Pemanfaatan Ramuan Herbal untuk Pemeliharaan Kesehatan

Ramuan herbal dikenal dengan khasiatnya untuk memelihara kesehatan dan melawan penyakit. Ini dia daftar ramuan yang dapat kamu coba agar tubuh tetap sehat.

Ramuan Herbal Pemeliharaann Kesehatan

Pemanfaatan Ramuan Herbal untuk Pemeliharaan Kesehatan

Ramuan herbal dikenal dengan khasiatnya untuk memelihara kesehatan dan melawan penyakit. Ini dia daftar ramuan yang dapat kamu coba agar tubuh tetap sehat.

Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Seperti misalnya, jahe merah, kunyit, temulawak, kayu manis, serai, sambiloto, meniran, dan lain-lain. Dalam praktiknya, tanaman-tanaman tersebut kerap dibuat ke dalam bentuk ramuan herbal berupa minuman, bahan campuran makanan, dan juga diolah ke dalam bentuk suplemen.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, gaung akan khasiat ramuan herbal pun makin menguat. Banyak orang meyakini bahwa konsumsi herbal dapat membantu mereka terhindar dari penularan virus COVID-19. Pasalnya, herbal dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh seseorang. Meski demikian, kita harus tahu bahwa konsumsi herbal tak bisa dilakukan sembarangan, ya. Kita perlu mengetahui jenis atau ramuan herbal apa yang baik untuk kita konsumsi. 

Nah, artikel ini akan memberikan ulasan lengkap mengenai manfaat, ramuan, serta tip memilih produk herbal yang tepat untukmu. Simak terus ulasannya, ya!  

Khasiat Tanahamn Herbal Traditional

Di tengah perkembangan dunia medis pada era modern seperti saat ini, mungkin tak banyak lagi orang yang mengonsumsi ramuan herbal. Padahal, jika dimanfaatkan dengan baik, tanaman herbal dapat membantu seseorang memelihara kesehatannya. Bahkan, tak jarang juga menjadi solusi dan penyembuh dari gangguan kesehatan seseorang. Maka, tidak heran jika akhirnya Kemenkes RI pun mengeluarkan surat edaran berisi anjuran dan panduan bagi masyarakat agar memanfaatkan Obat Herbal Terstandar (OHT) untuk menunjang kesehatan mereka, terutama pada saat pandemi COVID-19 ini.

Berikut adalah 7 khasiat herbal tradisional berdasarkan Surat Edaran Kemenkes RI Nomor: HK.02.02/IV/2243/2020 yang ditetapkan pada 19 Mei 2020:

  1. Untuk daya tahan tubuh (ramuan yang mengandung meniran/kencur/mengkudu).
  2. Untuk darah tinggi (ramuan yang mengandung seledri/kumis kucing).
  3. Untuk diabetes (ramuan yang mengandung kayu manis/mengkudu dan pare).
  4. Untuk mengurangi keluhan batuk (ramuan yang mengandung kencur/lagundi/saga/jahe merah/lemon/daun mint).
  5. Untuk mengurangi keluhan flu (ramuan yang mengandung jintan hitam/mahkota dewa atau ramuan meniran/jahe/mint/cengkeh).
  6. Untuk mengurangi keluhan sakit tenggorokan (ramuan yang mengandung jahe/kencur/jeruk nipis/adas/pala).
  7. Untuk meningkatkan produksi ASI (ramuan yang mengandung katuk/pegagan/kelor/torbangun).

Ramuan Herbal Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dari ulasan di atas, kita sekarang tahu bahwa tanaman herbal tradisional memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh seseorang. Menariknya, ketika ingin memanfaatkan tanaman herbal tersebut, kita tak perlu repot mencarinya. Kita bisa membelinya di pasar tradisional, pusat perbelanjaan, market place, atau bahkan menanamnya sendiri. 

Pertanyaannya, bagaimana sih membuat ramuan herbal tradisional yang sesuai? Nah, buat kamu yang penasaran, kamu tidak perlu khawatir. Berikut adalah 3 jenis ramuan tanaman herbal yang dapat kamu buat sendiri di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu:

Ramuan 1

A.Bahan: 

Jahe Merah : 2 ruas ibu jari

Jeruk Nipis : 1 buah

Kayu Manis : 3 jari

Gula Merah : secukupnya

Air : 3 cangkir

B. Cara Pembuatan: 

Cuci bersih semua bahan, jahe merah dicuci dan digeprek. Rebus air hingga mengeluarkan banyak uap, kecilkan api dan rebus semua bahan yang sudah disiapkan bersama dengan gula merah selama 15 menit. Kemudian saring dalam keadaan dingin. 

C. Cara Pemakaian: 

Ramuan diminum 1 kali sehari sebanyak 1,5 cangkir.

Ramuan 2

A. Bahan: 

Kunyit : 1 ruas ibu jari

Lengkuas : 1 ruas ibu jari

Jeruk nipis : 1 buah

Gula Merah : secukupnya

Air : 3 cangkir

B. Cara Pembuatan: 

Cuci bersih semua bahan, kunyit dan lengkuas digeprek. Kemudian rebus air hingga mendidih, kecilkan api dan masukkan semua bahan. Tunggu kira-kira hingga setengahnya dan matikan, saring dalam keadaan dingin. 

C. Cara Pemakaian: 

Ramuan diminum 2 kali sehari sebanyak 1,5 cangkir.

Ramuan 3

A. Bahan: 

Pegagan : 1 jumput

Jahe merah : 1 ruas ibu jari

Temulawak : 1 iris

Gula aren : secukupnya

Air : 1,5 gelas

B. Cara Pembuatan: 

Pegagan dicuci sampai bersih, kemudian rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan api dan masukkan pegagan yang sudah disiapkan. Tunggu sampai air tersisa kira-kira 2 gelas, sesudah dingin disaring. Tambahkan perasan jeruk nipis. 

C. Cara Pemakaian: 

Diminum 2 kali sehari 1 gelas.

Tips Memilih dan Membuat Ramuan Herbal

Benar bahwa konsumsi herbal memang direkomendasikan untuk memelihara kesehatan tubuh. Baik herbal yang diolah ke dalam bentuk sediaan kemasan, maupun herbal yang diramu untuk persediaan atau minuman segar. Meski demikian, dalam memilih atau menyajikannya kita tidak boleh sembarangan, lho. Ada hal-hal penting yang wajib kita perhatikan. 

Misalnya, dalam memilih herbal dengan bentuk sediaan kemasan. Sebagai pembeli, kita harus pastikan bahwa obat herbal tersebut memiliki izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

Tak hanya itu, kita juga harus pastikan kondisi dan bentuk fisik dari obat tersebut. Pastikan kemasan atau bentuk produknya dalam keadaan baik–tidak lusuh, tidak bocor, dan tidak rusak. Terakhir, pastikan juga informasi yang ada dalam kemasan, seperti halnya tanggal kedaluwarsa, aturan pakai, khasiat, serta efek samping.

Bagaimana dengan herbal yang disajikan dalam bentuk sediaan segar? 

Nah, saat kita meramu herbal di rumah, beberapa hal juga perlu menjadi perhatian. 

Pertama, pastikan bahan-bahan ramuan herbal yang akan digunakan benar-benar segar. Selain itu, usahakan juga untuk memakai peralatan masak yang tidak terbuat dari logam saat memasak ramuan herbal ini. Melainkan dari kaca, keramik, porselen, atau stainless steel. Kedua, pastikan bahwa semua bahan telah dicuci dalam keadaan bersih sebelum diolah. Ketiga, pastikan bahwa saringan yang akan kita gunakan untuk menyaring ramuan herbal, terbuat dari bahan plastik/nilon, stainless steel, atau kassa. 

Komitment Untuk Terus Hidup Sehat dan Tenang

Walau ramuan herbal memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh, harus diingat bahwa konsumsi ramuan herbal hanya terbatas pada sakit dengan gejala ringan saja. Jika ada keluhan lebih lanjut, bahkan sampai mengalami kondisi gawat darurat, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Bisa menjalani kehidupan dengan sehat tentu adalah harapan bagi setiap orang. Namun, untuk mencapainya, tentu kita perlu melakukan usaha-usaha positif. Salah satunya adalah dengan terus menjaga kesehatan. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga teratur, istirahat yang cukup, hingga mengonsumsi ramuan herbal yang dapat memelihara kesehatan tubuh.   

Tak hanya itu, untuk menghadirkan rasa aman dan tenang, tak ada salahnya menambah proteksi dirimu melalui asuransi. Astra Life memiliki berbagai pilihan produk kesehatan yang menarik dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Flexi Health adalah salah satu diantaranya. 

Apa itu Flexi Health? Flexi Health adalah produk asuransi yang menawarkan manfaat rawat inap hingga Rp 1 Juta per harinya untuk kamu. Alhasil, kamu tidak perlu pusing lagi saat keluargamu jatuh sakit dan harus di rawat di rumah sakit. Selain itu, Flexi Health juga memberikan opsi asuransi Santunan Cepat Sembuh dan Santunan Aneka Perawatan Rumah Sakit yang uangnya bisa digunakan oleh anggota keluarga yang merawat kamu dapatkan selagi di rumah sakit. 

Proses klaim online pun memudahkan keluarga sehingga tidak repot dalam melakukan klaim dengan Flexi Life asuransi kesehatan keluarga terbaik di Indonesia. Menarik sekali, bukan?

Nah, untuk tips dan informasi menarik lainnya, follow instagram @AstraLife ya. Urusan Sehat No Worries, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!