Tips dan 4 Rekomendasi Menu Sahur Sederhana dan Praktis

Sahur sangat penting saat berpuasa, maka kamu perlu mencari makanan yang cocok untuk sahur. Berikut rekomendasi menu sahur sederhana dan praktis!

Menu sahur Sederhana dan Praktis

Sahur adalah sebuah istilah dalam Islam yang artinya aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari sampai waktu imsak bagi mereka yang hendak menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. Biasanya sahur di Indonesia dilakukan di sekitar jam 2 sampai setengah 4 pagi sebelum imsak. Karena dilakukan dini hari, banyak orang yang memilih menu sahur sederhana dan praktis namun sehat agar bisa memberikan tenaga kepada tubuh sampai waktu berbuka tiba.

Tak jarang masih banyak orang yang memilih untuk tidak sahur. Meskipun sahur hukumnya sunah, tetapi sahur sangat penting dilakukan agar tubuh memiliki asupan makanan yang cukup untuk bisa beraktivitas sampai waktu buka puasa. Apalagi jika kamu memiliki kondisi lambung yang rentan sakit maag, sebaiknya usahakan untuk tidak meninggalkan sahur.

Karena sahur adalah bagian yang penting di bulan Ramadan, maka dari itu kamu perlu mencari makanan yang cocok untuk sahur. Menu sahur sehat pun rasanya tak boleh ketinggalan dalam daftar untuk menjaga tubuh tetap fit dan bertenaga selama menjalankan ibadah puasa.

Dalam artikel kali ini, kami memiliki rekomendasi menu sederhana dan praktis yang bisa kamu coba untuk menjadi menu sahur pertamamu nanti! Mengingat bulan puasa tahun ini dikabarkan akan berjalan mulai dari 22 atau 23 Maret, lho. Namun, sebelum masuk ke rekomendasi menu sahur, mari kita bahas terlebih dahulu tips memilih menu sahur yang baik agar tutup tidak cepat lemas menjalankan aktivitas di tengah puasa, yuk!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque ornare ante diam, eu accumsan elit congue ac. Maecenas sit amet eros aliquet, condimentum dui sed, commodo quam. Etiam a suscipit nibh, ultrices fermentum velit. Suspendisse gravida convallis ante eget pellentesque. Curabitur malesuada quam eget massa ultricies accumsan. Nunc condimentum consequat rutrum. Aenean tortor orci, aliquet at pellentesque eu, rhoncus non sem. Praesent sed iaculis justo.`

Tips Memilih Menu Sahur

1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat

Agar dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks saat sahur. Selain itu, makanan yang tinggi serat juga cocok sebagai menu sahur sehat. Contohnya seperti nasi merah dan roti gandum.

Tak hanya dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi juga dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan, sehingga tubuh jadi tidak cepat lelah meskipun beraktivitas seharian tanpa makan dan minum.

Meski begitu, perlu diingat bahwa konsumsi karbohidrat yang berlebihan tidak dianjurkan terutama untuk penderita asam lambung. Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi secukupnya saja.

2. Berikan tubuh asupan nutrisi dan vitamin yang cukup

Selain pentingnya karbohidrat dan serat yang tinggi untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama berpuasa, tak lupa untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup ketika sahur. Pasalnya, menurut World Health Organization (WHO), nutrisi sangat penting untuk menjaga tubuh dari penyakit sekaligus penting untuk kesehatan dan pertumbuhan.

Untuk itu, makanan yang cocok untuk sahur adalah makanan yang mengandung nutrisi cukup, seperti contohnya sayur-sayuran, buah-buahan, telur, susu, tahu, tempe dan kacang-kacangan. Buah-buahan juga akan memberikan vitamin yang baik untuk tubuh, di mana vitamin baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

3. Makan makanan yang kaya protein dan zat besi

Selama berpuasa, tak bisa dimungkiri tubuh akan kekurangan banyak zat besi. Untuk itu, kamu perlu mengantisipasi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Tak hanya itu, protein juga penting karena akan bekerja sebagai ‘cadangan’ energi di dalam tubuh.

Makanan yang kaya akan protein yang dikonsumsi saat sahur dapat memberikan energi secara konstan sampai waktu berbuka puasa. Sedangkan, makanan yang mengandung zat besi baik untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit anemia atau kurang darah.

Rekomendasi Menu Sahur Sederhana, Praktis, dan Sehat

1. Kurma

Kurma merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat. Buah kurma juga merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi sebagai menu sahur maupun berbuka. Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kurma mengandung lemak, kalori, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin, zat besi, magnesium, hingga potassium.

Dengan kandungan sebanyak itu, kurma dapat mencukupi kebutuhan gizi dan kalori selama berpuasa. Selain itu, kurma dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mengingat tak jarang orang mengalami masalah sistem pencernaan ketika berpuasa karena tubuh cenderung kekurangan cairan dan makanan. Kurma dapat membuat kamu tidak mudah lelah sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai menu sahur sehat.

2. Yoghurt

Menu sahur selanjutnya yaitu yoghurt yang mengandung kalium dan magnesium. Mencampurkan yoghurt dengan buah-buahan juga dapat membantu tubuh mendapatkan asupan energi yang cukup selama berpuasa. Selain dapat menjadi sumber energi yang baik, yoghurt dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penyakit ini, terutama pada orang dewasa yang memiliki riwayat hipertensi. Tingginya kadar kalium pada yoghurt berguna untuk menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Penyakit jantung adalah penyakit yang cukup berakibat fatal jika tak segera diobati dengan baik. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengantisipasi sejak dini untuk mencegah risikonya.

Rajin melakukan medical check up akan sangat membantu kamu mengetahui kesehatan tubuh, karena tak ada yang bisa memprediksi masa depan. Kita pun tidak bisa memastikan selalu sehat di usia yang mendatang. Perasaan ini yang kemudian membuatmu merasa ingin melindungi diri dan keluarga.

Maka itu, penting untuk memberikan proteksi dini untuk kamu dan keluarga, agar memiliki hidup yang lebih aman dan nyaman di masa depan. Seperti Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life dapat jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life memberikan manfaat berupa fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, memberikan fasilitas medical check up tiap 2 tahun sekali, hingga klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

Tak hanya itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat. Kemudahan lainnya kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra ini dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, ya!

3. Oatmeal

Oatmeal sudah terkenal sebagai makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan. Pasalnya, oatmeal merupakan salah satu makanan tinggi serat yang juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Selain itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat yang dapat berguna sebagai sumber energi tubuh.

Dengan oatmeal di dalam tubuh yang berlangsung secara perlahan, maka tubuh akan mendapatkan dorongan energi yang lebih lama tanpa membuat kadar gula darah meningkat. Tubuh pun tak akan cepat lelah dan merasa lapar meski berpuasa seharian sambil menjalani aktivitas yang padat. 

Kamu bisa mengonsumi oatmeal dengan menambahkan topping buah-buahan dan susu. Sebab, satu cangkir susu dapat memberikan asupan protein, kalsium, vitamin D, vitamin B2, kalium, hingga fosfor yang sangat berguna untuk tubuh.

4. Telur, ikan, dan ayam

Jika kamu bingung ingin masak menu sahur, kamu bisa coba mengolah telur, ikan, dan ayam sebagai menu sahur simpel dan sehat. Apalagi mengingat tiga makanan ini mengandung protein rendah lemak. Tubuh akan mencerna protein secara perlahan, sehingga dengan mengonsumsi telur, ikan, dan ayam saat sahur dapat membuat tubuh memiliki energi untuk waktu yang lebih lama ketika berpuasa seharian. Selain itu, makanan yang mengandung banyak protein juga dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah di tubuh.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!