Bagaimana Cara Menangani Stres di Tempat Kerja?

Meskipun sudah bekerja sesuai passion, ada kalanya stres datang menghampiri. Nah, bagaimana cara menangani stres di tempat kerja?

cara menangani stres di tempat kerja

Lakukanlah apa yang kamu cintai dan bekerjalah di bidang yang kamu senangi. Namun, meskipun seseorang sudah bekerja sesuai passion, ada kalanya stres atau rasa tertekan datang menghampiri. Nah, bagaimana cara menangani stres di tempat kerja? Baca artikel berikut ini.

Kenapa stres datang?

Stres bisa datang ketika kamu menghadapi tekanan pekerjaan dalam jangka pendek, seperti keharusan memenuhi deadline atau tenggat waktu. Atau kamu juga bisa stres di tempat kerja ketika harus menghadapi tugas yang baru. Menurut American Psychological Association (APA ), berikut beberapa faktor stres yang paling sering disebut oleh para pekerja:

  1. Gaji yang rendah.
  2. Beban kerja yang berlebihan.
  3. Peluang untuk berkembang yang terbatas.
  4. Pekerjaan semakin tidak menarik.
  5. Dukungan sosial yang tipis.
  6. Tidak memiliki kendali atas keputusan yang mempengaruhi lingkungan kerja.
  7. Ekspektasi atau standar kerja yang tidak jelas atau saling bertentangan.

Kalau kamu sedang mencari cara menangani stres di tempat kerja, tidak perlu risau. Itu bukan pertanda kamu tidak punya passion atau tidak bekerja sesuai dengan bakat kamu. Itu bukan berarti pula akhir dari segalanya. Karena menurut APA, stres bisa menghampiri siapa pun, termasuk di tempat kerja dalam waktu yang lama. Jika kamu sedang mengalami stres, jangan berlarut-larut dalam kondisi ini. Karena, stres yang berkaitan dengan pekerjaan tidak akan hilang begitu kamu melangkahkan kaki keluar dari kantor.

Bagaimana Cara Menangani Stres di Tempat Kerja?

Nah, agar tidak terjebak dalam situasi yang merugikan, kamu perlu mengetahui cara menangani stres di tempat kerja. Yang perlu diingat, tujuan mengelola tekanan ini bukan untuk mensterilkan lingkungan kerja kamu dari stres. Tetapi, dengan mengelola stres, kamu akan terbebas dari kemungkinan terjebak ke dalam tekanan berkepanjangan yang pada akhirnya bisa menurunkan kualitas hidup. APA merekomendasikan beberapa cara menangani stres dengan langkah berikut:

1. Ketahui penyebab stres dan rekam perkembangannya

Buatlah catatan sekitar 1-2 pekan untuk mengidentifikasi situasi kerja yang memicu stres. Catat juga respon kamu terhadap rasa tekanan tersebut, mencakup perasaan, pemikiran, dan tanggapan kamu mengenai pemicu stres tersebut. Dengan memiliki catatan semacam ini, kamu akan lebih paham tentang penyebab stres serta bagaimana kamu bereaksi.

2. Rancang dan kembangkan respon yang positif terhadap stres

Di saat tekanan kerja meningkat, persiapkan respons yang lebih sehat. Olahraga merupakan pilihan sehat paling ideal dalam menangani stres. Kamu bisa memilih bentuk latihan fisik yang sesuai dengan kemampuan dan selera, seperti yoga, jogging, atau berenang. Cara menangani stres lainnya yang tidak merugikan kesehatan adalah menekuni hobi, seperti membaca, atau rekreasi bersama keluarga. Memiliki waktu tidur yang cukup juga termasuk respon yang positif terhadap stres.

3. Tentukan batas

Di masa sekarang, orang kerap merasa harus kerja di mana saja, kapan saja. Padahal, manusia masa sekarang, sama saja seperti manusia di jaman lalu, memiliki keterbatasan. Sebagai cara menangani stres di tempat kerja, kamu harus menarik garis tegas yang membatasi pekerjaan kamu dengan kehidupan pribadi. Bentuk sederhananya seperti tidak mengecek email yang berhubungan dengan kerja setelah berada di rumah.

4. Alokasi waktu untuk recharge

Untuk menghindari jebakan stres yang berkepanjangan, kamu membutuhkan waktu untuk mengisi “baterai” dengan menepi sejenak dan tidak memikirkan urusan pekerjaan. Jadi, jangan lupa untuk rehat dan rekreasi agar kamu bisa menyegarkan fisik, pikiran, sekaligus memulihkan kembali mental untuk bekerja.

5. Mempelajari cara relaksasi

Kamu juga dapat menggunakan teknik relaksasi seperti meditasi, latihan pernafasan secara teratur, serta mengolah pikiran. Cara paling mudah mengawalinya adalah memfokuskan pikiran ke aktivitas sederhana seperti bernafas atau berjalan selama beberapa menit setiap harinya. Kemampuan kamu untuk fokus ke satu kegiatan saja tanpa terganggu oleh urusan lain akan semakin meningkat jika kamu melatihnya secara rutin.

Dengan mengelola stres, kamu akan terbebas dari kemungkinan terjebak ke dalam tekanan berkepanjangan.

6. Berbicara dengan atasan

Bos kamu di tempat kerja seharusnya peduli akan lingkungan kerja yang sehat dan bebas stres. Karena, karyawan yang tidak stres akan lebih produktif dalam bekerja. Jadi, jika kamu merasakan tempat kerja kamu memicu stres, jangan sungkan untuk membahasnya dengan pimpinan kamu. Namun yang harus diingat, jangan keluhan yang melulu kamu sampaikan. Tetapi, kamu sebaiknya menyampaikan saran tentang cara menangani stres di kantor.

7. Cari dukungan dari keluarga dan kerabat

Dukungan dari keluarga dan kerabat akan meningkatkan kemampuan kamu mengatasi stres yang berasal dari tempat kerja. Caranya ialah dengan bercerita dan bertukar pikiran dengan orang terdekat yang kamu percaya.

Siapkan pengaman keuangan untuk mencegah stres

Mengingat stres berlanjut bisa memicu penyakit kritis seperti tekanan darah tinggi dan jantung, maka alangkah baiknya pula jika kamu melindungi keuangan kamu dengan asuransi penyakit kritis. kamu bisa menimbang Flexi Critical Illness untuk memenuhi kebutuhan kamu akan proteksi penyakit kritisFlexi Critical Illness adalah asuransi penyakit kritis dari Astra Life yang memberikan perlindungan untuk 3 penyakit kritis yang umum terjadi di Indonesia yaitu stroke, jantung, serta kanker sejak tahap awal, tanpa perlu cek medis. Dengan fiturnya yang fleksibel, kamu bisa #AturSendiri harga premi dan besar perlindungannya sampai Rp2 Miliar, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi. Mari, saatnya mencegah stres di tempat kerja serta lindungi keuangan kamu dengan asuransi penyakit kritis.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!