Rekomendasi 5 Aplikasi Keuangan untuk Manajemen Keuangan Pribadi

Aplikasi keuangan bermanfaat untuk manajemen finansial kamu, nih. Berikut rekomendasi aplikasi catatan keuangan untuk kamu!

rekomendasi aplikasi keuangan pribadi

Siapa yang suka banget belanja online? Wah, rasanya sudah tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi memberikan kemudahan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, ya. Beberapa di antaranya adalah kehadiran dompet digital, perbankan digital, hingga aplikasi keuangan lainnya yang sering kita jumpai.

Hadirnya dompet dan perbankan digital sebagai alat pembayaran online membuat kita semakin mudah melakukan transaksi kapan dan di mana saja. Meski kehadirannya memberikan dampak positif, ternyata ada juga dampak negatif yang dirasakan, lho.

Melansir Detikcom, data dari Bank Indonesia menyebutkan bahwa terjadi kenaikan transaksi perbankan digital pada semester I 2021 yang menembus angka 39,3%. Hal ini disebabkan aplikasi perbankan digital saat ini menawarkan kemudahan bertransaksi mulai dari transfer uang, pembelian, hingga pembayaran yang semuanya bisa dilakukan melalui gadget.

Apalagi saat ini sudah tersedia layanan pembayaran melalui QR code yang membuat proses transaksi semakin mudah hanya dengan scan QR code melalui aplikasi dompet dan perbankan digital. Maka dari itu, melansir Jawa Pos, kehadiran dompet digital dikatakan selaras dengan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat. Pasalnya, jika tidak dikelola dengan baik, mungkin hal ini bisa berpengaruh terhadap stabilitas keuanganmu, lho!

Sekarang sudah banyak software atau aplikasi akuntansi yang bisa digunakan untuk mencatat keuangan pribadi harian, mingguan, hingga bulanan. Aplikasi keuangan yang bisa kamu unduh di gadget dengan mudah itu bermanfaat untuk manajemen finansial kamu, nih.

Berikut rekomendasi aplikasi catatan keuangan untuk kamu!

Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Manajemen Keuangan yang Lebih Baik

1. Mint

Mint: Budget & Track Bills juga bisa menjadi pilihan untuk kamu. Aplikasi yang di-develop oleh perusahaan Intuit Inc berhasil diunduh oleh 10 juta orang di Google Play Store (Android). Sebanyak 750 ribu orang pun sudah memberikan ranking App Store (Apple) hingga aplikasi ini mendapatkan ranking sebesar 4.8/5.

Lalu, apa saja kelebihan dari aplikasi ini? Mint memberikanmu kemudahan untuk mensinkronisasikan rekening bank, kartu kredit, hingga rekening pensiun kamu ke dalam satu aplikasi untuk melacak pendapatan, pengeluaran, dan juga tabungan yang kamu punya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti perencanaan anggaran harian, laporan keuangan bulanan, hingga fitur keamanan agar catatan keuangan kamu tersimpan dengan aman di aplikasi. Menariknya lagi, segala catatan keuangan yang kamu masukkan ke sini akan secara otomatis diperbarui sesuai kategori pengeluaran yang kamu lakukan. Meski begitu, kamu tetap bisa merevisi dan menambahkan kategori lain sesuai dengan kebutuhan.

2. Monefy: Money Tracker

Monefy: Money Tracker yang dikembangkan oleh Reflectly ApS merupakan aplikasi pencatat keuangan yang dirilis tahun 2014. Sejak rilisnya, aplikasi ini telah diunduh oleh lima juta orang di Google Play Store (Android) dan mendapatkan rating sebesar 4.7/5 di App Store (Apple).

Monefy memiliki desain yang simpel sehingga memudahkan kamu untuk membuat catatan keuangan dengan praktis. Selain itu, kamu bisa melakukan manajemen keuangan pribadi dengan cara yang sederhana, intuitif, dan mudah dipahami.

Aplikasi ini juga memungkinkanmu memasukkan pencatatan keuangan sebanyak yang kamu mau, serta menyesuaikan jenis mata uang yang digunakan. Menariknya, kamu bisa menambahkan lebih dari satu akun di Monefy dengan pencatatan yang bisa diatur secara terpisah. Sehingga kamu akan mendapatkan laporan keuangan bulanan yang terpisah sesuai dengan akun yang ditautkan di sana.

Hadirnya kategori untuk membedakan pemasukkan dan pengeluaran juga akan membantu kamu agar lebih mudah mendistribusikan keuanganmu dengan laporan yang memperlihatkan persentase dari setiap kategorinya setiap bulan.

3. Money Lover: Expense Manager

Money Lover: Expense Manager yang dibuat oleh developer Finsify Technology Company Limited merupakan aplikasi pengatur keuangan telah diunduh oleh kurang lebih lima juta pengguna di Google Play Store dengan rating yang cukup menarik, yaitu 4.6/5. Tak hanya lewat Google Play Store, para pengguna Apple juga bisa menemukan aplikasi ini di App Store.

Aplikasi ini menawarkan kemudahan untuk melakukan pencatatan keuangan hanya dalam hitungan detik. Kamu bisa memasukkan pendapatan dan pengeluaran ke beberapa kategori yang jelas dan tervisualisasikan seperti kategori pendapatan yang memiliki gaji dan hadiah di dalamnya, lalu kategori pengeluaran yang memiliki makanan dan belanja di dalamnya.

Laporan disajikan langsung dalam satu tempat yang memperlihatkan gambaran jelas mengenai pola pengeluaran kamu setiap bulannya. Untuk memudahkan kamu yang memiliki lebih dari satu device, aplikasi Money Lover: Expense Manager bisa disinkronisasi dengan aman di seluruh perangkat dengan standar keamanan Bank.

4. AndroMoney

Jika kamu mencari aplikasi keuangan yang simpel dan bisa memberikan laporan keuangan mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan, kamu bisa mencoba AndroMoney. Meskipun namanya AndroMoney, aplikasi ini tak hanya bisa diunduh oleh pengguna Android, tetapi juga tersedia untuk pengguna Apple.

Aplikasi yang rilis pada 2011 ini telah diunduh sebanyak satu juta kali di Google Play Store dan mendapatkan rating 4.6/5. Aplikasi ini menawarkan password protection sehingga kerahasiaannya aman terjaga karena tak semua orang bisa mengaksesnya di handphone-mu.

AndroMoney juga merupakan aplikasi laporan keuangan yang bisa dihubungkan ke layanan Cloud Storage jika kamu ingin melakukan backup agar data, financial plan, dan laporan yang kamu punya tidak hilang meskipun nantinya kamu mengganti device sehingga kamu bisa dengan mudah mengatur pemasukkan dan pengeluaran kembali.

5. Money Manager Expense & Budget

Money Manager Expense & Budget adalah aplikasi keuangan yang dirilis pada 2013 oleh Realbyte Inc yang bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi catatan keuangan untukmu. Aplikasi ini membantu kamu untuk mengelola keuangan pribadi mulai dari mencatat transaksi, membuat laporan keuangan, meninjau data keuangan (harian, mingguan, hingga bulanan), dan mengelola aset dengan melacak pengeluaran serta perencanaan anggaran yang kamu buat.

Aplikasi Money Manager Expense & Budget bisa kamu unduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna Apple. Hingga kini, aplikasi Money Manager sudah diunduh kurang lebih 10 juta pengguna di Google Play Store dengan rating 4.5/5.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa menjaga privasi kamu dengan baik karena adanya passcode untuk menjaga aplikasi tetap aman. Laporan keuangannya pun akan diberikan dalam bentuk grafik dan jika kamu mengganti gadget atau ponselmu, semua datanya bisa disimpan dengan melakukan backup dan restore.

Selain tujuan manajemen keuangan menggunakan aplikasi keuangan penting untuk menjaga cash flow menjadi lebih terarah, memiliki manajemen keuangan yang teratur akan membuat hidupmu menjadi lebih aman, nyaman, dan bahagia.

Dengan begitu, kamu bisa mendistribusikan keuangan yang kamu punya agar sesuai dengan kebutuhan yang ada, misalnya untuk kebutuhan pokok, tagihan, dana darurat, tabungan, investasi jangka panjang, hingga asuransi.

Nah, selain ada aplikasi keuangan untuk memudahkan manajemen keuangan, sekarang telah hadir aplikasi asuransi supaya lebih mudah mengakses layanan asuransi kapan saja dan di mana saja dengan MyAstraLife. MyAstraLife merupakan Aplikasi layanan nasabah Astra Life yang menyediakan berbagai fitur layanan yang dapat memudahkan kamu untuk berasuransi dalam satu genggaman.

Aktif dan sibuk menjalani rutinitas sehari-hari membuat kita perlu meluangkan waktu untuk memperhatikan proteksi diri dengan asuransi, hingga bagaimana kita mengaksesnya. MyAstraLife hadir untuk memudahkan seluruh nasabah Astra Life dalam mengakses manfaat polis, nilai dana unit link, e-card, dan klaim secara online. Semua menjadi lebih mudah, simpel, dan transparan dalam satu genggaman.

Rasakan pengalaman baru dalam berasuransi dan nikmati berbagai pilihan fitur menarik hanya bersama MyAstraLife! Untuk info lebih lanjut, langsung kunjungi website astralife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!