Ingin Bisnis Jadi Viral? Simak 3 Caranya!

Sempat dihebohkan dengan McDonalds BTS Meal membuktikan bahwa fan base yang banyak dan setia adalah salah satu faktor pendorong kesuksesan bisnis yang viral.

Ingin Bisnis Viral

Ingin Bisnis Jadi Viral? Simak 3 Caranya!

Sempat dihebohkan dengan McDonalds BTS Meal membuktikan bahwa fan base yang banyak dan setia adalah salah satu faktor pendorong kesuksesan bisnis yang viral.

Belakangan ini sempat viral kejadian antrean layanan ojek online yang mengular di banyak gerai McDonalds akibat diluncurkannya paket makanan baru hasil kolaborasi restoran cepat saji itu dengan grup band korea BTS yang dinamakan BTS Meal. Peristiwa tersebut bahkan memaksa beberapa gerai McDonalds menutup layanan pemesanan melalui ojek online mereka.

Punya bisnis atau produk yang kebanjiran order seperti yang terjadi pada kasus BTS Meal tentu menjadi impian banyak orang. Pasalnya, selain bisa mendatangkan lebih banyak cuan dalam waktu singkat, fenomena tersebut juga bisa meningkatkan brand awareness. Kehebohan BTS Meal ini membuktikan bahwa memiliki fan base atau komunitas pelanggan yang berjumlah banyak dan setia adalah salah satu faktor pendorong kesuksesan suatu bisnis.

Tak hanya BTS, brand lain seperti Apple juga sudah membuktikan kekuatan massa yang mereka miliki dalam menembus angka penjualan yang begitu tinggi. Kamu mungkin saat ini bertanya-tanya, kok bisa ya brand seperti BTS dan Apple punya fan base yang begitu kuat? Jawabannya adalah karena mereka berhasil memenangkan rasa percaya dan loyalitas pengguna atau pelanggan mereka dengan baik. Kualitas dari produk yang mereka tawarkan memang bukan abal-abal dan merupakan yang terbaik di kelasnya. Hal ini tentu akan memunculkan rasa bangga tersendiri bagi para pengikut setia brand ini.

 

Rahasia BTS Membangun Fan Base Solid

Membangun sebuah fan base yang solid bisa jadi adalah tantangan tersendiri bagi kamu yang sedang merintis bisnis. Tapi jangan khawatir, kamu bisa belajar dari BTS lho. Menurut BBC UK, rahasia yang digunakan oleh BTS dalam membangun fan base yang begitu loyal salah satunya adalah dengan mengedepankan kualitas produk serta sebisa mungkin selalu melibatkan fan di berbagai acara.

Dalam melakukan produksi musik, mulai dari lirik lagu hingga official music video, BTS sangat serius dalam menggarapnya. Mereka memastikan bahwa musik yang dibuat adalah apa yang ingin didengar oleh fan serta mengemas koreografi tarian mereka dengan luar biasa sehingga mampu membuat penonton semakin jatuh hati. Pantas saja lagu mereka yang berjudul Idol hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 900 juta kali di YouTube!

Selain itu, BTS juga memberikan sebutan khusus untuk fan mereka, yaitu ARMY. Dengan adanya sebutan khusus tersebut, fan jadi merasa spesial, sehingga setiap kali BTS atau orang lain menyebut kata ARMY, fan BTS pun otomatis langsung merasa dirinya terpanggil.

Nah, kamu juga bisa menerapkan dua strategi itu pada bisnismu. Pastikan semua produk atau jasa yang ditawarkan adalah sesuatu yang benar-benar menjawab dilema calon konsumen kamu. Semua prosesnya harus dieksekusi dengan baik agar meyakinkan mereka bahwa produkmu adalah yang terbaik. Selain itu, kamu juga bisa membuat sebutan khusus untuk pelangganmu lho. Sudah punya ide?

Cari Cuan Dari Fan Base

Setelah tahu bagaimana caranya membangun fan base yang solid, sekarang pikiranmu pasti tertuju pada bagaimana caranya memaksimalkan kekuatan komunitas yang sudah kamu punya ini bukan? Kalau begitu, simak 4 strategi penjualan yang bisa kamu terapkan berikut.

1. Pre-Order

Dengan menggunakan strategi bisnis ini, kamu bisa membuat seolah-olah konsumen harus menunggu dalam jangka waktu yang lama apabila tak melakukan pembelian sekarang. Terlebih jika produk yang kamu tawarkan terbukti banyak peminat dan membutuhkan waktu lama untuk produksi ulang.

Namun, kamu harus memastikan sistem ini tidak terus-menerus dilakukan sehingga merusak kesan “waktu tunggu lama” yang tercipta di benak konsumen. Karena jika ini terjadi, konsumen cenderung akan menunggu di agenda pre-order berikutnya ketimbang langsung membeli saat ini juga. 


Salah satu contoh penjualan sukses menggunakan strategi pre-order adalah saat Sony meluncurkan konsol PlayStation 4. Dengan menggunakan sistem pre-order dan konten iklan yang sedemikian rupa, Sony mampu meraih lebih dari USD 1,5juta dalam satu kali pembukaan  untuk konsol PS4 tersebut.

2. Limited Stock

Di dunia marketing, kelangkaan suatu barang tertentu disinyalir dapat memicu konsumen untuk melakukan pembelian dengan cepat. Kamu bisa melakukannya juga dalam bisnis-mu. Misalnya, kamu mengumumkan untuk hanya menjual 1000 buah produk baru dalam waktu 3 hari dan produk tersebut tidak akan diproduksi lagi.

Adanya sistem stok terbatas ini membuat konsumen kamu ingin segera memiliki produk terbarumu. Terlebih, mereka akan merasa sangat istimewa apabila bisa menjadi 1 dari 1000 orang  yang memilikinya. Ada kesan eksklusif yang ditimbulkan.

McDonald’s dan BTS telah membuktikan kesuksesan dari strategi ini. Pasalnya, pada peluncuran BTS lalu, McDonald’s menerapkan sistem kuota dan waktu terbatas untuk pembelian BTS Meal. Alhasil, mereka yang tak mau kehabisan berbondong-bondong langsung menyerbu gerai restoran cepat saji itu baik secara langsung maupun melalui aplikasi ojek online.

3. Kolaborasi

Jika berkolaborasi dengan orang atau brand lain yang tepat, kamu akan lebih merasakan dahsyatnya kekuatan fan base ini. Pasalnya, setelah berkolaborasi, kamu jadi berpotensi menjual produk ke 2 fan base sekaligus. Bayangkan saja jika masing-masing dari pihak yang berkolaborasi memiliki 1000 fan sejati, bisa-bisa kamu kewalahan menangani pesanan nih!

Maka dari itu, sangat penting untuk mempertimbangkan dan merencanakan siapa kira-kira pihak yang sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh bisnis dan brand-mu. Seperti seorang penembak jitu, target sasaran harus dibidik dengan tepat terlebih dahulu sebelum pelatuk ditarik.

Belajar Dari Yang Sudah Berhasil

Tidak hanya BTS, ternyata ada beberapa brand lokal yang juga sukses dalam menerapkan salah satu dari keempat strategi di atas lho. Mereka juga sudah membuktikan bahwa kekuatan loyalitas pelanggan adalah faktor besar dalam pertumbuhan bisnis. Ada brand apa saja ya? Yuk, simak berikut.

1. HNMS Parfume

Dalam menjalankan bisnisnya, brand minyak wangi lokal ini seringkali menggunakan strategi limited product dan pre-order. HMNS juga tidak lupa untuk selalu mengedepankan kualitas dan keunikan aroma parfumnya, sehingga membuat fan HMNS rela antre dan menunggu demi mendapat sebotol parfum tersebut.

Hampir setiap kali HMNS mengeluarkan varian baru dengan jumlah terbatas, seluruh stok yang tersedia langsung ludes dalam waktu kurang dari 1 hari. Begitu juga dengan sistem pre-order mereka yang selalu dibanjiri pesanan.

Baru-baru ini, HMNS berkolaborasi dengan salah satu selebriti papan atas Indonesia, Christian Sugiono dan penjualan online mereka berhasil mencapai 2000 buah botol parfum dalam waktu kurang dari 30 menit. Luar biasa ya!

 

2. Amazara Shoes

Salah satu brand sepatu wanita lokal ini juga baru saja membuktikan kekuatan kolaborasi dan loyalitas fan base dalam salah satu agenda launching koleksi sandal terbarunya. Dalam kolaborasi terbarunya itu, Amazara menggandeng selebgram Indonesia yang tinggal di Paris, Madam Hulliet.

Lagi-lagi kekuatan fan base mampu dibuktikan dalam agenda launching koleksi spesial Amazara itu. Dalam waktu 30 menit, 1500 pasang sandal ludes terjual. Padahal, pada acara ini mereka menerapkan sistem mystery box alias pelanggan tidak bisa memilih warna sandal yang akan didapatkan. Meski begitu, tetap saja tak menjadi penghalang untuk mendatangkan cuan lho!

3. Cake Selebriti

Sudah menjadi rahasia umum kalau akhir-akhir ini banyak selebriti yang merambah usaha ke dunia kuliner dan meluncurkan berbagai macam kue yang digadang-gadang dapat menjadi oleh-oleh khas kota tertentu. Seperti Malang Strudel dari artis Teuku Wisnu dan Mamahke Cake Jogja dari pasangan sutradara Hanung Bramantyo dan aktris Zaskia Adya Mecca.

Saat pertama kali launching, kedua brand ini mampu membuat para fansnya rela antri berjam-jam demi mendapatkan kue yang diproduksi oleh artis idolanya itu. Bahkan, sampai ada yang buka jasa titip beli juga lho.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara membangun fanbase atau komunitas pelanggan yang kuat untuk bisnis kamu. Jangan lupa, selalu catat dan rencanakan dengan matang dan jelas tujuan apa yang ingin dicapai oleh bisnismu.

Selain bekerja banting tulang untuk membesarkan bisnismu, jangan pernah kesampingkan soal kesehatan, apalagi di masa pandemi seperti ini. Semua orang harus tetap sehat agar bisa terus menjalankan roda ekonomi.

Agar kamu tidak pusing lagi soal kesehatan kamu, Astra Life menyediakan beberapa produk kesehatan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga, seperti AVA iBright Protector 

Dengan AVA iBright Protector, kamu akan mendapatkan perlindungan jiwa dengan harga yang sangat terjangkau untuk manfaat tambahannya. Misalnya, kamu hanya butuh membayar premi sebesar Rp 350.000 per bulan jika wanita berusia 25 tahun. Nah, kamu bisa memperoleh manfaat di bawah ini untuk pembayaran premi selama 10 tahun:

  • UP bila meninggal dunia, mengalami cacat total dan tetap, terminal illness sebesar Rp 250 juta serta Rp 250 juta untuk manfaat tambahan kecelakaan diri.
  • Kamu juga memiliki nilai tunai Rp 50 miliar apabila berada di usia 98 tahun*.

Tak ada salahnya menyiapkan perlindungan berupa asuransi jiwa untuk diri sendiri dan keluarga dari sekarang. Kamu bisa kunjungi laman astralife.co.id untuk mengetahui manfaat lengkap layanan dari Astra Life. Follow juga Instagram @AstraLife agar tak ketinggalan informasi menarik lainnya. Urusan Sehat Jadi Tenang, #IGotYourBack.

 

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!