6 Hal yang Bisa Merusak dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu, bahwa gaya hidup akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang melindungimu dari bakteri, virus, dan penyakit kronis. Mengubah kebiasaan buruk akan membantu sistem kekebalan tubuhmu tetap sehat. Cek enam hal di bawah ini yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Hal yang Bisa Merusak dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Apakah kamu kurang tidur?

Kamu mungkin sudah menyadari kalau kamu gampang terkena pilek atau infeksi lainnya ketika kamu kurang tidur. Beberapa studi membuktikan bahwa orang-orang yang beristirahat dengan cukup dan menerima vaksin flu, membangun perlindungan yang lebih kuat melawan penyakit tersebut.

Tidak cukup tidur akan meningkatkan level hormon stres. Ini juga bisa menyebabkan peradangan di tubuhmu. Meskipun para peneliti tidak tahu pasti bagaimana cara tidur meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun jelas bahwa tidur selama 7-9 jam bagi orang dewasa adalah kunci untuk tetap sehat.

BACA JUGA: Cara Pencegahan Virus Corona COVID-19 Menurut Anjuran WHO

2. Apakah kamu kurang rutin berolahraga?

Cobalah melakukan olahraga yang ringan secara rutin, seperti jalan kaki selama 30 menit setiap hari. Itu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam tubuh melawan infeksi.

Jika kamu tidak berolahraga secara rutin, maka kamu akan mudah terkena pilek, misalnya, ketimbang orang yang rutin berolahraga. Olahraga juga dapat mendorong hormon-hormon positif dalam tubuh dan membantu tidur lebih baik. Kedua hal ini baik untuk sistem kekebalan tubuhmu.

BACA JUGA: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona atau COVID-19 Agar Tidak Tertular

3. Tidak menerapkan pola makan yang baik?

Makan dan minum terlalu banyak gula bisa menghalangi sistem kekebalan tubuh yang menyerang bakteri. Efek ini bisa berlangsung selama beberapa jam setelah mengonsumsi minuman manis.

Makanlah lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan E, beta-karoten, dan zinc. Baik juga untuk mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna cerah, termasuk berry, citrus, kiwi, apel, anggur merah, kale, bawang bombay, bayam, ubi, dan wortel.

Beberapa jenis makanan tertentu baik untuk sistem kekebalan tubuh, termasuk bawang putih yang bisa melawan virus dan bakteri, dan sup ayam. Sebuah studi menunjukkan, jika kamu sedang pilek atau flu, semangkuk sup ayam akan membantu tubuhmu membaik dengan cepat. Beberapa varian jamur, seperti shitake, juga akan membantu sistem imun tubuhmu.

BACA JUGA: Kenali Fakta Seputar Virus Corona: Ciri-ciri dan Cara Pencegahannya

4. Apakah kamu selalu stres?

Setiap orang memiliki tingkat stres masing-masing, itu adalah bagian dari hidup. Namun, jika stres dalam waktu yang lama, maka itu akan membuat tubuhmu rentan terkena penyakit mulai dari pilek hingga penyakit-penyakit serius. Stres kronis bisa membuat hormon stress dalam tubuh melebihi sistem kekebalan tubuh.

Kamu mungkin tidak bisa menghindari stres, namun kamu bisa mengelolanya dengan baik dengan cara berikut:

  • Belajar meditasi
  • Tenang
  • Hubungi orang lain
  • Berolahraga untuk mengeluarkan perasaan

Konseling juga bisa membantu. Mengurangi stres juga bisa menurunkan level hormon stres. Hal ini akan membantumu tidur lebih baik, yang akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang meditasi secara teratur akan memiliki respon kekebalan tubuh yang lebih sehat. Dalam sebuah eksperimen, orang-orang yang meditasi lebih dari delapan minggu akan membuat antobodi terhadap flu lebih banyak ketimbang orang yang tidak meditasi. Mereka pun tetap menunjukkan respon sistem kekebalan tubuh yang meningkat dalam empat bulan kemudian.

5. Apakah kamu terlalu mengisolasi diri?

Memiliki hubungan yang kuat dan jaringan sosial yang bagus itu bagus. Beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang yang merasa terhubung dengan teman, baik itu sedikit teman dekat atau banyak teman, memiliki sistem kekebalan tubuh lebih kuat daripada mereka yang merasa kesepian. Dalam sebuah studi, orang-orang yang kesepian memiliki respon kekebalan tubuh yang lebih lemah terhadap flu daripada mereka yang merasa punya hubungan dengan orang lain. Walaupun ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kesehatanmu, membuat hubungan yang berarti dengan orang lain merupakan ide yang bagus.

BACA JUGA: Sering Sakit Kepala? Kenali dan Atasi Jenis Nyeri di Kepala Berikut Ini

6. Kehilangan selera humor

Tertawa itu bagus. Itu bisa menekan level hormon stres dalam tubuh dan meningkatkan tipe sel darah putih yang melawan penularan penyakit. Menantikan acara yang lucu bisa menciptakan efek positif terhadap sistem kekebalan tubuhmu. Dalam sebuah studi, beberapa orang pria dikatakan bahwa tiga hari kemudian mereka akan menonton video lucu. Ternyata, level stres mereka turun.

Itulah enam hal yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang perlu kamu ketahui. Ayo, miliki kebiasaan yang baik agar sistem imun dalam tubuh semakin meningkat. Selain itu, lengkapi dirimu dan keluarga dengan perlindungan terbaik di Astra Life.

Diterjemahkan dari WebMD, Juli 2019

Related Posts

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona atau COVID-19 Agar Tidak Tertular

Penyakit virus corona 2019 (COVID-19) yang bermula di Wuhan akhir tahun lalu kini sudah menyebar ke banyak negara. Org...

Kenali Fakta Seputar Virus Corona: Ciri-ciri dan Cara Pencegahannya

Di awal tahun 2020 ini, dunia dihebohkan dengan wabah penyakit 2019 novel coronavirus (2019-nCoV), atau yang juga disebu...

Harus Cepat dan Tepat, Ini Tindakan Pertama Mengatasi Gigitan Ular

Kompas pada Desember 2019 lalu menulis, jumlah korban gigitan ular di Indonesia diperkirakan mencapai 135.000 orang per...




« | »
Read previous post:
cara pencegahan virus corona
Cara Pencegahan Virus Corona COVID-19 Menurut Anjuran WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan cara pencegahan yang bisa dilakukan soal penularan virus corona kepada masyarakat luas. Apa saja cara pencegahan...

Close