5 Fakta Unik tentang Lalu Muhammad Zohri yang Perlu Kamu Tahu

Historical moment! Ada 5 fakta unik tentang Muhammad Zohri yang menjadi juara 1 olahraga lari cabang 100 meter yang bersejarah. Simak!

5 Fakta Unik tentang Lalu Muhammad Zohri yang Perlu Kamu Tahu

Historical moment! Ada 5 fakta unik tentang Muhammad Zohri yang menjadi juara 1 olahraga lari cabang 100 meter yang bersejarah. Simak!

What a historical moment! Lalu Muhammad Zohri becomes the first Indonesian ever to win any medal of any kind at these championships #IAAFworlds” Asosiasi Federasi Atletik Dunia (IAAF) mengumumkan kegembiraan itu dari akun Twitter mereka iaaforg.

Siapakah sosok Lalu Muhammad Zohri yang saat ini menjadi sorotan dunia? Ini 5 fakta tentang Zohri yang patut Anda ketahui:

1. Atlet Indonesia Pertama di Kejuaraan IAAFworlds

Zohri berhasil mengalahkan pelari asal Amerika Serikat (AS) Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang menghabiskan waktu 10,22 detik. Sedangkan Zohri unggul dengan berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik dengan percepatan angin searah pelari 1,2 meter/detik.

Berlaga di nomor 100 meter, Zohri yang baru pertama kali mengikuti ajang Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 ini menempati lintasan lari (lane) paling luar alias jalur kedelapan pada babak final. Sebenarnya posisi Zohri tersebut kalau untuk pertandingan final di nomor 100 meter, seperti diungkapkan Cathal Dennehy dalam laporannya untuk IAAF, bukanlah posisi favorit atau pun pusat perhatian semua orang. Sebab biasanya posisi favorit dan yang selalu dijagokan orang-orang adalah posisi lintasan lari di tengah.

2. Berasal dari Keluarga Sederhana

Terlahir sebagai bungsu dari 4 bersaudara, Muhammad Zohri datang dari keluarga sederhana. Setahun belakangan, Zohri menjadi yatim piatu. Ia menggantungkan hidupnya pada kakak perempuannya, Fazila.

Sejak saat itu, Zohri tinggal seorang diri di rumah peninggalan orangtuanya di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebuah rumah sederhana di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, yang bahkan seluruh bangunan rumahnya berupa gubuk bambu yang dilapisi koran bekas. Zohri muda merupakan seorang yang ulet dalam bekerja.

Saking sederhananya, Zohri terbiasa berlatih lari tanpa alas kaki. “Dia (Lalu Muhammad Zohri) anaknya pendiam dan tidak pernah menuntut ini itu. Bahkan, kalau berlatih tidak pernah pakai alas kaki (sepatu, red), karena tidak punya,” jelas Fazila seperti yang dilansir oleh Merdeka.com.

3. Bakat Atletik sejak SMP

Saat di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia bergabung di klub sepakbola sekolah. Di sana lah, guru olahraganya, Rosida, melihat potensi Zohri di bidang atletik. Melalui gurunya pula, Zohri disarankan untuk berlatih atletik di kota Mataram. Hingga akhirnya dari satu pertandingan ke pertandingan, Zohri keluar sebagai pemenang di tingkat provinsi. Prestasinya pun berlanjut ke tingkat nasional dengan memenangi berbagai kejuaraan nasional.

4. Ulet Berlatih dan Cetak Prestasi

Pencapaian besar Zohri ini bukan datang begitu saja. Ia rajin berlatih atletik, terutama lari meski tak beralas kaki. Ia kerap berlatih seorang diri di pantai Pelabuhan Bangsal yang di Lombok, NTB.

Tekad kuat Zohri membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin bila Anda pun bermimpi dan memberikan usaha maksimal.

Karena keuletannya, Zohri kemudian terus mencetak prestasi di berbagai kejuaraan hingga tingkat nasional. Tahun 2017, Zohri berhasil menyabet sekitar 7 medali emas di cabang olahraga lari 100 meter untuk Kejurnas. Segudang prestasi ini akhirnya membawa Zohri bergabung dengan Pelatnas di Januari 2018. Sama seperti di berbagai sesi latihan, Zohri kerap berlatih atletik tanpa alas kaki.

Bahkan, laki-laki kelahiran tahun 2000 ini sempat meminta uang sebesar Rp400.000 ke kakaknya untuk membeli sepatu lari. Karena keterbatasan ekonomi, uang alakadar diterimanya dari kakaknya dengan ikhlas sebelum berangkat ke Jakarta. Perihal sepatu bukan hanya permasalahan semata yang dihadapinya. Ia hampir gagal mendapatkan visa ke Finlandia. Namun ia tetap fokus dan optimis dengan kompetisi.

5. Rekor Baru Hingga Kebanggaan Joko Widodo

Kemenangan Zohri Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 memecahkan rekor baru bagi Indonesia. Sejak 32 tahun sejarah digelarnya the IAAF World U20 Championships. Pada tahun 1986, Indonesia waktu itu hanya bisa berhasil sampai garis finish di urutan delapan.

Melalui akun sosial media twitternya @jokowi, Bapak Presiden Republik Indonesia ini juga memberikan dukungan dan selamat untuk Zohri, “Berlomba bukan sebagai unggulan, Lalu Muhammad Zohri membuktikan: Indonesia bisa memberi kejutan. Ia JUARA DUNIA lari 100 meter di kejuaraan dunia atletik IAAF U-20 di Finlandia, kemarin. Selamat untuk prestasi yang membanggakan!”

Ucapan dukungan dan selamat itu pun dibalas oleh Zohri dalam video yang diunggah oleh Asosiasi Federasi Atletik Dunia (IAAF) pada akun media sosial Twitter mereka. Kepada seluruh pendungkungnya di Indonesia, Lalu Muhammad Zohri berpesan, “Terima kasih bapak presiden dan seluruh rakyat Indonesia yang telah mendoakan saya sehingga saya bisa menjadi juara di negeri ini. Terima kasih banyak atas doanya.” Ucap Zohri sambil mengatupkan kedua telapak tanggan tanda salam dan wujud terima kasih di video yang diunggah oleh IAAF dalam akun twitter mereka.

Zohri pun pulang ke tanah air membawa medali emas dan uang sejumlah US$ 30,000. Hadiah lain pun menantinya, seperti renovasi rumah yang diinstruksikan oleh Presiden Jokowi melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, juga telah menyiapkan sejumlah bonus dalam bentuk tunai untuk Zohri.

Semoga Anda terinspirasi untuk memiliki mimpi besar, mewujudkannya dan mulai mencintai hidup. Hingga kelak bisa mendapatkan kebahagiaan yang sama seperti yang didapatkan Lalu Muhammad Zohri. #AyoLoveLife!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Ini adalah rangkuman artikel versi Mobile. Buatlah sekitar 1-2 kalimat untuk rangkuman artikel untuk membimbing pembaca mengerti isi artikel.

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!