Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata, Yuk!

Kesehatan mata bisa dijaga dengan apa yang kita konsumsi. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bisa menjaga kondisi mata tetap sehat. Berikut ini adalah makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata!

Makanan untuk menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata bisa dijaga dengan apa yang kita konsumsi. Pasalnya, tiap bagian yang ada di tubuh kita memiliki fungsinya masing-masing, termasuk mata yang berfungsi sebagai indra penglihatan. Beberapa penyakit bisa menyerang mata, seperti katarak, konjungtivitis, kelainan kornea, buta warna yang bisa diketahui dengan tes buta warna, hingga kebutaan.

Tes buta warna biasanya dilakukan untuk seseorang dengan kondisi mata yang kesulitan melihat warna dengan tepat. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh faktor keturunan dan akibat adanya penyakit atau cedera yang menyerang retinanya. Mengutip Prevent Blindness, laki-laki cenderung mengalami masalah buta warna sebanyak 8%, sedangkan perempuan di angka 1%.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata seperti ini, kamu bisa melakukan tes buta warna baik itu tes buta warna angka maupun parsial untuk untuk mendiagnosa apakah kamu memiliki masalah dengan warna atau tidak. Tes buta warna biasanya kamu akan diminta untuk melihat dan menebak gambar yang terbuat dari titik-titik berwarna yang memiliki angka atau simbol di dalamnya.

Pasien buta warna akan direkomendasikan untuk menggunakan kacamata dan lensa kontak khusus yang bisa membantu membedakan warna. Selain itu, menjaga kesehatan mata agar terbebas dari penyakit mata lainnya juga sangat penting, lho. Karena memiliki mata yang sehat menjadi idaman bagi setiap orang. 

Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bisa menjaga kondisi mata tetap sehat. Berikut ini adalah makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata!

7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

1. Ikan

Melansir Healthline, ikan (khususnya salmon) sangat baik untuk kesehatan mata. Pasalnya, ikan memiliki asam omega 3, lemak sehat yang dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Tak hanya itu, omega 3 juga baik untuk mencegah mata kering.

2. Telur

Telur baik untuk mata karena kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng yang sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea (bagian permukaan mata) agar tetap sehat. Sedangkan, lutein dan zeaxanthin meminimalkan kemungkinan mata terserang kondisi kesehatan yang serius, seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak yang bisa menyebabkan kebutaan. Sementara itu, seng berfungsi untuk menjaga kesehatan retina, serta membantu mata demi tetap bisa melihat di malam hari.

3. Kacang almon

Kacang almond berfungsi baik untuk kesehatan mata, sama dengan kacang-kacangan dan biji-bijian lain. Apa yang spesial dari kacang almon? Kacang almon mengandung vitamin E yang bertugas menjaga molekul tak stabil yang menargetkan jaringan-jaringan sehat di dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi vitamin E secara teratur setiap hari, kamu bisa membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. Berapa banyak vitamin E yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari? Yaitu sekitar 15 mg. Selain kacang almon, kacang-kacangan dan biji-bijian lain yang mengandung vitamin E termasuk biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

4. Produk susu

Selain enak, produk susu dan yogurt ternyata baik untuk kesehatan mata, lho. Mereka mengandung vitamin A serta mineral seng. Mineral seng bisa mencegah katarak juga, lho. Selain itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi produk susu dari sapi yang diberi makan rumput untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik. Apalagi susu sangat mudah dikonsumsi, pastikan untuk minum susu setiap hari, ya!

5. Wortel

Untuk kamu yang punya masalah penglihatan seperti mata minus, pasti sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Wortel seringkali disebut sebagai sayuran untuk kesehatan mata. Namun, apakah wortel memang sebagus itu untuk mata?

Seperti kuning telur, wortel memiliki vitamin A dalam bentuk betakaroten. Vitamin A dan betakaroten ini membantu menjaga permukaan mata agar tetap jernih dan terawat. Tak hanya itu, wortel juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya.

6. Kale

Kale merupakan jenis sayuran untuk mata yang mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral. Sayuran ini memiliki antioksidan dan zeaxanthin, yang juga ditemukan di telur dan makanan yang baik untuk kesehatan mata lainnya.

Nutrisi yang terkandung dalam kale bagus untuk mencegah degenerasi mata, khususnya untuk mencegah makula dan katarak. Satu porsi 100 gram kale mengandung 11,4 mg lutein, sehingga kamu disarankan untuk setidaknya mengonsumsi 10 mg per hari. Nah, sayuran lain yang juga mengandung banyak lutein yaitu paprika merah dan bayam.

7. Jeruk

Jeruk dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C ialah kunci kesehatan mata. Vitamin yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran segar berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata. Dengan begitu, mata akan lebih kuat dan sehat dalam memerangi perkembangan katarak dan penyakit mata lainnya yang bisa menimbulkan kebutaan.

Dengan mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, kamu bisa meningkatkan kesehatan mata dan membuat mata semakin kuat untuk menghindari berbagai penyakit mata yang mungkin menyerang. Selain banyak mengonsumsi makanan yang baik untuk mata, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mata tetap sehat, seperti:

– Memeriksakan mata ke dokter setiap satu atau dua tahun.

– Memakai kacamata hitam ketika di luar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari.

– Menghindari merokok.

– Menjaga berat badan agar tetap stabil.

– Mengenakan pelindung mata saat berolahraga.

Mengontrol gula darah agar tetap normal.

Untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan tubuh, penting bagi kamu memberikan proteksi dini seperti asuransi untuk diri sendiri dan keluarga.

Pasalnya, kita tak tahu kapan penyakit menyerang, maka itu, proteksi dini seperti asuransi jiwa dan kesehatan akan membantumu untuk tetap terjaga khususnya secara finansial, agar terhindar dari biaya perawatan rumah sakit yang tak terduga.

Jika ingin mendapatkan manfaat asuransi jiwa dan kesehatan secara maksimal, Medicare Premier dari Astra Life bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Medicare Premier adalah produk asuransi tambahan dari Astra Life yang memberikan Manfaat Jaminan Perawatan Medis menyeluruh, premium, serta berlaku di wilayah pertanggungan hingga ke wilayah di luar pertanggungan tanpa khawatir akan inflasi akibat kenaikan harga biaya kesehatan.

Produk ini bisa dibeli bersamaan produk asuransi dasar lainnya dengan pembayaran premi berkala, yang memberikan penggantian biaya perawatan di rumah sakit mulai dari perawatan sebelum sampai setelah rawat inap, dan diperkaya dengan manfaat penunjang lainnya hingga pemantauan penyakit kritis.

Selain itu, manfaat menarik yang ditawarkan Medicare Premier seperti layanan private ‘one bed and one bathroom’ tanpa batasan waktu rawat inap, pertanggungan biaya akomodasi untuk pendamping, perawatan lengkap sebelum dan sesudah rawat inap, pertanggungan pada kondisi darurat, hingga manfaat kesehatan komprehensif lainnya. Dengan Medicare Premier, kamu tak perlu khawatir akan inflasi akibat biaya kesehatan yang naik sehingga rencana keuangan kamu bisa tetap berjalan dengan baik. Kamu bisa cek informasi lengkapnya di astralife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!