Medical Check Up Sambil Traveling, Yuk!

Medical check up pun kini bisa dilakukan sambil traveling ke tempat wisata. Ini beberapa rekomendasi tempat yang menawarkan fasilitas kesehatan premium.

Mari melakukan medical check up. Setelah setahun menjalani gaya hidup Anda, ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain di dalam negeri, Anda bisa pula melakukan cek kesehatan di luar negeri. Keuntungannya, tidak cuma tahu kualitas kesehatan, Anda juga bisa berlibur dan refreshing. Berikut ini kami telah merangkum beberapa negara terbaik untuk melakukan medical check up, sembari berlibur.

1. Malaysia

Negara tetangga yang satu ini tak hanya memiliki daya tarik wisata. Malaysia dikenal sebagai negara yang memiliki fasilitas kesehatan yang mumpuni. Untuk Anda yang hendak berlibur sembari melakukan medical check up, Malaysia bisa jadi tujuan utama. Toh, Negeri Jiran ini telah memenangkan Medical Travel Destination of the Year 2015 di event International Medical Travel Journal (IMTJ) Medical Travel Awards 2015. Jadi makin yakin bukan, kalau negara satu ini pantas jadi negara tujuan utama.

Salah satu rumah sakit terbaik di Malaysia adalah Pantai Hospital Kuala Lumpur. Rumah sakit ini merupakan salah satu pionir rumah sakit swasta di Kuala Lumpur yang berdiri sejak tahun 1974 dan memiliki 336 kamar rawat inap dengan 160 dokter spesialis. Pantai Hospital pun dianugerahi penghargaan Initiated Baby Friendly Hospital Award dari WHO, memiliki sertifikat resmi dari Malaysian Society for Quality in Health dan diakui sebagai rumah sakit berstandar internasional oleh Joint Commission International (JCI).

Selain di Kuala Lumpur, Penang juga menjadi destinasi utama untuk tes kesehatan. Salah satu rumah sakit andalannya adalah Gleneagles. Pusat perawatan modern dengan 400 kamar ini dilengkapi fasilitas kesehatan terkini dan tenaga medis profesional. Letak rumah sakit ini ada di jantung Kota Penang, sehingga sangat strategis bagi para turis. Setelah atau sebelum melakukan medical check up Anda dapat mengunjungi Sri Mahamariamman Temple yang merupakan kuil hindu tertua di Penang atau berbelanja di Plaza Gurney.

Untuk melakukan medical check up standar yang mencakup pemeriksaan fisik standar, paru-paru, kardio, X-Ray dan general screening di Malaysia, Anda perlu setidaknya Rp2 juta. Harga ini belum termasuk tiket dan akomodasi selama di sana. Tertarik? Jangan lupa lakukan reservasi hotel setidaknya tiga hari dan rumah sakit tujuan Anda paling tidak sebulan sebelum keberangkatan!

2. Tiongkok

Tiongkok muncul sebagai tujuan yang diincar para pencari perawatan medis untuk berbagai spesialisasi medis. Apalagi di sana, banyak rumah sakit terkemuka yang memberikan perawatan dengan mengintegrasikan pengobatan tradisional Tiongkok dan teknologi medis Barat.

Salah satu rumah sakit dengan standar internasional adalah Clifford Hospital yang terletak di Guangzhou dan jadi salah satu rumah sakit favorit bagi para ekspat yang tinggal di Tiongkok. Rumah sakit ini memadukan pengobatan Barat dengan pengobatan tradisional Tiongkok. Rumah sakit ini diakreditasi oleh JCI, yang diakui WHO sebagai organisasi otoritatif akreditasi kesehatan, dan memiliki sekitar 600 tempat tidur untuk rawat inap. Rumah sakit ini juga memiliki standar kamar rawat inap bak hotel bintang 5.

Selain itu, Clifford Hospital menawarkan berbagai layanan, termasuk penyakit dalam, bedah, perawatan anak dan bersalin. Untuk melakukan medical check up standar di sana Anda perlu menyiapkan biaya paling tidak Rp2 juta yang sudah termasuk pemeriksaan fisik standar, paru-paru, kardio, X-Ray dan general screening.

3. India

Ya, India telah menjadi tujuan wisata kesehatan untuk operasi high-end dengan harga murah. Tak sedikit masyarakat Barat rela traveling jauh-jauh ke India untuk berobat sambil berlibur. Seperti yang dikutip dari situs Nomad Capitalist, setidaknya mereka bisa berhemat hingga 75% bila berobat di India, dibandingkan berobat di negara mereka sendiri. Ada lebih dari 100.000 pasien yang berkunjung setiap tahun. India dikenal luas untuk layanan medis canggih dan dokter yang terlatih.

Salah satu rumah sakit terbaik di India yang juga merupakan 10 rumah sakit terbaik di dunia adalah Fortis Hospital Bangalore. Rumah sakit ini adalah pilihan terbaik yang menyediakan perawatan medis bahkan untuk bahaya kesehatan yang paling kompleks. Rumah sakit khusus ini dilengkapi dengan 3 ruang operasi dan memiliki kapasitas hingga 100 tempat tidur. Rumah sakit ini pun dipercaya sebagai tempat transplantasi ginjal terbaik di India. Siapkan setidaknya Rp2,5 juta untuk pemeriksaan kesehatan lengkap di sana.

4. Thailand

Thailand tidak hanya terkenal dengan wisata budayanya saja, buktinya wisata medis terutama operasi plastik, jadi banyak incaran untuk para turis. Masih menurut Nomad Capitalist, pariwisata medis tumbuh sebesar 16% per tahun di Thailand. Rumah Sakit Bumrungrad di Bangkok, merupakan salah satu rumah sakit terbaik di dunia. Berbeda dari rumah sakit pada umumnya, Bumrungrad lebih mirip hotel bintang 5 ketimbang sebuah rumah sakit. Begitu Anda memasuki lobi rumah sakit, kesan modern begitu melekat tanpa aroma obat yang menyengat. Fasilitas kamar rawat inapnya pun begitu nyaman dengan penerangan yang tak berlebihan, ditambah pelayanan yang begitu hangat dari para staf rumah sakit. Hal lain yang membuat rumah sakit ini spesial, setidaknya ada 36 dokter spesialis di rumah sakit ini.

Bumrungrad terkenal dengan perawatan terbaiknya, para dokter dilatih dengan prosedur internasional atau perawatan yang menggunakan peralatan sangat khusus. Terutama pusat-pusat medis dengan spesialisasi sebagai berikut, Kardiologi (jantung), Onkologi (kanker), Neurologi (sistem saraf) / Neonatal (bayi), GI (penyakit pencernaan), Ortopedi (tulang, otot, ligamen), hingga Optometry (mata).

Tertarik? Siapkan uang sebesar Rp4 juta untuk medical check up standar di rumah sakit ini.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!