Selain Asam Lambung, 4 Penyakit Ini Bisa Disembuhkan Terapi Puasa

Tak hanya baik dijalankan di bulan Ramadan, ternyata puasa baik untuk kesehatan tubuh. Berikut 4 penyakit yang bisa disembuhkan terapi puasa.

terapi puasa

Berpuasa di bulan Ramadan adalah ibadah yang wajib dijalani oleh seluruh umat muslim. Puasa bulan Ramadan biasanya berlangsung selama satu bulan penuh yang dilakukan setiap hari dari waktu Imsak hingga Maghrib. Selain untuk ibadah, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, lho. Makanya tidak heran kalau ada istilahnya “terapi puasa”, yaitu puasa yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pasalnya, saking banyaknya manfaat baik dari puasa, ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi puasa. Menariknya lagi, puasa disebut sebagai obat alami yang bisa menyembuhkan tubuh dari berbagai penyakit. Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, puasa memiliki fungsi baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Untuk kesehatan fisik, puasa dipercaya memiliki manfaat dalam membantu tubuh membakar lemak, meningkatkan hormon pertumbuhan, mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi otak, hingga mengurangi risiko penuaan dan penyakit berbahaya.

Sedangkan untuk kesehatan mental, puasa dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran seseorang agar lebih damai dan bahagia. Selain itu, puasa juga dapat mengurangi rasa takut dan agresif, terlebih kita tahu bahwa salah satu tantangan puasa adalah untuk menahan emosi. 

Lalu, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan terapi puasa? Apakah jika kamu menderita asam lambung bisa sembuh jika rutin berpuasa?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque ornare ante diam, eu accumsan elit congue ac. Maecenas sit amet eros aliquet, condimentum dui sed, commodo quam. Etiam a suscipit nibh, ultrices fermentum velit. Suspendisse gravida convallis ante eget pellentesque. Curabitur malesuada quam eget massa ultricies accumsan. Nunc condimentum consequat rutrum. Aenean tortor orci, aliquet at pellentesque eu, rhoncus non sem. Praesent sed iaculis justo.`

4 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Terapi Puasa Secara Rutin

1. Penyakit maag dan asam lambung

Salah satu penyebab penyakit maag dan asam lambung naik adalah kondisi di mana seseorang memiliki pola makan yang tidak teratur sehingga membuatnya telat makan. Kondisi ini seringkali menjadi hambatan seseorang untuk berpuasa. Padahal, faktanya puasa justru bisa menyembuhkan penyakit maag dan asam lambung, lho.

Sebuah penelitian The Indonesian Journal of Internal Medicine 2016 melibatkan 130 orang yang menderita GERD, di mana 66 orang di antaranya menjalankan puasa Ramadan, sedangkan sisanya tidak. Hasil dari penelitian tersebut memperlihatkan penderita GERD yang menjalankan puasa merasakan keluhan yang lebih ringan dibandingkan yang tidak berpuasa.

Dari buku Dropping Acid: The Reflux Diet Cookbook & Cure juga dijelaskan bagaimana puasa dapat membantu mengontrol asam lambung sehingga produksinya tidak akan berlebihan.

2. Penyakit diabetes

Terapi puasa untuk diabetes juga ternyata bukan hal yang baru dilakukan. Melansir Healthline, beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Contohnya di dalam penelitian Effects of intermittent fasting on health markers in those with type 2 diabetes: A pilot study (2017), di mana 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah. Sementara itu, penelitian tahun 2014 lainnya menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori untuk mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, memungkinkannya mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel tubuh dengan lebih efisien. Ditambah dengan potensi efek penurunan gula darah dari puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil, mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan tubuh mengatasi diabetes, penting bagi kamu rutin melakukan medical check up agar bisa dengan mudah memonitor kondisi kesehatanmu. Agar perlindungannya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan proteksi dini berupa asuransi untuk diri sendiri dan keluarga. 

​​Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life adalah salah satu pilihan yang cocok agar kamu dan keluarga, di mana Flexi HS menyediakan fasilitas medical check up, fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, hingga klaim asuransi 100% secara online. Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat.

Kemudahan lainnya kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra ini dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, ya!

3. Meredakan berbagai peradangan

Bagaimana terapi puasa dapat meredakan berbagai peradangan? Rupanya, hal ini bisa terjadi karena puasa mampu mengaktifkan kelenjar yang memberikan kekebalan di tubuh. Tak hanya itu, puasa juga dapat meningkatkan produksi unsur-unsur yang bisa melawan penyakit. Dengan begitu, terapi puasa dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit peradangan seperti radang amandel, radang otot, radang sendi, hingga radang rongga hidung

4. Penyakit jantung

Terapi puasa juga memiliki manfaat baik untuk menyembuhkan penderita penyakit jantung. Pasalnya selama berpuasa, ada penurunan yang cukup signifikan terhadap tekanan darah dan kadar lemak di dalam darah. Dua hal tersebut merupakan penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah yang paling umum.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!