Ragam Aktivitas Menarik untuk Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Apa saja sih ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah?

Ragam Aktivitas Menarik Untuk Anak Di Rumah

“Apa saja sih ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah?

Pertanyaan ini kerap muncul di benak orang tua pada masa pandemi. Hal ini karena pergi keluar rumah bukanlah hal yang aman untuk dilakukan. Terlebih lagi, angka kasus positif Covid-19 pada anak di Indonesia akhir-akhir ini terus meningkat. Melihat situasi ini, kita sebagai orang tua tentu tidak boleh menyerah. Kita harus sadar bahwa anak-anak butuh variasi aktivitas hiburan yang menarik, untuk membuat perasaan mereka tetap positif.

Tak hanya itu, aktivitas yang anak-anak lakukan juga akan mendukung pertumbuhan mereka lho, baik secara fisik ataupun mental. Semua aktivitas yang melibatkan fisik anak, akan meningkatkan fleksibilitas mereka, membentuk postur, dan juga menguatkan tubuh. Sedangkan, ragam aktivitas yang berhubungan dengan seni dapat membantu mengembangkan sisi sosial dan emosional anak.

Nah, sebelum mengulas tentang ragam aktivitas yang bisa kita lakukan, yuk terlebih dahulu mencari tahu pentingnya family time yang berkualitas.

Pentingnya Family Time Berkualitas

Di tengah banyaknya kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi, tak bisa kita pungkiri bahwa pandemi juga datang membawa berkahnya tersendiri. Misalnya, pandemi membuat kita menjadi rajin berolahraga, berkomitmen menjaga kebersihan, hingga menjaga asupan gizi dan vitamin dari makanan yang kita konsumsi. Sebetulnya, pandemi juga membuat kita memiliki waktu yang lebih banyak bersama keluarga, betul?

I’m a minimalist. I don’t really need much to enjoy a good holiday – just my family and the bare essentials.

Sebagaimana quote dari Jean Reno di atas, family time yang saat ini kita miliki, tentunya sangat berharga. Family time ini pun akan menjadi hal yang sangat berharga jika kita manfaatkan dengan baik. Kegiatan family time yang berkualitas akan datang dengan beragam manfaat. Seperti misalnya, meningkatkan kualitas hubungan emosional dan keterikatan antar anggota keluarga, membangun komunikasi yang baik, hingga meningkatkan kesehatan mental. 

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas family time. Melakukan aktivitas hiburan bersama anak dan anggota keluarga lain adalah salah satunya. Nah, di tengah situasi pandemi seperti ini, ragam aktivitas hiburan apa saja sih yang bisa kita lakukan bersama?

Ragam Aktivitas Bersama Anak Di Bawah 3 Tahun

Berikut adalah ragam aktivitas hiburan yang bisa dilakukan di rumah untuk anak di bawah tiga tahun:

1. Kategori Art & Craft

- Cooking & Food Plating

Ya, ini adalah pilihan pertama yang bisa orang tua lakukan di rumah bersama dengan anak. Tidak terbatas untuk anak perempuan, anak laki-laki pun bisa orang tua libatkan lho dalam aktivitas ini. Kita bisa minta anak-anak melakukan hal sederhana bersama kita di dapur. Contohnya, saat kita sedang membuat kue, minta anak menabur gula halus, cokelat, atau bahkan ikut membantu menghiasnya. Dijamin seru deh!

- Indoor Gardening

Berkebun bisa menjadi alternatif kegiatan berikutnya. Tanpa harus memiliki lahan yang luas, kita bisa memanfaatkan media tanam yang diletakkan pada barang bekas yang ada di rumah. Seperti misalnya, botol bekas air mineral atau wadah bekas es krim. Kita bisa menanam tanaman hias, tanaman obat, atau bahkan tanaman buah dan sayur. Pengalaman indoor gardening ini selain menjadi pengalaman yang menyenangkan, juga pasti akan bermanfaat untuk perkembangan si kecil, lho.

- Membuat Scrapbook

Membuat scrapbook adalah kegiatan yang dapat menghadirkan pengalaman asyik bagi anak-anak. Kita bisa mengajak mereka membuat buku mereka sendiri dengan isi buku yang menarik. Seperti misalnya, foto-foto keluarga dan teman si kecil. Selain itu, kita juga bisa mengajak anak membuat halaman fact sheet di dalam scrapbook nya. Halaman itu bisa berisi hobi yang mereka miliki, makanan kesukaan, benda kesayangan, dan hal menarik lainnya. Dengan rangkaian aktivitas ini, bukan hanya anak dapat melatih kreativitas, mereka juga akan melatih ingatannya.

B. Kategori Education

- Puzzle

Aktivitas pertama yang orang tua bisa lakukan bersama anak adalah bermain puzzle. Tidak hanya ingin anak kita tumbuh sehat, tentu kita juga ingin anak kita tumbuh cerdas, betul? Puzzle adalah salah satu bentuk permainan yang terbukti ampuh mengasah otak anak. Mulai dari melatih memori, mengasah motorik halus, hingga melatih koordinasi mata dan tangan. Untuk anak di bawah 3 tahun, cobalah mulai dengan puzzle dua dimensi yang memiliki potongan besar ya.

- Play Dough

Aktivitas kedua adalah bermain play dough. Mengubah play dough menjadi bentuk yang anak-anak inginkan, selain menghadirkan keseruan tersendiri, juga bermanfaat untuk mengembangkan motorik anak. Biarkanlah anak-anak sibuk dengan kreasinya. Latih juga anak-anak untuk menceritakan apa yang ia buat untuk mengasah kepercayaan dirinya.

Ragam Aktivitas Bersama Anak Yang Sudah Bersekolah

Bagaimana dengan anak yang sudah sekolah? Berikut adalah ragam aktivitas hiburan anak yang orang tua bisa pilih:

1. Kategori Art & Craft

- Bermain Musik

Mengarahkan anak-anak untuk berlatih bermain musik akan membawa banyak manfaat bagi mereka. Misalnya, mereka akan dapat mengendalikan emosi, membuat anak lebih fokus, dan juga melatih keterampilan fisik. Disamping itu, dengan belajar bermain musik, secara tidak langsung anak juga akan mengembangkan disiplin diri lho. Setelah anak bisa bermain musik, tak ada salahnya juga mengajak mereka bermain musik bersama teman-temannya secara virtual. Pasti ini akan jadi pengalaman yang asyik!

- Painting & Pottery Class

Untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak, kita juga bisa mengajak anak untuk belajar hal yang baru. Seperti contohnya, mengikuti painting dan pottery class secara virtual. Kalau kamu penasaran dengan bentuk kegiatan ini, kamu bisa melihatnya di Instagram @ganaraartstudio ya. Tak hanya painting dan pottery class, mereka juga menyediakan kelas-kelas seni lain untuk anak-anak. Ini bisa jadi pilihan kegiatan yang menarik, lho!

- Upcyle Art

Apakah kamu memiliki barang bekas di rumah kamu yang tak lagi terpakai? Eits, jangan dulu membuangnya ya. Kenapa? Karena kamu bisa mengajak anak-anakmu untuk belajar upcycling, yaitu  melakukan daur ulang pada barang yang sudah tidak terpakai, menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan bernilai. Contohnya, mangkok lama yang sudah tak terpakai bisa dicat ulang dan dihias sehingga berubah fungsi menjadi pot lucu. Bersama dengan anak-anak, coba lihat sekelilingmu dan cari mana yang bisa dijadikan upcycle art.

2. Kategori Education

- Belajar Bahasa

Saat ini, memiliki kemampuan bahasa asing yang baik bukanlah lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan. Maka dari itu, mengisi kegiatan di rumah untuk belajar bahasa menjadi satu kegiatan positif yang anak bisa lakukan. Kita bisa mendampingi anak untuk memilih bahasa yang menjadi minatnya. Misalnya, Bahasa Mandarin, Spanyol, Itali, atau Arab. Selain memperlancar kemampuan bahasa, belajar bahasa asing juga terbukti mampu meningkatkan kecerdasan anak secara umum.

- Science Experiment

Guna memicu rasa penasaran anak dan melatih cara berpikir mereka, kita bisa melakukan beberapa science experiment sederhana. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang sangat menarik untuk anak-anak. Beberapa contoh aktivitas dalam kategori ini diantaranya: merawat tanaman, eksperimen permen pelangi, membuat tornado air dalam botol, dll. Tak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan, aktivitas sains ini juga akan bermanfaat sekali untuk anak-anak, lho!

- IT Class

Sebagai alternatif lain, kita juga bisa mengarahkan anak-anak untuk mengambil online course sesuai minat mereka. Misalnya, coding, atau topik lain yang menjadi pilihan anak-anak. Setelah berdiskusi dan memberi anak kesempatan memilih pilihan kursus mereka, pastikan kita memberikan dampingan pada mereka ya. Jangan lupa juga beri mereka semangat dan apresiasi atas setiap kemajuan positif yang mereka buat. 

Di bawah ini adalah beberapa referensi website online course untuk anak-anak pilih: 

Nah, itu lah dia ragam pilihan aktivitas hiburan yang bisa kita lakukan bersama anak di rumah. Semoga dengan berbagai pilihan di atas, kita bisa terus menghadirkan pengalaman belajar yang menarik untuk anak-anak di rumah ya. 

Tentunya, selain bermain, ajak juga anak-anak untuk peduli pada kebersihan lingkungan rumah ya. Beri mereka pengertian bahwa lingkungan rumah yang bersih akan membuat hidup kita lebih sehat dan nyaman.

An important reason why spending time with your family is essential is because tomorrow is never promised

Untuk kamu para orang tua, pastikan untuk selalu menjaga komitmen untuk hidup sehat. Pastikan kamu istirahat cukup, makan makanan yang bergizi, dan luangkan waktu untuk berolahraga. Sebagai penambah proteksi, produk asuransi jiwa AVA iBright Protector dari Astra Life juga bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. 

Ava iBright Protector merupakan sebuah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dengan pembayaran premi yang dilakukan secara berkala untuk mempermudah kamu mendapatkan perlindungan Asuransi Jiwa, Manfaat Terminal Illness, serta Manfaat Cacat Total dan Tetap. Untuk mengetahui produk ini lebih jauh, silakan kunjungi astralife.co.id. 

Jangan lupa juga follow Instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips-tips bermanfaat lainnya. Urusan Sehat No Worries, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!