Belajar dari Drakor Reborn Rich, Kenali 9 Istilah dalam Saham

Reborn Rich (2022) adalah drama Song Joong-ki yang bercerita tentang kehidupan pemegang saham perusahaan. Berikut istilah dalam saham untuk pemula!

Belajar Istilah Saham Dari Drakor Reborn Rich

Para penggemar drama Korea (drakor) rasanya tidak boleh melewatkan Reborn Rich (2022). Drama dengan rating 26,9% itu mengisahkan aksi balas dendam Yoon Hyun-woo (diperankan Song Joong-ki) yang menjadi salah satu pemegang saham Soonyang Grup. Nah, drama ini juga memunculkan berbagai istilah dalam saham yang mungkin belum familiar untuk pemula.

Sebagai investor, Yoon Hyun-woo ditimpa konflik di mana dirinya dituduh melakukan penggelapan dana perusahaan oleh keluarga Soonyang. Tuduhan tersebut membuat dirinya menjadi target pembunuhan oleh Jin Seong-joon (diperankan oleh Kim Nam-hee).

Penggelapan dana merupakan istilah dalam saham yang menggambarkan kondisi dana yang disembunyikan tanpa sepengetahuan orang lain atau pemiliknya, dengan tujuan untuk mengambil alih kepemilikan dana tersebut. Pasalnya, itu hanya salah satu istilah yang ada karena investasi saham inilah yang menjadi konflik utama di drakor Reborn Rich.

 

Istilah tersebut mungkin belum familiar di telingamu. Selain penggelapan dana, berikut ini 9 istilah dalam saham lainnya yang perlu diketahui pemula! Simak penjelasannya.

9 Istilah dalam Saham untuk Pemula

1. Initial Public Offering (IPO)

Istilah dalam saham yang pertama yaitu Initial Public Offering atau yang biasa disingkat menjadi IPO nampaknya sudah tidak asing di telinga kita. Pasalnya, banyak perusahaan yang melakukan IPO. Lalu sebenarnya, apa sih IPO itu?

Melansir Bisnis.com yang mengutip dari artikel jurnal Proses Initial Public Offering (IPO) di Pasar Modal Indonesia, IPO adalah istilah yang digunakan untuk perusahaan melakukan penawaran umum. Maksudnya, suatu perusahaan atau emiten akan membuka penawaran dengan menjual efek-efek yang diterbitkannya dalam bentuk saham. Nantinya saham tersebut bisa dibeli oleh masyarakat secara luas.

Salah satu contohnya adalah IPO yang dilakukan oleh GoTo (Gojek dan Tokopedia) pada tahun 2022. Melansir CNBC Indonesia, IPO GoTo dikatakan menjadi IPO terbesar di bursa yang berhasil meraup dana hasil hingga Rp13 triliun.

2. Stock split

Istilah dalam saham lainnya adalah stock split. Jika merujuk pada pengertiannya, stock split adalah pemecahan nominal saham menjadi nominal yang lebih kecil dengan rasio pemecahan tertentu.

Mudahnya, harga saham dipecah dalam rasio tertentu sehingga jumlah saham yang beredar akan mengalami peningkatkan. Jumlah saham naik, harga saham per lembarnya menjadi turun.

Stock split bertujuan untuk meningkatkan likuiditas saham perusahaan, membuat harga saham yang terlampau terlalu tinggi menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat, dan meningkatkan partisipasi investor untuk membeli sahamnya.

Contohnya seperti stock split yang dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA, di mana nilai saham BBCA sebelum stock split Rp62,5. Nilai ini berubah menjadi lebih rendah setelah BBCA stock split menjadi Rp12,5 per lembar sahamnya.

3. Capital gain

Ketika berinvestasi, tentu setiap orang ingin mendapatkan keuntungan, bukan? Nah, di sinilah capital gain muncul. Capital gain mungkin menjadi salah satu istilah dalam saham yang paling menyenangkan untuk diketahui, karena capital gain adalah kondisi di mana investor atau pemegang saham mendapatkan keuntungan.

Hal itu terjadi karena harga jual saham naik dibandingkan harga belinya. Dengan begitu, investor akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan modal investasi sebelumnya.

Untuk memperoleh keuntungan, investor perlu bersabar menunggu sampai harga jual saham lebih tinggi dibandingkan harga belinya. Menjual saham ketika harga jualnya tinggi bisa membantu investor memiliki kondisi finansial yang lebih safe.

Tak hanya kondisi finansial yang perlu dipastikan aman, namun kondisi kesehatan juga tidak kalah penting. Pasalnya, kita tidak ada yang pernah tahu kapan penyakit akan datang, maka dari itu penting untuk memberikan proteksi dini berupa asuransi jiwa untuk kamu dan keluarga.

Asuransi juga merupakan bentuk cinta nyata untuk keluarga, maka dari itu kami menyebutnya Insurance is Love. Salah satunya seperti produk produk asuransi jiwa dari Astra Life, yaitu Flexi Life bisa jadi pilihan kamu dan keluarga. Flexi Life memiliki memiliki keunggulan di mana kamu bisa menentukan perlindungan jiwa hingga Rp5 miliar, dan tidak perlu medical check-up. Kamu tidak perlu repot untuk mendaftar ulang karena asuransi ini auto renew atau selalu diperpanjang secara otomatis setiap tahun.

Selain itu, kamu bebas mengubah besarnya Uang Pertanggungan, Masa Pertanggungan, Frekuensi Pembayaran Premi, dan mengajukan perubahan lain sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupanmu secara online hanya dengan mengunjungi ilovelife.co.id, lho! Klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

4. Capital loss

Berbanding terbalik dari capital gain, capital loss adalah istilah dalam saham yang menggambarkan kondisi investor atau pemegang saham mengalami kerugian. Itu artinya, harga trading saham atau penjualan lebih rendah dibandingkan harga belinya.

Contohnya, jika seorang pemegang saham memutuskan untuk menjual sahamnya dengan harga yang lebih rendah dibandingkan modal belinya, maka investor tersebut sedang mengalami yang namanya capital loss.

5. Dividen

Dividen adalah istilah dalam saham untuk pembagian laba perusahaan kepada para investor. Dividen biasanya akan dibagikan sebanyak satu sampai dua kali dalam satu tahun. Namun, pembagiannya tersebut kembali lagi tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Apakah perusahaan bisa tidak membagikan dividen kepada pemegang saham? Jawabannya adalah iya. Kondisi tersebut bisa saja dilakukan karena ada satu atau berbagai hal yang nantinya akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dividen dapat dilakukan dalam dua bentuk, yaitu;

– Dividen tunai, keuntungan dibagikan secara cash atau menggunakan uang tunai.

– Dividen saham, keuntungan dibagikan dalam bentuk saham.

6. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

RUPS adalah sebuah forum yang diadakan oleh perusahaan untuk mempertemukan dewan direksi, dewan komisaris, dan pemegang saham perusahaan. Forum tersebut akan memberi tahu informasi mengenai keadaan perusahaan kepada pemegang saham.

Istilah ini kerap kali hadir dalam drakor Reborn Rich. Pasalnya, informasi tersebut akan disampaikan langsung oleh direksi atau komisaris. Nantinya pemegang saham perusahaan akan memperoleh hak suara untuk menyampaikan pendapat hingga pengambilan keputusan.

7. Deposit

Sama halnya dengan menabung di bank, ketika ingin melakukan investasi berupa saham, kamu juga perlu melakukan deposit. Deposit untuk istilah dalam saham adalah kondisi yang menggambarkan investor menyimpan uang ke rekening saham.

Apa itu rekening saham? Biasa disebut dengan nama Rekening Dana Nasabah (RDN), rekening saham jenis rekening yang digunakan oleh para investor untuk melakukan kegiatan jual beli saham.

Nantinya para investor perlu memasukkan jumlah uang minimum ke dalam rekening saham. Jumlahnya pun tergantung dari saham yang akan dibeli. Untuk mengetahui cara investasi saham, kamu bisa membuka rekening saham melalui perusahaan sekuritas.

Perusahaan sekuritas sendiri adalah perusahaan yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan jual beli saham.

8. Emiten

Ketika mendengar berita suatu perusahaan melakukan IPO, mungkin kamu juga akan mendengar istilah dalam saham lainnya yang dinamakan emiten. Emiten adalah kode untuk pihak atau perusahaan yang menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perlu diketahui, emiten bisa berupa perorangan, organisasi atau kelompok, hingga perusahaan.

9. Bursa efek

Istilah dalam saham yang terakhir dan perlu diketahui oleh pemula adalah bursa efek. Seringkali disebut-sebut, sebenarnya apa itu bursa efek? Bursa efek juga disebut sebagai bursa saham dan pasar saham.

Bursa efek bisa diartikan sebagai pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem untuk melangsungkan perdagangan saham. Sistem dan sarana ini kemudian akan diperuntukkan untuk penawar dan pembeli efek berupa saham.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!