Jangan Patah Semangat, Intip Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Diminati saat Pandemi

Jika kamu kehilangan pekerjaan karena pandemi, tetap semangat. Intip pekerjaan dan keahlian yang paling diminati untuk cari pekerjaan baru.

Jangan Patah Semangat, Intip Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Diminati saat Pandemi

Pandemi telah memukul kehidupan perekonomian berbagai lapisan masyarakat. Salah satu dampak yang paling terasa adalah banyaknya karyawan yang dirumahkan atau bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Di saat yang sama, mencari pekerjaan baru pun bukan perkara mudah. Banyak perusahaan mengerem pengeluaran dengan cara tidak membuka lowongan. Apakah kamu menghadapi situasi serupa? Jika ya, tetaplah semangat. Kamu tetap bisa berkarya di jenis pekerjaan dan keahlian yang paling diminati saat pandemi untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Miliki Pekerjaan dan Keahlian yang Paling Diminati Saat Pandemi

CNBC pada Oktober 2020 mencatat, di tengah bursa kerja yang kompetitif, penting bagi kamu untuk mempertajam keahlian yang paling diminati dengan berinvestasi pada diri sendiri. Caranya ialah dengan mengambil kursus sertifikasi atau kualifikasi online. Dengan memiliki sertifikasi atau kualifikasi online, maka keahlian yang kamu miliki di atas rata-rata pencari kerja. Kira-kira, jenis pekerjaan dan keahlian yang paling diminati saat pandemi?

1. Coding

Mengingat setiap perusahaan memerlukan website, maka setiap perusahaan perlu orang-orang yang memiliki keahlian bahasa coding seperti HTML, CSS, atau JavaScript. Karena sebagian besar masyarakat melakukan kegaitan secara online, maka perusahaan pun mengandalkan website dalam menjangkau pelanggan dan klien. Inilah yang menyebabkan orang dengan keahlian coding dicari di tengah pandemi. Punya keahlian semacam itu? Jangan lupa cantumkan itu di dalam resume. Jika kamu ingin ikut kursus gratis tentang coding, bisa cek di Shaw Academy.

2. Software pengelolaan database

Jika kamu menguasai software pengelolaan database, selamat. Keahlian yang kamu miliki saat ini termasuk salah satu yang kebal krisis. Karena, masyarakat tetap melakukan aktivitas online di masa krisis sekalipun dan setiap platform online membutuhkan software pengelolaan database. Ahli software pengelolaan database yang lazim dicari saat ini ialah yang memahami Oracle Database, Teradata Vantage, Microsoft Access, dan sebagainya. Cek tutorial gratis tentang hal ini di Alison dan Class Central.

3. Analisis media sosial

Sejak melakukan aktivitas secara online, banyak perusahaan dan masyarakat pun mulai mencari cara memasarkan bisnis dan usaha yang mereka miliki dengan biaya termurah. Media sosial menjadi media iklan termurah yang banyak dipakai oleh usaha kecil dan menengah saat ini. Itu sebabnya, seseorang yang memiliki keahlian di bidang analisis media sosial atau social media analytics menjadi berperan penting di musim pandemi. Pekerjaan seorang social media analytics mencakup meningkatkan dan menganalisis keterlibatan (engagement) dan jangkauan (reach) pada media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Jika kamu punya keahlian seperti ini, cantumkan hal itu dalam portofoliomu. Jika kamu ingin mengikuti kursus gratis seputar analisis media sosial, kamu bisa cek di beberapa platform yang menyediakan kursus tersebut seperti GetCraft, Coursera, dan Quintly.

4. Administrasi keuangan

Seorang administrasi keuangan melakukan beberapa keahlian yang paling diminati seperti mengirimkan invoice, melakukan pembayaran ke vendor atau pembayaran gaji (payroll), serta pelacakan pengeluaran (expense tracking).

Menjamurnya toko-toko online baik di e-commerce maupun di media sosial memunculkan kebutuhan akan tenaga administrasi keuangan. Seorang administrasi keuangan melakukan beberapa keahlian yang paling diminati seperti mengirimkan invoice, melakukan pembayaran ke vendor atau pembayaran gaji (payroll), serta pelacakan pengeluaran (expense tracking). Jadi, jika kamu memiliki keahlian yang paling diminati tersebut, tak ada salahnya menyebutkan hal tersebut di resume. Cek kursus tentang ini di Coursera dan Class Central.

5. Menguasai Microsoft Office

Lihai dalam menggunakan Microsoft Office masih menjadi daya tarik, baik bagi perusahaan maupun bagi diri sendiri. Software Microsoft Office yang diminati ini mencakup Word, Excel, Access, G Suite, atau bahkan Power Point. Dengan semakin banyaknya pertemuan dalam jaringan atau video conference, maka perusahaan akan semakin memerlukan orang-orang yang lihai menyiapkan presentasi dalam Power Point. Software-software lainnya dalam Microsoft Office juga tak kalah penting, mengingat besar kemungkinan seorang karyawan akan menggunakannya dalam pekerjaan sehari-hari. Jadi, ini akan menjadi nilai plus untuk perusahaan atau untuk kamu pribadi.

6. Make-up artist

Jika kamu pada dasarnya antusias terhadap make up dan memiliki keahlian dandan, tak ada salahnya upgrade kemampuan dengan mengikuti kursus make-up artist. Kabar baiknya, keahlian yang paling diminati ini pun bisa kamu pelajari dengan gratis di berbagai channel Youtube dan Instagram. Ada banyak peluang pekerjaan yang bisa kamu coba jika kamu memiliki menguasai keahlian yang paling diminati ini, misalnya menjadi make-up artist professional, beauty vlogger, penulis blog seputar review make-up, distributor kosmetik, atau bisa juga memberikan make-up training atau tutorial.

Jika kamu pada dasarnya antusias terhadap make up dan memiliki keahlian dandan, tak ada salahnya upgrade kemampuan dengan mengikuti kursus make-up artist.

7. Graphic designer

Di masa pandemi ini, perusahaan tetap memerlukan jasa desain grafis untuk keperluan produk atau iklan. Jika kamu memiliki keahlian di bidang ini, kamu tetap berpeluang mendapatkan pekerjaan di bidang graphic design, baik sebagai karyawan ataupun sebagai freelancer. Bahkan, keahlian yang paling diminati ini tak cuma diperlukan oleh perusahaan, tapi juga oleh orang individual yang ingin menampilkan grafis untuk media sosial atau blog.

8. Content creator

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) baru-baru ini mengeluarkan hasil riset tentang berbagai pekerjaan yang ramai muncul di tengah pandemi. Pekerjaan ini merupakan cara para lockdown generation, yakni generasi yang kehilangan pekerjaan karena kebijakan lockdown, untuk bertahan. Pekerjaan yang ramai dicoba oleh masyarakat adalah menjadi freelancer dan content creator, mulai dari menjadi vlogger, content writer, copy writer, translator, dan sebagainya. Dari beberapa pekerjaan content creator tersebut, vlogger merupakan jenis pekerjaan yang paling populer dilakukan selama pandemi.

9. Memasak

Badan Pusat Statistik mencatat, selama Januari 2020 hingga April 2020, terjadi peningkatan produktivitas masyarakat di bidang kuliner. Maka tak heran jika saat ini ada banyak orang mulai buka purchase order (PO) di bidang kuliner, baik itu katering hingga baking kue dan roti. Jika kamu mau membuka usaha kuliner sendiri, keahlian dasar yang perlu dikuasai ialah konsistensi dalam kualitas rasa, memberikan metode pembayaran yang mudah, serta pengiriman yang aman. Kamu juga bisa mempertimbangkan franchise makanan atau minuman untuk membuka usaha kuliner yang praktis.

10. Bercocok tanam

Lebih banyak berkegiatan di rumah mendorong banyak orang banyak melakukan hobi di rumah. Salah satu hobi yang ramai dilakukan belakangan ini adalah koleksi tanaman. Jika kamu punya hobi yang sama, tak ada salahnya mengikuti kursus plant nursery atau bercocok tanam. Kursus ini akan mengajarkanmu merawat tanaman mulai dari bibit hingga tumbuh tiga atau empat daun dan siap dijual kembali. Kursus bertanam pun bisa kamu terapkan pada tanaman hidroponik sayur-sayuran. Kursus menanam sayuran organik ini banyak ditawarkan oleh pengusaha pembibitan sayuran.

Itu dia 10 bidang pekerjaan dan keahlian yang paling diminati saat pandemi. Sembari menekuni keahlian baru, jangan lupa lindungi diri dengan Flexi Life, asuransi jiwa murni ultra fleksibel dari Astra Life yang bisa kamu #AturSendiri sesuai dengan tahapan hidupmu. Dengan premi yang terjangkau, kamu bisa menjadi #Generasi5Miliar, karena asuransi ini memberikan uang pertanggungan hingga Rp5 miliar. Dapatkan pula informasi menarik seputar karir dan asuransi dengan follow @astralifeid. Tetap semangat berkarya, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!