Tak Hanya Bikin Badan Sehat, Olahraga Juga Bisa Bikin Bahagia

Merasa tertekan dengan beban kerja, punya masalah percintaan atau merasa gundah karena berbagai hal lainnya? Olahraga dipercaya mampu menjadi obat mujarabnya. Simak penjelasannya!

Merasa tertekan dengan beban kerja, punya masalah percintaan atau merasa gundah karena berbagai hal lainnya? Olahraga dipercaya mampu menjadi obat mujarabnya. Sebab mengolah tubuh tidak hanya mampu menjaga kesehatan, membuat bentuk tubuh tetap ideal, atau membuat kamu tetap kuat, tapi juga bisa membuat kamu merasa lebih bahagia.

Seperti yang dikutip dari Mindbodygreen, olahraga mampu meningkatkan produksi hormon Dopamine dalam otak, yang mana hormon tersebut bertugas menciptakan rasa bahagia. Bahkan menurut riset, makin tua otak kamu, maka makin sedikit jumlah dopamine yang diproduksi, sehingga mau tak mau kamu harus melakukan beragam aktivitas yang mampu memacu produksi dopamine.

Selain mampu merangsang produksi dopamine, berolahraga juga membantu kamu mengurangi rasa stres. Karena saat berolahraga kamu memacu diri ke tingkat stres terendah dengan meningkatkan detak jantung yang membuat badan bergerak mengeluarkan beragam hormon-hormon yang melawan stres. Berolahraga secara rutin juga dapat membuat kamu mampu mengelola stres dengan baik. Bila kamu bisa menjauhi rasa stres, kebahagiaan pun akan datang dengan sendirinya.

Manfaat berolahraga tak hanya itu saja, bagi kamu yang kerap merasa mudah lelah dan sering sakit bisa jadi kamu lupa menggerakkan otot-otot sehingga tubuh jadi ringkih. Mulailah menggerakkan badan, karena olahraga mampu membuat kamu merasa lebih bertenaga. Jadi, saat ‘memaksa’ diri bergerak untuk sekedar jogging atau yoga selepas bekerja, kamu akan merasakan sendiri sensasi di mana tubuh akan terasa lebih segar dan bertenaga. Badan yang berenergi akan membuat pikiran pun jadi lebih bahagia.

Stres sudah mampu dikelola dengan baik, badan sudah lebih bertenaga, lantas apa lagi yang kurang? Kepercayaan diri, makin kamu merasa percaya diri maka rasa bahagia bertambah. Dengan berolahraga tentu bentuk tubuh kamu bisa dijaga dengan baik, sehingga mengenakan baju apa pun untuk kerja atau hangout tentu akan cocok. Di depan lawan jenis pun kamu tak lagi perlu merasa minder. Percayalah berolahraga tak hanya mampu membuat tubuh nampak indah, tapi juga membuat kamu makin merasa kuat, lebih independen, dan tentunya percaya diri.

Makin kamu merasa percaya diri maka rasa bahagia bertambah.

Dari semua manfaat olahraga di atas, rasanya faedah olahraga yang satu ini pun wajib kamu perhatikan baik-baik. Olahraga memiliki efek yang baik bagi mereka yang mengalami insomnia, salah satu masalah tidur ini sering disangkutpautkan dengan stres. Insomnia biasanya diakibatkan karena stres yang berlebihan. Dengan berolahraga, secara rutin mereka yang menderita insomnia mulai sembuh dari masalah tidur tersebut. Hal ini telah dibuktikan dengan beragam penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Makin berkualitas tidur yang kamu dapat, makan makin sehat tubuh dan pikiran kamu.

Maka, mulai sekarang buang jauh-jauh perasaan malas berolahraga. Dorong diri kamu untuk mau bergerak aktif, jika berolahraga rutin terasa terlalu berat dilakukan sendirian ajak lah teman atau rekan kerja kamu untuk berolahraga seusai bekerja. Atau bawa keluarga kamu untuk sekedar senam di taman saat weekend. Mau lebih semangat, pasang target yang pasti, misalnya ukuran lebar perut atau pinggang yang menyusut dalam beberapa bulan. Kamu pasti makin semangat.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!