9 Tips Rayakan Lebaran Saat Pandemi

Tinggal hitungan hari, seluruh umat Islam akan merayakan hari lebaran. Ini merupakan tahun kedua Idul Fitri dalam kondisi pandemi.

9 Tips Lebaran Saat Pandemi

Tinggal hitungan hari, seluruh umat Islam akan merayakan hari lebaran. Ini merupakan tahun kedua Idul Fitri dalam kondisi pandemi. Bagaimana caranya untuk tetap aman merayakan lebaran di kala pandemi?

Setelah menjalani satu bulan puasa, umat Islam akan melaksanakan Salat Idul Fitri dan biasanya akan berkumpul bersama keluarga besar di hari lebaran. Namun, tahun ini kita terpaksa harus kembali menunda merayakan lebaran dengan bertemu langsung bersama keluarga besar seiring adanya larangan mudik untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Jangan bersedih hati, kamu tetap bisa menikmati lebaran secara suka cita meski masih di masa pandemi.

Tips Rayakan Lebaran

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tak bisa melakukan apapun lho. Kamu tetap bisa melakukan kebiasaan menjelang dan saat lebaran tiba meski dalam kondisi yang terbatas. Berikut tips-tips yang bisa kamu coba lakukan untuk merayakan lebaran di masa pandemi:

1. Memasak Menu Lebaran

Walaupun tak bisa berkumpul bersama keluarga besar, kamu tetap bisa menghadirkan menu-menu makanan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, serta kue-kue kering lainnya. Hal ini agar perayaan lebaran kamu tetap terasa semarak meskipun tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat lainnya. Sementara itu, bagi kamu yang tinggal sendiri kamu dan merasa kerepotan untuk memasak, maka kamu bisa mencoba melihat-lihat katering yang menawarkan menu lebaran. Biasanya banyak yang menawarkan paket ketupat lengkap dengan opor dan lauk khas lebaran lainnya. Jadi, meskipun sendiri suasana lebaran tetap bisa dirasakan.

2. Mendekorasi Ruangan

Sebagian keluarga memiliki kebiasaan untuk membersihkan rumah menjelang lebaran. Hal ini tetap bisa dilakukan meskipun kamu tak open house untuk orang lain. Membersihkan setiap sudut rumah tentu akan memberikan efek yang berbeda setelahnya. Akan ada rasa nyaman dan senang melihat rumah dalam keadaan bersih.

Selain membersihkan rumah, kamu juga bisa menata ulang salah satu ruangan untuk dipakai berkumpul bersama keluarga kecilmu. Jika kamu belum berkeluarga, tak ada salahnya juga kamu mendekorasi salah satu ruangan untuk dinikmati oleh dirimu sendiri. Kamu bisa sekadar mengubah posisi tata letak barang, menambah sentuhan ornamen atau hiasan kecil di sudut ruangan, menaruh tanaman, atau bahkan mengecat ulang tembok ruangan. Dekorasi ruangan yang baru tentu bisa menghadirkan keceriaan dan semangat baru bagi yang melihatnya. 

3. Belanja Online

Bagi kamu yang memang senang berbelanja untuk kebutuhan lebaran, masa pandemi tak menjadi halangan kamu untuk tidak berbelanja. Untuk menghindari kerumunan di pusat perbelanjaan menjelang lebaran, berbelanja online bisa menjadi pilihan kamu menyiapkan hal-hal yang diperlukan saat merayakan lebaran di masa pandemi ini lho, apalagi biasanya akan ada promo-promo menarik THR atau bingkisan. Untuk kegiatan yang satu ini, masa pandemi juga bukan halangan untuk kamu tetap berbagi dengan orang lainnya lho. Untuk menunjukkan rasa perhatian dan berbagi kebahagiaan kamu bisa mengirimkan hampers atau parcel ke keluarga atau kerabat. Meskipun tak dapat bertemu langsung, hampers atau bingkisan bisa menjadi jembatan rasa rindu yang kamu rasakan kepada orang lainnya tersebut.

Aneka pernak-pernik lebaran, makanan, baju, hingga kue kering bisa menjadi pilihan hampers atau parcel yang kamu kirimkan ke keluarga atau kerabat. Pemberian hampers tak harus barang yang mahal dan mewah, sesuaikan pilihan hampersmu dengan dana yang kamu punya. Dengan demikian kamu tetap bisa berbagi keceriaan dengan orang-orang yang kamu sayangi meski tanpa tatap muka secara langsung dengan para olshop. Tapi, tetap ingat untuk bisa menahan diri jangan selalu menuruti lapar mata saat berbelanja. Apalagi menjelang hari raya biasanya banyak toko yang menawarkan potongan harga dan diskon yang menarik.

4. Berbagi Hampers atau Parcel

Indahnya lebaran juga biasanya identik dengan momentum saling berbagi. Entah itu berbagi amplop.

5. Tetap Membayar Zakat Fitrah dan Fidyah

Menjelang lebaran jangan lupa juga untuk menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah dan fidyah bagi yang berkewajiban. Membayar zakat fitrah dan fidyah bisa dilakukan secara langsung ke masjid terdekat ataupun secara online. Jika pembayaran dilakukan secara langsung, jangan lupa menjaga protokol kesehatan saat bertemu dengan orang atau lembaga yang menerima zakat.

6. Malam Takbiran di Rumah Saja

Siapa disini yang suka berkeliling kota saat malam takbiran? Jika kamu salah satu orang yang suka berkeliling saat malam takbiran, mungkin kamu tetap bisa melakukannya dengan keluarga inti dan hanya dari mobil saja. Namun, untuk kali ini tak ada salahnya juga kamu menghabiskan waktu bersama keluarga dengan di rumah saja saat malam takbiran. Lagipula menggemakan takbir bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah. Apalagi biasanya masjid di lingkungan rumah pun sudah menyemarakkan takbir juga yang bisa diikuti oleh kamu dan keluarga dari dalam rumah. Perbanyak membaca Alquran dan berdoa juga bisa menjadi pilihan saat malam takbiran di rumah saja.

7. Menjaga Prokes Saat Sholat Idul Fitri Berjamaah

Puncak perayaan lebaran adalah dengan melaksanakan Sholat Idul Fitri. Sebagian wilayah mungkin ada yang sudah diperbolehkan untuk mengadakan Sholat Idul Fitri berjamaah. Jika kamu ingin melakukan sholat berjamaah di lapangan atau masjid terdekat jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat. Pastikan juga panitia sholat Idul Fitri menerapkan protokol kesehatan yang benar seperti mengatur jarak antar shaf sholat, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, melakukan pengecekan suhu tubuh.

Jika sudah yakin, maka berikut hal-hal yang perlu kamu lakukan saat akan sholat berjamaah:

– Cucilah tangan dengan sabun di air mengalir.

– Berwudhu dari rumah.

– Gunakan masker dengan benar.

– Cek suhu tubuh.

– Pastikan jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lainnya saat salat.

– Gunakan alat sholat sendiri dari mulai mukena atau sarung serta sajadah.

– Sebisa mungkin hindari berbincang dengan orang lain dan berjabat tangan.

8. Sholat Idul Fitri di Rumah

Jika di wilayah kamu belum memperbolehkan sholat berjamaah, maka kamu bisa melakukannya di rumah. Apabila dilakukan sendiri, maka kamu cukup melaksanakan salat Idul Fitri seperti biasa dan tak perlu khotbah.

Adapun, jika ingin berjamaah di rumah maka Sholat Idul Fitri minimal diikuti oleh 4 orang dengan 1 orang imam dan 3 orang makmum. Tata cara sholat nya juga sama seperti Sholat Idul Fitri, tetapi setelah sholat boleh dilakukan dengan atau tanpa khotbah.

9. Silaturahmi Virtual

Lebaran di masa pandemi juga bukan berarti membuat kamu tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar dan kerabat. Di era kemajuan digital seperti ini jarak bukan lagi menjadi masalah untuk berkomunikasi. Kamu tetap bisa melakukan silaturahmi secara virtual setelah ataupun sebelum Sholat Idul Fitri. Kamu bisa membuat agenda dan mencocokan jadwal terlebih dahulu agar peserta yang ikut silaturahmi virtual juga bisa maksimal.

Sejumlah aplikasi yang bisa kamu coba untuk silaturahmi virtual ini antara lain video call melalui Whatsapp, aplikasi Zoom, Google Meet, dan Skype. Pastikan juga kamu dan para peserta silaturahmi virtual lainnya memiliki sinyal yang bagus dan kuota internet yang mencukupi.

Pada intinya, jangan terlalu lama bersedih karena tidak bisa mudik di lebaran kali ini karena merayakan lebaran tetap bisa semarak meski di rumah saja. Meskipun tentu rasanya berbeda, tetapi tips-tips di atas bisa kamu coba untuk merayakan lebaran di masa pandemi kali ini.

Kalau tak ada hal yang genting dan darurat, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk bertemu keluarga untuk mengobati rindu sesaat tetapi membawa risiko yang lebih besar. Karena kesehatan diri dan keluarga menjadi utama di masa seperti ini.

Jangan lupa juga lengkapi perlindungan kesehatan diri dan keluarga. Ada beberapa asuransi dari Astra Life yang bisa kamu pertimbangkan untuk melengkapi perlindungan kesehatanmu.

Pertama, Flexi Health

Asuransi kesehatan ini memberikan santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari dan manfaat santunan tambahan lainnya. Asuransi ini cocok untuk melengkapi asuransi kesehatan dari kantor atau BPJS Kesehatan agar finansialmu tidak terganggu akibat biaya tak terduga selama menjalani perawatan di rumah sakit.

Kedua, Medicare Premier

Asuransi ini memiliki kenyamanan dan prioritas sebagai sebuah asuransi kesehatan seperti layanan privat ‘one bed & one bathroom’. Asuransi ini juga memberikan kemudahan melalui 1 Polis 1 Keluarga, jadi tidak perlu pusing lagi membayarkan beberapa polis asuransi dan seluruh keluarga memiliki perlindungan, kenyamanan dan prioritas yang sama.

Untuk mengetahui info layanan Astra Life lebih lengkap kamu bisa langsung mengunjungi laman astralife.co.id. Follow juga instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips-tips bermanfaat lainnya. Urusan Sehat Jadi Tenang, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!