Simak 10 Tips Membeli Asuransi Online Terbaik

Kini, kamu dapat membeli asuransi online melalui smartphone atau laptop, kapan saja. Berikut beberapa tips menemukan asuransi terbaik.

Tips Membeli Asuransi Online Terbaik Astra Life

Betapa mudahnya hidup di era digital, di mana berbagai kebutuhan bisa kamu penuhi dalam genggaman. Begitu pula halnya dalam urusan memilih asuransi. Jika dulu, orang perlu bertemu agen untuk membeli asuransi, namun tidak demikian halnya sekarang. Kamu dapat membeli asuransi online melalui smartphone atau laptop, di mana saja, kapan saja. Jika kamu masih ragu untuk membeli asuransi online, berikut beberapa tips agar kamu bisa menemukan asuransi online terbaik. Apa saja?

Tips Membeli Asuransi Online Terbaik

1. Cari yang praktis

Proses pembelian atau pendaftaran asuransi online secara umum lebih praktis ketimbang melalui agen pemasaran. Sebab, kamu bisa atur sendiri waktu yang pas untuk mencari asuransi online, membandingkan beberapa asuransi online sekaligus, serta membeli yang sesuai dengan kebutuhanmu. Bahkan, membeli asuransi online juga memungkinkan nasabah untuk melakukan perubahan premi dan besar uang pertanggungan (UP) tanpa menutup polis.

2. Cari perusahaan asuransi yang kredibel

Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah asuransi online kredibel atau tidak? Kamu bisa mengetahui suatu perusahaan asuransi kredibel dengan cara mengecek reputasinya dalam membayar klaim. Cek pula rasio solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) yang menunjukkan kesehatan keuangan perusahaan asuransi tersebut. Semakin besar RBC suatu perusahaan asuransi, maka semakin sehat kondisi keuangan perusahaan tersebut. OJK sendiri menetapkan rasio minimal untuk RBC perusahaan asuransi jiwa adalah 120%.

Ini juga yang menjadi alasan selanjutnya mengapa kamu perlu mempertimbangkan Flexi Life. Sebab, produk ini dikeluarkan oleh Astra Life, perusahaan asuransi didukung oleh dua grup besar yakni PT Astra International Tbk dan Aviva Holdings International Ltd. Selain itu, hingga Mei 2020 lalu, RBC Astra Life sangat tinggi, mencapai 477%, atau dengan kata lain, telah melampaui standar minimum yang ditetapkan OJK.

3. Pilih proses pembelian yang cepat

Pilih asuransi online yang memungkinkan kamu melakukan transaksi lebih cepat. Dalam mendaftarkan diri pada asuransi online, kamu cukup membaca detail informasi produk, memanfaatkan fitur kalkulator dengan mengisi usia dan manfaat atau uang pertanggungan (UP) yang ingin diperoleh untuk mengetahui ilustrasi premi, mengisi formulir yang hanya memakan waktu paling lama 5 menit, serta mengunggahnya secara online. Jika semua persyaratan telah dipenuhi, maka dalam 5 menit kamu telah terproteksi. Polis pun akan dikirim otomatis melalui email. Jauh lebih cepat daripada proses pembelian asuransi konvensional yang memakan waktu sekitar dua minggu.

4. Pilih cara transaksi yang lebih aman

Membeli asuransi online jelas lebih aman, terutama dalam situasi sekarang di mana kita perlu melakukan physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain. Karena, kamu bisa memperoleh asurnsi online tanpa tatap muka. Kamu juga bisa melakukan transaksi dengan mentransfer dana tanpa harus menyetor tunai ke bank. Sehingga, risiko dirimu terinfeksi virus corona pun lebih kecil.

5. Pilih proses pendaftaran yang mudah

Pilihlah proses pembelian asuransi online yang mudah. Secara umum, proses seleksi nasabah asuransi online umumnya dilakukan secara simple underwriting, atau tanpa pemeriksaan kesehatan (medical check up). Untuk asuransi online berjangka, pilihlah yang proses perpanjangannya mudah, tanpa harus mendaftar ulang lagi setiap tahun. Lalu, jika kamu ingin bertanya seputar hal yang tertera pada polis, kamu juga tetap dapat memperoleh penjelasan dari customer service yang akan menyapa kamu dalam chat box di website asuransi online tersebut.

Salah satu asuransi online yang memberikan UP hingga Rp5 miliar tanpa medical check up adalah Flexi Life, asuransi jiwa online dari Astra Life. Selain itu, Flexi Life menerapkan sistem auto renew, sehingga polis kamu otomatis diperpanjang setiap tahun tanpa perlu mendaftar ulang. Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan seputar produk ini, kamu pun bisa bertanya-tanya pada AVA, Virtual Assistant yang siap membantu kamu di chat box pojok kanan bawah pada website Flexi Life.

6. Cari yang aman

Pilih perusahaan asuransi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memastikan bahwa asuransi online yang hendak kamu beli aman, begitu pula dengan data yang kamu cantumkan pada website perusahaan asuransi.

7. Pilih premi yang lebih terjangkau

Umumnya, premi yang ditawarkan asuransi online lebih terjangkau. Mengapa? Karena produk ini tidak membebankan komisi atau marketing fee untuk agen pemasar. Ini yang menyebabkan kamu bisa memperoleh manfaat optimal dengan premi yang murah. Sebagai contoh, jika kamu pria berusia 28 tahun dan menginginkan Flexi Life dengan UP sebesar Rp1,5 miliar, maka kamu cukup membayar premi sebesar Rp387.000 per bulan. Nilai ini setara dengan budget kamu menonton bioskop setiap weekend selama sebulan, lho. lebih hemat lagi kalau kamu pilih pembayaran langsung 1 tahun. Kamu langsung dapat diskon premi 2 bulan, jadi hanya cukup membayar 10 bulan saja. Ingin cek berapa premi yang perlu kamu bayar untuk memperoleh UP yang optimal dari Flexi Life? Cek di sini.

9. Bandingkan beberapa produk sekaligus

Jangan terburu-buru memutuskan membeli asuransi online. Melainkan, bandingkan terlebih dahulu beberapa produk sekaligus. Toh, kamu bisa melakukan ini bersamaan dari layar gadget kamu. Membandingkan produk ini berguna agar kamu memperoleh produk proteksi asuransi jiwa terbaik.

10. Memberikan perlindungan atas risiko pandemi

Pilihlah asuransi online yang bisa memberikan perlindungan sesuai kondisi yang terjadi saat ini. Mengingat saat ini kita sedang menghadapi pandemi virus corona, pilihlah asuransi online yang juga memberikan jangkauan perlindungan termasuk risiko COVID-19, seperti Flexi Life. Dengan demikian, kamu bisa beraktivitas dengan aman dan tenang, karena kamu punya safety net yang memastikan kamu dan keluarga terlindungi jika terjadi risiko virus corona.

Membeli proteksi kini semakin mudah dengan kehadiran asuransi online. Ketika membeli asuransi online, pastikan kamu memilih Uang Pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhanmu agar kamu bisa memperoleh proteksi terbaik. #generasi5miliar

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!