Belajar dari Serial Twenty Five Twenty One, Ini Pentingnya Memahami Love Language

Meskipun bersifat universal, bahasa cinta setiap orang bisa berbeda. Kegagalan memahami love language berpotensi mengganggu keharmonisan hubunganmu dan pasangan, seperti kisah Back Yi Jin dan Na Hee Do di Twenty Five Twenty One.

Durasi baca: 6 menit

Belajar dari Serial Twenty Five Twenty One, Ini Pentingnya Memahami Love Language

Tak seperti kebanyakan drakor, Twenty Five Twenty One tidak ditutup happy ending. Sehingga banyak yang merasa tak puas dengan akhir ceritanya. Meski demikian, dari kisah romansa Back Yi Jin yang diperankan Nam Joo Hyuk dan Na Hee Do yang diperankan Kim Tae Ri, kita bisa belajar banyak tentang pentingnya memahami bahasa cinta pasangan. Agar, hubungan yang dijalin bisa bertahan dengan penuh kebahagiaan.

Kegagalan Yi Jin dan Hee Do dalam memahami bahasa cinta keduanya pada momen-momen kritis telah membuat hubungan keduanya berakhir dramatis. Pesan-pesan yang tak tersampaikan, asumsi pribadi terhadap pasangan, dan pengabaian konflik-konflik kecil yang dipendam sendiri akhirnya bisa menjadi boomerang bagi kelanjutan suatu hubungan. Pelajaran ini sangat penting terutama untuk pasangan yang sudah menjalani sebuah pernikahan.

Memahami Love Language

Untuk bisa menjaga kelanggengan sebuah hubungan, apalagi pernikahan, kemampuan saling memahami satu sama lain bisa menjadi kuncinya. Kamu dan pasangan bisa memulainya dengan memahami dulu apa bahasa cinta atau love language masing-masing.

Seorang konselor dan penulis asal Amerika Serikat Dr. Gary Chapman mengangkat konsep love language yang didefinisikan sebagai ekspresi cinta. Dia pun membedakan bahasa cinta ke dalam lima kelompok. Untuk memahami setiap bahasa cinta tersebut, kamu juga bisa mempelajarinya dari kisah cinta Yi Jin dan Hee Do berikut.

— Words of affirmation 

Dalam serial Twenty Five Twenty One, Hee Do digambarkan sebagai seorang wanita yang sangat peka terhadap kata-kata baik berupa ucapan atau pun pesan tertulis. Kata-kata Yi Jin terbukti menjadi penyemangat utama di kala Hee Do sedang terpuruk, lelah, atau tak percaya diri.

Karakter He Doo tersebut seperti menunjukan bahwa ia merupakan orang yang cenderung memiliki bahasa cinta words of affirmation. Orang-orang yang bahasa cintanya tergolong words of affirmation biasanya memang akan lebih mudah menangkap ungkapan rasa cinta jika disampaikan melalui penegasan kata-kata baik dalam bentuk lisan atau tulisan. 

Namun kata-kata tersebut harus dimaknai secara jujur, bukan gombalan semata ataupun kalimat normatif. Ungkapan rasa sayang, maaf, dan terimakasih yang dilontarkan secara tulus bisa menjadi pemantik semangat ataupun penawar rasa lelah bagi seseorang dengan tipe ini.

— Acts of service

Dalam serial ini, sering sekali ditunjukkan bagaimana Yi Jin selalu berupaya melindungi Hee Do saat menghadapi bahaya. Bahkan sesederhana mengikatkan tali sepatunya agar dia tak terjatuh. Sebelum kepergiannya ke Amerika, Yi Jin berupaya agar selalu ada saat Hee Do membutuhkannya. Hee Do pun merasa sangat senang dengan perhatian tersebut. Bahkan dia mengatakan Yi Jin berhasil menghibur dirinya yang sebelumnya tumbuh sendiri dalam rasa sepi.

Hal ini seakan menggambarkan kalau Hee Doo merupakan orang yang memiliki tipe bahasa cinta acts of service. Yaitu, orang-orang yang biasanya lebih mudah merasa dihargai dan dicintai apabila pasangannya melakukan hal-hal bermanfaat untuknya atau tindakan yang meringankan bebannya.

Dalam dunia nyata, tak hanya melindungi dari hal yang bahaya atau mengancam, bantuan sederhana dalam aktivitas sehari-hari seperti membantu merapikan rumah, membantu mengurus anak-anak bersama bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi mereka yang memiliki bahasa cinta act of service. 

— Receiving gifts

Jangan sepelekan hadiah, karena sesederhana apapun hadiah tersebut jika diberikan kepada orang yang yang tergolong memiliki bahasa cinta receiving gifts itu bisa sangat berarti. Seperti saat Yi Jin yang tiba-tiba memberikan hadiah berupa komik Full House edisi 15 yang sangat ditunggu Hee Do.

Bagi mereka dengan tipe receiving gifts, hadiah adalah bentuk perhatian yang diberikan pasangan kepadanya. Hadiah juga identik sebagai tindakan nyata dan bukti yang lebih berarti dari sekedar kata-kata cinta secara verbal. Hadiah yang diberikan tak perlu yang mewah, tetapi bermakna bagi pasangan.

— Quality time 

Sebelum waktu keberangkatan ke Amerika tiba, Yi Jin dan Hee Do sering menghabiskan waktu bersama sekedar hanya untuk bercerita. Menikmati quality time bersama digambarkan cukup efektif menumbuhkan dan menguatkan rasa cinta keduanya. 

Love language quality time merupakan bahasa cinta yang memerlukan perhatian penuh, tanpa distorsi atau gangguan apapun yang bisa mengganggu suasana bersama pasangan. Orang yang memiliki tipe ini, akan lebih mudah memahami ungkapan cinta dari pasangannya jika dilakukan melalui percakapan mendalam (deep talk). 

Bagi pasangan dengan tipe ini, menikmati waktu bersama dan bisa mengobrol dari hati ke hati lebih penting dari kuantitas atau jumlah percakapan yang dilakukan.

— Physical touch 

Orang dengan tipe love language physical touch biasanya akan lebih merasa senang saat bisa bersentuhan fisik dengan pasangannya. Bergandengan tangan, tepukan penyemangat, pijatan kecil, pelukan, atau hanya dekat secara fisik menjadi sesuatu yang berharga bagi orang dengan tipe bahasa cinta ini.

Dalam kisah Yi Jin dan Hee Do, keduanya juga seringkali mengekspresikan rasa cinta dan sayangnya melalui physical touch misalnya Yi Jin memeluk Hee Do yang sedang sedih dan khawatir. Mereka juga tak segan untuk memeluk satu sama lain saat senang bisa bertemu dan bersama.

Cara Mengetahui Love Language Pasangan

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui love language pasangan kita? Ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan:

1. Perhatikan cara pasangan mengungkapkan perasaannya pada orang lain

Untuk mengetahui tipe bahasa cinta pasangan, kamu bisa memulainya dengan memperhatikan caranya saat mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Apakah dia melakukannya dengan cara memberikan pujian? Mengirim hadiah? Melakukan sentuhan fisik? Bisa jadi apa yang mereka lakukan ke kamu adalah apa yang mereka senangi. Agar pasangan lebih peka, kamu bisa mencoba melakukan pendekatan dengan memberi perlakuan sama dengannya.

2. Dengarkan keluhannya

Mendengarkan keluhan pasangan, terutama saat sedang berkonflik, terkadang bukanlah hal yang menyenangkan. Namun jika kita bisa menaruh perhatian dari keluhan yang disampaikan bisa saja kita malah menjadi mengerti apa yang mereka inginkan. Dari situ kita juga bisa menggali lebih jauh apa sebenarnya yang membuat mereka tersakiti atau apa yang sebenarnya mereka inginkan dari kita. Jawaban-jawaban yang terlontar bisa saja mengerucut pada satu tipe love language.

3. Berdiskusi saat santai

Memahami love language bisa juga dilakukan dengan sengaja memunculkan topik pembicaraan tersebut saat kalian sedang berdiskusi santai. Saat kondisi sama-sama tenang, kalian bisa menjadi lebih jujur dan bisa menerima pesan dengan lebih jernih tanpa terdistraksi dengan emosi. Cobalah saling memahami apa yang disampaikan tanpa saling memberikan tuntutan.

Mengapa Penting Mengenal Love Language?

Kembali pada kisah Twenty Five Twenty One, kepergian Yi Jin ke Amerika ternyata memberi dampak signifikan terhadap hubungannya dengan Hee Do. Hubungan keduanya mulai merenggang seiring dengan terbatasnya komunikasi di antara mereka. Hal ini tidak terlepas dari terhambatnya pesan bahasa cinta yang seharusnya diterima masing-masing pasangan.

Yi Jin yang cenderung memiliki tipe bahasa cinta dominan physical touch dan quality time seakan menjalani masa-masa berat saat di Amerika. Saat dia harus menghadapi situasi yang sulit, dukungan yang diberikan Hee Do ternyata tak terlalu terasa membantunya. Dia pun mengatakan sangat merindukan Hee Do tetapi tidak bisa menemuinya.

Di sisi lain, Hee Do yang cenderung memiliki bahasa cinta words of affirmation dan act of service juga menjalani hari-hari yang berat dengan hubungan jarak jauhnya. Dia merasa berjuang sendiri saat hubungan mereka memburuk. Dia juga merasa kecewa karena Yi Jin mengabaikan perkataannya tentang keinginan berbagi semua hal dengannya. Dia hanya merasa harus terus menunggu kabar dari Yi Jin. Sementara Yi Jin tidak ingin banyak mengeluh karena takut membebani Hee Do.

Kesalahpahaman akibat komunikasi yang tak lancar ini pun berujung tak menyenangkan. Masing-masing merasa berjuang sendiri untuk kebahagiaan pasangannya tetapi di sisi lain pasangannya tak merasakan perjuangannya itu.

Jadi, mengenal love language diri sendiri dan pasangan benar-benar bisa membawa dampak bagi kelangsungan hubungan. Berikut beberapa alasan mengapa penting mengenal love language diri dan pasangan:

  • Membantu untuk saling memahami dengan lebih baik

Dengan mengenal love language masing-masing pasangan bisa membuat kita lebih mengerti satu sama lain. Mengerti bagaimana harus berkomunikasi yang lebih efektif dengannya serta menimbulkan rasa saling percaya, saling menghormati, saling menghargai, dan tentunya saling mencintai.

  • Menumbuhkan rasa empati

Saat kita belajar mengenali dan memahami love language pasangan, berarti kita juga sedang belajar untuk berempati dengan apa yang dirasakannya. Melakukan sesuatu berdasarkan sudut pandangnya bukan hanya menuntut sesuatu atas sudut pandang kita sendiri. Mengenal love language bisa menumbuhkan rasa empati terhadap pasangan yang akhirnya meminimalisir rasa ego yang seringkali menjadi sumber awal pencetus konflik dalam sebuah hubungan.

  • Membangun hubungan yang berkualitas

Dengan memahami sifat, karakter, dan kebutuhan masing-masing tentu membuat kualitas hubungan semakin baik. Adanya rasa saling dicintai, dihargai, dan dibutuhkan bisa membuat orang menjalin hubungan dengan sungguh-sungguh bukan hanya sekedar mempertahankan status.

  • Memperbaiki pola berkomunikasi 

Dengan memahami love language masing-masing, hal ini bisa memudahkan kita memiliki pola komunikasi yang lebih baik. Kita jadi bisa memahami bagaimana cara terbaik dalam mengungkapkan keinginan, kebutuhan, termasuk saat ada pandangan yang berbeda. Sebagaimana kita ketahui bahwa komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan sebuah hubungan. Bukan berarti kita harus selalu memiliki satu pandangan terhadap sesuatu, tetapi bagaimana kita bisa berdamai dengan kondisi saat memiliki pandangan yang berbeda.

Perlu diingat bahwa love language yang melekat pada diri seseorang bisa saja tak hanya satu tipe, tetapi biasanya ada salah satu yang paling dominan. Tipe bahasa cinta ini pun bisa saja berubah seiring waktu. Untuk itu diperlukan untuk selalu membangun komunikasi yang baik dengan pasangan. Transparansi. Serta mencoba memahami dulu kondisi pasangan bukan langsung menuntut dan larut dalam asumsi pribadi. Karena jika kita dan pasangan hanya fokus pada diri sendiri, konflik yang sama pun berpotensi terus berulang.

Hadirkan rasa aman saat pasangan bercerita dan berkeluh kesah dan tawarkan bantuan untuk mencari solusi bersama. Ketenangan dalam menjalani kehidupan bersama juga sangat mempengaruhi sebuah hubungan. Sebagaimana kita tahu bahwa kehidupan akan terus berjalan dan waktu tak bisa diputar kembali. Maka hargailah setiap momen yang dihabiskan bersama pasangan. Jangan sampai kita baru menyesal setelah pasangan sudah tak di samping kita.

Untuk melindungi diri kamu dan pasangan dari risiko-risiko tak terduga seperti sakit hingga tutup usia, kamu bisa mulai mencari produk asuransi yang bisa memenuhi kebutuhanmu, karena pemberian asuransi juga merupakan salah satu bahasa cinta nyata yang bisa kamu berikan kepada dirimu dan pasangan, lho.

Flexi Life dari Astra Life bisa menjadi produk asuransi yang kamu pertimbangkan. Asuransi jiwa murni ini cocok untuk kamu yang menyukai fleksibilitas karena preminya bisa kamu #AturSendiri, sehingga bisa disesuaikan dengan perubahan di setiap tahapan hidupmu. Selain itu, Flexi Life juga mencakup perlindungan atas risiko Covid-19, memiliki perlindungan hingga Rp5 miliar tanpa cek medis, serta komitmen perlindungan tahunan hingga 85 tahun.

Untuk melihat pilihan produk lainnya kamu juga bisa mengunjungi ilovelife.co.id. Follow juga Instagram @astralifeid untuk mendapatkan tips-tips bermanfaat lainnya.

Urusan Sehat Jadi Tenang, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subtitle