Depresi dan Sulitnya dalam Memahami Masalah Psikologis Tersebut

Hingga kini, depresi masih sulit dipahami oleh banyak orang sebagai suatu penyakit. Padahal Anda bisa melakukan banyak hal untuk hidup Anda.

“We are all, always, outsiders when it comes to other people’s pain.” Ya, sedekat apa pun hubungan kita dengan seseorang, ternyata tidak semua hal bisa kita ketahui mengenai orang tersebut.

Dalam waktu seminggu terakhir, berita duka mengenai dua figur publik dunia tentu saja bukan sebuah kabar baik. Semua orang berduka dan terkejut mendengar kabar duka ini terjadi karena bunuh diri.

Menurut data The Centers for Disease Control and Prevention, angka bunuh diri meningkat 25 persen di 2017, hampir menyamakan angka bunuh diri pada 1999 dan 2016. Dari peningkatan angka tersebut, disimpulkan bahwa hal ini terjadi karena masalah yang timbul dalam hubungan terlebih karena kasus kekerasan dalam rumah tangga hingga masalah gangguan kesehatan mental.

Depresi tidak memandang umur, status, atau jumlah kekayaan yang Anda miliki. Meski sebenarnya, alasan seseorang bunuh diri sangatlah kompleks. Siapa pun memiliki risiko untuk bunuh diri, terlebih bagi mereka yang sejak lama telah bertarung dengan isu kesehatan mental. Seperti yang terjadi pada sosok terkenal Chester Bennington, Kate Spade dan Anthony Bourdain.

Berita Duka dari Kate Spade dan Anthony Bourdain

Kate Spade dan Anthony Bourdain dikenal sebagai figur publik yang populer karena karya sekaligus aktivitasnya di panggung hiburan. Di sisi lain, keduanya memiliki keluarga yang jarang disorot oleh media massa. Terkenal, sukses dan memiliki banyak penggemar, bukan berarti menjamin kebahagiaan. Hingga keduanya ditemukan meninggal dengan dugaan bunuh diri.

Apa itu Sebenarnya Depresi?

Depresi bisa memengaruhi perasaan Anda, cara berpikir dan berperilaku, serta dapat membuat Anda memiliki berbagai masalah emosi dan fisik. Jika rasa bersedih berlangsung dalam beberapa minggu hingga mengganggu pekerjaan dan kegiatan lain dengan keluarga atau teman, atau berpikir untuk bunuh diri, kemungkinan ini adalah depresi.

Cara Mengenali Orang Terdekat Mengalami Depresi

Lalu, bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk mengetahui apakah selama ini orang terdekat Anda mengalami depresi? Menurut the DSM-5, panduan yang biasa digunakan dokter untuk mendiagnosis gangguan mental, orang terdekat mengalami depresi bila mengalami setidaknya lima tanda di bawah ini selama kurun waktu dua minggu. Apa sajakah tanda-tandanya? Cek poin di bawah ini:

  1. Mengalami penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis.
  2. Sering terlihat lelah dan kurang energi hampir tiap hari.
  3. Sulit sekali untuk fokus, mengingat detail dalam percakapan hingga sulit mengambil keputusan.
  4. Cepat marah.
  5. Tidak bisa tidur atau selalu tampak mengantuk.
  6. Terlihat cepat sedih, bingung hingga menangis dalam satu waktu.
  7. Tidak tampak bersemangat atau puas dalam melakukan setiap aktivitas.
  8. Sering mengeluh merasa sakit pada tubuh, sakit kepala, kram.

Cara Anda untuk Membantu Mereka yang Mengalami Depresi

Saat orang-orang yang disayangi mengalami depresi, tentunya Anda sebisa mungkin ingin melakukan sesuatu untuknya. Hal utama yang bisa Anda lakukan adalah selalu berusaha ada untuk mereka. Kehadiran Anda untuk mendengarkan semua perasaan dan permasalahannya tanpa menghakimi, itu adalah cara paling tepat untuk membantu.

Pertanyaan sederhana yang bisa sangat membantu, seperti “Hai, apa kabar? Kamu sedang apa?” Buat ia merasa diperhatikan dan merasa penting untuk Anda. Dengan begitu, ia akan merasa berarti dan terlindungi dari perasaan dan emosi yang tidak terkontrol.

Menurut the DSM-5, panduan yang biasa digunakan dokter untuk mendiagnosis gangguan mental, orang terdekat mengalami depresi bila mengalami setidaknya lima tanda di bawah ini selama kurun waktu dua minggu.

Sebaliknya, hindari untuk epat-cepat memberikan nasihat pada mereka yang mengalami depresi. Sebab, yang mereka butuhkan adalah Anda bisa menjadi pendengar bagi mereka dan tidak akan meninggalkan mereka meski mereka dalam masalah besar.

Cari Bantuan untuk Atasi Depresi

Masalah depresi ini merupakan hal yang serius dan tidak bisa dianggap sepele karena berpotensi untuk melukai atau menghilangkan nyawa. Ingatlah, bahwa Anda tidak sendirian dan bila pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, atau mengetahui seseorang dalam kondisi tersebut segeralah cari bantuan. Anda bisa menghubungi layanan gawat darurat 119 di bawah Kementerian Kesehatan untuk meminta bantuan, termasuk konseling.

Anda juga bisa bergabung dengan komunitas untuk berbagi, seperti:
1. Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id
2. Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online
3. Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis
4. Get Happy Indonesia; email: get.happy.yuk@gmail.com, telepon: +62 21 5700 271

Meski depresi adalah kondisi serius, namun depresi masih bisa ditangani. #LoveLife dan terus bersyukur serta berbagi dengan orang terdekat Anda.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!