21 Hari Menjadi Lebih Baik dan Sehat

Tahukah kamu, berdasarkan sejumlah riset dan penelitian, setidaknya dibutuhkan 21 hari untuk bisa membentuk pola hidup yang lebih baik dan sehat?

21 Hari Lebih Baik dan Sehat

Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk hidup lebih baik. Perbaikan kondisi ekonomi hingga kesehatan menjadi dua hal penting dalam menunjang kehidupan seseorang. Namun, setiap perubahan perlu diawali dengan langkah kecil.

James Clear, penulis buku bestseller Atomic Habit, mengungkapkan bahwa habit atau kebiasaan merupakan kumpulan dari perbaikan diri yang dilakukan secara berulang. Konsistensi aktivitas dibutuhkan untuk bisa membentuk kebiasaan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Berdasarkan penelitian, dibutuhkan 21 hari agar kita bisa mengubah pola kebiasaan buruk menjadi pola kebiasaan yang lebih baik. Jadi, kita memang membutuhkan waktu untuk berproses dan komitmen untuk terus melakukan kebiasaan yang lebih baik secara berulang.

Demi mencapai keberhasilan dalam membentuk kebiasaan yang lebih baik dan sehat, faktor lingkungan sedikit banyak juga akan mempengaruhi. Berada di lingkungan yang peduli dengan kesehatan tentu cepat atau lambat membuat kita termotivasi menjalani hidup lebih sehat juga. Dengan demikian, pertemanan yang sehat juga penting hadir dalam proses 21 hari membentuk pola hidup lebih baik dan sehat.

Efek Yo-Yo

Pernahkah kamu mengenal seseorang yang melakukan program diet tapi selalu merasa gagal? Atau justru kamu sendiri yang pernah mengalaminya? Padahal rasanya segala cara telah dicoba. Memang sempat turun, bahkan turun signifikan, tapi kok naik lagi dengan cepat juga ya? Hal ini sering disebut dengan diet yoyo, alias cepat turun tapi cepat naik lagi, tidak stabil.

Biasanya diet dengan efek yoyo seperti ini terjadi salah satunya karena seseorang kurang konsisten menjalankan pola dietnya. Dalam artian, mereka bisa cepat sekali mengalami penurunan berat badan, tetapi setelah angka berat badan yang diinginkan tercapai, pola hidupnya kembali seperti semula. Padahal, pola hidup yang lebih sehat diperlukan agar menimbulkan efek berkelanjutan yang lebih stabil.

Tidak dipungkiri, di masa yang serba instan ini orang-orang juga menginginkan perubahan yang instan. Apalagi jika ada contoh orang yang berhasil mengalami perubahan lebih baik dalam waktu yang singkat. Sayangnya, masih banyak orang yang berorientasi pada hasil bukan proses. Sehingga, yang menjadi fokus banyak orang adalah bagaimana bisa mencapai perubahan dalam waktu sekejap.

Dalam kasus diet, banyak orang yang kelebihan berat badan hanya berfokus untuk menurunkan angka di timbangan secara signifikan, tetapi lupa bahwa tujuan utama diet harusnya adalah mengubah pola makan untuk memiliki kehidupan yang lebih sehat.

Bukan hanya diet, tetapi membentuk rutinitas yang lebih baik juga berlaku untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan sehat lagi. Lalu bagaimana caranya?

Lakukan Secara Bertahap

Step by step atau bertahap. Perlu diingat bahwa semua hal dalam kehidupan itu membutuhkan proses. Seorang teman pernah bergurau:

“Bahkan mie instan saja perlu proses memasak untuk bisa enak dimakan”.

Jadi, apa yang perlu dilakukan?

Tentukan Target dan Siapkan Niat

Hal pertama, start menentukan target dan siapkan niat. Memulai dengan target yang kecil sangat baik agar tidak merasa berat di awal. Lalu, tetapkan niat untuk lebih konsisten dan implementasikannya melalui jadwal. Apa saja habit atau kebiasaan kecil yang ingin kamu lakukan setiap harinya?

Tentukan Durasi Waktu

Selanjutnya, kamu bisa tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan proses tersebut.

Formula 21/90 ternyata bisa dijalankan sebagai upaya membangun kehidupan yang lebih baik dan sehat. Proses membangun habit membutuhkan waktu 21 hari dan dilanjutkan hingga 90 hari untuk menjadikannya gaya hidup permanen.

Agar lebih seru dan semangat menjalankan 21 hari kebiasaan baik, kamu bisa mengajak teman-teman untuk ikut menjalankannya bersama. Bahkan kamu bisa meminta salah satu teman untuk menjadi coach yang rajin memantau perkembanganmu setiap harinya.

Kegiatan Untuk Lebih Sehat

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu coba untuk membangun kebiasaan dan pola hidup lebih baik dan sehat. Kamu boleh saja memilih salah satu setiap harinya. Atau, kamu bisa menantang dirimu untuk menjalankan 2 atau 3 habit ini setiap harinya.

1. Usahakan bangun lebih pagi. Suasana pagi yang tenang memberikan kesempatan diri kamu memiliki me-time yang berharga.

2. Mulai meditasi. Membantumu menjernihkan pikiran agar pikiran bisa fokus dan menikmati segala hal yang terjadi.

3. Awali hari dengan mengkonsumsi makanan sehat. Jadikan buah sebagai salah satu menu yang dikonsumsi ketika sarapan.

4. Perbanyak konsumsi air putih. Volume kecukupan air putih setiap orang memang berbeda, tapi secara umum orang dewasa perlu mengkonsumsi 2-3 liter air setiap harinya

5. Buat jadwal setiap hari agar kamu bisa disiplin menghargai waktu.

6. Satu hari dalam satu minggu, usahakan untuk sign off dari social media. Ada kehidupan dan pengalaman seru di dunia nyata yang bisa kamu lakukan daripada berinteraksi di dunia digital.

7. Mengurangi konsumsi gula, soda dan gorengan. Memilah konsumsi makanan dan minuman akan membantu pencernaanmu lebih rileks.

8. Kosongkan jadwal paling tidak satu minggu sekali, untuk menelpon dan bertukar kabar dengan orangtua dan saudara-saudara. 

9. Berolahraga. Lakukan olahraga secara rutin dengan kegiatan dan perlengkapan yang sederhana dulu. Olahraga juga bisa membantu kamu merasa lebih sehat dan pikiran yang fresh.

10. Tidur sebelum tengah malam

Kegiatan Bersama Teman

Adapun, beberapa pilihan kegiatan menyehatkan dan seru yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman untuk memiliki kebiasaan lebih sehat di masa pandemi adalah:

1. Jadwalkan grup zoom meeting secara berkala, misalnya seminggu sekali. Hanya sekadar saling bertukar cerita atau membahas trending topic yang bikin semua teman tertawa.

2. Inisiatif membentuk olahraga virtual bersama dan secara bergantian. Misalnya melakukan yoga atau zumba bersama. Bisa juga lari bersama tetapi di tempat masing-masing.

3. Rencanakan hari detoks jajan. Di hari itu kamu bersama teman-teman sepakat untuk tidak jajan ataupun membeli cemilan kopi apalagi gorengan. Ini juga bisa dijadikan tantangan atau challenge dalam pertemanan kalian. Siapa yang melanggar, maka akan mendapatkan konsekuensinya.

Tantangan 21 Hari Hidup Sehat

Bagi kamu yang masih bingung untuk memulai dari mana dan apa saja aktivitas yang perlu dilakukan dalam 21 hari mengubah kebiasaan menjadi lebih baik, Astra Life bersama #PertemananSehat memiliki tantangan yang menarik dan bisa diikuti oleh kamu dan teman-temanmu melalui 21 Days Workout Challenge yang mulai digelar pada 18 Maret-7 April 2021.

Apa saja daftar aktivitas yang akan kamu lakukan selama 21 hari nanti? Simak menunya berikut ini:

Aktivitas

Day 1: bergerak 100 langkah setiap jam (dari bangun tidur sampai mau tidur lagi)

Day 2: step up step down (30 sec x 3 set), jumping jack 10 x 3 set, butt kick 30 sec x 3 set

Day 3: plank 30 sec x 5 – wall sit 10 sec x 5

Day 4: walk or jog for 3K

Day 5: arm drills 3 set

Day 6: hip lift 10x and hold for 10 sec, hip lift and march 10x each leg, dead bug 10x — repeat for 3 rounds

Day 7: lead workout with PS: LIIT (low intensity)

Day 8: get 8 hours of sleep and yoga

Day 9: jalan kaki outdoor 5000 langkah

Day 10: step up step down (45 sec x 3 set), jumping jack 15 x 3 set, butt kick 45 sec x 3 set

Day 11: walk or jog for 5K

Day 12: plank 45 sec x 5 – wall sit 15 sec x 5

Day 13: lower body drills 3 set

Day 14: hip lift 15x and hold for 10 sec, hip lift and march 15x each leg, dead bug 15x — repeat for 3 rounds

Day 15: lead workout with PS: HIIT

Day 16: drink 2 liters of water and yoga

Day 17: jalan kaki outdoor 7500 langkah

Day 18: walk or jog for 7K

Day 19: plank 1 min x 5 – jumping jack 10 sec x 5

Day 20: cardio workout for 45 minutes

Day 21: lower body variation drill.

Kamu juga bisa mengkombinasikan aktivitas tantangan di atas di hari yang sama. Misalnya saja kamu merasa bisa melakukan tantangan untuk hari kedelapan sejak hari pertama. Namun, tetap diingat bahwa tantangan ini harus dilakukan sesuai dengan kemampuanmu.

Apa Tujuannya?

Tujuan diadakannya 21 Days Workout Challenge dari Astra Life dan #PertemananSehat adalah untuk menyebarkan dan menularkan gaya hidup sehat, khususnya berolahraga kepada semua orang. Jika tantangan dilakukan bersama teman tentu rasanya bisa lebih fun dan bersemangat karena tahu bahwa tak hanya kita sendiri yang sedang berupaya mengubah kebiasaan menjadi hidup lebih sehat. Challenge ini juga untuk mengajak kita semua agar bisa mencintai hidup dengan rasa tenang. Yuk, daftarkan dirimu sekarang agar  Urusan Sehat Jadi Tenang, #iGotYourBack

Akan ada hadiah menarik juga untuk kamu yang mengikuti 21 Days Workout Challenge ini lho. Untuk info lebih lengkap, kamu bisa kunjungi website Astralife.co.id. Jangan lupa follow Instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke iLoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog iLoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.