Tiga Cara Diet Sehat untuk Bantu Anda Turunkan Berat Badan

Diet Sehat Yuk

Setiap menjelang akhir pekan apakah Anda terbiasa menyiapkan daftar panjang restoran yang siap dikunjungi untuk mencicipi berbagai menu lezatnya? Tapi setelahnya Anda panik saat melihat jarum timbangan bergeser semakin ke kanan. Pokoknya, mulai sekarang harus mulai diet.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan Anda. Cara yang instan pun ada. Namun, apakah itu cara yang Anda cari? Tanda Anda mencintai diri dan kehidupan adalah dengan menerapkan hidup sehat, termasuk cara diet yang ingin Anda jalani.

Berbagai penelitian yang akan kami ungkap di bawah ini, bisa jadi pilihan tepat untuk membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara sehat. Yuk, simak!

Kurangi Gula dan Karbohidrat

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah asupan gula dan karbohidrat yang biasa menjadi konsumsi harian Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Psychiatry and Behavioral Sciences, Duke University Medical Center, mengurangi dua asupan itu akan menurunkan rasa lapar dan akan membuat jumlah kalori yang Anda makan berkurang.

Sebagai informasi, dari tiga makronutrisi (karbohidrat, protein, dan lemak), karbohidrat lah yang paling berpengaruh meningkatkan gula darah dan insulin. Karena itu, bila Anda melakukan low-carb diets hal itu akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan Anda dan mengontrol diabetes. Diet satu ini juga dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh Universitas Valladolid, di Spanyol, sebagai salah satu cara diet yang efektif mengatur level insulin dalam tubuh. Insulin ini adalah hormon di dalam tubuh Anda yang akan mengubah gula menjadi energi.

Konsumsi Protein, Lemak, dan Sayuran

Ingat baik-baik ya, ketiga jagoan ini harus ada di menu makan Anda selama diet. Untuk menjalani diet yang tepat, asupan karbohidrat yang tepat setiap harinya adalah sekitar 45 – 65 persen. Dari sana Anda bisa menghitung jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi.

Nah, keuntungannya bila Anda meningkatkan porsi pada tiga jagoan di atas, asupan karbohidrat yang Anda konsumsi hanya berkisar di angka 20 – 50 gram dalam sehari. Jadi jangan bingung lagi mencari sumber protein seperti daging, ikan, hingga telur. Pilihan sayur-mayur low-carb di antaranya brokoli, kembang kol,bayam, tomat, timun, kol, hingga kale.

Olahraga Tiga Kali dalam Seminggu

Melengkapi program diet sehat yang Anda lakukan tentu saja harus diimbangi dengan aktivitas fisik. Ada beberapa metode olahraga yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa melakukan angkat beban di gymDengan mengangkat beban, seperti diungkap dalam penelitian oleh Department of Human Studies, Universitas Alabama, Anda akan membakar banyak kalori dan membantu Anda untuk mencegah metabolisme yang menurun. Kondisi ini sebenarnya sangat umum sebagai efek samping saat berat badan Anda menurun. Selain angkat beban, Anda juga bisa melakukan berbagai pilihan olahraga kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang. Lakukan saja pilihan-pilihan olahraga tersebut tiga kali dalam seminggu selama 30 menit.

Anda siap mencoba cara diet sehat yang sudah teruji dari berbagai penelitian ini? Ada baiknya, Anda cek kondisi kesehatan terlebih dulu sebelum mencoba untuk menurunkan berat badan. Setiap orang punya kondisi tubuh yang berbeda-beda. Kalau Anda sudah berkonsultasi akan lebih nyaman dan aman untuk memulai program diet. Lengkapi juga dengan perlindungan ekstra seperti Siap SehatKu dari Astra Life yang memberikan proteksi dini untuk kesehatan Anda. #AyoLoveLife dengan menjalani hidup sehat!

 

 




« | »
Read previous post:
Asuransi BPJS
Ini 4 Alasan Harus Punya Asuransi Kesehatan Meski Sudah Ada BPJS

Sejak penerapan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), pemerintah mewajibkan seluruh warga negara Indonesia (WNI) mengikuti program jaminan kesehatan di Badan...

Close