9 Pekerjaan dengan Penghasilan Terbaik di Indonesia

Ingin mengubah alur karier? Kami hadirkan 10 profesi atau pekerjaan dengan penghasilan terbaik di Indonesia. Siapa tahu, cocok untuk Anda!

9 Pekerjaan dengan Penghasilan Terbaik di Indonesia

9 Pekerjaan dengan Penghasilan Terbaik di Indonesia

Ingin mengubah alur karier? Kami hadirkan 10 profesi atau pekerjaan dengan penghasilan terbaik di Indonesia. Siapa tahu, cocok untuk Anda!

Akhir tahun merupakan saat yang paling tepat untuk meninjau ulang perjalanan karier kita selama setahun terakhir. Jika dirasa pekerjaan atau gaji yang Anda dapatkan saat ini belum memenuhi ekspektasi, ada baiknya Anda menjadikan akhir tahun sebagai resolusi untuk meniti karier baru di tahun yang baru.

Resolusi karier baru juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada baiknya Anda menilai karier baru dari berbagai sisi, terutama sisi untuk mendapatkan penghasilan atau gaji terbaik. Anda pun nantinya bisa semakin cerdas mengelola penghasilan demi meraih tujuan finansial. Di Indonesia, saat ini setidaknya terdapat sembilan pekerjaan dengan gaji terbaik. Siapa tahu Anda saat ini sedang dalam track atau posisi untuk mencapai pekerjaan di bawah ini.

1. Pilot Pesawat Komersial

Pekerjaan ini sangat menantang sekaligus berbahaya sebab seorang pilot akan mengemudikan burung besi yang membawa beberapa penumpang di udara. Tak jarang, mereka pun harus membawa penumpang VIP, yakni mereka yang memiliki jabatan penting atau sosok terkenal di tanah air ini. Tantangan lain yakni mahalnya biaya sekolah penerbangan serta tuntutan akan jam terbang yang tinggi. Rata-rata pilot penerbangan komersial di Indonesia bisa memiliki gaji antara Rp 45 juta sampai Rp 71 juta per bulan dan dalam setahun bisa menerima hingga 15,5 kali gaji.

2. Ahli Teknik Perminyakan

Pekerjaan ini juga langka dan berbahaya sehingga tidak heran jika staf perusahaan minyak akan mendapatkan gaji yang tinggi. Untuk level manager, gaji pegawai BUMN minyak di Indonesia bisa mencapai Rp 50 juta per bulan. Tapi di negara jiran seperti Malaysia, levelnya bisa mencapai Rp 500 juta per bulan.

E-Commerce merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat pada tahun 2016 ini. Pertumbuhan ini diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan profesional di bidang ini, salah satunya digital marketer.

3. Manajer Sumber Daya Manusia

Seorang manajer sumber daya manusia (SDM) memiliki tugas yang berat untuk menyaring kandidat paling potensial untuk masuk ke perusahaan. SDM yang tepat akan jadi salah satu kunci sukses perusahaan dan sebaliknya. Untuk itu, berdasarkan survey Kelly Service di 2013, gaji manajer SDM dengan pengalaman kerja diatas 5 tahun bisa mencapai Rp 75 per bulan.

4. Digital Marketer

E-Commerce merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat pada tahun 2016 ini. Pertumbuhan ini diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan profesional di bidang ini, salah satunya digital marketer. Profesi ini menjadi incaran perusahaan yang mulai merambah ranah digital dalam usahanya memasarkan produk. Jadi, dengan menjadi seorang digital marketer, Anda tentu akan salah satu kandidat potensial dalam dunia kerja. Menurut survei Kelly Services Indonesia Salary Guide 2016, gaji mereka yang berprofesi sebagai Digital Marketer bisa mencapai 55 juta rupiah per bulan.

5. Health, Safety, and Environment

Pertumbuhan bidang konstruksi dan properti di Indonesia selama tahun 2016 ini diperkirakan akan terus meningkat seiring guyuran dana di bidang konstruksi infrastruktur. Hal ini diikuti dengan kebutuhan akan tenaga Health, Safety, and Environment (HSE). Mereka yang bergerak di bidang ini memiliki keahlian dalam menganalisa kondisi lingkungan tempat berdirinya suatu konstruksi, untuk memastikan proses pembangunan tidak merusak lingkungan sekitar. Gaji seorang HSE Engineer bisa menapai 23 juta rupiah per bulan. Sementara HSE Manager bisa digaji sampai Rp45 juta per bulan.

6. Ahli Teknik Informatika

Di era serba digital, maka peran para insinyur teknik informatika (TI) yang dapat mengutak-atik peranti lunak menjadi krusial. Aneka pekerjaan bisa diotomatisasi melalui program peranti lunak atau software yang diciptakan oleh ahli TI. Keuntungannya, pekerjaan ini bisa dilakukan di manapun. Di Indonesia, seorang software engineer dan system administrator dengan pengalaman di atas 2 tahun bisa memiliki gaji Rp 15 juta per bulan. Sementara seorang Project Manager (pengalaman 5 sampai 10 tahun) bisa menerima gaji sampai Rp50 juta per bulan.

7. Manajer Pemasaran

Pemasaran adalah sebuah kunci penting dalam rangkaian bisnis perusahaan. Jika produk perusahaan bagus tetapi pemasarannya jelek, maka perusahaan tetap akan merugi. Oleh sebab itu peran manajer pemasaran sangat vital di setiap perusahaan apapun industrinya. Berdasarkan survei Kelly Services, rata-rata gaji manajer pemasaran sekitar Rp 60 juta per bulan.

8. Ahli Konstruksi

Ahli konstruksi perkotaan atau perumahan ternyata menjadi pekerjaan yang cukup menarik di Indonesia, sebab negara ini masig gencar membangun aneka infrastrukturnya. Berdasarkan surat edaran (SE) Menteri Pekerjaan Umum pada 2013 lalu, gaji ahli konstruksi lulusan S1 tanpa pengalaman sekitar Rp 20 juta, sementara dengan latar belakang S3 bisa mencapai Rp 60 juta per bulan.

9. CEO

CEO atau pimpinan perusahaan adalah pekerjaan paling bergengsi yang bisa dicapai siapa saja tanpa harus memiliki latar pendidikan yang panjang dan mahal. Setiap CEO bahkan bisa memulai usahanya dari bawah. Saat ini di Indonesia mulai muncul gerakan kewirausahaan melalui pemberdayaan startup dan perkembangan e-commerce. Kemunculan itu pun melahirkan para wirausaha, yang meski umurnya masih muda, tetapi sudah berjaya secara finansial. Bahkan, rata-rata CEO perusahaan besar di Indonesia bisa mendapat gaji Rp 1 miliar per tahun.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah sudah menemukan resolusi karier baru? Jangan lupa juga untuk menggunakan asuransi yang bisa mendukung karier Anda. Seperti paket asuransi Siap RencanaKu, asuransi yang memberikan perlindungan jiwa dan manfaat tahapan tunai setiap 3 tahun, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menyiapkan rencana keuangan jangka panjang, dan bisa digunakan untuk dana tambahan pendidikan anak.

Dengan mengelola keuangan yang tepat, Anda pun bisa merdeka secara finansial. #AyoLoveLife dan rencanakan keuangan Anda, sekarang.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!