Bosan dengan yang Bersantan? Menu Pilihan Ini Pas Agar Mulut Segar Kembali

Makanan Tanpa Santan

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Setelah sebulan penuh berpuasa, umat muslim merayakan kemenangan Idul Fitri. Momen Idul Fitri biasanya menjadi ajang silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara dan para sahabat. Hidangan lezat khas Lebaran pun dihidangkan. Tiap daerah di Indonesia punya menu spesial yang khas dihidangkan di hari Lebaran. Dan, umumnya menu-menu ini dimasak dengan santan, lezat tapi tinggi lemak dan kolesterol.

Jika Anda dan keluarga ingin kesehatan terjaga selama libur Lebaran kali ini, masih ada banyak lho sajian Nusantara lainnya yang bebas santan namun tetap nikmat disantap. Berikut beberapa menu yang bisa dijadikan referensi Anda untuk sajian di libur Lebaran.

Pempek Palembang

Hidangan berbahan dasar ikan tenggiri cocok untuk disantap bila Anda mulai bosan dengan makanan bersantan. Kuah pempek yang asam pedas terasa segar di mulut setelah beberapa hari menyantap ketupat dan opor ayam. Tambahkan potongan ketimun, untuk menambah kesegaran hidangan pempek Anda.

Asam-Asam Ayam

Sedikit mirip dengan garang asam, sajian ini juga memiliki kuah bening dan menggunakan belimbing wuluh atau belimbing sayur. Tambahkan juga tomat hijau sebagai pemberi rasa asam segar pada kuahnya. Jadi, selain tanpa santan, asam dari belimbing wuluh juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Warna-warni Hidangan Lebaran Nusantara

Semur

Jika di hari Lebaran Anda menikmati daging dimasak santan menjadi rendang, kali ini Anda bisa memasaknya tanpa santan menjadi semur. Tambahkan buncis, wortel dan kacang polong agar asupan serat bisa tetap tercukupi.

Bakso

Menu yang satu ini jadi hidangan yang paling banyak dicari usai bulan Ramadan, bahkan di hari raya Lebaran. Gurihnya kuah bakso membuat lidah terasa segar setelah menyantap berbagai hidangan bersantan khas Lebaran. Tambahkan sayuran seperti tauge dan sawi hijau agar bakso terasa semakin nikmat.

Salad Buah

Tak hanya hidangan utama, meriahnya hari Lebaran kurang lengkap tanpa adanya menu dessert yang biasanya manis dan segar. Agar tak bosan dengan kue-kue kering, Anda bisa menghidangkan salad buah segar yang ditambahkan potongan agar-agar yang memberikan sensasi kenyal dan dingin. Daripada menyajikan sirup atau minuman bersoda, salad buah dapat menjadi alternatif yang lebih sehat.

Baca Juga: Kenapa Harus Ada Rendang di Antara Kita Ketika Lebaran?

Bila Anda mengalami kesusahan untuk mengurangi hidangan bersantan, ada berapa trik yang bisa dilakukan tanpa perlu khawatir berlebihan. Begini caranya:

  • Jaga porsi makan
    Apa saja yang berlebihan tentu tidak akan baik dampaknya. Anda bisa menikmati opor ayam, rendang dan ketupat asalkan dalam porsi secukupnya. Misalnya, makan 1/2 bungkus ketupat dan 1 potong kecil rendang dalam 1 kali waktu makan.
  • Tetap seimbang
    Karena sudah menyantap banyak menu berlemak dan bersantan, imbangi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Untuk kue kering, bisa diganti dengan buah-buahan segar.
  • Perbanyak gerak
    Liburan memang saatnya bersantai tapi tidak berarti Anda harus terus bermalas-malasan. Imbangi asupan yang dikonsumsi dengan memperbanyak gerak. Mulai dari olahraga ringan seperti jalan kaki cepat hingga membersihkan rumah.

#AyoLoveLife dengan tetap menjaga asupan makanan agar acara silaturahmi di Idul Fitri berjalan lancar.




« | »
Read previous post:
keto diet
Cara Seru Jalani Pola Makan Ketogenik Sambil Berpuasa

Mendambakan badan sehat dan ramping jelang hari raya Lebaran? Tetap ingin makan enak tanpa takut berat badan bertambah? Jika iya,...

Close