kehidupan ini. Salah satu asuransi yang bisa kamu pilih adalah Asuransi Kebakaran Rumah dari Garda Home. Sejumlah risiko yang ditanggung dalam asuransi ini antara lain kebakaran, kerusuhan dan huru-hara, tertabrak kendaraan.

- Mobil

Meski bukan kebutuhan dasar manusia, mobil memiliki peranan sebagai salah satu aset penting bagi sebagian orang. Terlebih di masa pandemi. Mobil menjadi salah satu kendaraan utama yang relatif lebih aman untuk digunakan untuk bepergian. Sebagai aset bergerak, mobil sangat rentan dengan berbagai risiko seperti kecelakaan, kehilangan, kerusakan, hingga dampak dari bencana alam seperti banjir. Oleh karena itu, mobil perlu mendapat perawatan dan perlindungan yang maksimal, salah satunya dengan asuransi. 

Agar lebih aman dan nyaman saat berkendara, kamu bisa melengkapi perlindungan mobilmu dengan asuransi dari Garda Oto. Asuransi ini bisa memberikanmu jaminan untuk kerugian atau kerusakan dari seluruh risiko yang dijamin dalam polis, hingga kehilangan mobil akibat pencurian.

- Kesehatan

Selain aset yang berwujud seperti rumah dan mobil, aset lain yang tak kalah penting untuk dilindungi adalah kesehatan dan jiwa. Hal ini penting karena sebanyak apapun aset yang kita miliki tidak dapat kita nikmati secara maksimal jika kesehatan terganggu. Jagalah kesehatan dengan menjaga asupan nutrisi dan berolahraga rutin. 

Selain disiplin menjaga kesehatan, perlindungan melalui asuransi kesehatan dan jiwa juga penting untuk dimiliki. Karena, saat kita sakit, tak hanya fisik saja yang menderita tetapi kebutuhan biaya pengobatan juga akan besar. Salah satu asuransi kesehatan dan jiwa yang dapat dipilih adalah asuransi dari Astra Life. Beragam pilihan asuransi tersedia dan yang terpenting kamu bisa mengatur sendiri premi dan perlindungannya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

Ada dua asuransi kesehatan dari Astra Life yang bisa coba kamu pertimbangkan:

Pertama, Flexi Health

Asuransi yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari. 

Kedua, Medicare Premier

Kamu juga bisa dapatkan perlindungan maksimal dari Medicare Premier asuransi kesehatan tambahan (rider) dengan asuransi dasar AVA iBright Protector, yang memberikan kenyamanan bagi nasabah dan keluarga saat dirawat di rumah sakit.

Jadi, selagi memiliki waktu yang luang, kesehatan, dan masa produktif, segera realisasikan rencana untuk memberikan perlindungan maksimal bagi seluruh aset berhargamu, termasuk diri dan keluarga. Tak akan ada kata rugi untuk melindungi diri dan aset berharga lainnya. Justru, di masa depan kamu akan berterima kasih pada dirimu sendiri atas langkah perlindungan yang kamu lakukan saat ini.

Ingat, waktu terus berjalan. Dengan demikian, jangan sampai kamu terlalu sibuk menghitung risiko tetapi tidak mengambil langkah nyata untuk menghadapi potensi risiko yang akan muncul. Cari tahu juga  mengenai Garda Oto   untuk mempelajari perlindungan maksimal bagi mobil dan rumahmu, dan website astralife.co.id untuk memahami perlindungan kesehatan dan jiwa. 

Follow juga Instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips-tips bermanfaat lainnya. Urusan Sehat No Worries, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke iLoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog iLoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.