Rayakan Hari Kasih Sayang, Ini 5 Ide Kado Valentine Ramah Kantong

Memasuki Hari Valentine 14 Februari, berikut 5 ide kado Valentine ramah kantong yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk orang tersayang!

ide rekomendasi kado valentine murah

Memasuki bulan Februari maka artinya ada hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Seperti biasa, semua orang di seluruh dunia akan merayakan Valentine’s Day atau hari kasih sayang sedunia pada 14 Februari yang tahun ini bertepatan di hari Selasa. Hari Valentine tak lengkap rasanya tanpa kado Valentine yang disiapkan untuk orang tersayang.

Kado Valentine sendiri berisikan barang yang menjadi rekomendasi kado untuk pacar. Meskipun pada awalnya hari kasih sayang berkaitan dengan hal-hal romantis untuk kekasih, tetapi kini rasa kasih sayang di hari itu juga bisa ditujukan untuk orang terkasih lainnya seperti keluarga. 

Dalam merayakan Hari Valentine, kamu bisa mengajak pacar bertemu untuk makan malam atau menonton film bersama. Namun, jika kamu sedang menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR), kamu bisa mencoba alternatif lain seperti menyiapkan ucapan hari kasih sayang beserta kadonya.

Agar dompet tetap aman, kamu bisa coba beberapa rekomendasi kado Valentine untuk pacar yang berkesan dan ramah kantong. Nah, sebelum masuk ke ide kado Valentine, mari kita tengok sedikit tentang sejarah Hari Valentine, yuk!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque ornare ante diam, eu accumsan elit congue ac. Maecenas sit amet eros aliquet, condimentum dui sed, commodo quam. Etiam a suscipit nibh, ultrices fermentum velit. Suspendisse gravida convallis ante eget pellentesque. Curabitur malesuada quam eget massa ultricies accumsan. Nunc condimentum consequat rutrum. Aenean tortor orci, aliquet at pellentesque eu, rhoncus non sem. Praesent sed iaculis justo.`

Hari Kasih Sayang Sedunia dan Hadirnya Hadiah Valentine

Melansir History, selama abad pertengahan, orang Prancis dan Inggris umumnya percaya bahwa tanggal 14 Februari adalah awal musim kawin burung. Gagasan inilah yang kemudian melahirkan hari kasih sayang–atau hari romantisme. Penyair asal Inggris bernama Geoffrey Chaucer adalah orang yang pertama kali mencatat Hari Valentine sebagai hari perayaan dalam puisinya “Parlemen Foules” (1375).

Sejak saat itu, Valentine semakin populer lagi, dengan munculnya tulisan tentang Valentine setelah tahun 1400-an. Pada 1415, Charles, Duke of Orleans menuliskan ucapan Valentine berupa puisi untuk istrinya ketika dirinya sedang dipenjarakan di Menara London. Beberapa tahun kemudian, Raja Henry V juga dikabarkan menyewa seorang penulis untuk memberikan ucapan hari kasih sayang kepada Catherine dari Valois.

Orang Amerika lalu mulai membuat tren bertukar kado Valentine yang dibuat sendiri pada awal 1700-an. Kemudian, pada 1840-an, Esther A. Howland yang dikenal sebagai “Mother of the Valentine” mulai menjual valentine pertama yang diproduksi secara massal di Amerika.

Menurut Greeting Card Association, diperkirakan ada sekitar 145 juta kartu ucapan yang dikirimkan pada Hari Valentine setiap tahunnya. Angka ini menjadikan Hari Valentine sebagai hari pengiriman kartu terbesar kedua setelah Natal.

5 Ide Kado Valentine yang Simpel dan Hemat Kantong!

Mengingat Hari Valentine selalu menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu sebagai momen untuk mengungkapkan rasa kasih sayang yang lebih spesial ke orang terkasih, berikut ini rekomendasi 5 ide kado Valentine yang bisa kamu jadikan inspirasi yang ramah di kantong!

1. Buket cokelat do it yourself (DIY)

Bukan Valentine’s Day namanya kalau tanpa cokelat. Yup, ide kado Valentine yang pertama adalah dengan membuat buket cokelat sendiri atau do it yourself (DIY)! Kira-kira, bagaimana caranya?

Pertama, kamu perlu menyiapkan cokelat merk apapun sesuai dengan selera. Kemudian, jangan lupa untuk membeli flower wrapping untuk menjadi wadah kamu menempatkan cokelat yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Lalu, kamu akan membutuhkan printilan kecil lainnya seperti lem, selotip, gunting, kartu ucapan, pita, dan barang-barang lain yang bisa menambahkan kreasi buket cokelat DIY kamu menjadi lebih menarik! Untuk cara membuatnya sendiri, kamu bisa mengikuti tutorial yang banyak tersedia di YouTube, TikTok, dan media sosial lainnya.

2. Happiness jar

Pernah dengar istilah happiness jar? Ini adalah toples yang isinya bukan makanan, melainkan ucapan-ucapan manis sekaligus encouraging yang biasa diberikan seseorang untuk pacarnya. Nah, happiness jar ini juga cocok dijadikan sebagai ide kado Valentine, lho!

Selain karena pembuatannya yang bisa dilakukan sendiri, happiness jar juga termasuk ide kado Valentine hemat yang ramah untuk kantongmu. Untuk menyiapkan happiness jar, kamu perlu membeli toples yang lucu dan menarik. Ukuran toples biasa disesuaikan dengan banyaknya ucapan yang mau kamu masukkan ke dalamnya, ya.

Karena toplesnya akan diisi dengan serangkaian ucapan manis untuk orang terkasih, maka kamu memerlukan kertas warna warni yang nantinya dilipat dan dimasukkan ke dalam toples. Agar lebih menarik, tulislah kertas tersebut menggunakan spidol atau pulpen warna warni.

Kamu juga bisa menambahkan permen, hiasan yang dibuat dari origami, stiker, hingga cokelat kecil yang dimasukkan bersama dengan ucapan-ucapan di dalam happiness jar tersebut. Jangan lupa berikan sentuhan pita atau hiasan bunga di toples agar lebih romantis.

3. Tanaman hias untuk di kamar

Kamu dan pasangan suka dengan hal-hal yang berbau alam? Memberikan tanaman hias sebagai ide kado Valentine sepertinya bakal cocok untuk kalian. Selain bisa menjadi kado unik yang out of the box, tanaman hias juga memberi manfaat jika ditaruh di dalam ruangan, lho.

Contohnya seperti tanaman peace lily yang direkomendasikan oleh NASA untuk menghilangkan polutan berbahaya di dalam ruangan. Selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman peace lily sangat cocok ditempatkan di kamar karena bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Dengan kualitas tidur yang baik, kamu bisa meminimalisir risiko terkena penyakit yang bisa disebabkan kurang tidur atau terlalu sering begadang. Pasalnya, terlalu sering begadang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti hipertensi, serangan jantung, dan stroke.

Untuk itu, lebih menjaga kesehatan agar tetap aman dan nyaman di masa depan, kamu bisa coba memberikan asuransi seperti asuransi jiwa sebagai salah satu ide kado valentine yang ramah kantong.

Pasalnya, selain kondisi kesehatan, menjaga kondisi finansial dengan memberikan proteksi dini berupa asuransi jiwa juga penting untuk mempersiapkan diri ketika ada anggota keluarga yang sakit atau meninggal.

Produk asuransi jiwa dari Astra Life bisa jadi pilihan kamu. Flexi Life memiliki memiliki keunggulan di mana kamu bisa menentukan perlindungan jiwa hingga Rp5 miliar, dan tidak perlu medical check-up. Kamu tidak perlu repot untuk mendaftar ulang karena asuransi ini auto renew atau selalu diperpanjang secara otomatis setiap tahun. Tak hanya itu, preminya bisa mulai dari Rp12 ribu per bulan, sehingga kamu bisa berhemat untuk masa depan.

Selain itu, kamu bebas mengubah besarnya Uang Pertanggungan, Masa Pertanggungan, Frekuensi Pembayaran Premi, dan mengajukan perubahan lain sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupanmu secara online hanya dengan mengunjungi ilovelife.co.id, lho! Klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

Jika memberikan tanaman hias masih dirasa kurang romantis, kamu bisa menempelkan kartu ucapan hari kasih sayang di pot bunga atau mengikatnya di tangkai bunga. Tak hanya kartu ucapan, kamu juga bisa menaruh foto polaroid bersama pasangan di sana!

4. Skin care atau body care

Baik laki-laki maupun perempuan mungkin sudah tidak asing dengan skin care. Pasalnya, menggunakan skincare secara rutin bisa menjaga kesehatan kulit agar tetap lembab, tidak mudah kering, dan menghindari kulit menjadi kusam hingga pecah-pecah.

Maka itu, skin care atau body care bisa menjadi ide kado Valentine yang akan berguna untuk pasangan. Pasalnya, merawat kulit perlu dilakukan sejak dini, karena kulit merupakan garda terdepan yang memberikan perlindungan untuk organ internal tubuh dan menjaganya dari sinar UV, polutan, dan mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit.

Memberikan produk perawatan kulit untuk pasangan di Hari Valentine bisa menunjukkan seberapa sayang dan pedulinya kamu terhadap kesehatannya. Selain itu, produk skin care dan body care akan sangat berguna karena merupakan produk yang dipakai sehari-hari.

5. Bingkai kolase

Jika kamu dan pasangan sangat suka mengabadikan momen bersama, ini adalah saat yang tepat untuk kamu cetak beberapa momen yang paling berkesan dan menempatkannya ke dalam bingkai. Nah, pilihan bingkai yang cocok untuk ide kado Valentine yaitu bingkai kolase.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, bingkai ini akan terlihat bagus untuk dipajang di tembok kamar. Pilihan modelnya pun sudah semakin banyak sekarang dengan warna yang juga menarik. Apalagi untuk kamu yang sudah berkeluarga, kamu bisa collage foto bersama pasangan dan anak di dalam bingkai kolase tersebut.

Nah, selain foto atau ilustrasi kamu dengan pasangan, ternyata ucapan hari kasih sayang juga cocok disematkan ke dalam bingkai, lho. Jika kamu ingin foto-fotonya terkesan lebih menggemaskan lagi, kamu bisa mencetak ala-ala foto polaroid sebelum menaruhnya di bingkai.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!