Pentingnya Perlindungan Asuransi Bagi Atlet Maupun Pegiat Olahraga

Berbagai cabang olahraga memiliki risiko terhadap kesehatan. Oleh karena itu, sudah selayaknya setiap penggiat olahraga memiliki perlindungan khusus bagi kesehatan jasmaninya.

Atlet iSport

Terkendala dengan minimnya biaya dan ketiadaan asuransi, operasi atlet Muay Thai asal Indonesia di sebuah rumah sakit di Johor, Malaysia, tertunda. Ia harus menjalani operasi karena mengalami luka di otak dan pendarahan hingga koma.

Bagi seorang atlet, cedera bisa dibilang bagian dari “risiko pekerjaan”. Setiap berlatih atau bertanding, seorang atlet selalu menghadapi risiko cedera. Padahal, fisik yang prima adalah modal penting dan utama bagi seorang atlet.

Anjuran Pemerintah

Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora) sendiri telah mendorong induk organisasi olahraga di Indonesia agar mengasuransikan atlet-atlet binaannya. Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi berharap semua atlet Indonesia memiliki asuransi kesehatan dan asuransi perlindungan di hari tua.

Berbagai cabang olahraga memiliki risiko terhadap kesehatan. Misalnya saja paralayang, tinju, balap motor/mobil, balap sepeda, panjat tebing, dan rollersport. Cabang-cabang tersebut kini lazim dipertandingkan dalam turnamen olahraga internasional, termasuk Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Oleh karena itu, sudah selayaknya setiap atlet maupun siapa pun yang giat berolahraga memiliki perlindungan khusus bagi kesehatan jasmaninya.

Pentingnya Asuransi di Mata Atlet

Eko Yuli Irawan

Atlet angkat beban atau lifter nasional Eko Yuli Irawan merupakan salah seorang yang setuju mengenai pentingnya kepemilikan asuransi oleh setiap atlet. Eko mengatakan, rutinitas mengangkat beban hingga ratusan kilogram setiap hari membuatnya rawan cedera. Ia pernah mengalami cedera hamstring, lutut kanan, dan tulang kering retak. Beruntung baginya, terdaftar dalam Pelatnas membuatnya mendapatkan fasilitas perawatan gratis bila cedera. Selain itu, para atlet yang terpilih bertanding dalam turnamen olahraga internasional sebagian mendapatkan fasilitas asuransi tambahan selain yang diberikan oleh negara.

Namun, Eko merasa setiap atlet perlu memiliki asuransi pribadi untuk memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang bisa saja muncul saat kelak mereka sudah tidak aktif lagi sebagai atlet nasional. Dengan memiliki asuransi yang memberikan perlindungan untuk hari ini maupun masa depan, atlet yang sekarang masih aktif bertanding pun dapat lebih tenang berlatih.

Jauhari Johan

Hal senada diungkapkan atlet triathlon nasional Jauhari Johan. Pelari dengan segudang prestasi ini merasa bahwa seorang atlet memang perlu memiliki asuransi yang dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang memang rentan terjadi saat berlatih atau ketika tengah mengikuti turnamen.

“Dengan adanya asuransi, seorang atlet akan merasa lebih tenang dan bisa fokus pada pertandingan tanpa harus memikirkan atau khawatir terhadap kecelakaan selama bertanding,” ujar Jauhari yang beberapa bulan lalu didapuk membawa lari Obor Asian Games 2018 di Palembang.

Ia pun menyambut baik soal atlet Asian Games 2018 yang mendapatkan fasilitas perlindungan dari asuransi. Hal itu, menurut Jauhari, dapat membuat para atlet Indonesia tampil lebih maksimal dalam perhelatan olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Saat ini, Jauhari memiliki perlindungan asuransi iSport dari Astra Life. Ia merasa iSport merupakan produk asuransi yang tepat bagi dirinya karena fasilitas perlindungan yang ditawarkan memang sesuai dengan profesinya sebagai seorang atlet yang senantiasa menghadapi risiko cedera, baik saat berlatih maupun ketika mengikuti pertandingan. Jauhari berharap rekan-rekan sesama atlet dapat mengikuti jejaknya memiliki asuransi iSport sehingga mereka mendapatkan perlindungan selama berlatih maupun saat bertanding.

iSport: Perlindungan Tepat Bagi Olahragawan

Sebagai orang yang giat berolahraga, kini Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap berbagai risiko yang dapat terjadi di tengah aktivitas olahraga. Saat ini sudah tersedia perlindungan ASLI iSport Protection (iSport) dari Astra Life, yaitu asuransi pertama di Indonesia yang menyediakan perlindungan khusus bagi Anda yang hobi berolahraga.

iSport adalah produk asuransi yang ditujukan bagi orang-orang yang gemar berolahraga, profesional maupun yang hanya sebatas hobi. iSport memiliki manfaat Penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat akibat Kecelakaan saat Olahraga hingga Santunan Patah Tulang akibat Kecelakaan saat Olahraga.

Tidak hanya itu, risiko-risiko seperti dehidrasi, strain, sprain, dislokasi, heat stroke, cedera kepala berat, cedera spinal cord juga terlindungi oleh iSpot. Bahkan perlindungannya hingga ke luar negeri.

Kini, berolahraga bisa dilakukan dengan lebih tenang, tanpa perlu khawatir akan beban biaya yang harus dikeluarkan bila mengalami cedera. Tetaplah jadi pribadi yang aktif dengan terus menjalani gaya hidup sehat yang dilengkapi dengan perlindungan iSport dari Astra Life. Dengan memiliki iSport, Anda bisa menjalani olahraga tanpa rasa ragu karena Anda mendapat perlindungan terhadap risiko olahraga dengan manfaat fisioterapi dan santunan patah tulang. #LoveLife

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!