6 Makanan Penghilang Stres dan Cemas, Rekomendasi dari Psikiater Nutrisi

Konsumsi makanan penghilang stres yang sehat dapat menghilangkan perasaan negatif yang mudah dialami selama masa pandemi.

6 Makanan Penghilang Stres dan Cemas, Rekomendasi dari Psikiater Nutrisi

Konsumsi makanan penghilang stres yang sehat dapat menghilangkan perasaan negatif yang mudah dialami selama pandemi.

You Are What You Eat.” Selain untuk tubuh, makanan ternyata juga bisa berpengaruh ke mental kita. Konsumsi makanan penghilang stres yang sehat dapat menghilangkan perasaan negatif yang mudah dialami selama pandemi. Perubahan kegiatan selama di rumah saja juga mengubah kebiasan memasak makanan menjadi serba instan dengan memasak frozen foods, sampai yang termudah memanfaatkan layanan antar makanan kilat.

Tingkat Stres Meningkat selama Pandemi

Pada Mei 2020, sekelompok peneliti dari University of North Carolina Chapel Hill dan Harvard Medical School menggelar penelitian terhadap 1.500 warga Amerika Serikat yang tengah menghadapi COVID-19. Hasilnya menunjukkan, sebanyak 55% responden merasakan tingkat stres yang meningkat dibandingkan dengan bulan Januari 2020 sebelum virus corona terdeteksi. Pemicu stres yang paling besar justru berasal dari kekhawatiran atas kesehatan dan keselamatan anggota keluarga dan teman yang mencapai 66%. Selanjutnya diikuti dengan kekhawatiran pada kesehatan diri sendiri yang mencapai 57%. Dikutip dari CNBC Make It, Direktur Psikiatri Nutrisi dan gaya hidup di Rumah Sakit Umum Massachusetts Dr. Uma Naidoo mengatakan, di saat-saat stres seperti saat ini, orang perlu mengonsumsi makanan penghilang stres yang sehat agar dapat menenangkan dan mengatasi perasaan negatif yang dialami. Akademisi dari Harvard Medical School dan penulis buku “This Is Your Brain on Food” ini mengajarkan orang-orang untuk mengintegrasikan makanan sehat dan kebiasaan nutrisi demi meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik selama pandemi. “Apa yang kamu makan dapat memiliki efek signifikan pada kesehatan mental kamu,” kata Naidoo. Sekitar 95% hormon serotonin yang membantu tubuh mengelola suasana hati, diproduksi di saluran pencernaan. Hormon serotonin ini dapat menghasilkan emosi bahagia atau senang dan mengurangi rasa sakit.

Konsumsi Makanan Penghilang Stres Namun Tetap Sehat Ini

Dengan demikian, apa yang kamu makan dapat memengaruhi suasana hati, kondisi mental dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini enam jenis makanan penghilang stres namun sehat yang dapat membantu mengurangi kecemasan:

1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak tak jenuh ganda yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Maka lemak esensial ini harus diperoleh dari makanan sehat. Ada tiga jenis lemak omega-3 yang paling umum. Pertama, Eicosapentaenoic Acid (EPA) yang mampu menghasilkan bahan kimia eicosanoids untuk membantu mengurangi peradangan dan gejala depresi. Kedua, Docosahexaenoic Acid (DHA) yang akan membentuk sekitar 8% dari berat otak dan berperan penting bagi perkembangan dan fungsi otak normal. Ketiga Asam Alfa-linolenat (ALA) yang dapat dikonversi menjadi EPA dan DHA. ALA berfungsi untuk menciptakan energi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat mengurangi gejala kecemasan dan insomnia. Omega-3 juga memiliki efek anti-inflamasi pada otak. Wajar jika WHO merekomendasikan orang untuk mengkonsumsi ikan berminyak yang kaya akan omega-3 EPA dan DHA setidaknya dua porsi per minggu. Omega-3 dapat kamu temukan pada ikan berminyak, seperti salmon dan tuna. Bagi vegetarian, asam lemak omega-3 dapat diperoleh dari biji rami, biji chia, biji labu, dan kenari.

Serat pangan (dietary fiber) dapat mengurangi gangguan yang berkaitan dengan stres pada tubuh dan pikiran. Makanan berserat tinggi, termasuk pasta dan sayuran akan menstimulasi bakteri di usus untuk memproduksi Short-Chain Fatty Acids (SCFA) yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

2. Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya menambah cita rasa makanan sehat, tapi juga memiliki sifat antioksidan dan inflamasi yang dapat membantu kinerja otak dan suasana hati. Ada beragam jenis rempah-rempah yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan seperti kunyit, kapulaga, jahe, serai dan saffron. Kunyit mengandung bahan yang disebut kurkumin dapat mengurangi gejala depresi. Kapulaga bermanfaat dalam meremajakan sel-sel dalam tubuh dan dapat digunakan sebagai obat anti depresan. Selanjutnya, cengkeh mengandung eugenol, jahe mengandung gingerol, dan saffron mengandung karotenoid dan vitamin B. Rempah-rempah alami tersebut dapat mengobati gejala depresi.

Untuk mengurangi stres dan kecemasan, kamu bisa menambahkan salah satu jenis rempah ke makanan sehat. Naidoo mencontohkannya dengan menambahkan sekitar satu atau dua sendok teh kunyit ke beberapa makanan seperti smoothie, teh, sup, atau saus salad.

3. Dietary fiber

Serat pangan (dietary fiber) dapat mengurangi gangguan yang berkaitan dengan stres pada tubuh dan pikiran. Makanan berserat tinggi, termasuk pasta dan sayuran akan menstimulasi bakteri di usus untuk memproduksi Short-Chain Fatty Acids (SCFA) yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Pada dasarnya, menurut Naidoo, serat dapat menenangkan radang otak, yang cenderung tinggi pada orang dengan kecemasan. Buah dan sayuran kaya serat yang dapat dikonsumsi di antaranya adalah pir, apel, pisang, brokoli dan kentang panggang. Sumber serat lainnya dapat diperoleh dari kacang-kacangan seperti buncis, lentil, chickpea, serta biji-bijian seperti oatmeal dan beras merah.

4. Makanan fermentasi

Kesehatan usus dan kesehatan otak saling berkaitan. Untuk membantu menyeimbangkan dan menyehatkan bakteri usus, kamu perlu mengonsumsi makanan prebiotik dan probiotik. Efeknya, makanan sehat ini dapat menekan respons stres dan mengurangi kecemasan.

Prebiotik dan probiotik dapat ditemui pada banyak jenis makanan. Jadi kamu tak perlu mengonsumsi suplemen khusus. Makanan fermentasi bisa menjadi pilihan karena memiliki kandungan prebiotik dan probiotik yang tinggi. Kamu bisa memperolehnya dari yogurt, kimchi, kombucha, miso, dan cuka apel.

5. Vitamin D

Di area otak manusia terdapat reseptor vitamin D yang dapat menciptakan untuk suasana hati dan perilaku, termasuk memicu depresi. Sejumlah penelitian menunjukkan kekurangan vitamin D dapat menimbulkan kecemasan, depresi, penurunan fungsi kognitif dan memengaruhi mood. Untuk itu, mengonsumsi vitamin D dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Orang dewasa disarankan mengonsumsi rata-rata 600 hingga 800 unit internasional (IU) vitamin D dalam sehari. Sebagai contoh, mengonsumsi satu porsi salmon akan memberikan asupan vitamin D sekitar 400 IU. Susu segar yang sudah ditambahkan vitamin, kuning telur, dan jamur juga kaya vitamin D.

6. Cokelat

Konsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatasi stres dan cemas. Ahli kesehatan menyebut cokelat terutama cokelat hitam memiliki kandungan kakao 70%. Cokelat hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan, memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hasil penelitian menunjukkan, makan cokelat hitam bisa memberikan manfaat neuroplasticity yakni kemampuan otak melakukan reorganisasi dalam bentuk adanya interkoneksi baru pada saraf. Pada dasarnya, konsumsi semua jenis cokelat bagus untuk kesehatan. Namun, sebaiknya kamu menghindari cokelat dengan kandungan gula terlalu tinggi. Alih-alih meredakan, cokelat dengan kandungan gula tinggi malah bisa memberikan efek negatif bagi tubuh yang sedang dilanda stres. Ada banyak alasan orang dihinggapi perasaan cemas dan stres selama pandemi. Konsumsi enam jenis makanan penghilang stres namun sehat di atas dapat membantumu mengatasi stres dan cemas.
 
Sambil berharap situasi segera membaik, alangkah baiknya jika kamu melengkapi diri dengan produk asuransi agar bisa lebih tenang menjalani hidup. Sekarang urusan tenang bisa jadi gampang dengan asuransi jiwa Flexi Life dari Astra Life. Ini merupakan asuransi fleksibel pertama di Indonesia yang bisa memberikan perlindungan hingga Rp5 miliar. Enaknya memiliki produk asuransi ini, kamu bebas mengubah uang pertanggungan, masa pertanggungan, masa pembayaran premi, dan mengajukan perubahan lainnya secara online sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupanmu. Dapatkan juga informasi menarik lain seputar makanan penghilang stres dan asuransi dengan follow @astralifeid. Tetap semangat! #iGotYourBack
Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!