Investasi Bukan Melulu Soal Uang

Persaingan semakin sulit, tuntutan hidup semakin banyak, peluang untuk kehilangan pekerjaan juga semakin besar. Tanpa ada pengembangan diri, rasanya akan sulit bagi kita untuk bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. 

Investasi-Bukan-Melulu-Soal-Uang

Di masa kini, perlu banget bagi kita untuk selalu melakukan pengembangan diri. Mengapa? Persaingan semakin sulit, tuntutan hidup semakin banyak, peluang untuk kehilangan pekerjaan juga semakin besar. Tanpa ada pengembangan diri, rasanya akan sulit bagi kita untuk bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Apalagi di masa sulit di tengah pandemi COVID-19 seperti ini. Untuk bisa survive, kita harus melakukan banyak adaptasi terhadap kondisi. Di sinilah, kita perlu untuk memikirkan pengembangan diri seperti apa yang bisa membantu kita keluar dari masa sulit.

Inilah yang disebut dengan investasi diri sendiri. Investasi diri merupakan sebuah cara untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri. Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk investasi diri? Simak selengkapnya di artikel berikut.

Berbagai Macam Investasi Diri

Tentunya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk dapat melakukan pengembangan diri. Menurut klasifikasinya, pengembangan diri dibagi menjadi tiga aspek, yaitu investasi intelektual, spiritual, dan sosial.

Investasi Intelektual

Investasi intelektual merujuk pada potensi yang dimiliki individu untuk mempelajari sesuatu. Dalam investasikan intelektual diperlukan konsistensi untuk mengasah kemampuan otak secara berkala dan terus menerus. Pasalnya, hanya dengan belajar, maka pengembangan diri pada aspek ini juga akan semakin meningkat. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mulai melakukan investasi diri secara intelektual:

1. Mengikuti Program Keterampilan Bersertifikasi

Dengan mengikuti pelatihan program yang bersertifikasi, kamu akan diajarkan untuk lebih mengenal dirimu sendiri, juga kemahiranmu, dalam hal atau bidang tertentu. Jika kamu sudah bersertifikasi dalam bidang yang kamu inginkan, maka secara tidak langsung kamu meningkatkan akses untuk mendapatkan pekerjaan yang baik karena kemampuanmu sudah diakui secara global sesuai dengan bidang yang kamu tekuni.

Tentunya ini bernilai positif karena akan menaikkan tingkat percaya dirimu karena kamu sudah bisa dipastikan berkompeten dalam mengerjakan tugas dari perusahaan.

Saat ini sudah banyak penyedia kursus online yang menyediakan sertifikat resmi, seperti Coursera yang berafiliasi dengan universitas top dunia, Google yang menyediakan berbagai macam sertifikasi di bidang digital, atau kamu juga bisa mencari layanan kursus yang menyediakan sertifikat resmi dari BNSP seperti di MarkPlus untuk kursus bidang pemasaran.

2. Mendengarkan Podcast

Podcast memiliki lingkup informasi yang luas dan beragam. Mulai dari politik, sains, cerita anak-anak, psikologi, parenting, hingga pop-culture seperti musik dan film. Materi obrolan yang dibahas dalam sebuah podcast tidak hanya menyajikan informasi yang umum (general) namun juga bisa dari perspektif lainnya. 

Bisa jadi ada argumen menarik yang disampaikan oleh podcaster, yang dapat membuka pikiran kita sebagai pendengar,sehingga kita dapat belajar menganalisis informasi yang disampaikan.

Beberapa podcast pilihan yang bisa membantu kamu menjadi lebih berkembang: Thirty Days of Lunch dan End Game di Spotify, atau kamu juga bisa mengunduh aplikasi seperti Inspigo dan Mentorgue.

3. Membaca Buku

Dengan membaca buku atau bacaan lainnya, kamu dapat mengasah kemampuan berpikir dan meningkatkan minat terhadap berbagai informasi dalam setiap bahan bacaan yang dibaca. Membaca dapat membuka pola pikir pembacanya  dan menambah wawasan. Oleh karena itu, kita selalu diingatkan akan pentingnya membaca demi meningkatkan wawasan berpikir yang lebih luas. Hal ini akan membuka kesempatan bagi kamu untuk lebih banyak tahu tentang dunia luar, sehingga memperkaya intelektual pengetahuan.

Investasi Spiritual

Hal yang tebersit ketika kita mendengar kata spiritual adalah hubungan antara manusia dengan pencipta-Nya. Hal ini memang dibenarkan oleh mayoritas orang yang memiliki agama atau kepercayaan tertentu. Namun, sebenarnya pengembangan diri secara spiritual tidak terbatas pada sesuatu yang bersifat religius saja. Jadi sebenarnya apa yang dimaksud dengan investasi spiritual?

Investasi spiritual merupakan bagian dari investasi pengembangan diri dalam bentuk mindfulness dan self-awareness. Dengan rutin melakukan mindfulness, kita bisa semakin menyadari apa yang sebenarnya diri kita butuhkan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mindfulness adalah dengan meditasi, mendengarkan afirmasi positif, maupun dengan yoga. Kamu bisa coba alokasikan 30-60 menit di pagi hari untuk melakukan mindfulness sebelum beraktivitas.

Investasi Sosial

Investasi sosial pada dasarnya merupakan interaksi sosial yang setiap orang lakukan pada umumnya. 

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan interaksi sosial dengan baik dan benar. Padahal interaksi sosial yang baik dapat membantu kamu untuk terhubung dengan lawan bicaramu, yang pastinya akan dapat membantumu mengembangkan diri dengan lebih baik lagi. Bagaimana bisa begitu? Dan, bagaimana cara melakukan pengembangan diri agar kemampuan interaksi sosialmu meningkat? Berikut penjelasannya.

1. Mengikuti Organisasi atau Komunitas Tertentu

Ketika kamu ikut serta dalam organisasi atau komunitas yang kamu minati, secara tidak langsung, kamu akan menambah kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Interaksi dengan mereka dapat memicumu untuk menyampaikan opini atau bertukar pikiran dalam berbagai hal.

Ini merupakan nilai positif karena tidak hanya mengembangkan dirimu, kamu juga akan mendapatkan hal yang mungkin belum pernah kamu dapatkan atau pelajari sebelumnya.

2. Melatih Public Speaking

Melatih public speaking, atau berbicara di depan publik, akan membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosialmu, terlebih lagi berbicara di depan banyak orang. 

Pada awal kamu berbicara di depan banyak orang, kamu akan merasakan demam panggung, keringat dingin, dan rasa percaya diri yang rendah karena semua mata tertuju padamu. Namun hal tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring kamu semakin sering berinteraksi di depan banyak orang. 

Semakin bagus kemampuanmu untuk public speaking maka kemungkinan mu untuk mendapatkan posisi atau jabatan yang kamu inginkan bisa jadi lebih tinggi, karena orang akan menunjukmu sebagai pembicara yang bisa mewakili dan dipercaya.

Selain menambah wawasan dan kemampuan sebagai bentuk investasi diri, tentu jangan lupa juga untuk menambah proteksi dengan asuransi kesehatan agar kamu dapat mencapai keinginan dengan maksimal, tanpa khawatir akan masalah kesehatan Astra Life memiliki produk asuransi tambahan bernama Medicare Premier yang dapat ditambahkan pada polis asuransi dasar ataupun unit link. Dengan Medicare Premier, kamu bisa mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit secara menyeluruh dan lengkap. Tidak hanya itu, Medicare Premier juga memiliki manfaat pemantauan penyakit kritis yang dapat diperpanjang hingga tertanggung mencapai usia 99 tahun, serta manfaat tambahan rawat jalan dan gigi hingga tertanggung mencapai usia 75 tahun.

Informasi lebih lanjut, bisa kamu lihat juga di Instagram @astralifeid, ya! Urusan sehat, no worries. #IGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!