Hidup Lebih Sehat dengan Mindful Eating

Mindful eating mengajarkan kita untuk perlahan-lahan menikmati proses mengkonsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh demi tubuh dan pikiran yang lebih sehat.

Mindful Eating

Pernah gak kamu merasa perut kok rasanya lapar terus? Sudah memesan makanan dari restoran yang nikmat tapi rasanya kok biasa-biasa saja. Hal itu terjadi karena kamu tidak fokus dan menikmati makanan yang kamu konsumsi. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya sekarang kamu berkenalan dan menerapkan konsep mindful eating.

Apa itu Mindful Eating

Mindful eating adalah sebuah cara untuk memfokuskan kepada kesadaran kita terhadap makanan yang akan kita makan sehingga kita bisa meresapi kenikmatan rasa dan pengalaman dalam menikmati makanan tersebut. Konsep mindful ini mulai dikenal sejak buku berjudul “Mindful Eating: A Guide to Rediscovering a Healthy and Joyful Relationship with Food” muncul di tahun 2009.

Buku yang ditulis oleh Jan Chozen Bays ini menggambarkan hubungan kita dengan makanan, agar kita bisa menjadi lebih bahagia dan merasa cukup. Ada 9 kategori dari lapar yang kita rasakan yaitu : mata, sentuhan, hidung, mulut, perut, saraf, pikiran dan juga hati. Ternyata rasa lapar ini tidak selalu harus dijawab dengan makanan ada keinginan akan lapar bisa dijaga dan dikontrol.

Sebagai manusia modern, tubuh kita dipaksa melakukan berbagai kegiatan dan tak jarang dalam waktu yang bersamaan. Kita berusaha menyelesaikan segala kewajiban dalam waktu yang ditentukan. Namun tubuh dan pikiran kita dipacu untuk terus produktif sehingga kita melupakan kenikmatan berproses yang sedang terjadi.

Hal ini juga terjadi ketika kita sedang menikmati makanan, ada hal lain yang juga mengambil fokus perhatian kita. Pada akhirnya kita tidak bisa menikmati rasa nikmat dari makanan tersebut. Ketika hal ini terus berlanjut dan tumbuh menjadi bagian habit kita. Hal ini disebut dengan “fast eating”. Kita sulit menyadari rasa kenyang, cukup dan justru akhirnya kehilangan sensasi menikmati makanan. 

Mindful eating mengajarkan kita untuk perlahan-lahan menikmati proses mengkonsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Variasi rupa, rasa, bentuk, tekstur dan sajian seharusnya dinikmati sebagai bentuk syukur dan sebuah cara mengapresiasi diri.

Lebih Sehat dengan Mindful Eating

Dengan melakukan mindful eating kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan pikiran secara menyeluruh. Pada dasarnya, konsep mindful eating ini tidak mengajarkan kita untuk menghitung kalori, namun kita harus fokus kepada kualitas pilihan makanan yang dikonsumsi. 

Kita jenuh dan lelah dengan berbagai janji-janji dari berbagai program diet, atau berbagai larangan menu makanan ditambah dengan mengurangi asupan gula, garam dan minyak. Tapi hal ini akan berbeda jika kita lakukan dengan kesadaran penuh dan dijalankan sesuai waktu. 

Namun ternyata, proses mindful eating ini meliputi beberapa proses. Dimulai dari pembelian makanan, persiapan dan memasak makanan, menyajikannya hingga menikmati makanan tersebut. Dr Cheung seorang penulis  buku Savor: Mindful Eating and Mindful Life berbagi beberapa cara agar kita bisa menjalankan mindful eating dengan mudah sebagai berikut.

Pilihan jenis makanan

Pilah-pilih lah jenis makanan yang kiranya memberikan nutrisi dan kesenangan ketika kamu menikmatinya. Buat daftar belanjaan yang sesuai dengan budget dan memberikan nilai kesehatan. Kurangi makanan kurang sehat yang sudah diproses seperti frozen food dan pilihlah sayur dan buah segar ke menu makanan.

Makan ketika merasa lapar

Jangan tunda jam makan kamu hingga kamu merasa sangat lapar. Rasa lapar justru menaikkan gairah (craving) kamu makan dan justru tidak bisa menikmati makanan sebagaimana seharusnya. 

Makan dengan porsi kecil

Bisa juga kamu membatasi porsi makan. Baru tambah jika memang porsi makananmu sudah habis. Begitupun dengan jumlah porsi suapan yang ada di sendok. Dengan porsi kecil ini kamu bisa menikmati makanan dengan perlahan. Bisa juga cukup makan untuk memenuhi 80% dari rasa laparmu. Beri waktu sejenak agar tubuh bisa merasakan rasa kenyang.

Sisihkan waktu 30 menit

Beri waktu untuk kamu menghargai jadwal dan jam makan kamu. Di awal sebelum menikmati, pastikan kamu berdoa dan bersyukur atas berbagai makanan yang ada di hadapanmu. Pastikan kamu mengunyah makananmu hingga 20 -30 kali agar berbagai rasa meresap dan organ pencernaan bisa memprosesnya dengan baik.

Fokus dengan makanan

Lupakan gadget dari handphone, laptop atau memaksakan diri makan sambil membalas email. Berikan waktu untuk pikiran dan tubuh bisa menikmati jadwal sarapan, makan siang dan makan malam.Aktivitas seperti menonton TV dan browsing internet dapat meningkatkan keinginan untuk menambah makanan 10 – 25%. 

Latihan mengontrol rasa lapar

Jika tubuh merasa lapar mendadak, usahakan untuk mencari aktivitas lain. Cobalah untuk berjalan sejenak, membaca buku atau melakukan olahraga kecil seperti stretching.

Mindful Eating memperbaiki habit makan

We are what we eat. Dengan berbagai jenis makanan dan asupan yang terus menerus dikonsumsi, tubuh kita dihujani dengan berbagai lapisan zat dan hormon yang dapat menjadi pemicu buruk penyakit. 

Mindful eating mengajarkan kita untuk memprioritaskan kenyamanan dan kesehatan tubuh. Memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang seharusnya dan dalam porsi yang cukup sehingga menyeimbangkan kinerja organ tubuh dan memaksimalkan fungsinya. 

Memperbaiki habit makan dimulai dari disiplin dengan jam makan. Agar tubuh kamu mengerti dan teratur dalam memproses pencernaan.

Manfaat Mindful Eating

Menjaga berat badan tubuh merupakan salah satu hal yang harus dilakukan jika kita ingin terus berada dalam kondisi sehat. Manfaat utama dari mindful eating adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat mendistribusi kalori secara berkala sepanjang hari yang dalam jangka panjang bisa meningkatkan kesehatan jantung kita. 

Mengikuti jadwal waktu makan dengan disiplin yang ditentukan juga mengurangi keinginan makan akibat rasa lapar yang tiba-tiba datang. Sehingga kita dapat mengurangi habit over eating dan mengontrol tingkat konsumsi. Berdasarkan riset yang dilakukan kepada siswa pelajar sekolah di Kanada, pelajar yang menerapkan mindful eating secara signifikan berhasil mengurangi snacking habit dan cenderung memilih cemilan sehat pada akhirnya.

Dengan mindful eating kita bisa memperbaiki indera perasa kita yang selama ini mungkin kita hiraukan. Bukan karena makannya kurang nikmat, tapi memang kita tidak memberi perhatian kepada rasa dari makanan yang bisa dinikmati dari keindahan sajiannya oleh mata, rasa dan aroma dari indera pengecap dan penciuman.

Menjaga kesehatan dengan mindful eating merupakan usaha ekstra, karena kita semua tahu mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun tumpuan dan harapan hidup kita bergantung kepada aset paling berharga yang kita miliki ini, tubuh yang sehat.

Selain itu kesehatan finansial juga perlu dijaga agar kita juga lebih mindful. Lindungi dirimu dan keluarga perlindungan dari Medicare Premier asuransi kesehatan tambahan (rider) dengan asuransi dasar AVA iBright Protector, yang memberikan kenyamanan bagi nasabah dan keluarga saat dirawat di rumah sakit.

Dengan Medicare Premier, kamu dan keluarga akan selalu mendapatkan layanan rawat inap dalam satu kamar dengan kamar mandi sampai kapan pun. Tidak usah khawatir dengan kenaikan nilai inflasi kamu bisa fokus menjalankan perawatan kesehatan. Medicare Premier juga akan membayarkan manfaat sesuai tagihan secara cashless hingga ke mancanegara.

Lebih baik selalu bersiap dan tidak khawatir kapanpun kamu butuh perlindungan. Untuk tips agar kehidupan kamu tetap sehat dan bahagia bisa check di Astralife.co.id/sehatnoworries. Follow juga Instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips-tips kesehatan lainnya. Urusan Sehat No Worries, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke LoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog LoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.