Bahaya Simpan Dendam ke Pasangan Seperti di Drakor Birth of A Beauty

Tak hanya menyebabkan keretakan dalam hubungan, menyimpan dendam pada pasangan juga bisa merujuk ke hal negatif lain. Kira-kira, apa saja, ya?

drakor birth of a beauty bahaya simpan dendam

Pecinta drama Korea, siapa nih yang suka nonton yang bertema kehidupan rumah tangga? Wah, kalau kamu salah satu pecinta drakor jenis ini, kamu kayaknya bakalan cocok buat nonton drakor Birth of a Beauty (2014) yang lagi tayang di NET TV sejak tanggal 27 Juni kemarin, deh!

Drakor Birth of a Beauty menceritakan seorang istri yang menyimpan dendam pada suaminya, lantaran dianggap tidak cantik karena bertubuh gemuk. Lalu, ia berubah menjadi perempuan cantik dengan tubuh ideal dan berencana mendapatkan lagi hati suaminya. Drakor 21 episode ini dibintangi oleh Joo Sang-Wook sebagai Han Tae-Hee, Han Ye-Seul sebagai Sa Geum-Ran, Jung Gyu-Woon sebagai Lee Gang-Joon, dan Wang Ji-Hye sebagai Gyo Chae-Yeon. 

Drakor Birth of a Beauty memang bukan drama baru, tetapi ceritanya masih tetap populer hingga hari ini. Hal ini terbukti dengan ditayangkannya kembali drama ini di stasiun televisi Indonesia. Di samping itu, pesan moral yang disampaikan oleh drama ini juga bagus, yakni jangan hanya memandang perempuan dari penampilan luarnya, tetapi juga hatinya.

Konflik yang diangkat drakor Birth of a Beauty tampaknya relate dengan konflik yang memang terjadi di kehidupan nyata, ya? Apalagi menyimpan dendam dengan pasangan biasanya memicu adanya pertengkaran dalam hubungan. Komunikasi memang penting, tetapi kadang seseorang lebih memilih menyimpan keluh kesahnya sendiri daripada membicarakannya dengan pasangan, sehingga menimbulkan rasa dendam yang terus bertumpuk di hati.

Wah, kalau dendamnya semakin banyak, tentu ini bukan hal yang baik untuk kelangsungan hubungan antara kamu dan pasangan. Tak hanya keretakan dalam hubungan, menyimpan dendam pada pasangan juga bisa merujuk ke hal negatif lain. Kira-kira, apa saja, ya? 

Bahaya Menyimpan Dendam Pada Pasangan Seperti dalam Drakor Birth of a Beauty

1. Semakin mudah marah dan risih dengan apa yang dilakukan pasangan

Kemarahan ialah awal dari timbulnya dendam terhadap seseorang. Ketika kamu merasa marah pada pasangan, hal ini bisa memicu rasa dendam saat tidak tersalurkan dengan baik. Pasalnya, ketika kemarahan bisa diutarakan, hati akan terasa lebih ringan. Namun sebaliknya, jika terus menerus menahan amarah, hal ini berdampak pada kondisi emosionalmu terhadap pasangan di mana dan jadi mudah marah serta merasa risih dengan apa pun yang dilakukan pasangan.

Menyimpan dendam juga akan berdampak buruk pada kesehatan mental kamu. Perasaan ini akan terus berputar dalam tubuh sehingga kamu merasa lebih marah terus menerus. Yang awalnya hanya merasa marah, kemudian disimpan menjadi dendam, hingga akan muncul rasa benci yang akhirnya berujung pada hubungan yang tidak sehat (toxic relationship). Seiring berjalannya waktu, kondisi seperti ini bisa mengakibatkan kandasnya hubungan karena rasa marah lebih besar dibandingkan cinta yang dirasakan setiap harinya.

2. Kesulitan untuk menikmati setiap momen yang ada

Salah satu hal terpenting ketika kamu sedang berada dalam sebuah hubungan yaitu kamu dan pasangan menikmati setiap momen yang ada. Ini bisa menyiratkan bagaimana kalian berdua saling menghargai kehadiran satu sama lain dan bersyukur dengan hal itu. Namun, ketika kamu memiliki dendam pada pasangan, walaupun hal tersebut hanya dirasakan pada saat-saat tertentu, akan sulit untuk kamu menghargai perbuatan lain yang dilakukan oleh pasangan.

Ibaratkan pasanganmu adalah seseorang yang sangat romantis. Sebenarnya, keromantisan pasangan bisa bikin merasa bahagia dan puas dengan apa yang kamu punya sekarang. Sayangnya, karena dendam, hal-hal romantis yang dilakukan pasangan bisa tertutup dengan dendam yang kamu rasakan. Jika hal ini terus terjadi, kamu akan kesulitan merasa puas dengan pasangan dan tidak bisa menikmati setiap momen yang kalian punya dengan baik.

3. Kehilangan arah hubungan

Bahaya menyimpan dendam pada pasangan dalam suatu hubungan bisa menyebabkan hubungan kamu menjadi stagnan atau bergerak di tempat tanpa adanya perkembangan ke arah yang lebih baik. Karena berada di posisi ini, rasa dendam tersebut menutup ekspektasi yang kamu punya kepada si pasangan. Alhasil, kamu juga tidak punya harapan untuk memiliki hubungan yang lebih baik lagi. Ketika sudah merasa seperti ini, hubungan cenderung sulit untuk diperbaiki karena kamu akan merasa kehilangan arah dalam hubunganmu sendiri.

Cara Mengatasi Rasa Dendam pada Pasangan

Frank Desiderio dalam bukunya yang berjudul Can You Let Go of a Grudge?: Learn to Forgive and Get on with Your Life (2014) menuliskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa dendam yang sudah terlalu lama dipendam. Beberapa caranya, yaitu:

1. Menerima rasa sakit dan kekecewaan yang dirasakan

Salah satu fakta yang menyebabkan kamu menyimpan dendam terhadap pasangan yaitu karena merasa terluka dengan apa yang ia lakukan. Maka dari itu, penting untuk kamu menerima lebih dahulu rasa sakit dan kekecewaan tersebut sebelum memaafkan pasangan. Dalam kata lain, kamu perlu menghadapinya alih-alih lari dari masalah.

2. Menyadari bahwa menyimpan dendam tidak membuat masalah membaik

Menyimpan dendam tak akan membuat masalah menjadi lebih baik. Bahkan, hal ini bisa berdampak buruk dan merugikan diri sendiri. Lebih buruk lagi, menyimpan dendam bisa memengaruhi kesehatan. Daripada terkena dampak negatifnya, lebih baik kamu coba untuk memaafkan diri sendiri dan pasangan dengan mengomunikasikan keluh kesah yang dirasakan.

3. Memaafkan adalah hadiah untuk diri sendiri

Dengan memaafkan pasangan, kamu juga telah memberikan hadiah kepada diri sendiri untuk terlepas dari segala keterikatan emosional dan mental yang negatif dengan pasangan. Salah satu cara untuk memastikan apakah kamu masih memiliki dendam yaitu dengan memperhatikan seberapa kencang detak jantung yang kamu rasakan ketika berkomunikasi dengannya. Kalau kamu sudah tidak memiliki dendam lagi, detak jantung cenderung akan lebih stabil dan kamu bisa berkomunikasi dengan lebih tenang.

4. Komunikasi

Ketika masalah dirasa tidak bisa dihadapi, biasanya dendam mulai terbentuk. Jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya komunikasi untuk mengatasi hal ini, hubunganmu dan pasangan bisa mengalami keretakan. Terlebih lagi, komunikasi merupakan kunci sebuah hubungan. Kamu bisa coba perlahan-lahan mulai mengutarakan apa yang selama ini kamu rasakan.

Sebaliknya, pasangan pun bisa mengutarakan perasaannya juga sehingga kamu juga akan mendengar apa yang sebenarnya ia rasakan. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa mencari penyelesaian terbaik bagi satu sama lain agar hubungan bisa terus dijalankan dengan nyaman.

Memiliki hubungan yang nyaman dan aman juga merupakan impian banyak orang. Baik itu nyaman dan aman secara finansial, mental, maupun kesehatan. Pasalnya, hubungan asmara yang sehat juga akan berdampak baik pada kesehatan kamu dan pasangan. Sama halnya dengan memilih asuransi kesehatan yang tepat, bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat di sekitarmu.

Pasalnya, dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bak punya proteksi dini dari kemungkinan buruk seperti penyakit atau musibah di masa depan.

Jika kamu tertarik dengan asuransi kesehatan lengkap dan mudah dalam proses klaim, Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life dapat jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Asuransi kesehatan ini memberikan manfaat berupa fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis. Bahkan, Flexi HS juga memberikan fasilitas medical check up tiap dua tahun sekali, hingga klaim secara cashless dengan menggunakan e-card. Tidak hanya itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman bagi kamu, pasangan, dan juga orang-orang terdekat. Kemudahan lainnya kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra Life ini hanya dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, lho!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!