Tujuan Keuangan Untuk Kamu yang Bergaji Rp10 Juta, Rp20 Juta dan Rp30 Juta

tujuan keuangan berdasarkan kenaikan gaji astra life

Kamu naik gaji tahun ini? Selamat! Kenaikan gaji artinya kamu memiliki keleluasaan finansial lebih besar untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Penghasilan yang bertambah juga berarti saatnya untuk  menyesuaikan tujuan keuangan yang lebih besar untuk diwujudkan. Tapi sebelum itu, ada beberapa langkah yang perlu kamu tempuh demi mencapai tujuan keuangan untuk kamu yang bergaji Rp10 juta, Rp20 juta dan Rp30 juta agar dapat menyesuaikan kenaikan gaji dan tujuan keuangan dengan tepat.

Pertama, periksa kondisi keuangan terkini. Menurut Eko Endarto, founder dan financial planner dari Finansia Consulting, pendapatan seseorang “menjadi salah satu penentu apakah tujuan keuangan kita realistis atau tidak”. Maka itu, penting untuk melihat kondisi keuangan termutakhir kamu. Cara paling mudah adalah dengan melihat catatan keuangan pribadi. Bila belum punya, saatnya memulai pencatatan sekarang juga.

Buatlah catatan arus kas keuangan pribadi untuk mengetahui wajah finansialmu. Caranya mudah, kamu tinggal menuliskan daftar sumber penghasilan, mulai dari gaji, bonus, tunjangan hari raya, dan penghasilan lain-lain. Setelah itu, tuliskan daftar pengeluaranmu baik yang sifatnya tahunan maupun bulanan. Mulai dari belanja bulanan, biaya utilitas rutin (listrik, air, internet, gas), biaya transportasi, pembayaran cicilan utang, pembayaran premi asuransi, pajak kendaraan bermotor hingga pengeluaran untuk tabungan dan investasi.

Jangan lupa pula mencatat juga daftar aset-aset dan kewajiban yang kamu miliki. Ini penting untuk mengetahui berapa sebenarnya nilai kekayaan bersihmu. Apakah keuanganmu terbebani utang yang terlalu besar, memiliki aset investasi yang masih terlalu sedikit, atau lain sebagainya.

BACA JUGA: Bingung Ingin Menabung atau Investasi? Cek Cara Mengatur Keuangan Berikut Ini 

Kedua, menentukan tujuan keuangan berdasarkan kenaikan gaji yang kamu terima. Dengan begitu, kamu dapat menyusun prioritas tujuan keuangan mana yang perlu didahulukan dan mana yang realistis sesuai tingkat penghasilan.

Tujuan keuangan berdasarkan kenaikan gaji ada dua macam yaitu tujuan keuangan prioritas (compulsory goals) seperti memiliki dana darurat memadai, melengkapi proteksi kesehatan dan jiwa, restrukturisasi utang mendesak, memulai investasi dana pensiun dan sebagainya. Juga ada tujuan keuangan tambahan (additional goals) seperti dana pembelian rumah, dana liburan dan lain sebagainya.

Tujuan keuangan untuk yang bergaji Rp10 juta

Apa saja tujuan keuangan yang harus dipenuhi saat gaji Rp10 juta? Langkah paling mungkin adalah dengan fokus lebih dulu pada tujuan keuangan prioritas (compulsory goals). Salah satunya, kata Eko, dengan memulai membangun aset jangka pendek dan jangka panjang, yaitu:

  • kecukupan dana darurat yang menjadi bagian dari aset jangka pendek (aset lancar)
  • kelengkapan proteksi asuransi
  • investasi dana pensiun
  • kesehatan utang
  • bagi yang sudah memiliki anak, mulailah untuk berinvestasi dana pendidikan anak

Kecukupan dana darurat dan proteksi akan dipengaruhi oleh tingkat penghasilan, status pernikahan dan jumlah tanggungan, serta profil risiko kamu. Itu sebabnya, kebutuhan dana darurat dan proteksi seorang lajang tanpa tanggungan akan berbeda dengan yang sudah menikah dan memiliki anak.

BACA JUGA: Baru Promosi Jabatan? Saatnya Membidik Rumah Idaman

Tujuan keuangan untuk yang bergaji Rp20 juta

Di atas kertas, kamu yang berpenghasilan Rp20 juta memiliki keleluasaan lebih dalam menetapkan tujuan keuangan berdasarkan kenaikan gaji dibanding saat kamu masih di level gaji Rp10 juta. Namun, meski begitu, kamu tetap perlu menimbang lebih dulu kondisi keuangan terkini. Buatlah check list untuk melihat apakah compulsory goals kamu sudah berjalan dan terpenuhi? Bila sudah dan masih ada ruang keuangan yang cukup, kamu bisa menambahkan tujuan keuangan tambahan (additional goals) sesuai kondisi finansial.

Menentukan additional goals, menurut Eko, akan berbeda-beda pada setiap orang bergantung pada kondisi keuangan dan status mereka.

Misalnya:

  • bagi kamu yang sudah menikah, mengumpulkan dana pembelian rumah akan lebih mendesak
  • bagi kamu yang sudah memiliki anak, pembelian mobil mungkin menjadi prioritas seiring kehadiran anak yang membutuhkan kenyamanan berkendara
  • sementara bagi kamu yang masih lajang di rentang usia ini, maka dana liburan bisa jadi prioritas

BACA JUGA: Perspektif Baru dalam Manajemen Keuangan di Tahun 2020

Tujuan keuangan untuk yang bergaji Rp30 juta

Ketika penghasilanmu terus naik dan kini berada di kisaran Rp30 juta, kamu bisa meningkatkan lebih jauh jangkauan tujuan keuangan. Menurut Eko, dengan tingkat penghasilan lebih besar, kamu seharusnya bisa lebih agresif membangun aset jangka panjang. Misalnya:

  • menambah aset investasi apakah itu membeli rumah kedua atau mobil
  • menambah portofolio investasi saham
  • memperkecil rasio utang dengan melunasi lebih awal kredit rumah kamu

BACA JUGA: Atur Transaksi Cashless Agar Tak Jadi Less Cash

Yang pasti, ketika penghasilan meningkat, pastikan juga proteksi keuanganmu memadai. Untuk asuransi jiwa, sebagai contoh. Ketika masih berpenghasilan Rp10 juta dengan status lajang tanpa tanggungan, kamu mungkin sudah merasa cukup dengan asuransi jiwa senilai Rp500 juta. Namun, ketika penghasilanmu meningkat Rp20 juta dan status menikah dengan anak satu, tentu asuransi jiwa senilai itu tidak lagi memadai, karena sekarang kamu sudah memiliki tanggungan. Sama halnya ketika pendapatan kamu terus meningkat hingga ke level Rp30 juta. Nilai pendapatan yang perlu diproteksi jadi lebih besar, otomatis kamu membutuhkan asuransi jiwa dengan Uang Pertanggungan lebih besar.

Karena itu, memiliki asuransi jiwa yang mudah untuk diatur sesuai dengan tahapan penghasilan hidupmu sangatlah penting. Seperti Flexi Life, asuransi jiwa ultra fleksibel dari Astra Life yang memudahkan kamu untuk #AturSendiri kebutuhan Uang Pertanggungan sesuai tahap kehidupanmu dalam satu polis. Jadi, saat gaji kamu meningkat dan membutuhkan proteksi lebih besar, kamu bisa mengubah harga premi dan Uang Pertanggungan yang akan kamu dapatkan hingga Rp5 Miliar cukup lewat gadget di tangan. Dengan fleksibilitas ultra, kamu tetap bisa mewujudkan tujuan keuangan berdasarkan kenaikan gaji dengan mudah. Berani memulai sekarang?

Related Posts

Menghargai Nilai Diri Bersama Andhika Diskartes

How much do you value yourself? Kalau harus memberi nilai diri sendiri, berapa angka yang menurut kamu layak? Dala...

Cara Menemukan Asuransi Jiwa yang Cocok menurut Indah Hapsari

"Dalam proses financial planning, asuransi jiwa adalah sebuah pondasi." - Indah Hapsari. Co-Founder & Head of Adv...

Gaji Dipotong atau Terkena PHK, Bagaimana Cara Mengakali Anggaran Keluarga?

Kaget, sedih, stres. Mungkin ini yang dirasakan 150.000 orang yang terkena PHK selama pandemi (Kementerian Tenaga Kerja,...




« | »
Read previous post:
cara mengatasi gigitan ular astra life
Harus Cepat dan Tepat, Ini Tindakan Pertama Mengatasi Gigitan Ular

Kompas pada Desember 2019 lalu menulis, jumlah korban gigitan ular di Indonesia diperkirakan mencapai 135.000 orang per tahun. Sedangkan di seluruh...

Close