Andalkan Sayur dan Buah Ini untuk Menjaga Tubuh Sehat dan Lebih Berstamina

Asupan Sayur Buah

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki tubuh sehat, di antaranya rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Yang dimaksud dengan makanan bergizi yaitu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta mineral yang jumlahnya seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pada 2014, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dapat dijadikan acuan dalam mempraktikkan perilaku makan sehat sehari-hari.

Salah satu makanan yang termasuk dalam aneka ragam pangan yang perlu dikonsumsi adalah sayur dan buah. Kedua jenis pangan ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh.

Selain itu, sayur dan buah juga diketahui sebagai sumber antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu timbulnya beragam penyakit. Berikut daftar sayur dan buah bergizi tinggi yang mudah didapatkan di sekitar untuk dikonsumsi:

Baca juga: Plogging, Tren Olahraga Lari yang Eco-friendly

Tiga Sayur dengan Kandungan Gizi Tinggi

1. Brokoli

Mengonsumsi secangkir (setara dengan 91 gram) brokoli dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan K harian Anda. Selain itu, brokoli juga kaya akan folat, mangan, zat besi, dan potasium. Rajin mengonsumsi brokoli dapat membantu menurunkan kolesterol, risiko kanker, dan menjaga kesehatan mata.

Cara konsumsi: dikukus hingga agak lunak kemudian dimakan seperti lalap, ditumis, atau dijadikan campuran telur dadar.

2. Bayam

Sayur ini kaya akan berbagai nutrisi, di antaranya vitamin A dan K, serta antioksidan jenis beta-karoten dan lutein yang diketahui mampu menurunkan risiko kanker. Dalam secangkir bayam mentah (setara dengan 30 gram) terdapat vitamin A dan K yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda akan kedua vitamin tersebut. Karena sayur ini tergolong rendah kalori, mengonsumsi bayam juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Cara konsumsi: direbus sebentar (kurang lebih 1 menit) lalu dimakan seperti lalap, dijadikan salah satu campuran salad atau roti lapis, salah satu campuran smoothie, atau campuran telur dadar.

3. Tomat

Banyak yang menganggap tomat sebagai buah, padahal sebenarnya pangan ini termasuk dalam kategori sayuran. Tomat kaya akan antioksidan jenis likopen yang baik untuk menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari risiko kanker dan penyakit jantung, serta menjaga tekanan darah tetap normal. Tomat juga kaya akan vitamin C dan K, folat, dan potasium.

Cara konsumsi: langsung dimakan, dijadikan isi roti lapis, dijadikan salad (dipotong-potong dan dicampur dengan potongan buah lain), dipanggang, dibuat sup, atau dibuat saus salsa.

Baca juga: Lima Tips Pola Makan Sehat untuk Tubuh yang Fit

Tiga Buah dengan Kandungan Gizi Tinggi

1. Jambu biji

Buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan jeruk yang selama ini disebut sebagai sumber terbaik vitamin C. Per 100 gram jambu biji mengandung 90 milligram vitamin C.

Cara konsumsi: langsung dimakan, dijus, dipotong-potong dan disisipkan dalam puding, atau dijadikan salad (dipotong-potong dan dicampur dengan potongan buah lain).

2. Nanas

Buah yang memiliki kandungan kalori rendah ini bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh dan tulang, serta membantu memperlancar pencernaan. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam nanas adalah vitamin C, mangan, magnesium, kalsium, vitamin B1, dan vitamin B6. Per 100 gram nanas mengandungi 47,8 miligram vitamin C, 13 miligram kalsium, dan 12 miligram magnesium

Cara konsumsi: dipotong-potong dan langsung dimakan, dijadikan salad (dipotong-potong dan dicampur dengan potongan buah lain), dijadikan smoothie, atau dijadikan salah satu topping pizza.

3. Alpukat

Buah ini tergolong rendah kalori, namun memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi. Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi alpukat secara rutin demi memenuhi kebutuhan lemak baik harian. Jenis lemak baik yang terdapat di alpukat disebut oleic acid, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan risiko peradangan, serta mendukung kesehatan jantung.

Cara konsumsi: dipotong-potong dagingnya dan langsung dimakan, dijadikan isi roti lapis (berupa potongan maupun sebagai olesan), dijadikan guacamole, atau dibuat sup.

Baca juga: Cara Cuci Tangan yang Tepat untuk Cegah Penyakit

#AyoLoveLife dan miliki tubuh sehat dan bugar dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, tapi, selain asupan yang bernutrisi tinggi, Anda juga harus melengkapi perlindungan untuk kesehatan Anda dengan asuransi Siap SehatKu dari Astra Life.

Siap SehatKu memberikan Santunan Rawat Inap Harian dan juga Penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat Akibat Kecelakaan. Jadi, apapun aktivitas Anda atau mereka yang tersayang akan tetap terlindungi!

 




« | »
Read previous post:
Single Income
5 Langkah Perencanaan Keuangan untuk Anda, Keluarga Single Income

Di atas kertas, pasangan dual income atau keduanya mencari nafkah memang terlihat lebih leluasa mengelola keuangan keluarga. Namun ternyata, banyak pula rumah tangga...

Close