Mood Tidak Stabil saat WFH? Mungkin Kamu sedang Mengalami Pandemic Fatigue

Pandemic fatigue adalah kondisi kelelahan fisik dan mental akibat pandemi dan WFH berkepanjangan. Kenali cirinya agar kamu terhindar dari pandemic fatigue.

Mood Tidak Stabil saat WFH? Mungkin Kamu sedang Mengalami Pandemic Fatigue

Mood Tidak Stabil saat WFH? Mungkin Kamu sedang Mengalami Pandemic Fatigue

Pandemic fatigue adalah kondisi kelelahan fisik dan mental akibat pandemi dan WFH berkepanjangan. Kenali cirinya agar kamu terhindar dari pandemic fatigue.

Pandemic fatigue atau kondisi kelelahan secara fisik dan mental akibat masa pandemi yang berkepanjangan seperti saat ini dialami banyak orang. Dalam publikasi WHO pada Oktober 2020 silam, banyak negara melaporkan peningkatan kasus pandemic fatigue. WHO menyebutkan pandemic fatigue disertai dengan penurunan motivasi dan melemahnya kepercayaan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona. Misalnya, semakin banyak orang yang hangout ke kafe, mal, atau tempat wisata tanpa menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Pandemic fatigue mengancam penanganan pandemi COVID-19. WHO meminta semua orang harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar virus corona tidak menyebar. Semakin lama virus corona menyebar, potensi mutasi kian besar sehingga menyulitkan penanganan pandemi COVID-19. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari pandemic fatigue ialah dengan mengenali ciri-ciri kondisi tersebut.

Ciri-ciri terkena pandemic fatigue

Pandemic fatigue bisa terjadi tanpa disadari. Ada dua tanda yang menunjukkan bahwa kamu terkena pandemic fatigue:

Tubuh gampang lesu

Pandemic fatigue menyebabkan tubuh gampang kecapekan meski tidak melakukan aktivitas berat. Tubuh gampang lelah, lesu, dan tidak bersemangat. Alhasil, di tengah himbauan untuk beraktivitas di dalam rumah, orang yang terkena pandemic fatigue cenderung menghabiskan waktu di kamar tidur, berbaring sambil bermain handphone.

Mood tidak stabil

Pandemic fatigue menjadikan mental seseorang dalam tekanan. Akibatnya, mood gampang berubah sangat cepat. Orang yang mengalami pandemic fatigue juga mudah tersinggung dan emosi hanya karena persoalan sepele.

Tips mengatasi pandemic fatigue

Mutasi virus corona di Inggris menimbulkan varian baru yang lebih menular. WHO menganalisa mutasi bisa menyebabkan serangan virus corona yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, patuhi protokol kesehatan dan segera atasi pandemic fatigue dengan cara berikut ini:

1. Lakukan ragam kegiatan yang kamu suka

Penyebab utama pandemic fatigue saat ini adalah keterbatasan aktivitas akibat pembatasan sosial berskala besar. Kegiatan paling banyak berada di dalam rumah dan hanya itu-itu saja. Merujuk pemberitaan VOA Indonesia pada November 2020, Scott Bea, Psikolog Cleveland Clinic menyatakan cara terbaik mengatasi pandemic fatigue adalah dengan melakukan kegiatan kecil yang menyenangkan.

Lakukan kegiatan sesuai dengan hobi. Seperti yang sekarang sedang tren adalah berkebun. Selain bisa melepas stres, aktivitas berkebun juga bisa meningkatkan imunitas tubuh jika dilakukan sambil berjemur di bawah sinar matahari.

Setelah capek dengan berkebun, kamu bisa melakukan hal lain yang menyenangkan seperti membaca buku, menonton film, atau membuat video dan upload di YouTube . Intinya, lakukan kegiatan lain selain pekerjaan rutin selain work form home.

2. Jaga hubungan dan jalin komunikasi

Pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 memang membatasi semua orang untuk bertemu dengan teman, kerabat, atau rekan kerja secara langsung. Namun, bukan berarti harus memutus hubungan komunikasi. Agar kamu tidak berlarut-larut dalam pandemic fatigue, tetaplah berkomunikasi dengan orang terdekat secara virtual.

Teknologi komunikasi terkini telah memudahkan komunikasi antar orang per orang atau per kelompok. Gunakan fasilitas chat atau video call untuk melepas rindu atau bercerita dan berkeluh kesah. Menjaga hubungan komunikasi bukan hanya mencegah stres, tapi juga memastikan kamu update info terkini dari kerabat dan menjaga tali silaturahmi tetap terhubung.

Lakukan kegiatan sesuai dengan hobi. Seperti yang sekarang sedang tren adalah berkebun. Selain bisa melepas stres, aktivitas berkebun juga bisa meningkatkan imunitas tubuh jika dilakukan sambil berjemur di bawah sinar matahari.

3. Membeli masker baru yang bikin senang

VOA Indonesia juga menyarankan untuk mengatasi pandemic fatigue dengan membeli masker baru yang bikin hati senang. Beli masker secara online untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Pilihlah masker-masker dengan desain karakter tertentu yang sesuai profil kesukaanmu.

Atau agar jiwa kreativitasmu tetap terjaga, gunakan waktu untuk menghias masker kainmu dengan rajutan atau hal lain. Pastikan variasi maskermu tidak mengganggu sirkulasi udara dan menimbulkan lubang baru yang bisa menjadi pintu masuk virus corona.

Memiliki masker baru yang bagus bukan hanya membuat hati senang. Kamu juga akan lebih percaya diri dan rajin menggunakan masker baru sehingga selalu patuh menjalankan protokol kesehatan.

4. Menjalankan pola hidup sehat

Tetap menjalankan pola hidup sehat adalah salah satu kunci tetap selamat di tengah pandemi COVID-19. Rutinlah berolahraga, jangan hanya rebahan di kamar atau depan TV. Berolahragalah minimal tiga kali seminggu agar kondisi fisik tubuh tetap fit. Ingat, saat tubuh tidak fit, penyakit bisa menyerang.

Perhatikan pula asupan gizi setiap hari dan jangan lupa minum vitamin atau suplemen. Kurangi minuman dingin, alkohol, dan gorengan serta berhentilah merokok karena bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Tidur yang cukup minimal 7 jam hingga 8 jam per hari juga bisa menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, patuhi jam tidur malammu secara tertib. Jangan habiskan waktu istirahat malam untuk menonton drama Korea dan kerja.

5. Kurangi beban pikiran dengan meditasi atau yoga

Tekanan mental karena keterbatasan aktivitas adalah pendorong utama terjadinya pandemic fatigue. Lakukan relaksasi dengan meditasi atau yoga untuk mengurangi stres dan tekanan mental. Meditasi dan yoga tidak harus dilakukan di tempat khusus. Kamu bisa melakukan meditasi dan yoga di dalam rumah, di teras, atau di belakang rumah.

Meditasi dan yoga sudah terbukti mampu mengurangi stress dan merelaksasi pikiran. Meditasi dan yoga banyak diterapkan untuk menangani orang dengan gangguan kecemasan.

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa mengatasi pandemic fatigue dengan mengingat kembali bahwa:

1. Virus corona adalah nyata dan sudah menginfeksi seluruh dunia serta bisa menyerang siapa saja tidak peduli usia, jenis kelamin, bangsa, dan lain-lain.

2. Setiap tindakan yang mengabaikan protokol kesehatan bisa berdampak bagi banyak orang dan lingkungan sosial.

3. Sadarilah bahwa setiap interaksi berisiko penularan virus corona.

4. Sayangi diri dan sesama dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama.

Kelelahan dan stres adalah manusiawi. Wajar jika manusia mengalami pandemic fatigue. Namun jangan biarkan kamu berlarut dalam pandemic fatigue dan abai terhadap protokol kesehatan pencegahan virus corona. Salah satu cara agar kamu bisa tenang beraktivitas ialah dengan memiliki asuransi jiwa. Jika saat ini kami sedang mencari asuransi jiwa yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan Flexi Life, asuransi jiwa ultra fleksibel dari Astra Life yang memberikan uang perlindungan hingga Rp5 miliar tanpa cek medis. Jangan lupa untuk follow akun Instagram @astralifeid agar bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan, investasi dan perencanaan keuangan. #iGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke iLoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog iLoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.