Belajar Mengatur Keuangan dari Serial Money Heist: Korea, Yuk!

Seperti apa sih cara mengatur keuangan yang bisa dipetik dari serial Money Heist: Korea (2022) ini? Langsung saja kita bahas bareng-bareng, yuk!

serial money heist korea

Belum lama ini, Netflix meluncurkan serial Money Heist: Korea Joint Economic Area pada 24 Juni 2022 lalu. Serial ini merupakan remake versi Korea dari serial original Money Heist (2017) yang sudah memiliki 5 season sampai versi Koreanya rilis. Serial original dengan judul lain La Casa del Papel ini bercerita tentang perampokan uang terbesar yang terjadi di Spanyol.

Cukup berbeda dengan serial aslinya, serial Money Heist: Korea Joint Economic Area (2022) mengambil latar belakang ketika Korea Selatan dan Korea Utara bersatu untuk membentuk mata uang yang sama. Lalu, sekelompok orang yang dipimpin oleh The Professor kemudian membuat rencana untuk mencuri mata uang hasil dari reunifikasi tersebut.

Perbedaan latar belakang ceritanya pun membawa warna baru dalam versi Korea ini. Namun, bukan hanya ceritanya yang membuat serial ini menarik, melainkan penggambaran karakter dan pesan yang terkandung di dalamnya. Bisa dibilang, ada banyak pelajaran hidup menarik yang bisa kamu ambil dari serial ini, termasuk cara mengatur keuangan ala The Professor.

Seperti apa sih cara mengatur keuangan yang bisa dipetik dari serial Money Heist: Korea (2022) ini? Langsung saja kita bahas bareng-bareng, yuk!

Belajar Mengatur Keuangan dari Serial Money Heist

1. Membuat rencana jangka panjang

Dalam serial Money Heist: Korea Joint Economic Area, kamu bisa melihat bagaimana The Professor fokus untuk menerapkan rencana jangka panjang. Pasalnya, The Professor selalu membuat rencana keuangan setelah melakukan perampokan. Contohnya seperti uangnya mau dipakai buat apa, akan dialokasikan untuk apa saja, semuanya sudah direncanakan dengan matang.

Ketika kamu ingin mengatur keuangan, usahakan untuk membuat rencana jangka panjang dan hindari hanya menghabiskan uang demi keperluan jangka pendek. Dengan membuat rencana jangka panjang, kamu jadi tahu harus mengalokasikan keuangan kamu untuk apa saja, sebanyak apa, serta bisa menyisihkan beberapa bagian sebagai dana darurat.

Usahakan untuk memiliki mindset bahwa uang yang kamu punya saat ini bukan hanya untuk hari ini, bukan hanya untuk bulan depan, dan juga bukan hanya untuk satu tahun berikutnya. Tapi, uang yang kamu punya adalah investasi untuk kehidupanmu di masa yang mendatang.

2. Hindari bersikap impulsif dan atur emosi

Ada beberapa karakter di dalam serial Money Heist: Korea Joint Economic Area yaitu Denver, Tokyo, atau Berlin tidak jarang terlihat bertindak impulsif dan mengambil keputusan keuangan tanpa memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu ketika mereka sedang mengalami kondisi emosional yang kurang stabil. 

Bertindak impulsif seperti ini mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga kita, di mana impulsif merupakan keadaan ketika seseorang berperilaku tanpa memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu. Dalam hal keuangan, impulsif paling banyak dikaitkan dengan seseorang yang suka membeli barang tanpa memikirkan nilai guna barang tersebut dan kondisi keuangannya terlebih dahulu.

Nah, berperilaku impulsif tentu akan merugikan kamu jika terus menerus dilakukan. Meski telah membuat rencana keuangan sebelumnya, tidak menutup kemungkinan rencana yang dibuat akan berantakan akibat kamu terlalu sering bertindak impulsif dengan membeli barang tanpa berpikir dahulu. Maka dari itu, hindari membuat keputusan keuangan ketika emosi kamus sedang tidak baik, ya! Usahakan untuk menjernihkan pikiran sebelum memutuskan apa yang mau kamu lakukan dengan uang tabunganmu agar tak menyesal.

3. Lakukan riset

Serial Money Heist: Korea mengajarkan kita untuk selalu riset sebelum melakukan sesuatu. The Professor menghabiskan waktu kurang lebih satu tahun hanya untuk riset sebelum menjalankan operasi perampokannya dengan sangat detail. Hal ini bisa kita terapkan di kehidupan supaya kamu memiliki informasi yang cukup untuk mengelola uang tabungan secara jangka panjang.

Kamu bisa melakukan riset tentang bagaimana mengatur dan menyimpan uang tabungan terbaik yang akan memberikan keuntungan untukmu. Misalnya mendepositokan uang di bank tempat kamu menabung yang menawarkan suku bunga deposito dengan angka tinggi.

Selain deposito, kamu juga bisa berinvestasi seperti bermain saham, obligasi, reksadana, hingga investasi emas. Untuk bisa menentukan investasi apa yang paling cocok, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini untuk kamu mengetahui bagaimana cara investasi, apa saja keuntungan dan kerugiannya, dan seperti apa cara kerja pengelolaan uangnya.

4. Lingkungan yang mendukung

Kamu pun bisa melihat bahwa The Professor dalam serial Money Heist Korea tidak bergerak sendiri, ia dibantu dan didukung oleh timnya yang berisikan orang-orang dengan kemampuan khusus yang berbeda-beda. Hal inilah yang bikin rencana-rencana yang dibuatnya bisa berjalan dengan sukses. Maka dari itu, memiliki lingkungan yang mendukung juga sangat penting, lho.

Jika berada di lingkungan yang suka menghabiskan uang dalam sekali waktu, kamu juga akan cenderung mengikuti kebiasaan tersebut. Sebaliknya, jika berada di lingkungan dengan orang-orang dengan pengelolaan keuangan baik, kamu juga terdorong untuk melakukan hal yang sama atau bahkan lebih baik. Jadi, jika kamu ingin memiliki rencana keuangan yang sukses, kamu akan membutuhkan orang-orang yang mendukung kamu untuk melakukan hal tersebut.

5. Membagi waktu

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, The Professor dalam Money Heist: Korea Joint Economic Area menunjukkan bagaimana kesabaran bisa membuahkan hasil dan keberhasilan tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. Dengan membagi waktu untuk mempersiapkan rencana keuangan yang matang, pengelolaan uang kamu bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Karena mengelola keuangan tidak bisa dilakukan secara instan, kamu perlu menyisihkan waktu untuk belajar, membuat perencanaan, atau bahkan ngobrol sama teman buat mendapatkan persepsi baru tentang cara terbaik mengelola keuangan. Contohnya ketika mau melakukan investasi dan perlu melakukan riset, tentu ada waktu yang kamu sisihkan untuk melakukannya.

Jadi, bagilah waktu dan benar-benar serius ketika melakukan perencanaan keuangan. Tak hanya membagi waktu untuk mendapatkan uang saja, tetapi kamu juga perlu membagi tenaga, kesabaran, hingga mempersiapkan mental saat mengelola jika ada yang tak sesuai rencana.

Untuk menghindari adanya biaya atau kondisi tidak terduga yang mungkin kamu temukan ketika hendak melakukan medical check-up hingga bisa membuat rencana keuangan kamu menjadi berantakan, kamu bisa mulai menggunakan asuransi kesehatan.

Dengan begitu kamu sudah memiliki proteksi dini. Pasalnya, asuransi kesehatan bisa melindungi kamu dari biaya pengobatan yang tinggi dan tak terduga, serta meminimalkan pengeluaran ketika kamu atau anggota keluarga lainnya ada yang jatuh sakit. Jadi, kondisi keuangan kamu lebih aman lagi.

Jika ingin mendapatkan manfaat asuransi jiwa dan kesehatan secara maksimal, Medicare Premier dari Astra Life bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Medicare Premier adalah produk asuransi tambahan dari Astra Life yang memberikan Manfaat Jaminan Perawatan Medis menyeluruh, premium, serta berlaku di wilayah pertanggungan hingga ke wilayah di luar pertanggungan tanpa khawatir akan inflasi akibat kenaikan harga biaya kesehatan. Produk ini bisa dibeli bersamaan dengan produk asuransi dasar lainnya dengan pembayaran premi berkala, yang memberikan penggantian biaya perawatan di rumah sakit mulai dari perawatan sebelum rawat inap sampai setelah rawat inap, dan diperkaya dengan manfaat penunjang lainnya hingga pemantauan penyakit kritis.

Selain itu, manfaat menarik yang ditawarkan Medicare Premier seperti layanan private ‘one bed and one bathroom’ tanpa batasan waktu rawat inap, pertanggungan biaya akomodasi untuk pendamping, perawatan lengkap sebelum dan sesudah rawat inap, pertanggungan pada kondisi darurat, hingga manfaat kesehatan komprehensif lainnya. Dengan Medicare Premier, kamu tidak perlu khawatir akan inflasi akibat biaya kesehatan yang naik sehingga rencana keuangan kamu bisa tetap berjalan dengan baik. Kamu bisa cek informasi lengkapnya di astralife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!