Cara Mengatasi Sakit Pinggang Supaya Kerja dengan Nyaman #diRumahAja

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Bekerja dari rumah alias work from home (WFH) dulu terdengar menyenangkan. Waktu kerja bisa diatur sendiri, kerja tanpa pengawasan atasan secara langsung, tidak perlu hadir berpakaian formal, dan yang penting, tidak harus bangun pagi demi menembus kemacetan atau berdesak-desakan di transportasi publik. Keuntungan-keuntungan ini menjadi alasan para pekerja khususnya mereka yang berprofesi sebagai freelancer, suka melakukan WFH sebagai kebijakan yang dianjurkan pemerintah akibat pandemi virus corona.

Namun benar juga kata pepatah, rumput tetangga lebih hijau. Setelah hampir dua bulan menjalani WFH, banyak orang merindu untuk kembali bekerja di kantor. Karena nyatanya, WFH tak selalu menyenangkan. Bahkan tingkat stres akibat bekerja dari rumah lebih besar dibandingkan bekerja di kantor.

Secara fisik, WFH juga bisa lebih melelahkan dan menimbulkan masalah sakit pingang karena WFH tidak dilakukan di meja kerja yang memadai dan kursi empuk nan nyaman layaknya di kantor. Oleh sebab itu kita butuh persiapan untuk menjaga produktivitas kerja di rumah, termasuk menghalau ancaman yang bisa mengusik kesehatan kita. Seperti penyakit yang belakangan sering dikeluhkan para pekerja, yakni masalah sakit pinggang. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasi sakit pinggang saat WFH.

Cara Mencegah Sakit Pinggang saat Kerja #DiRumahAja

Dengan dalih kebebasan, banyak yang melakukan WFH di tempat tidur sambil rebahan, di meja makan, di depan tv, hingga di belakang rumah. Efeknya, badan sering terasa sakit, mulai dari sakit pinggang, nyeri punggung, bahu pegal-pegal, kesemutan hingga otot leher yang terasa lebih kaku. Tak ingin dampak negatif itu merasukimu? Lakukan langkah-langkah berikut ini agar WFH kamu menyenangkan.

Pojok kerja khusus

Jangan bekerja di sembarang tempat, apalagi di tempat tidur karena tidak ideal untuk bekerja. Meski bekerja dari rumah, kamu harus menyiapkan area khusus untuk menjalankan WFH. Sebisa mungkin kamu siapkan tempat yang dekat dengan jendela sehingga mendapat pencahayaan langsung dari matahari.

Lalu sediakan meja dan kursi yang nyaman untuk bekerja. Jangan lupa lengkapi area kerja dengan pernak-pernik yang menyenangkan seperti photo orang tersayang, vas bunga, atau barang koleksi. Sedikit saja ya, jangan sampai meja kerja dipenuhi barang-barang, nanti malah bikin ribet dan menyita waktu kerjamu.

Apabila kamu terpaksa bekerja dari atas tempat tidur karena masih tinggal di kos atau kontrakan, jangan bekerja sambil rebahan. Kamu harus duduk di pinggir kasur, letakkan bantal di belakang punggung dan gunakan meja kecil untuk meletakkan laptop.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona atau COVID-19 Agar Tidak Tertular

Atur posisi laptop dan posisi duduk

Jika meja kerja dekat dengan jendela, jangan meletakkan laptop membelakangi jendela karena cahaya akan membuat layar memantul. Letakkan laptop kamu menyamping dari jendela.

Saat bekerja, letakkan laptop di atas meja yang sejajar dengan perut, agar ketika mengetik, lengan tangan nyaman, tidak menekuk. Usahakan, siku tangan saat mengetik membuat sudut 90 derajat.

Posisi duduk yang tepat bukan tegak lurus membentuk sudut 90 derajat. Duduklah sambil menyandarkan punggung di kursi agar sebagian bobot tubuh ditopang oleh kursi. Gunakan bantal kursi atau boneka untuk menyangga punggung bagian bawah.

Waktu bekerja

WFH memang bebas bekerja kapan saja. Tapi sebaiknya kamu menetapkan jam kerja, kapan harus mulai dan kapan harus berhenti agar otot tubuh tidak terforsir. Kamu juga harus memberi jeda waktu saat bekerja, cara mengatasi sakit pinggang paling sederhana yang bisa kamu lakuka adalah jangan terlalu lama duduk di kursi. Usahakan setiap 30 menit atau satu jam sekali, kamu berikan jeda istirahat sebentar dengan berjalan-jalan atau ngobrol bersama pasangan 5-10 menit. Siapkan alarm untuk pengaturan waktu kerja dan jeda, sehingga kamu bisa teratur memulai dan istirahat bekerja.

Baca juga: 5 Ide Games Anak Tanpa Perlu di-Print Supaya Tetap Seru Walaupun #dirumahaja

Lakukan Gerakan Berikut di Sela-sela WFH untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Anda juga bisa melakukan peregangan ringan, menggerakkan otot sambil melihat pemandangan di luar rumah saat jeda kerja. Peregangan yang bisa menjadi cara mengatasi sakit pinggang untuk kamu coba antara lain:

  • Doorway stretch

Peregangan ini untuk mencegah postur tubuh bungkuk karena duduk terlalu lama saat WFH. Caranya, berdirilah di depan pintu yang terbuka. Letakkan kedua tangan din sisi kiri dan kanan pintu. Tekuk siku tangan hingga membentuk sudut 90 derajat. Dorong tubuh ke depan dengan melangkah maju tapi kedua tangan tetap di pintu. Tahan 20 detik dan ulangi beberapa kali.

  • Hip flexor stretch

Peregangan ini bisa melenturkan nyeri otot panggul yang tegang dan memperbaiki postur tubuh. Berjongkoklah di lantai dengan kedua kaki sejajar, tangan di pinggang. Rentangkan kaki kiri ke belakang, dorong berat badan ke depan. Jaga bahu tetap tegap hingga kamu merasakan regangan di pinggul belakang. Tahan hingga 30 detik dan ulangi di sisi yang lain, lakukan sebanyak tiga kali.

  • Forward bend

Peregangan ini untuk melenturkan otot pinggang. Caranya, berdirilah beberapa langkah di belakang kursi atau meja. Tekuk pinggang dan raihlah bagian pinggir meja atau kursi dengan menggunakan salah satu tangan. Ulangi gerakan dengan sisi yang lain. Lalu dorong pinggul ke belakang dengan lembut, sambil merasakan peregangan. Tahan selama 20 detik. Ulangi kembali gerakan selama tiga kali.

  • Camel stretch

Peregangan ini untuk mencegah nyeri pada tulang punggung dan membantu punggung tetap tegap setelah lama duduk di kursi. Caranya, berposisilah merangkak di lantai, lalu dorong punggung ke atas dan lengkungkan punggung ke bawah. Tahan 20-30 detik saat mendorong dan melengkungkan punggung. Ulangi tiga kali.

  • Overhead stretch

Peregangan ini untuk melenturkan otot lengan tangan, jari-jari, dan pinggang. Kamu bisa duduk di kursi atau berdiri di samping tempat kerja. Angkat tanganmu ke atas kepala, kaitkan jari-jari tangan dan dorong perlahan. Tahan peregangan 20-30 detik dan lakukan tiga kali.

  • Seated neck stretch

Peregangan ini untuk melenturkan otot-otor leher yang kaku karena terlalu lama duduk membungkuk di depan layar laptop. Caranya, tetap duduk di kursi, salah satu tangan berada di samping badan dan memegang tepi kursi. Tangan yang satu memegang kepala. Tarik kepala dengan lembut dan rasakan otot-otot yang melentur. Ulangi gerakan dengan sisi tangan yang lain.

  • Spinal twist

Perangan ini membantu tulang belakang tetap fleksibel meski menjalani WFH seharian. Caranya, tetap duduk di kursi, rapatkan kedua kaki, sejajarkan lutut. Letakkan tangan kiri di lutut kanan lalu putar bahu ke kanan, tahan 20 detik. Ulangi gerakan yang sama dengan tangan dan sisi yang lain.

Baca juga: 10 Efek Positif Tak Terduga dari Penerapan Social Distancing

Cara Mengatasi Sakit Pinggang 

Namun jika selama WFH ini kamu sudah merasakan sakit pinggang, kamu bisa  melakukan cara mengatasi sakit pinggang ini secara mandiri. Caranya:

Beraktivitaslah secara normal

Sakit pinggang bukan alasan untuk tidur-tiduran. Kamu harus tetap beraktivitas seperti biasa, termasuk melanjutkan WFH dan olah raga ringan secara teratur seperti jalan cepat dan melakukan beberapa peregangan otot seperti di atas. Jangan beraktivitas berat seperti mengangkat beban sampai gejala membaik.

Kompres

Kompres area pinggang yang sakit dengan es yang dibungkus untuk mengurangi bengkak. Ulangi kompres dingin selama 2-3 hari. Selanjutnya, ganti dengan kompres hangat selama 20-30 menit setiap 2 atau 3 jam. Kompres air hangat untuk mengurangi peradangan, melemaskan otot, dan meningkatkan aliran darah.

Minum obat

Untuk mengurangi rasa sakit pinggang, kamu bisa minum obat dari apotek. Beli saja obat pereda nyeri, apoteker pasti sudah paham.

Nah, itu tadi panduan lengkap agar WFH kamu tak berujung sakit pinggang. Tetap semangat menjalani WFHlakukan physichal distancing dan jaga pola hidup sehat untuk mencegah penularan COVID-19 karena kita tidak tahu kapan pandemi berakhir.

Agar hidup lebih tenang di kala pandemi, kamu harus siapkan asuransi.  Kamu bisa mendapatkan perlindungan menyeluruh terhadap penyakit COVID-19 dari Astra Life.  

Apalagi, saat ini Astra Life memberikan santunan khusus untuk keluarga nasabah yang positif terdiagnosa COVID-19 hingga sebesar Rp5 juta. Program ini berlaku untuk produk-produk Astra Life AVA iSmart, AVA iFuture, AVA iFuture Premier, AVA iPrime, AVA iBright, ASLI Rencana Optima, ASLI iSignature, Flexi Life dan Flexi Critical Illness selama periode pembelian polis bulan April dan Mei 2020.

Dengan cara mengatasi sakit pinggang di atas, semoga kamu bisa nyaman dan sehat selama WFH. Keep safe, keep WFH, #iGotYourBack

Related Posts

9 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Di tengah pandemi sekarang ini, kita tersadar bahwa harta yang paling berharga adalah kesehatan. Banyak orang berusaha m...

10 Tips Aman Berobat ke Rumah Sakit di Masa New Normal

Fase new normal memang sudah datang, tapi kita tak boleh berhenti wasapada. Risiko terkena COVID-19 masih ada. Beberap...

Menghargai Nilai Diri Bersama Andhika Diskartes

How much do you value yourself? Kalau harus memberi nilai diri sendiri, berapa angka yang menurut kamu layak? Dala...




« | »
Read previous post:
Astra Life Buka Donasi Lawan Covid-19
Astra Life Buka Donasi Lawan COVID-19 Untuk Bantu Petugas Medis & Pekerja Informal

Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia tentunya memberikan dampak negatif yang dirasakan banyak orang. Seiring dengan peningkatan...

Close