Bukber di Masa Pandemi, Amankah?

Buka bersama keluarga atau kerabat menjadi tradisi yang lumrah. Namun, apakah bukber alias buka bersama di masa pandemi masih aman untuk dilakukan?

Bukber Selama Pandemi

Bukber di Masa Pandemi, Amankah?

Buka bersama keluarga atau kerabat menjadi tradisi yang lumrah. Namun, apakah bukber alias buka bersama di masa pandemi masih aman untuk dilakukan?

Selain menjalani puasa di bulan Ramadan, bersilaturahmi melalui buka bersama dengan keluarga ataupun kerabat menjadi tradisi yang dilakukan banyak orang. Namun, apakah bukber alias buka bersama di masa pandemi masih amankah dilakukan?

Rencana buka bersama dengan keluarga dan kerabat biasanya mulai masuk dalam agenda harian di pertengahan bulan Ramadan. Termasuk tahun ini, meskipun jumlah undangan bukber tak sebanyak tahun-tahun sebelum pandemi. Saya memang membatasi agenda bukber hanya dengan lingkungan terdekat baik keluarga maupun kerabat.

Tetap Waspada

Pengalaman tersebut memberikan banyak pelajaran bagi saya bahwa kewaspadaan tetap diperlukan di masa ini. Bukan bermaksud menakut-nakuti, tetapi dari kejadian itu seakan mengingatkan saya bahwa pertemuan dengan orang yang kita kenal dekat sekalipun tak menjamin pertemuan itu akan 100% aman dan tidak berisiko. 

Bagi kamu yang sudah merencanakan agenda buka bersama sejak jauh-jauh hari atau ada pertemuan penting yang mendesak, kamu bisa saja tetap melaksanakan bukber tersebut. Apalagi pertemuan-pertemuan di ruang publik seperti mall, restoran, cafe memang sudah diperbolehkan dengan protokol kesehatannya masing-masing. Namun, ada baiknya kamu dan peserta buka bersama lainnya tetap memperhatikan hal-hal berikut.

Sebelum Buka Bersama

Sebelum berkunjung ke rumah makan/restoran dan bertemu dengan teman atau keluarga untuk buka bersama maka kamu bisa melakukan hal ini:

  1. Pastikan diri dalam kondisi sehat: Tidak demam, batuk, pilek dan gejala lainnya.
  2. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan atau sesak napas lebih baik tetap berada di rumah.
  3. Jika gejala berlanjut segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Kamu juga bisa mulai mengabarkan teman-teman atau keluarga yang akan  buka bersama soal kondisimu dan rencana pemeriksaan lebih lanjut. Jangan takut dikucilkan, justru langkah ini dilakukan untuk turut menjaga kesehatan orang-orang yang kamu sayangi.
  4. Jika hasil pemeriksaan sudah keluar, jangan ragu untuk kembali mengabarkan orang-orang tersebut, termasuk jika kamu ternyata terkonfirmasi positif Covid-19. Semakin cepat orang lain mengetahui kondisi yang sebenarnya, semakin kecil juga potensi penularan virus yang lebih luas.

Memilih Tempat Bukber

Selain menjaga protokol kesehatan diri pribadi, kamu juga perlu melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan tempat buka bersama. Kamu bisa coba melihat hal berikut:

  1. Bagaimana protokol kesehatan di tempat makan atau restoran yang kamu inginkan? Pastikan mereka menjaga ketat protokol kesehatan yang dimiliki, misalnya pembersihan tempat makan setelah tamu yang satu menuju tamu yang lain.
  2. Apakah tempat makan atau restoran yang kamu inginkan memiliki fasilitas makan di area terbuka? Makan bersama di masa seperti ini lebih dianjurkan untuk dilakukan di area terbuka karena memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.
  3. Jika hanya bisa makan di tempat dengan area tertutup bagaimana pengaturan jarak duduk antara satu orang dengan orang lainnya? Jangan sampai jaraknya tetap berdekatan.
  4. Apakah tempat makan atau restoran tersebut menyediakan fasilitas ruangan tersendiri atau VIP yang hanya diisi oleh kamu dan teman-teman atau keluargamu? Jika ada, apakah sesuai dengan anggaranmu dan peserta lainnya? Jangan sampai demi pertemuan singkat harus “merogoh kocek” terlalu dalam.
  5. Bagaimana sistem pemesanan tempat? Apakah bisa melakukan reservasi lebih dulu atau siapa cepat dia dapat tempat? Pastikan saat mengantri masuk ke dalam restoran jarak antara satu tamu dengan yang lainnya minimal 1 meter.
  6. Apakah penyajian makanan dilakukan secara prasmanan atau langsung dimeja masing-masing sesuai pesanan.
  7. Bagaimana sistem pembayarannya, apakah bisa cashless atau tidak.

Saat Buka Bersama

Jika kamu sudah yakin benar bahwa diri kamu dan peserta buka bersama dalam kondisi yang sehat serta tempat buka bersama menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kini saatnya kamu memperhatikan hal-hal yang boleh dan perlu dihindari saat makan bersama di tempat makan.

  1. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau minimal hand sanitizer, sebelum dan setelah makan.
  2. Selalu gunakan masker, kecuali saat makan dan minum.
  3. Saat makan atau minum, simpan masker dengan benar dan aman. Jangan letakkan masker di meja makan atau yang berpotensi terkena sentuhan orang lain.
  4. Meminimalkan atau bahkan tidak berbincang saat sedang melepas masker.
  5. Menjaga jarak dengan orang lain, minimal 1 meter.
  6. Hindari menyentuh area wajah.
  7. Tidak menggunakan alat makan bersama atau bergantian.
  8. Jangan melakukan icip-icip makanan atau minuman dengan teman lainnya.
  9. Jika terpaksa ke toilet, pastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Pastikan juga area toilet cukup higienis.
  10. Jika memungkinkan atau diperlukan, kamu dan teman-teman atau keluarga bisa melakukan swab antigen sebelum buka bersama. Hal ini penting untuk memastikan semua aman dan meminimalisir kejadian tak diinginkan.

Saat Kembali Ke Rumah

Setelah buka bersama selesai, saatnya kamu pulang kembali ke rumah. Jangan lupa juga untuk melakukan protokol kesehatan saat sampai di rumah. Tentu, kamu tak ingin membawa risiko buruk kepada orang-orang di rumah bukan? Kalaupun kamu melakukan buka bersama di luar dengan orang serumah, menjaga kebersihan setelah dari luar wajib dilakukan. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Segera mandi dan ganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga lainnya di rumah.
  2. Buang masker dengan cara yang benar. Kamu bisa menggunting dulu masker bekas pakai dan masukkan ke kantong dan segera buang di tempat sampah.
  3. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya yang digunakan di area publik dengan cairan disinfektan.

Sebelum pandemi, menjaga kesehatan dan kebersihan diri memang hal mendasar yang perlu dilakukan setiap orang. Apalagi memasuki masa pandemi seperti saat ini. Meskipun banyak orang yang kini telah mendapatkan dua kali vaksinasi untuk Covid-19, tapi perlu diingat bahwa hal itu bukan jaminan kamu akan terhindar dari virus tersebut. Memang terlihat cukup merepotkan, tetapi hal itu perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan diri kamu dan keluarga terdekat. 

Sekali lagi, tulisan ini tidak dibuat untuk bermaksud menakut-nakuti tetapi agar kamu lebih waspada. Apalagi berada bersama orang yang kita kenal dekat di area publik bisa menjadi salah satu titik lengah terjadinya penularan virus. Jika tidak terlalu penting mungkin kamu bisa juga melakukan buka bersama secara virtual. Tentu rasanya tak akan sama, tetapi bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko. Jikapun harus bertemu, jangan kendur menerapkan protokol kesehatan.

Sebagai manusia biasa tentu kita hanya bisa berikhtiar semaksimal mungkin, tetapi tak ada yang menjamin 100% kita tak akan terkena risiko apapun. Menambah perlindungan kesehatan untuk diri kamu dan keluarga juga bisa dilakukan sebagai salah satu ikhtiar meminimalisir risiko yang tak diinginkan.

Salah satu perlindungan kesehatan yang layak kamu pertimbangkan adalah Medicare Premier dari Astra Life. Asuransi ini memiliki kenyamanan dan prioritas sebagai sebuah asuransi kesehatan seperti layanan privat ‘one bed & one bathroom’.

Asuransi ini juga memberikan kemudahan melalui 1 Polis 1 Keluarga, jadi tidak perlu pusing lagi membayarkan beberapa polis asuransi dan seluruh keluarga memiliki perlindungan, kenyamanan dan prioritas yang sama.

Selain itu, Astra Life juga memiliki Program Santunan Keluarga Covid-19. Sebuah program yang diberikan kepada setiap pelanggan Astra Life yang memenuhi syarat dan ketentuan program.

Untuk asuransi yang lebih fleksibel kamu juga bisa mempertimbangkan Flexi Health. Asuransi kesehatan ini memberikan santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari. Asuransi ini cocok untuk melengkapi asuransi kesehatan dari kantor atau BPJS Kesehatan agar finansialmu tidak terganggu akibat biaya tak terduga selama menjalani perawatan di rumah sakit.

Kamu bisa kunjungi astralife.co.id untuk mencari tau info layanan Astra Life selama pandemi Covid-19 selengkapnya. Follow juga instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips-tips berguna lainnya. Tetap Tenang Lawan Covid-19. #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke LoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog LoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.