Memanajemen Keuangan Nonton Konser Musik agar Tidak Boros

Bulan Maret 2023 bagaikan bulannya konser. Agar tidak ketinggalan, ikuti tips memanajemen keuangan nonton konser musik yang tidak boros, yuk!

memanajemen keuangan nonton konser musik

Tahun ini, 2023, bagaikan tahunnya para penggemar musik, baik penggemar penyanyi dalam negeri maupun luar negeri. Seperti band legendaris Dewa 19 dan Westlife baru saja menggelar konsernya Februari lalu. Selain itu, masih banyak penyanyi, band, hingga grup K-Pop yang bakal menggelar konser di Indonesia. Maka itu, supaya wishlist kamu terpenuhi  tanpa membahayakan kondisi finansial, kamu perlu strategi memanajemen keuangan kamu perlu strategi dalam mengatur keuanganmu.

Apalagi bulan esok, Maret 2023 bakal dibanjiri dengan banyak konser, khususnya K-Pop. Awal Maret 2023 akan dibuka dengan konser TULUS Tur Manusia 2023 pada 3 Maret 2023. Dilanjutkan dengan konser NCT Dream “THE DREAM SHOW2: In A DREAM” di ICE BSD Tangerang pada 4-6 Maret 2023. Setelah itu, BLACKPINK World Tour akan menggelar konser perdana mereka di Indonesia pada 11-12 Maret 2023 di Gelora Bung Karno Main Stadium.

Masih K-Pop, TREASURE “TREASURE TOUR [HELLO] IN JAKARTA” juga akan menggelar konsernya di ICE BSD Tangerang pada 18-19 Maret 2023. Tak hanya konser K-Pop, Deep Purple juga akan menyelenggarakan konser kedua di Indonesia pada 10 Maret 2023. Disusul Arctic Monkeys yang juga mampir ke Indonesia untuk Asia Tour 2023-nya pada 18 Maret 2023.

Tidak hanya itu, untuk kamu yang ARMY dan mau nonton konser BTS, salah satu membernya yaitu Suga juga akan menggelar konser di Jakarta selama tiga hari pada 26-28 Mei 2023, nih. Selain itu, hingga akhir tahun juga akan dibanjiri festival musik seperti Synchronize Festival 2023 pada 1-3 September 2023 dan Pestapora 2023 pada 22-24 September 2023.

Kira-kira, bagaimana caranya supaya kita bisa memanajemen keuangan nonton konser yang tidak boros kalau melihat jadwalnya sepadat ini, ya? Buat kamu yang mau nonton konser tapi takut menghabiskan uang berlebihan, berikut tips memanajemen keuangan nonton konser agar tidak boros!

Tips Memanajemen Keuangan untuk Nonton Konser Musik

Konser adalah pertunjukan musik yang dilangsungkan secara live di depan penonton. Konser bisa dilakukan oleh musisi tunggal, orkestra, paduan suara, atau band. Konser biasanya diselenggarakan oleh promotor dengan dukungan oleh berbagai sponsor. Inilah yang membuat harga tiket konser cukup tinggi.

Maka dari itu, memanajamen keuangan akan sangat penting dilakukan untuk menjaga agar kondisi finansial tetap stabil meskipun kamu ingin nonton konser musik. Inilah lima tips memanajemen keuangan nonton konser!

1. Buat list konser yang ingin ditonton

Cara mengatur keuangan agar semakin mudah dilakukan yaitu dengan membuat list konser yang ingin ditonton. Dengan membuat list konser, kamu akan lebih mudah menentukan budget perkiraan yang cukup untuk membeli tiket konser setelah ticketing dibuka nantinya.

Perlu diingat bahwa langkah ini akan lebih mudah dilakukan dari jauh-jauh hari, ya. Ibaratnya, kamu sedang membuat list konser “impian” yang ingin sekali kamu tonton. Pasalnya, memanajemen keuangan untuk nonton konser akan lebih mudah dilakukan jika kamu memang sudah punya persiapan berbulan-bulan sebelum hari pembelian tiket dibuka, sehingga kamu bisa membeli tiket dengan lebih tenang.

2. Buat tabungan dan catatan keuangan khusus

Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat tabungan dan catatan keuangan yang dikhususkan untuk membeli tiket dan segala hal terkait konser yang ingin kamu tonton. Dengan memisahkan tabungan konser dan tabungan lainnya, kamu dapat meminimalisir kemungkinan menggunakan uang tabungan konser sebelum hari pembelian tiket.

Agar lebih memudahkan kamu mencatat tabungan untuk nonton konser, kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan yang tersedia di gadget kamu, lho. Pasalnya, aplikasi keuangan bisa digunakan untuk memudahkan pencatatan keuangan harian, mingguan, hingga bulanan. Tips memanajemen keuangan yang satu ini tentu akan membantu kamu mencatat setiap tabungan yang masuk untuk nonton konser dengan lebih rapi.

Beberapa rekomendasi aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan untuk mencatat tabungan nonton konser, yaitu Mint: Budget & Track Bills, Monefy: Money Tracker, Money Lover: Expense Manager, AndroMoney, dan Money Manager Expense & Budget yang bisa kamu unduh di gadget dengan mudah.

3. Buat list terkait persiapan konser

Untuk para penggemar K-Pop pastinya sudah tahu ketika ingin menonton boygroup atau girlgroup idola, kamu mungkin akan perlu lebih dari sekadar tiket konsernya. Ya, memang tiket konser yang paling utama, tetapi ada beberapa hal tambahan yang perlu kamu masukkan ke dalam daftar konser.

Contohnya seperti lightstick yang sepertinya tak boleh ketinggalan. Harganya pun berbeda dari setiap grup dan berkisar mulai dari Rp600.000 hingga jutaan. Selain lightstick, cobalah untuk memikirkan kebutuhan konser lainnya seperti biaya akomodasi dan penginapan jika kamu berada di luar daerah. Memang terlihat sepele untuk dipikirkan sejak awal, namun jika kamu sudah secure budget untuk ini, kondisi keuangan kamu pastinya akan lebih stabil.

Ketika kondisi finansial terjaga, maka kamu akan memiliki rasa aman juga. Agar keuangan kamu lebih stabil dan memanajemen keuangan semakin mudah dilakukan, kamu perlu memberikan proteksi dini berupa asuransi jiwa untuk diri sendiri dan keluarga.

Pasalnya, selain melindungi kita dari risiko-risiko tidak terduga untuk bisa memiliki kehidupan yang lebih aman, nyaman, dan bahagia di masa depan,  asuransi juga merupakan bentuk cinta nyata untuk keluarga – Insurance is Love.

Salah satunya seperti produk asuransi jiwa dari Astra Life, yaitu Flexi Life bisa jadi pilihan kamu dan keluarga. Flexi Life memiliki memiliki keunggulan di mana kamu bisa menentukan perlindungan jiwa hingga Rp5 miliar, dan tidak perlu medical check-up. Kamu tidak perlu repot untuk mendaftar ulang karena asuransi ini auto renew atau selalu diperpanjang secara otomatis setiap tahun.

Selain itu, kamu bebas mengubah besarnya Uang Pertanggungan, Masa Pertanggungan, Frekuensi Pembayaran Premi, dan mengajukan perubahan lain sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupanmu secara online hanya dengan mengunjungi ilovelife.co.id, lho! Klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

4. Manfaatkan penawaran yang ditawarkan promotor

Sebelum hari pembelian tiket, biasanya promotor akan memberikan beberapa penawaran khusus yang bisa kamu ikuti. Contohnya seperti mengikuti penjualan tiket pre-sale, di mana tiket akan dijual dengan harga lebih rendah dibandingkan ketika penjualan general sale.

Untuk menghindari pengeluaran berlebih, usahakan untuk tidak melakukan pembelian tiket melalui pihak ketiga atau calo tiket, ya! Selain karena harganya yang biasanya akan jauh lebih mahal dibandingkan harga tiket aslinya, tiket yang dijual dari pihak ketiga belum tentu asli. Tak hanya itu, penipuan pun masih marak terjadi terkait penjualan tiket yang dilakukan oleh calo.

Selain itu, jika kamu takut kehabisan tiket pada saat ticketing, kamu bisa coba ikut bergabung menjadi member fanclub atau yang lainnya untuk mendapatkan hak istimewa dalam pembelian tiket lebih dulu. Namun sayang, tak semua promotor konser menyediakan penawaran ini.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!