Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona atau COVID-19 Agar Tidak Tertular

cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona

Penyakit virus corona 2019 (COVID-19) yang bermula di Wuhan akhir tahun lalu kini sudah menyebar ke banyak negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena penyakit ini telah menyebar ke lebih dari separuh negara di dunia. Situs pemantauan virus corona milik pemerintah Indonesia covid19.go.id mencatat, COVID-19 sudah menyebar ke 182 negara, termasuk Indonesia dengan jumlah pasien positif virus corona sebanyak 369 orang per 20 Maret 2010. Sementara di dunia, saat ini tercatat ada 250.618 orang pasien yang terinfeksi virus corona, dengan jumlah kematian yang mencapai lebih dari 10.000 orang. Mengingat penyebaran penyakit yang sudah begitu luas, kamu perlu tahu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona Covid-19 merebak agar tidak tertular.

Baca juga: Kenali Fakta Seputar Virus Corona: Ciri-ciri dan Cara Pencegahannya

Kenali karakteristik virus corona Covid-19

Virus corona juga dapat menyebar secara tidak langsung melalui benda-benda yang tercemar virus akibat percikan atau sentuhan tangan yang tercemar virus. Tahukah kamu? Virus corona bisa tertinggal di permukaan benda-benda dan memiliki daya tahan berjam-berjam hingga beberapa hari, lho.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Hospital Infection, Februari 2020, virus corona bisa bertahan di beberapa tempat dalam waktu berikut:

  • Di udara =  3 jam
  • Tembaga dan aluminium = 3-4 jam
  • Sarung tangan operasi atau medis = 8 jam
  • Kertas karton atau kardus = 24 jam
  • Besi, baja, dan plastik = 2 – 3 hari
  • Kayu dan kaca= 4 hari
  • Kertas = 4-5 hari
  • Bahkan, dalam sejumlah kasus, virus ini bisa bertahan sampai 5 hari.

karakteristik virus corona astra life

Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO, organ pernapasan menjadi target utama infeksi virus corona. Bahkan sebanyak 87,9% pasien yang terjangkit mengalami gejala demam, batuk kering sebanyak 67,7%, dan merasa lelah sebanyak 28,1%. Penyakit paling umum setelah seseorang terinfeksi adalah mengalami pneumonia.

Meski memiliki daya tahan hingga berhari-hari, virus corona juga bisa dimatikan. Pertama, dengan menyemprotkan desinfektan ke permukaan barang-benda yang berpotensi tertempel virus corona. Kedua, dengan membersihkan permukaan benda menggunakan sabun, termasuk saat mandi dan cuci tangan.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona Agar Tidak Tertular

Dengan mengenal karakteristik virus corona di atas, maka ada sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan agar tidak tertular COVID-19. Langkah ini bisa kamu terapkan mulai dari diri sendiri atau sedang berada di tempat umum. Apa saja cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 agar tidak tertular?

Dari diri sendiri

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Awali dengan membasahi kedua telapak tangan menggunakan air mengalir. Lalu sabuni telapak tangan dan gosok semua permukaan kulit tangan, termasuk telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, minimal selama 20 detik. Kemudian bilas hingga bersih dengan air mengalir dan keringkan menggunakan kain bersih atau tisu.

Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll. Kamu juga perlu cuci tangan setelah dari luar rumah.

2. Siap sedia hand sanitizer

Jika tidak ada tempat untuk cuci tangan, kamu bisa menggantikannya dengan hand sanitizer. Ada banyak ragam produk hand sanitizer di pasar dengan kandungan alkohol mulai dari 30%. WHO merekomendasikan masyarakat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Sebab, hand sanitizer dengan kandungan 60% atau lebih bisa membunuh virus COVID-19 yang punya ukuran cukup besar, yakni 400-500 mikrometer. Jika kandungan alkohol pada hand sanitizer  tidak sampai 60%, maka ini hanya efektif membunuh bakteri yang berukuran lebih kecil, yakni 0,5-5 mikrometer. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sebotol kecil hand sanitizer dengan alkohol 60% atau lebih saat bepergian.

3. Jangan sentuh wajah

Ini sepele tapi sulit, karena dikutip dari CNN Indonesia, Maret 2020, penelitian Sydney University tahun 2015 menyatakan seseorang menyentuh wajah rata-rata 23 kali per jam. WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu,cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, kamu harus berlatih untuk mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit. Jika sudah berhasil, tambahkan menjadi 5 menit, dan latih terus, sehingga kamu bisa benar-benar meminimalkan kebiasaan sentuh wajah.

4. Konsumsi makanan bergizi

Minum vitamin atau suplemen bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan virus corona. Namun para ahli gizi sepakat, kita lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral secara langsung dari sumbernya daripada konsumsi dari obat atau cairan olahan.

Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa memacu produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Sayuran yang kaya vitamin C antara lain brokoli (dalam semangkuk) sebanyak 50mg, 1 buah paprika seberat 45 g mengandung 109.1 mg, bayam sebanyak 28 miligram (mg) per 100 g. Kamu juga bisa menemukan vitamin C di buah-buahan seperti jeruk dengan kandungan 59-83 mg vitamin C per buahnya, jambu biji dengan kandungan 200 mg, pepaya 94 mg, kiwi 84 mg, stroberi 52 mg, dan nanas 39-49 mg. Konsumsi minuman berbahan rempah-rempah seperti jahe merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor bisa meminimalkan paparan virus. Gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboar dan mouse, alat dapur, sakelar lampur, gagang laci, pegangan tangga.

Untuk mendisinfeksi, gunakan air dan sabun, atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat bersih-bersih dan mendisinfeksi.

Baca juga : 6 Hal yang Bisa Merusak dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

6. Bawa alat makan sendiri

Bawalah selalu alat makan sendiri. Pastikan alat makan dicuci dengan sabun hingga bersih. Karena virus corona memiliki daya tahan yang kuat di permukaan logam. Dengan membawa alat makan sendiri, kamu akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama. Karena virus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok.

Ketika berada di tempat umum

Selain dari upaya diri sendiri, kamu juga harus melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau Covid-19 di tempat umum.

1. Tidak melakukan kontak fisik

Virus corona bisa menyebar hanya dengan bersalaman. Oleh karena itu, saat ini kamu lebih baik jangan sembarangan memegang tangan orang lain. Hindari bersalaman, ganti dengan salam namaste atau menaruh tangan di dada.

2. Social distancing

Cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona bisa dapat kamu lakukan dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter. Kenapa 1 meter? Karena ini adalah jangkauan percikan air yang bisa menyebar dari mulut saat seseorang bicara. Amat disarankan untuk tidak pergi ke luar rumah apabila kamu sedang merasa sakit atau kurang sehat. Ini bisa membahayakan karena bisa jadi kamu menularkan penyakit pada orang lain.

Baca Juga: Cara Work From Home Yang Efisien Untuk Keluarga, Begini Tipsnya

3. Menghindari transportasi umum

Jika terpaksa untuk bepergian, jangan menggunakan transportasi umum. Karena di transportasi umum banyak orang saling berbaur. Kamu tidak bisa melakukan social distancing di dalam transportasi umum. Tak jarang, malah sesama penumpang transportasi umum berdesak-desakan, sehingga rawan terjadi penularan virus corona.

4. Membersihkan meja saat akan duduk di restoran

Jangan asal duduk dan meletakkan kedua tangan di meja saat tiba di restoran. Bersihkan dulu meja menggunakan tisu kering dan tisu basah yang mengandung alkohol minimal 60%. Karena kamu tidak tahu siapa yang sudah menggunakan meja itu. Disinfeksi meja makan penting untuk mematikan virus yang menempel.

Baca juga: Cara Pencegahan Virus Corona COVID-19 Menurut Anjuran WHO

Mengingat virus corona bisa menyebabkan penyakit kritis, maka kita perlu tahu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona Covid-19 agar tidak mudah tertular dengan melakukan pencegahan dimulai dari diri sendiri dan ketika berada di tempat umum. Untuk menghadirkan ketenangan dan bisa tetap menikmati hidup, lengkapi juga dirimu dengan asuransi Astra Life yang memberikan perlindungan menyeluruh, termasuk terhadap penyakit COVID-19, lewat produk-produk:

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan kumpulan
  • Asuransi dengan manfaat rawat inap dan pembedahan
  • Asuransi dengan manfaat santunan rawat inap rumah sakit

Melalui berbagai perlindungan ini, Astra Life berkomitmen mendukung kamu dengan semangat #iGotYourBack agar kamu tetap bisa tenang melalui masa penyebaran COVID-19 ini.  Semoga kita semua selalu sehat dan pandemi virus corona segera berakhir. Stay safe!

Related Posts

Cara Work From Home Yang Efisien Untuk Keluarga, Begini Tipsnya

Bagi kamu yang belum terbiasa bekerja dari rumah, kebijakan work from home yang banyak diterapkan saat ini seiring pan...

6 Hal yang Bisa Merusak dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu, bahwa gaya hidup akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang melindungimu dari bakteri, virus, dan pen...

Cara Pencegahan Virus Corona COVID-19 Menurut Anjuran WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan cara pencegahan yang bisa dilakukan soal penularan virus corona kepada masy...




« | »
Read previous post:
pengemudi bluebird lovelifeheroes astra life
Dukung Pengemudi Bluebird di #LoveLifeHeroes yang Berjuang Demi Keluarga Saat Rentan Virus

Seminggu sudah sebagian besar warga masyarakat melakukan social distancing dengan berkegiatan #DiRumahAja, mulai dari belajar, bekerja, hingga beribadah. Gerakan berkegiatan di rumah...

Close