Cek Investasi yang Cocok di Tahun Tikus Logam Berdasarkan Shio Kamu

Investasi yang Cocok di Tahun Tikus Logam

Perayaan Imlek atau Chinese New Year tahun ini jatuh pada tanggal 25 Januari 2020. Itu menandai pergantian dari tahun Babi Tanah ke tahun Tikus Logam. Seperti apa peruntungan karir, keuangan, kesehatan, dan juga percintaan kamu di tahun Tikus Logam ini? Kamu pasti penasaran, bukan? Berikut kami bahas mengenai investasi yang cocok di tahun Tikus Logam berdasarkan shio kamu.

Banyak pakar ekonomi memprediksi, tahun 2020 ini akan melanjutkan kelesuan ekonomi yang sudah berlangsung sejak tahun lalu. Prediksi pesimistis itu berangkat dari kondisi makroekonomi global yang masih dibayangi efek perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Ditambah lagi ketegangan geopolitik di kawasan Timur Tengah dan terjadinya bencana di berbagai benua. Meski begitu, bukan berarti tidak ada harapan bagi perbaikan karir dan finansial di tahun ini.

Tahun Tikus Logam adalah tahun yang dinamis

Menurut ahli fengshui Jeanie Kumala Dewi seperti dikutip Harpersbazaar pada Januari 2020, tahun ini akan menjadi tahun yang dinamis, di mana sesuatu bisa naik dan turun sangat cepat. Hal ini berlaku juga pada kehidupan keuangan. Jadi, bila kamu kurang berhati-hati atau ceroboh, risiko jebakan masalah keuangan terbuka lebar.

Karena itu, kamu dituntut untuk luwes menghadapi kecepatan dinamika pasar. Siapkan antisipasi kondisi terburuk sekaligus tetap jeli melihat peluang pengembangan aset di depan mata. Apa rekomendasi investasi yang cocok di Tahun Tikus Logam berdasarkan shio kamu? Yuk, simak lebih jelas di bawah ini.

Investasi yang Cocok di Tahun Tikus Logam

1. Shio Tikus

Shio Tikus dikenal sebagai pribadi yang energik, kreatif, penuh perhitungan tapi sering tergesa-gesa mengambil keputusan hingga terkesan ceroboh. Di tahun Tikus Logam ini, shio Tikus diprediksi menjadi satu dari empat shio yang terkena siklus ciong alias ketidakharmonisan energi. Bila kamu bershio Tikus, sebaiknya memilih sikap waspada dan berhati-hati dalam setiap tindakan, termasuk perihal pengelolaan keuangan. Itu penting agar kondisi keuangan kamu tidak terpuruk tahun ini.

BACA JUGA: Bonus Akhir Tahun Tiba, Ini 5 Hal yang Bisa dilakukan 

Hindarilah keputusan yang spekulatif dan impulsif. Tunda dulu keinginan memulai bisnis baru atau investasi baru yang berisiko. Sebagai cara aman, lebih baik kamu melanjutkan saja investasi yang sudah berjalan sejauh ini di instrumen investasi berisiko rendah atau moderat. Misalnya, reksa dana pasar uang, obligasi ritel, ataupun saving bond ritel.

2. Shio Kerbau

Seperti kerbau, shio ini dikenal sebagai pribadi pekerja keras, gigih, tenang sekaligus sistematis. Menghadapi tahun 2020 yang turbulensinya tinggi, kamu para shio Kerbau bisa diuntungkan dengan pembawaan yang cenderung santai dan tidak mudah panik. Tetaplah berpegang pada rencana keuangan yang sudah kamu miliki. Berusahalah selalu fokus dan tingkatkan kerja keras agar peruntungan di tempat kerja tetap cerah.

Untuk pilihan investasi yang cocok di tahun Tikus Logam, kamu bisa memulai membiakkan uang di instrumen risiko tinggi yang bisa memberi cuan atau keuntungan menarik, namun tetap pilih yang risikonya terkecil. Misalnya, kamu bisa berinvestasi di saham defensif seperti saham sektor konsumer. Jenis saham ini nilainya cenderung stabil kendati fluktuasi pasar tengah tajam. Kamu juga bisa menimbang investasi di peer to peer lending (P2P lending) yang berpotensi memberi imbal hasil tinggi. Pilih perusahaan P2P lending yang memiliki jaminan kredibel untuk menekan risiko gagal bayar.

3. Shio Macan

Shio Macan diprediksi mengalami siklus ciong tahun lalu. Namun, pada tahun 2020 ini, peruntungan shio Macan akan kembali bersinar. Meski begitu, kamu yang bershio Macan jangan lalu bersikap sembrono, termasuk dalam keputusan berinvestasi. Kamu bisa memulai investasi yang cukup berisiko seperti bitcoinsaham ataupun P2P lending. Supaya hitungan risiko dalam portofolio kamu tetap seimbang, jangan lupa mendiversifikasi aset investasi ke instrumen investasi lain yang berisiko rendah seperti deposito atau obligasi negara.

BACA JUGA: Kenali 5 Mitos Seputar Investasi dan Tips Mengakalinya

4. Shio Kelinci

Shio Kelinci juga disebut sebagai shio yang terkena ciong tahun ini. Meski begitu, masih ada harapan tentang peruntungan yang cerah menilik pembawaan shio Kelinci yang memiliki keberuntungan di atas rata-rata. Bagi kamu yang bershio Kelinci, sebaiknya bermain aman saja dalam mengambil keputusan finansial. Itu untuk menjaga agar peruntungan kamu tidak makin terpuruk tahun ini. Pilihan investasi yang cocok di tahun Tikus Logam yang bisa kamu timbang antara lain deposito, tabungan rencana, bisa juga ditambah reksa dana pasar uang.

5. Shio Naga

Tahun Tikus Logam diprediksi akan menjadi tahun yang tenang dan damai bagi kamu yang bershio Naga. Dengan keberuntungan di atas rata-rata, shio Naga bisa memanfaatkan cerahnya tahun 2020 dengan memulai investasi baru yang menjanjikan keuntungan bagus. Kamu bisa melirik investasi kekinian seperti bitcoin atau mata uang virtual dan P2P lendingSelain itu, saham-saham bluechip dan properti juga dapat kamu tambahkan dalam portofolio investasi.

Tapi, harap selalu ingat hukum investasi “high return, high risk”. Semakin tinggi prospek untung, semakin tinggi pula risiko kerugian. Untuk mengimbanginya, pastikan kamu tetap rasional dan tidak rakus. Amankan dana darurat dan proteksi asuransi pribadi agar keputusan berinvestasi tidak perlu melukai kesehatan keuangan.

BACA JUGA: Perspektif Baru dalam Manajemen Keuangan di Tahun 2020

6. Shio Ular

Setelah melewatkan tahun 2019 yang suram bagi shio Ular, akhirnya pada tahun Tikus Logam, shio Ular berkesempatan menikmati tahun yang menyenangkan. Kamu bakal menghadapi peluang besar mendapatkan promosi jabatan dan kenaikan gaji tahun ini. Bila tahun lalu mungkin investasi yang kamu lakukan tidak ada yang cuan, kamu bisa memulai investasi di saham second liner atau saham menengah yang valuasinya masih murah tapi berpeluang bagus dalam jangka menengah-panjang. Pilihan investasi lain adalah di valuta asing dan properti. Sesuaikan proporsi investasi masing-masing produk sehingga diversifikasi risiko tetap terjaga.

7. Shio Kuda

Shio Kuda diprediksi akan menghadapi masa-masa yang berat tahun ini. Ada banyak rintangan yang menghalangi upaya kamu berkembang. Dalam kehidupan finansial, peluang meraup cuan juga terbatas. Malah, kamu sebaiknya memasang sikap waspada dan berhati-hati agar kondisi keuangan dan karir tidak terperosok.

Meski begitu, jangan berhenti berinvestasi. Kamu bisa mengambil jalan aman dengan menginvestasikan dana di instrumen yang relatif aman seperti depositoobligasi jangka pendek terbitan negara ataupun reksa dana pasar uang.

BACA JUGA: Manajemen Perencanaan Keuangan untuk Keluarga Muda

8. Shio Kambing

Kabar baik bagi para shio Kambing. Tahun 2020 bakal menjadi tahun keberuntungan untuk kamu yang bershio Kambing. Bersiaplah untuk menemui peluang besar naik jabatan di tempat kerja dan peningkatan penghasilan bagi kamu yang menekuni bisnis sendiri. Supaya keberuntungan itu tidak lekas menguap, ambil langkah cerdas dengan memperbanyak investasi.

Tambah porsi investasi kamu dengan kenaikan pendapatan yang ada. Pilihan produk investasi kamu juga beragam, mulai dari reksa dana saham dan reksa dana campuran, juga saham LQ45 yang valuasinya masih murah tapi peluang cuan terbuka lebar. Imbangi dengan memastikan saldo dana darurat yang memadai dan proteksi asuransi yang cukup.

9. Shio Monyet

Shio Monyet juga akan mengalami kebangkitan tahun ini setelah menjalani tahun yang berat pada 2019. Hal ini ditandai dengan peruntungan karir dan finansial yang mulai membaik. Namun, karena belum sepenuhnya stabil, sebaiknya shio Monyet tetap berhati-hati melangkah. Jangan langsung menubruk investasi berisiko tinggi walau potensi untungnya besar.

Benahi lebih dulu kesehatan keuangan kamu dengan menambah saldo dana darurat agar ideal. Lengkapi proteksi dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang bagus. Untuk pilihan investasi, kamu bisa mulai menyicil investasi di instrumen berisiko moderat. Seperti reksa dana pendapatan tetap, obligasi negara jangka menengah, dan reksa dana campuran.

10. Shio Ayam

Tahun Tikus Logam diprediksi menjadi tahun berat bagi shio Ayam. Ditambah lagi kepribadian shio Ayam yang spontan dan cenderung eksentrik, berisiko membawa shio ini membuat keputusan impulsif, termasuk perihal karir dan keuangan. Kamu yang bershio Ayam perlu waspada jebakan itu dengan berpikir matang sebelum memutuskan sesuatu.

Ada baiknya kamu menunda keinginan pindah kerja atau memulai investasi baru yang belum terukur jelas risikonya. Bermain aman akan baik bagi kesehatan keuangan kamu tahun ini. Pilih investasi yang cukup aman dalam jangka panjang seperti emas dan reksa dana pendapatan tetap.

BACA JUGA: Bingung Ingin Menabung atau Investasi? Cek Dulu di Sini

11. Shio Anjing

Peruntungan tahun Tikus Logam bagi shio Anjing diperkirakan cukup baik, bahkan menjadi awal bagi kesuksesan jangka panjang. Pribadi shio Anjing yang setia, cerdik, tapi keras kepala akan menjadi kelebihan yang menguatkan peruntungan kamu para shio Anjing. Meski demikian, sebaiknya shio Anjing tetap rasional dalam mengambil keputusan, baik dalam karir ataupun finansial. Tetaplah sesuaikan keputusan finansial kamu dengan profil risiko dan rencana keuangan yang sudah berjalan.

Pilihan investasi yang cocok di tahun Tikus Logam yang tepat bagi shio ini cukup luas, terutama yang berisiko tinggi dan moderat, antara lain reksa dana saham, saham bluechip dari sektor konsumerobligasi ritel jangka menengah, dan P2P lending yang memberi jaminan berkualitas.

BACA JUGA: P2P Lending: Solusi Pengembangan Usaha Lewat Peminjaman dan Investasi Secara Online

12. Shio Babi

Tahun Tikus Logam akan menjadi tahun panen bagi shio Babi. Kerja keras yang selama ini kamu lakukan akan bisa kamu tuai hasilnya di tahun Tikus Logam. Bagi shio Babi yang ingin memajukan karir lebih cepat, tahun ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan sekaligus memberi pendapatan lebih besar.

Kamu juga bisa menimbang investasi baru yang prospektif dalam jangka panjang. Misalnya, investasi di saham perbankan, saham konsumer, bitcoin, dan valas. Imbangi paparan risiko dalam portofolio investasi dengan diversifikasi ke produk berisiko rendah seperti reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap.

Itulah investasi yang cocok di tahun Tikus Logam berdasarkan shio. Jangan lupa, sebelum melangkah berinvestasi, pastikan dahulu kondisi keuangan kamu sudah cukup sehat. Indikasi keuangan yang sehat antara lain kecukupan dana darurat, rasio utang rendah dan proteksi asuransi yang memadai. Bila itu semua sudah aman, kamu bisa memulai investasi sesuai profil risiko dan tujuan keuangan. Untuk pilihan asuransi terbaik, kamu bisa menimbang asuransi jiwa dan asuransi kesehatan dari Astra Life. Yuk, saatnya bergerak!

Related Posts

Cerita Pemilik Kopi Kenangan Edward Tirtanata Melawan Dominasi Kopi Internasional

Inti dari sebuah bisnis adalah memberikan solusi atas persoalan yang ada di masyarakat. Prinsip tersebut dipegang teguh...

Tujuan Keuangan Untuk Kamu yang Bergaji Rp10 Juta, Rp20 Juta dan Rp30 Juta

Kamu naik gaji tahun ini? Selamat! Kenaikan gaji artinya kamu memiliki keleluasaan finansial lebih besar untuk memenuhi ...

Ada Banyak Lowongan! Ini Cara Mendapatkan Pekerjaan Lewat Sosial Media

Media sosial tak lagi cuma sarana perkawanan dan unjuk eksistensi. Kebutuhan profesional pun kini terwadahi, dari inform...




« | »
Read previous post:
penyakit akibat banjir
Waspada 8 Penyakit Akibat Banjir yang Bisa Menyerang

Pasca bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun 2020, pemerintah menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya banjir....

Close