Stres bisa datang ketika kamu menghadapi tekanan pekerjaan dalam jangka pendek, seperti keharusan memenuhi deadline atau tenggat waktu. Atau kamu juga bisa stres di tempat kerja ketika harus menghadapi tugas yang baru. Menurut American Psychological Association (APA ), berikut beberapa faktor stres yang paling sering disebut oleh para pekerja:
- Gaji yang rendah.
- Beban kerja yang berlebihan.
- Peluang untuk berkembang yang terbatas.
- Pekerjaan semakin tidak menarik.
- Dukungan sosial yang tipis.
- Tidak memiliki kendali atas keputusan yang mempengaruhi lingkungan kerja.
- Ekspektasi atau standar kerja yang tidak jelas atau saling bertentangan.
Kalau kamu sedang mencari cara menangani stres di tempat kerja, tidak perlu risau. Itu bukan pertanda kamu tidak punya passion atau tidak bekerja sesuai dengan bakat kamu. Itu bukan berarti pula akhir dari segalanya. Karena menurut APA, stres bisa menghampiri siapa pun, termasuk di tempat kerja dalam waktu yang lama. Jika kamu sedang mengalami stres, jangan berlarut-larut dalam kondisi ini. Karena, stres yang berkaitan dengan pekerjaan tidak akan hilang begitu kamu melangkahkan kaki keluar dari kantor.