Ingin Work from Bali? Ini Tipsnya Agar Keluar Rumah, No Worries #IGotYourBack

Selama pandemi, kita akhirnya mengenal sebuah tren bekerja baru, yaitu Work From Bali. Bagaimanakah persiapannya agar kita bisa Work From Bali dengan aman dan tenang? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Durasi baca: 4 menit

Ingin-Work-from-Bali-Ini-Tipsnya-Agar-Keluar-Rumah-No-Worries-#IGotYourBack

Ingin Work from Bali? Ini Tipsnya Agar Keluar Rumah, No Worries #IGotYourBack

Selama pandemi, kita akhirnya mengenal sebuah tren bekerja baru, yaitu Work From Bali. Bagaimanakah persiapannya agar kita bisa Work From Bali dengan aman dan tenang? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Durasi baca: 4 menit

Kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah Indonesia di tengah pandemi COVID-19 memberikan angin segar bagi penggerak sektor pariwisata. Program pemulihan sektor pariwisata di Indonesia ini memang digalakkan dengan cukup massif.

Salah satu upaya pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata adalah dengan hype-nya Work from Bali. Cukup menggoda, ya? Apalagi jika pekerjaanmu memang memungkinkan untuk remoting.

Seberapa menyenangkannya sih untuk work from Bali? Dan, kira-kira biaya apa saja yang dibutuhkan? Daripada semakin penasaran, simak ulasannya dalam artikel berikut ini, yuk!

Work From Bali, Program Pemerintah untuk Hidupkan Kembali Pulau Dewata Pasca Pandemi

Kita sudah mafhum, ketika diberitakan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang paling terdampak secara ekonomi akibat pandemi. Dan, pulau Bali adalah salah satu daerah yang terdampak dengan hebat. 

Inilah yang mendasari pemerintah, khususnya Kemenparekraf menggagas program Work From Bali sebagai emergency help, yang diharapkan dapat memberikan multiplier effect kepada ekonomi kreatif di Bali, seperti kuliner, souvenir, maupun fashion, serta ekonomi masyarakat lainnya.

Dimulai secara bertahap sejak bulan Juli 2021 lalu, program Work From Bali ini juga merupakan bentuk adaptasi dan transisi dari bekerja secara konvensional ke digital nomad. Digital nomad  sendiri merupakan frasa yang digunakan untuk seseorang yang bekerja lepas di tempat yang berbeda dari lokasi perusahaannya.

Terdapat dua versi dari digital nomad, yakni workation dan bleisure. Workation lebih menekankan pada kolaborasi antara bekerja dengan liburan. Sementara bleisure merujuk pada akronim business dan leisure, yakni sebuah perjalanan bisnis maupun perjalanan wisata. Menarik bukan?

Hype-nya Work From Bali yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia di tengah pandemi COVID-19 ini memang sempat menuai pro dan kontra dari masyarakat. Pasalnya, keputusan pemerintah ini dinilai boros dan cukup kontradiktif dari imbauan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang menyebutkan bahwa kementerian harus berhemat.

Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang setuju dengan kebijakan Work From Bali yang digagas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, ini, lantaran adanya program WFB atau Work From Bali ini memang ditujukan untuk membantu memulihkan perekonomian di Pulau Dewata.

Seberapa Menyenangkannya Work From Bali?

Membayangkan bekerja dari Pulau Dewata dengan pemandangan yang indah, memang cukup menggiurkan. Suasana Pulau Bali yang adem, bisa jadi healing buat kamu yang mulai jenuh dengan suasana work from home.

Tidak hanya pemandangannya yang indah, dengan bekerja dari Bali kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa tentunya. Berikut adalah sebab kenapa kamu mesti mencoba untuk Work From Bali:

Lebih dekat dengan alam

Tidak dapat dimungkiri, panorama di Pulau Bali selalu membuat wisatawan tertegun. Meski Bali memang terkenal dengan pantai-pantainya yang memesona, namun kita juga dapat menjumpai sawah dan gunung yang masih asri. Tentunya ini menjadi nilai tambah untukmu yang berencana untuk Work From Bali, karena kalian bisa bebas menentukan suasana bekerja sesuai dengan keinginan.

Menjauh dari kebisingan

Bagi kamu yang tinggal di tengah kota dan bosan dengan suasana kota yang riuh, Work From Bali bisa menjadi alternatif yang menarik. Menyingkir sejenak dari hiruk pikuk kota, bersepeda dengan santai dan bekerja dari kafe-kafe cantik serta hits yang ada di Bali akan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Memperbanyak relasi

Dengan adanya tren Work from Bali, akhirnya banyak tempat kerja komunal bermunculan di Bali. Nah, jika kamu memutuskan untuk bekerja dari tempat kerja komunal dan bertemu dengan para digital nomad lainnya, maka ini bisa menjadi salah satu jalan untuk menambah relasimu.

Menyegarkan pikiran dengan suasana kerja baru

Keuntungan lain Work from Bali adalah kamu dapat bekerja jauh dari lokasi kantor dan bekerja di tempat manapun yang kamu suka. Ketika merasa penat, kamu bisa langsung beristirahat dan memanjakan diri pergi ke tempat wisata terdekat. Pekerjaan beres dan juga dapat mengurangi stres.

Perlu Biaya Berapa untuk Bisa Work From Bali?

Sampai di sini, apakah kemudian kamu benar-benar tertarik untuk ikut Work From Bali? Kalau iya, ada satu hal terpenting yang perlu disiapkan sebelum keberangkatanmu—di samping soal kesehatan dan kesiapan untuk disiplin protokol kesehatan. Betul, soal biaya.

Untuk “pindah” bekerja ke Bali pastinya akan ada budget tertentu yang harus kamu siapkan. Berikut beberapa biaya yang perlu disiapkan dan bisa disiasati agar lebih terjangkau untuk Work From Bali:

Hotel atau penginapan

Untuk mendukung program pemerintah dalam membangkitkan kembali ekonomi dan pariwisata Bali, sejumlah hotel dikabarkan menawarkan promo Work From Bali. Mereka menawarkan harga paket untuk tinggal selama kurang lebih 6 hingga 7 hari di hotel, lengkap dengan segala fasilitasnya. Tergantung lokasi dan kelasnya, harga yang ditawarkan antara Rp125.000,- hingga Rp450.000,- per malamnya.

Kamu bisa memilih hotel atau tempat menginap di sekitar destinasi wisata Bali yang indah, seperti di Sanur, Nusa Dua, Gianyar, Kuta, Badung, Canggu, dan lainnya.

Biaya makanan dan kebutuhan sehari-hari

Pos berikutnya yang harus disiapkan adalah biaya hidup. Banyak opsi tempat makan di Bali yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Mau makan setiap hari di restoran juga bisa, makan di warung-warung pinggir jalan pun tak kalah lezat dan nyamannya.

Misalnya di daerah Sanur, kamu bisa menemukan banyak warung yang tergolong terjangkau secara bujet. Diperkirakan, dalam tiga kali makan rata-rata kamu perlu kurang lebih Rp150.000,- – Rp200.000,- per harinya. 

Transportasi Dalam Kota

Selama Work From Bali, mungkin kamu akan butuh transportasi untuk pergi ke minimarket, ke warung untuk makan, atau hanya sekadar keliling-keliling melihat keindahan sekitar. 

Ada pilihan untuk menggunakan jasa ojek online, tetapi kamu juga bisa menyewa motor dan berkendara sendiri dengan bebas. Sewa motor di Bali cukup terjangkau, yaitu antara Rp50.000,- hingga Rp80.000,- per hari, sudah termasuk dua helm sesuai standar keamanan dan jas hujan.

Pesawat

Di aplikasi Traveloka, harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Bali saat ini berkisar Rp800.000,- hingga Rp1.700.000,- per orang untuk kelas ekonomi dari sejumlah maskapai ternama, seperti Lion Air, Air Asia, Super Jet Air, NAM Air, Batik Air, Citilink, dan Garuda Indonesia.

Selalu patuhi peraturan protokol kesehatan yang disyaratkan oleh masing-masing maskapai, sesuai anjuran pemerintah. Seperti wajib vaksinasi dan harus menjalani tes PCR atau antigen sebelum penerbangan.

Lokasi wisata

Ketika sudah penat bekerja, tentunya kamu ingin melepas lelah sejenak. Jangan sia-siakan kesempatanmu selama di Bali untuk main ke tempat-tempat wisata yang ada. Bali terkenal memiliki beragam tempat wisata, mulai dari yang murah sampai mahal. Bahkan, ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi secara gratis. Misalnya ke Pantai Nusa Dua atau Pantai Tanjung Benoa. Tetapi, ada juga tempat wisata yang berbayar, seperti Pantai Waterblow yang membanderol tiket masuk seharga Rp15.000,-, belum termasuk tiket wahana dan uang parkir.

Jika dalam satu hari kamu berkunjung ke dua lokasi wisata, plus jajan-jajan, kamu hanya perlu menyediakan budget antara Rp100.000 – Rp200.000 per hari.

Jadi, jika diperhitungkan semuanya, dengan hotel, makan dan minum, transportasi, pesawat, serta masuk ke lokasi wisata, kamu akan butuh budget setidaknya sekitar Rp7.000.000,- untuk Work From Bali selama 6 hari.

Nah, bagaimana? Cukup terjangkau, bukan?

Pastikan untuk Tetap Aman dan Jaga Kesehatan

Di tengah pandemi seperti ini, kalau kamu memang memutuskan untuk Work From Bali, maka kamu akan butuh pertimbangan yang cukup matang. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Berikut adalah sejumlah tips agar kamu tetap aman dalam berpergian dan Work From Bali.

Persiapan yang matang

Work From Bali bukanlah sebuah keputusan yang bisa diambil sembarangan tanpa perhitungan dan perlu direncanakan secara matang. Selain mempersiapkan budget untuk memenuhi kebutuhanmu selama Work From Bali, kamu tentunya perlu memperhatikan kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Jangan memaksakan diri tetap pergi apabila kondisi tubuhmu sedang tidak fit. Agar lebih aman dalam perjalananmu, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi, seperti asuransi jiwa Astra Life yang saat ini juga tersedia di Traveloka.

Membuat jadwal kerja

Buatlah jadwal kerja agar kamu tidak kewalahan. Selain itu, kamu tetap harus profesional dengan rekan kerja atau atasan agar pekerjaan kamu bisa efektif. Atur komunikasi dengan mereka melalui zoom meeting, pesan singkat. maupun email agar pekerjaanmu dapat terselesaikan dengan lancar tanpa ada kesulitan yang berarti.

Disiplin 5M

Disiplin 5M merupakan hal yang tidak dapat dikesampingkan apabila kamu ingin bepergian dengan aman di tengah pandemi COVID-19, termasuk ketika kamu menjalani Work From Bali. Kamu perlu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas.

Rencanakan dengan Saksama, Tetap Aman Kemudian

Merencanakan perjalanan untuk Work From Bali memang tidaklah mudah, apalagi di tengah kasus virus corona yang masih ada sampai sekarang. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena ada Traveloka yang akan sangat membantu kamu dalam merencanakan perjalanan selama pandemi, termasuk Work From Bali. Traveloka menyediakan sejumlah layanan pemesanan tiket mulai dari tiket transportasi, penyewaan mobil, hingga asuransi.

Di aplikasi Traveloka terdapat produk asuransi jiwa dan kesehatan Hospital Cash Plan  dari Astra Life. Sinergi ini menghadirkan konsep love life melalui perlindungan jiwa dengan life experience yang ditawarkan oleh Traveloka.

Produk asuransi jiwa dan kesehatan yang dimiliki oleh Astra Life ini memiliki harga yang terjangkau dan proses pembelian yang mudah. Dengan memberikan manfaat perlindungan (proteksi) berupa manfaat selama pertanggungan masih aktif. Produk ini dengan mudah dapat kamu beli di dapat kamu beli secara online, langsung di website www.traveloka.com atau aplikasi Traveloka.

Dengan menambahkan asuransi Astra Life, maka kamu bisa keluar rumah  dengan aman di tengah pandemi.

Jangan lupa untuk terus mantengin akun Instagram @astralifeid dan @traveloka untuk berbagai tips mengenai proteksi kesehatan dan juga perjalanan yang aman. Keluar Rumah, No Worries #iGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!