Open Trip Anda Lebih Nyaman Kalau Tahu 6 Hal Penting Ini

Open trip yang harganya terjangkau memang menggiurkan. Namun hati-hati karena rawan penipuan. Berikut 6 hal yang harus diperhatikan.

Open Trip

Open trip adalah jenis perjalanan atau liburan yang diikuti oleh sekumpulan orang-umumnya tidak saling kenal-menuju destinasi tertentu. Menurut Ketua Dewan Penasehat Indonesia Tour Leader Association, Rudiana, open trip dapat diselenggarakan atas inisiatif agen perjalanan ataupun perorangan. Jadwal dan rute perjalanan telah ditentukan oleh pihak penyelenggara open trip, jadi Anda tinggal mengikutinya saja. Model perjalanan open trip banyak diminati oleh kalangan anak muda karena tidak mengutamakan kenyamanan dan fasilitas saat berwisata sehingga lebih murah dari segi biaya.

Saat ini banyak operator atau agen yang menawarkan open trip untuk paket individu, grup, perusahaan, maupun paket keluarga. Perjalanan yang ditawarkan mencakup destinasi dalam negeri dan luar negeri. Namun, Anda harus hati-hati memilih penyelenggara open trip tersebut. Alih-alih liburan ke destinasi impian, Anda malah rugi ditipu oleh tim penyelenggara open trip. Namun, kalau Anda tertarik mengikuti gaya traveling ini, simak tips  dalam memilih agen open trip serta tour leader yang terpercaya.

Cek Reputasi

Pertimbangan utama saat memilih agen penyelenggara open trip adalah reputasinya. Agen yang memiliki jam terbang tahunan biasanya memiliki layanan profesional dan reputasi yang baik. Saat ini, cara paling cepat dan aktual mencari agen open trip adalah melalui media sosial. Anda dapat mengetik tagar yang berkaitan dengan open trip atau membuka akun para traveler maupun influencer yang sudah pernah mengikuti open trip yang diselenggarakan agen tertentu. Agen yang memiliki follower cukup banyak di media sosial umumnya memiliki reputasi yang baik.

Minta Informasi Detail

Untuk mengetahui layanan serta penawaran dari suatu agen, Anda dapat menghubungi adminnya. Mintalah informasi terkait perjalanan yang ingin Anda ikuti secara mendetail. Proses ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui agen tersebut kredibel atau tidak. Bila responsnya cepat, komunikasi berlangsung sangat baik, dan informasi yang diberikan pun lengkap, maka agen tersebut layak dipertimbangkan.

Tour Leader Resmi Terdaftar

Pada kenyataannya, siapa pun bisa menjadi tour leader. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko penipuan. Pertama, mintalah rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah mengikuti open trip sebelumnya. Kedua, bila tidak menemukan rekomendasi khusus, Anda dapat mencari tour leader yang terdaftar secara resmi di agen perjalanan atau Asosiasi Tour Leader Indonesia. Tour leader yang terdaftar secara resmi biasanya lebih terpercaya, memiliki standar kerja yang baik, dan lebih mudah diadukan bila bermasalah atau kinerjanya tidak memuaskan.

Tour Leader Berpengalaman

Karena tugas tour leader adalah memandu para peserta open trip menuju destinasi wisata, pilihlah sosok dengan rekam jejak baik: memiliki testimoni positif dan berpengalaman. Sebaiknya hindari memilih tour leader yang tergolong baru atau minim pengalaman karena selain dapat menghambat kenyamanan traveling Anda, juga rawan penipuan.

Paket Murah Bukan yang Utama

Umumnya open trip menawarkan paket perjalanan dengan biaya cukup terjangkau, namun, Anda tetap harus waspada. Beberapa hari sebelum keberangkatan, cek apakah akomodasi dan keperluan lain sudah dipesankan sesuai jadwal. 

Bila Anda hendak traveling ke luar negeri, mintalah kontak pemandu lokal dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara tujuan. Dengan begitu, bila sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dan rombongan tidak akan kebingungan dalam mencari bantuan.

Aspek Keamanan selama Perjalanan

Biaya murah bukan berarti dihilangkannya faktor keamanan selama perjalanan. Anda dapat memeriksa ada tidaknya faktor keamanan dari itinerary maupun transportasi yang digunakan. Misalnya: kapal ferry yang digunakan memiliki life jacket sesuai prosedur keamanan, hingga adanya asuransi perjalanan. Jika tidak disertai dengan asuransi perjalanan, Anda dapat melengkapi keamanan selama perjalanan dengan Siap RencanaKu dari Astra Life. Selain memberikan perlindungan jiwa, Siap RencanaKu memberi manfaat tahapan tunai setiap 3 tahun yang bisa Anda manfaatkan sebagai dana tambahan untuk jalan-jalan.

Tak bisa dipungkiri, traveling kini menjadi salah satu kegiatan favorit generasi milenial. #LoveLife dan rencanakan kegiatan jalan-jalan yang nyaman dan terhindar dari penipuan.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!