Lindungi Kesehatan Mata selama WFH, Berikut Tipsnya!

Menatap layar terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah, kering, dan perih. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama bekerja dari rumah?

Lindungi Kesehatan Mata selama WFH, Berikut Tipsnya!

Lindungi Kesehatan Mata selama WFH, Berikut Tipsnya!

Menatap layar terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah, kering, dan perih. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama bekerja dari rumah?

Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk berkutat di depan layar laptop atau ponsel selama work from home (WFH)? Pandemi virus corona yang sudah berlangsung selama satu tahun, memang mengubah banyak hal, termasuk menerapkan bekerja dan sekolah secara online dari rumah untuk menekan angka penyebaran virus. Tanpa disadari, screen time atau waktu yang kita habiskan untuk menatap layar menjadi lebih lama. Menatap layar terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah, kering, dan perih. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama bekerja dari rumah?

Menurut penelitian yang dilakukan RescueTime pada Maret 2020, orang-orang di Amerika Serikat menghabiskan waktu menatap layar rata-rata 56 menit lebih lama setiapnya harinya. Asisten profesor ophthalmology dan kepala divisi Duke Eye Centre, Anupama Horne, mengatakan, peningkatan waktu menatap layar menyebabkan orang mengalami mata lelah.

Menurut Horne, ada ketegangan mata atau kelelahan mata yang muncul karena karena lamanya bekerja atau melakukan hal seperti membaca melalui perangkat digital. Ia mengingatkan, paparan layar terlalu lama menyebabkan permukaan mata kering dan kelelahan otot di dalam serta sekitar mata. Hal ini bisa menyebabkan penglihatan kamu lebih kabur dan sulit fokus.

Menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar, seperti dituliskan Forbes, Oktober 2020, juga berpotensi menyebabkan computer vision syndrome atau CVS. Sindrom ini membuat kamu mengalami satu atau lebih dari satu gejala akibat terlalu lama di depan komputer. Gejala yang dialami di antaranya, sakit kepala, ketegangan otot mata, mata berair, dan mata merah.

Untuk mengatasinya, kamu harus memperhatikan sejumlah hal agar mata tetap sehat selama bekerja dari rumah!

Gunakan aturan 20-20-20 untuk menjaga kesehatan mata

20 menit

Setelah 20 menit menatap layar, biasanya mata akan menegang. Oleh karena itu, perlu diistirahatkan. Untuk mengingatkan, kamu bisa memasang alarm setiap 20 menit. Ketika alarm berbunyi, maka itu pertanda kamu harus alihkan pandangan dari layar.

20 detik

Mengapa 20 detik? Menurut Healthline, untuk membuat mata kamu rileks, dibutuhkan waktu sekitar 20 detik. Jeda ini bisa kamu manfaatkan untuk meninggalkan sejenak meja kerja, mengambil minum agar tetap terhidrasi. Atau, bisa juga melayangkan pandangan sejenak dengan melihat tanaman. Dengan begitu, kesehatan mata bisa terjaga.

20 kaki

Bagaimana mengukur 20 kaki? Tidak harus tepat 20 kaki atau 6 meter. Jarak ini bisa kamu perkirakan saja. Yang penting, melihat objek yang tampak jauh. Jika kamu berada di ruangan yang kecil, keluar sejenak dari ruang kerja dan melihat sesuatu yang bisa mengistirahatkan mata kamu.

Atur kecerahan/pencahayaan layar

Tingkat kecerahan layar juga akan mempengaruhi kesehatan mata. Dokter spesialis mata Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada, Tri Winarti, mengatakan, kecerahan layar sebaiknya tidak terlalu terang maupun terlalu gelap, misalnya pada tingkat 50%. Jika layar jauh lebih terang daripada cahaya di sekitarnya, mata kamu harus bekerja lebih keras untuk melihatnya. Jadi, coba sesuaikan pencahayaan ruangan dengan tingkat kontras pada layar kamu sehingga bisa mengurangi ketegangan mata.

Dokter spesialis mata Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada, Tri Winarti, mengatakan, kecerahan layar sebaiknya tidak terlalu terang maupun terlalu gelap, misalnya pada tingkat 50%.

Jaga jarak dengan layar

American Academy of Ophthalmology (AAO) menyarankan, jaga jarak monitor atau layar sejauh 25 inci. Mata akan bekerja lebih keras jika kamu melihat dari jarak dekat daripada jarak jauh. Posisikan layar sehingga pandangan mata kamu sedikit ke bawah.

Jaga mata tetap lembab

Selalu sedia obat mata tetes untuk membasahi mata saat terasa kering. Selain itu, jika kamu berada di ruangan tertutup menggunakan AC atau kipas angin, atur agar fan speed tidak terlalu kencang. Hindari pula arah angin untuk tidak langsung ke arah wajah karena bisa membuat mata kamu terasa kering.

Jangan menatap layar menjelang tidur

Blue light yang ada pada perangkat digital bisa mempengaruhi ritme sirkadian tubuh, siklus bangun dan tidur alami kita. Menurut AAO, terlalu banyak paparan cahaya biru dari ponsel atau laptop pada malam hari dapat membuat kamu lebih sulit untuk tidur. Sebaiknya, hentikan akses perangkat satu atau dua jam sebelum tidur.

Rutin melakukan pengecekan mata

Lakukan pemeriksaan ke dokter mata secara teratur. Pemeriksaan rutin ini berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah dampak lebih buruk jika ada sesuatu pada mata kita, seperti glaukoma yang tidak memiliki gejala. Mengutip Alo Dokter, bagi mereka yang tak memiliki keluhan serius soal mata, sebenarnya cukup melakukan pemeriksaan ke dokter mata setiap dua tahun sekali. Akan tetapi, pemeriksaan harus lebih sering bagi yang menggunakan kacamata atau lensa kontak dan punya riwayat diabetes atau tekanan darah tinggi. Pemeriksaan kesehatan mata segera harus dilakukan jika kamu mengalami keluhan seperti mata perih atau mata merah yang kunjung membaik. Pada masa pandemi virus corona, pastikan protokol kesehatan saat melakukan pemeriksaan mata.

Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata

Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C, dan vitamin E dapat membantu mencegah penyakit pada mata. Makanan apa saja yang mengandung zat tersebut?

Ikan

Ikan, terutama salmon, salah satu makanan yang baik untuk kesehatan mata. Salmon dan ikan lainnya yang memiliki asam lemak omega-3 memberikan kontribusi baik untuk kesehatan retina dan membantu mencegah mata kering. Pastikan ada menu makan kamu beberapa hari dalam sepekan.

Telur

Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zinc, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea atau permukaan mata. Sementara, lutein dan zeaxanthin menurunkan risiko penyakit mata yang serius seperti degenerasi makula karena faktor usia, dan katarak. Zinc berkontribusi pada kesehatan retina yang merupakan bagian belakang mata. Telur bisa menjadi santapan sehat di pagi hari.

Kacang almond

Kacang almond, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, umumnya baik untuk kesehatan mata. Tahukah kamu, kacang almond mengandung vitamin E? Jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak. Almond bisa kamu nikmati sebagai camilan sembari bekerja.

Produk susu

Produk susu seperti susu dan yogurt baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A serta mineral zinc. Kamu bisa meminum susu pada pagi hari, dan menjadikan yoghurt sebagai camilan sehat pada siang atau sore hari.

Wortel

Seperti kuning telur, wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang melindungi kesehatan kornea. Selain itu, bisa membantu pencegahan infeksi mata dan penyakit mata lainnya. Kamu bisa membuat jus wortel, atau mengolahnya menjadi carrot cake dengan vla cream cheese.

Kale

Kale dikenal sebagai salah satu super food yang mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting sehingga baik untuk kesehatan mata. Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kandungan ini dapat membantu mencegah risiko penyakit mata.

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang menjadi salah satu kunci kesehatan mata. Vitamin pada buah dan sayuran segar berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata kamu, dan membantu kita mencegah risiko penyakit mata. Konsumsinya mudah saja, kamu bisa membuat jus jeruk, langsung mengonsumsinya, atau jadi salah satu campuran dalam salad buah.

Selain melakukan hal-hal yang bisa menjaga kesehatan mata dan tubuh kamu, pastikan kamu juga memiliki perlindungan kesehatan yang memadai. Asuransi AVA iBright Protector dari Astra Life bisa menjadi pilihan, karena ada perlindungan tambahan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih perlindungan tambahan dengan berbagai pilihan, di antaranya, kecelakaan diri, penyakit kritis, dan perawatan medis dan bedah. Follow Instagram @astralifeid untuk menemukan tips seputar asuransi jiwa dan kesehatan lainnya. #iGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke iLoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog iLoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.