Bingung Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat? Ini Tipsnya!

Asuransi kesehatan punya banyak manfaat menarik. Pasalnya, asuransi kesehatan bukan sekadar bentuk proteksi dini, melainkan bentuk cintamu pada diri sendiri dan keluarga. Gimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat? Lihat tipsnya berikut, yuk!

Bingung Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat? Ini Tipsnya

Asuransi bukan lagi hal asing di telinga kita. Ada banyak jenisnya, mulai dari asuransi umum, asuransi pendidikan, asuransi jiwa, asuransi dana hari tua, hingga asuransi kesehatan yang menjadi salah satu prioritas utama ketika seseorang ingin mulai menggunakan asuransi.

Asuransi sendiri bisa diartikan sebagai cara untuk mengelola risiko. Di mana ketika kamu membeli asuransi, maka kamu membeli perlindungan terhadap risiko terkait kerugian finansial tidak terduga yang mungkin terjadi. Bisa begitu karena perusahaan asuransi lah yang akan membayarkan hal tersebut, tergantung jenis asuransi apa yang kamu gunakan.

Salah satu asuransi yang sangat penting dan bisa kamu jadikan pertimbangan ialah asuransi kesehatan. Mengapa asuransi kesehatan itu penting, ya?

  • Melindungi kamu dari biaya pengobatan yang tinggi dan tidak terduga.
  • Meminimalkan pengeluaran ketika kamu atau anggota keluarga ada yang jatuh sakit.
  • Memberikan akses pengobatan langsung saat terkena musibah kecelakaan atau sakit.

Sederet manfaat tersebut membuat produk asuransi kesehatan menjadi banyak diminati. Pasalnya, asuransi kesehatan bukan sekadar bentuk proteksi dini, melainkan bentuk cintamu pada diri sendiri dan keluarga. Nah, jika kamu tertarik untuk punya asuransi ini, kamu bisa coba pertimbangkan dulu beberapa hal berikut sebelum memilih asuransi kesehatan tersebut, ya.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

1. Perhatikan kebutuhan kesehatan kamu

Ketika hendak memilih asuransi kesehatan, kamu perlu memperhatikan kondisi kesehatan terlebih dahulu, supaya mengerti kebutuhan kesehatan apa yang sebenarnya paling diperlukan. Apalagi kebutuhan kesehatan setiap orang berbeda-beda dan masih bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Maka itu, sebelum menentukan asuransi kesehatan yang ingin digunakan, pikirkanlah lebih dulu tentang perawatan kesehatan yang mungkin kamu dan keluarga butuhkan di waktu mendatang. Contohnya, jika kamu punya kondisi medis yang memerlukan perawatan secara berkelanjutan, seperti penyakit diabetes atau penyakit jantung, maka asuransi dengan lower deductible (besaran biaya saat mengajukan klaim rendah) mungkin akan lebih cocok untuk kamu.

Selain itu, pertimbangkanlah apabila kamu dan keluarga sering melakukan perjalanan ke berbagai tempat hingga ke luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa mencari asuransi yang memiliki jaringan dengan rumah sakit rekanan yang lebih luas di berbagai negara.

2. Cek, teliti, dan pahami polis dengan baik

Penting untuk kamu mengecek, meneliti, dan memahami apa saja coverage atau manfaat yang diberikan oleh asuransi tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga perlu melihat apakah asuransi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan kesehatan yang kamu butuhkan atau tidak.

Biasanya, produk asuransi kesehatan menawarkan beberapa manfaat, seperti rawat jalan dan inap, perawatan gigi, manfaat pembedahan, dan lainnya. Nah, kamu perlu tahu bahwa pada umumnya asuransi kesehatan standar juga tidak memberi perlindungan atau meng-cover tanggungan penyakit berat, sehingga kamu harus tetap membayar biayanya sendiri.

Pasalnya, polis asuransi mungkin menyertakan istilah-istilah asuransi yang belum begitu kamu pahami atau bahkan asing di telingamu. Maka itu, untuk menghindari adanya kesalahpahaman yang merugikan, ketika sudah membeli asuransi kesehatan, pastikan kamu sudah mempelajari dan memahami polis asuransinya dengan baik terlebih dahulu sebelum memilihnya, ya.

3. Pilih premi bulanan dan produk asuransi yang sesuai

Buatlah rencana dan pilih bagaimana kamu ingin membayar biaya asuransi sesuai dengan cara kamu mengelola keuanganmu sendiri. Beberapa orang ada yang memilih membayar premi bulanan rendah, tetapi ada yang mungkin lebih suka membayar premi bulanan tinggi, sehingga mereka bisa membayar lebih rendah untuk copayment ketika membutuhkan perawatan.

Jika memiliki kondisi medis yang tidak membutuhkan perawatan utama berkelanjutan, kamu bisa lebih menghemat uang dengan memilih paket yang membebankan pembayaran premi rendah setiap bulan. Dengan begitu, hanya sedikit uang dari gaji yang kamu ambil untuk membayar asuransi.

Selain cara mengelola asuransinya, memilih asuransi kesehatan juga perlu mempertimbangkan biaya copays yang mungkin dikeluarkan saat mengunjungi dokter, klinik, atau perawatan darurat. Kamu bisa coba membandingkan deductible, coinsurance, dan out-of-pocket untuk setiap paketnya. Dengan begitu, kamu bisa melihat paket mana yang lebih hemat dan lebih cocok dengan kondisi kesehatan kamu.

4. Bandingkan polis asuransi satu dengan lainnya

Nah, cara memilih asuransi kesehatan yang tepat lainnya yaitu membandingkan polis asuransi satu dengan yang lainnya. Kenapa hal ini perlu untuk dilakukan? Tentu saja jawabannya supaya kamu bisa menemukan polis asuransi kesehatan yang paling tepat.

Ibaratnya, coba untuk riset dulu beberapa layanan asuransi kesehatan yang menarik perhatian, sebelum kamu memilih asuransi tersebut. Polis asuransi biasanya memuat informasi mengenai hak dan kewajiban pengguna dengan perusahaan asuransinya. Termasuk di dalamnya coverage seperti apa yang disediakan ketika membeli polis asuransi tersebut.

Ada asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan kesehatan hingga luar negeri, hal ini tentu akan cocok dengan kamu yang suka berpergian ke luar negeri. Namun, ada pula asuransi kesehatan yang hanya meng-cover dalam negeri. Jadi, jika merasa tidak membutuhkan coverage sampai ke luar negeri, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengambilnya, ya!

Cara Membuat Asuransi Kesehatan

Setelah menentukan asuransi kesehatan yang sesuai, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut untuk membeli asuransinya. Ada dua cara yang bisa dilakukan ketika mendaftar, yaitu daftar secara online dan offline.

  1. Kalau memilih untuk mendaftar offline, biasanya kamu harus melakukan pendaftaran dengan menelepon pihak asuransi untuk membuat janji temu. Jika memilih secara online, kamu bisa langsung mengunjungi laman/website penyedia layanan asuransi pilihan.

2. Menyiapkan berkas-berkas penting seperti KTP, NPWP, kartu keluarga, akta kelahiran si penanggung, dan beberapa berkas lainnya yang sesuai dengan perusahaan asuransi pilihan kamu.

3. Ketika mendaftar via online, biasanya kamu hanya perlu mengisi formulir melalui laman/website perusahaan asuransi dan membayar premi per bulan yang dipilih melalui virtual account. Kemudian setelah pembayaran selesai dilakukan, kamu akan dihubungi oleh pihak asuransi via telepon sebagai langkah konfirmasi akhir.

4. Untuk kamu yang daftar secara offline, kamu akan mengikuti proses wawancara singkat dengan penyedia layanan. Setelah pihak asuransi sudah selesai menjelaskan detail tentang hak dan kewajiban premi yang disepakati, kamu akan diminta menandatangani dokumen yang akan diajukan ke kantor pusat.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu pun sedang mengantisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi pada diri sendiri dan keluarga, dari sisi kesehatan dan keuangan. Di sisi lain, dalam hidup tentu kamu ingin memberikan segala yang terbaik buat diri sendiri dan keluarga, termasuk soal asuransi kesehatan. Maka itu, kamu perlu memilih asuransi yang tepat untuk diri sendiri dan keluarga agar bisa merasakan manfaatnya dengan optimal.

Jika kamu mencari asuransi kesehatan yang lengkap dan mudah dalam proses klaim, Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life dapat jadi pilihanmu. Apalagi, asuransi ini memberikan manfaat berupa fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, memberikan fasilitas medical check up tiap 2 tahun sekali, hingga klaim secara cashless dengan menggunakan e-card. Tak hanya itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat. Nah, menariknya lagi, kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi astra ini dengan mengunjungi ilovelife.co.id, lho!

Selanjutnya, coba bantu pikiranmu tetap sehat dengan memberi jaminan terhadap masa depan. Terlalu membebani pikiran dapat membahayakan kesehatan. Bagaimana jika mulai mencari rasa aman? Asuransi bisa jadi salah satu saluran yang memberikan rasa aman, tidak hanya untuk kamu tapi juga untuk orang-orang terdekat kamu. Saat ini, sudah banyak jenis asuransi yang dapat kamu sesuaikan dengan keperluanmu dan keluargamu. Salah satunya produk Flexi Life dari Astra Life yang menawarkan premi yang fleksibel dan bisa kamu atur sendiri sesuai dengan fase kehidupanmu.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!