Apakah Bayi Sudah Perlu Asuransi? Ini Yang Perlu Kamu Ketahui

Sudah bisa diambil sejak si kecil berusia 6 bulan, sebenarnya apakah asuransi untuk bayi itu benar-benar penting? Apa yang harus dipelajari seputar hal ini?

Asuransi-Untuk-Bayi

Apakah Bayi Sudah Perlu Asuransi? Ini Yang Perlu Kamu Ketahui

Sudah bisa diambil sejak si kecil berusia 6 bulan, sebenarnya apakah asuransi untuk bayi itu benar-benar penting? Apa yang harus dipelajari seputar hal ini?

Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung membuat masyarakat semakin resah karena banyak hal yang tidak bisa terpenuhi, seperti munculnya rasa khawatir bagi pasangan yang sedang menunggu kelahiran bayi-nya, atau ibu yang baru saja melahirkan. Ada rasa cemas ketika tahu bahwa sang bayi harus tumbuh di tengah keadaan yang berisiko tinggi seperti ini.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahkan menyebutkan bahwa kematian anak akibat COVID-19 di Indonesia sempat menjadi yang tertinggi di dunia. Yang lebih menyedihkan Data Satgas Penanganan Covid-19 per tanggal 11 Juni 2021, memaparkan bahwa setidaknya terdapat 1.2 persen anak usia di bawah 18 tahun di Indonesia meninggal akibat virus Corona. Jika dilihat secara keseluruhan maka 0.6 persen adalah bayi berusia 0.5 tahun dan 0.6 persen lainnya berusia 5-18 tahun. Memprihatinkan bukan? Dengan demikian, mungkin ini saatnya untuk kamu mulai mempertimbangkan berbagai risiko yang bisa terjadi dan juga proteksi untuk menghalau risiko tersebut.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Sebagian masyarakat menilai asuransi sebagai proteksi diri dan tunjangan ketika kita tertimpa hal-hal yang tidak diinginkan. Di sisi lain, ada sebagian lainnya yang berpendapat bahwa asuransi bagi anak belum penting. Mereka lebih memilih untuk sekedar mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan imun tubuh si kecil.

Sudah bisa diambil sejak si kecil berusia 6 bulan, sebenarnya kenapa sih asuransi harus diberikan se-dini mungkin?

Banyak orang beranggapan asuransi kesehatan tidak begitu penting, hanya membuang-buang uang untuk membayar premi bulanan. Pada dasarnya, asuransi baik untuk dimiliki agar bisa melindungi diri dari risiko finansial di masa depan. Terlebih lagi, jika terdapat potensi yang besar untuk risiko itu terjadi. Misalnya, adanya riwayat penyakit kritis yang menurun dari keluarga.

Apabila hal ini terjadi, apakah kamu siap mengeluarkan banyak biaya? Baik untuk pengobatan rawat inap dan rawat jalan atau bahkan harus menghabiskan seluruh tabungan demi biaya pengobatan yang tiba-tiba saja membengkak? Tentu saja tidak. 

Yuk cari tahu kenapa asuransi kesehatan itu penting.

Tabungan Masa Depan

Kebiasaan masyarakat masa kini yang konsumtif dan boros akan menjadi sesuatu yang merugikan di masa depan ketika kamu seharusnya pensiun dan tenang menikmati masa tua. Untuk bisa mencapai kemapanan di masa tua, kamu perlu mempersiapkannya dari sekarang. Salah satunya adalah investasi pada kesehatan.

Kesehatan adalah hal utama yang ingin kita jaga hingga bertahun-tahun ke depan. Sebagai buah hati kesayangan ayah dan bunda, tentu nya penting untuk memastikan kesehatan si bayi. Adanya asuransi dapat menjadi jaminan untuk bisa selalu memenuhi tunjangan kesehatan si bayi, sementara itu pendapatan lainnya dapat ditabung untuk masa depan.

Bantuan Biaya Pengobatan

Peran asuransi ialah meminimalisir adanya risiko yang dalam hal ini, salah satu bentuknya adalah penyakit kritis. Dikutip dari HelloSEHAT, 50 persen kasus meningitis terjadi pada kelompok usia bayi dan balita. Tak hanya meningtis, sebetulnya masih ada hepatitis, jantung, atau leukimia. Kondisi bayi yang masih kecil tentunya sangat rentan dan dan lemah untuk menghadapi penyakit. Jangankan penyakit kritis tadi, DBD pun bisa jadi sangat berbahaya untuk si kecil. Dengan demikian, penting adanya untuk melakukan berbagai upaya penanganan dan pencegahan, salah satunya dengan adanya asuransi.

Jika si bayi sudah terproteksi asuransi kesehatan sejak sekarang, kelak asuransi kesehatan tersebut akan memberikan ketenangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Dana tabungan pun bisa kamu manfaatkan untuk  mempersiapkan masa depan si bayi.

Investasi Masa Depan

Banyak yang dapat dilakukan untuk bisa memulai berinvestasi. Asuransi pun bisa menjadi jembatan untuk berinvestasi melalui instrumen unitlink-nya. Tidak ada salahnya jika mulai sekarang kamu menyisihkan sebagian pendapatan mu untuk diinvestasikan masa depan si bayi ketika sudah dewasa.

Hasil dari investasi ini tentu saja tidak hanya bermanfaat untukmu, tapi juga untuk keluarga dan si bayi yang nantinya akan bertumbuh dewasa.

Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Bayi

Proteksi dini untuk bayi bisa digunakan pra dan pasca kelahiran bayi. Asuransi kesehatan yang tepat bisa menjadi proteksi sekaligus solusi yang tepat di kala krisis, salah satunya seperti pandemi ini. Memang apa saja sih manfaat yang didapat dengan menggunakan asuransi kesehatan untuk bayi? Simak di bawah ini.

1. Menjaga Finansial Keluarga

Biaya kesehatan yang tiap tahunnya makin melonjak semakin membuat kita pusing dan menjadi beban pikiran. Menggunakan tabungan saat terjadi sesuatu yang tak diinginkan mungkin bisa jadi solusi, namun apa jadinya jika sisa tabungan yang kita miliki masih tak bisa menutup tagihan pengobatan yang semakin membengkak? Lagi-lagi peran asuransi kesehatanlah yang menjadi opsi paling masuk akal.

Asuransi kesehatan akan mentstabilkan finansial keuangan kita dan membantu kita menghindari pinjaman bank dengan bunga yang besar, sehingga kita bisa menutupi biaya kesehatan dan melihat orang yang kita kasihi sehat selalu.

2. Membantu Perawatan Bayi yang Rawan Sakit

Secara jasmani kondisi bayi yang baru lahir sangatlah rapuh dan lemah sehingga masih sulit beradaptasi. Baru ketika bayi berusia 5 tahun, tubuh mereka mulai menyesuaikan dan beradaptasi, namun tetap saja tubuh bayi kecil lebih rentan terkena penyakit dibanding dengan orang dewasa.

Penting untuk disadari sebagai orang tua bayi harus memiliki dana darurat. Dana darurat ini tentunya bisa disediakan melalui produk asuransi kesehatan. Kamu cukup membayar premi dengan teratur dan ketika bayi sakit, kamu tinggal menunjukkan kartu asuransi kamu untuk berobat. Biaya rawat jalan dan obat dapat terbantu dengan adanya asuransi. Jika diperlukan rawat inap, asuransi pun bisa membantu supaya si bayi mendapatkan fasilitas eksklusif dengan perawatan yang lebih intensif.

3. Mendapatkan Premi yang Lebih Kecil

Setiap anak tentunya memiliki hak yang sama dalam hal kesejahteraan. Sebagai orang tua, kita juga tentunya ingin memberikan sesuatunya secara adil. Namun yang menjadi perhatian adalah biaya yang harus dikeluarkan secara keseluruhan untuk anak-anak kita. Nah, dalam hal ini kamu tidak perlu khawatir. Kenapa? karena dengan memiliki dua atau lebih tertanggung, maka kamu bisa mendapatkan diskon premi. Ini tentunya menjadi manfaat spesial untuk kamu dan si kecil.

Memahami Juvenile Insurance

Pada awalnya orang mengenal asuransi jiwa sebagai produk dimana orang tua berperan membeli asuransi sekaligus  menjadi tertanggungnya. Namun, sekarang ini telah hadir konsep juvenile insurance di mana orang tua mendaftarkan anaknya sebagai tertanggung. Arti kata seorang ”bayi” di sini tentunya adalah orang yang belum cukup dewasa dan memiliki kemampuan secara finansial. Dengan demikian, orang tua lah yang akan berperan untuk  menjamin kesehatan si anak secara finansial. Dalam hal ini, fungsinya adalah meminimalisir segala risiko termasuk menjamin penanganan terbaik untuk kondisi kesehatan si anak dan meminimalisir total biaya yang dikeluarkan.

Tak hanya untuk orang tua, kegunaan langsung untuk si bayi (tertanggung) ialah mengumpulkan uang untuk tujuan jangka panjang dari cash value asuransi ini sejak 6 bulan hingga 17 tahun.

Tips Jitu memilih Asuransi untuk Bayi

Setiap orang tua mempunyai caranya masing-masing untuk bisa membahagiakan dan memberikan yang terbaik untuk bayi. Semuanya dipersiapkan sejak dini demi masa depan yang baik untuk bayi

Meskipun peran orang tua menjadi faktor yang penting sebagai pembimbing bayi ke masa depan mereka, mutu jaminan atau asuransi yang tepat juga dapat meningkatkan peluang masa depan yang baik untuk bayi. Untuk itu orang tua harus memilih dengan bijak ketika ingin memilih asuransi yang tepat untuk bayi. Simak beberapa tips agar memilih asuransi yang tepat untuk bayi:

1. Lakukan Riset Awal

Kamu harus memegang kendali terhadap deposit asuransi dan harus melihat biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya pendidikan si bayi. Kemudian baru mengakumulasikan dengan biaya kedepannya kelak saat si bayi sudah tumbuh dewasa dan mulai bersekolah. Dengan demikian kamu bisa mengalokasikan kondisi finansial kamu.

2. Kemampuan yang Dimiliki

Pemilihan asuransi sesuai dengan kondisi finansial Kamu harus diperhatikan agar asuransi bisa menjadi solusi bagi Kamu alih-alih menjadi beban. Kamu harus tau dan mempersiapkan apa saja yang harus dibayarkan dan jumlah premi yang diminta perusahaan asuransi tersebut.

3. Kenali Perusahaan Asuransi

Penting untuk orang tua untuk mencari informasi terlebih dahulu sebelum memilih asuransi yang tepat. Bisa dengan berkonsultasi dengan orang yang sudah menggunakan jasa asuransi tersebut atau bisa langsung menhubungi call center dari perusahaan asuransi tersebut. Karena ketepatan memilih asuransi bisa menjembatani bayi kelak dan tidak menjadi beban bagi orang tua.

dengan bayi. Sebagai orangtua, kamu pasti ingin memilihkan semua yang terbaik untuk mereka sejak sekarang, termasuk memberikan pelayanan kesehatan seoptimal mungkin. Untuk itulah Astra Life menghadirkan AVA iFamily Protection yang ada untuk selalu menjaga kita dari segala kemungkinan.

AVA iFamily Protection menawarkan banyak manfaat mulai dari santunan meninggal dunia, meninggal akibat kecelakaan, penggantian rawat jalan darurat, santunan rawat inap (termasuk ICU), hingga pengembalian premi. Sangat lengkap untukmu yang ingin memilihkan seluruhnya yang terbaik sejak bayi berusia 6 bulan.

Untuk mengetahui manfaat lengkap layanan AVA iFamily Protection dan produk lainnya, kunjungi laman astralife.co.id dan follow Instagram @AstraLife untuk terus tahu informasi dan tips-tips menarik lainnya. Urusan Sehat, Jadi Tenang #iGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!