5 Gaya Hidup Sehat sebagai Cara Mengatasi Diabetes

Berikut 5 lifestyle diabetes atau gaya hidup yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi gula darah tinggi agar kadar gula darah tetap normal.

Cara Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes masih menjadi penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Melansir CNN Indonesia, Indonesia masuk ke dalam daftar lima besar negara dengan kasus diabetes tertinggi di dunia. Hal ini tentu menghawatirkan dan mendorong kita untuk mencari cara mengatasi diabetes untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

International Diabetes Federation (IDF) 2021 menyebutkan bahwa ada lebih dari 500 juta orang yang hidup dengan diabetes. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga 784 juta pada 2045. Tak hanya itu, diabetes atau yang biasa disebut penyakit kencing manis ini ternyata menyumbang angka kematian yang cukup tinggi, yaitu 6,7 juta jiwa pada 2021.

Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan angka kejadian DM pada anak usia 0-18 tahun mengalami peningkatan sebesar 700% selama jangka waktu 10 tahun.

Bahkan, kasus diabetes di Indonesia akan diprediksi meningkat hingga 28,6 juta pada 2045. Untuk itu, Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November demi memberikan kesadaran tentang penyakit ini. Meskipun, ada beberapa cara mengatasi gula darah tinggi yang bisa dilakukan. Nah, selaras dengan itu, ini 5 lifestyle diabetes atau gaya hidup yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi gula darah tinggi agar kadar gula darah tetap normal.

5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Jadi Cara Mengatasi Diabetes

1. Pahami Kebutuhan Kalori pada Porsi Makan

Kunci pola makan sehat untuk penderita diabetes adalah dengan mempelajari cara menghitung jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Karena karbohidrat seringkali memiliki dampak yang tinggi pada kadar gula darah di tubuh. Selain itu, cobalah untuk menyederhanakan porsi makan yang dikonsumsi setiap hari.

Hal ini juga bisa membantu kamu mengurangi banyaknya karbohidrat yang masuk ke tubuh, karena karbohidrat akan berubah menjadi gula dan memiliki kadar gula darah tinggi bukanlah hal yang baik untuk penderita diabetes.

Makanan dan minuman yang sengaja dimaniskan dengan gula (khususnya gula buatan) cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi dengan sedikit nutrisi. Misalnya seperti kue, gorengan, hingga minuman manis (seperti boba, thai tea, es teh) yang banyak dijual saat ini. Hal ini tentu dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat, maka dari itu kamu sebaiknya menghindari makanan dan minuman jenis ini sebagai mengatasi gula darah tinggi.

Meski begitu, pengecualian bisa dilakukan jika kamu memiliki kadar gula darah yang rendah. Dalam kondisi ini, makanan dan minuman manis direkomendasikan sebagai pengobatan yang efektif untuk menaikkan kadar gula darah yang terlalu rendah dengan cepat.

2. Seimbangkan makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi

Mulailah untuk makanan yang seimbang, yaitu makanan yang memiliki campuran pati, buah dan sayuran, protein, dan lemak baik sebagai cara mencegah kencing manis. Meskipun kamu perlu memerhatikan kadar karbohidrat di makanan yang hendak dikonsumsi, beberapa karbohidrat yang terkandung di buah-buahan dan biji-bijian akan sangat baik untuk tubuh.

Maka dari itu, fokuslah untuk banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu tanpa lemak, dan daging tanpa lemak. Kurangi makan makanan yang tinggi akan gula dan lemak akan lebih baik untuk kadar gula darah kedepannya.

Kamu bisa melakukan koordinasi makanan dan obat-obatan, yakni mempertahankan makanan agar sebanding dengan obat diabetes yang dikonsumsi. Pasalnya, jika kamu makan terlalu sedikit dan tidak sesuai dengan obat diabetes (terutama insulin) yang dikonsumsi, justru malah bisa menyebabkan gula darah rendah (​​hipoglikemia) yang berbahaya untuk tubuh.

Insulin dan obat diabetes digunakan sebagai cara mengobati diabetes yang berfungsi menurunkan kadar gula darah ketika diet dan olahraga tidak cukup sebagai cara mengatasi diabetes. Namun, efektivitas obat-obatan ini tergantung pada waktu konsumsi dan ukuran dosis. Obat-obatan yang dikonsumsi untuk kondisi selain diabetes terkadang juga dapat memengaruhi kadar gula darah di tubuh.

Maka dari itu, jika obat (baik itu obat diabetes maupun bukan) yang kamu konsumsi menyebabkan kadar gula darah turun atau naik, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter untuk mengatur ulang waktu konsumsi dan ukuran dosisnya, agar hal seperti itu tidak terjadi lagi kedepannya.

3. Rajin berolahraga dapat Mengatasi Diabetes

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga ialah bagian penting sebagai cara mengatasi gula darah tinggi. Pasalnya, ketika berolahraga, otot akan membakar gula (glukosa) di dalam tubuh untuk mengubahnya menjadi energi. Karena itu, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur tanpa disadari dapat bekerja menjadi insulin alami yang efisien untuk tubuh. Semakin berat aktivitas fisik yang dilakukan, maka semakin lama pula efeknya untuk menjaga kadar gula darah normal.

Jika kamu tidak memiliki cukup banyak waktu untuk berolahraga di tempat gym, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau bahkan jogging setiap hari selama kurang lebih 30 menit. Lifestyle diabetes yang aktif dapat dipraktikkan sebagai cara menyembuhkan serta menurunkan risiko terkena penyakit lain seperti jantung. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan teratur juga baik untuk menurunkan berat badan dan stres.

Akan tetapi, perlu diingat untuk minum air yang cukup selama melakukan aktivitas fisik, karena dehidrasi juga dapat memengaruhi kadar gula darah. Tak hanya itu, siapkan camilan yang bisa kamu konsumsi di tengah sesi olahraga untuk menghindari gula darah turun. Jika kamu menggunakan insulin, kamu mungkin perlu mengurangi dosis insulin sebelum berolahraga dan memantau gula darah dengan selama beberapa jam setelah berolahraga.

4. Berhenti merokok dan minum alkohol

Penyakit diabetes bisa memicu penyakit lain seperti penyakit jantung, mata, stroke, ginjal, kerusakan saraf, hingga penyakit yang menyerang kaki. Maka tak heran jika seringkali ada penderita diabetes yang mencari tahu cara menghilangkan nyeri kaki. Akan tetapi, jika tetap dibiarkan, hal ini akan diperburuk terlebih ketika kamu adalah seorang perokok aktif.

Tak hanya merokok, alkohol juga dapat memperburuk keadaan penderita diabetes. Pasalnya, alkohol dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah. Karenanya, American Diabetes Association menganjurkan salah satu cara mengobati diabetes pada wanita yaitu dengan alkohol tak lebih dari satu gelas sehari, sedangkan laki-laki tak lebih dari dua gelas sehari.

5. Cara Mengatasi Diabetes dengan Mengurangi stres

Ketika seseorang mengalami stres, kadar gula darah di dalam tubuh akan naik. Hal ini tidak baik untuk penderita diabetes karena kondisi stres dapat menyulitkan cara mengatasi kencing manis yang sudah kamu rencanakan sebelumnya, terlebih lagi karena kondisi stres akan membuat kamu berada di bawah tekanan.

Untuk itu, setelah kamu mengetahui bahwa stres dapat memengaruhi kadar gula darah di tubuh, cobalah mencari cara terbaik agar tidak terlalu larut dalam kondisi ini. Pelajari teknik relaksasi untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang, prioritaskan aktivitas yang penting untuk kamu lakukan, dan tetapkan batasan bagi diri agar kamu tidak melebihi batas kemampuan kamu. Olahraga biasanya dapat membantu untuk menghilangkan stres, jadi cobalah untuk banyak menciptakan distraksi dengan berolahraga untuk mengatasinya.

Untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan tubuh sebagai mengatasi diabetes, penting bagi kamu memberikan proteksi dini untuk diri sendiri dan keluarga. Pasalnya, kita tak tahu kapan penyakit menyerang, maka itu, proteksi dini seperti asuransi jiwa dan kesehatan akan membantumu untuk tetap terjaga khususnya secara finansial, agar terhindar dari biaya perawatan rumah sakit yang tak terduga.

Jika ingin mendapatkan manfaat asuransi jiwa dan kesehatan secara maksimal, Medicare Premier dari Astra Life bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Medicare Premier adalah produk asuransi tambahan dari Astra Life yang memberikan Manfaat Jaminan Perawatan Medis menyeluruh, premium, serta berlaku di wilayah pertanggungan hingga ke wilayah di luar pertanggungan tanpa khawatir akan inflasi akibat kenaikan harga biaya kesehatan.

Produk ini bisa dibeli bersamaan produk asuransi dasar lainnya dengan pembayaran premi berkala, yang memberikan penggantian biaya perawatan di rumah sakit mulai dari perawatan sebelum sampai setelah rawat inap, dan diperkaya dengan manfaat penunjang lainnya hingga pemantauan penyakit kritis.

Selain itu, manfaat menarik yang ditawarkan Medicare Premier seperti layanan private ‘one bed and one bathroom’ tanpa batasan waktu rawat inap, pertanggungan biaya akomodasi untuk pendamping, perawatan lengkap sebelum dan sesudah rawat inap, pertanggungan pada kondisi darurat, hingga manfaat kesehatan komprehensif lainnya. Dengan Medicare Premier, kamu tak perlu khawatir akan inflasi akibat biaya kesehatan yang naik sehingga rencana keuangan kamu bisa tetap berjalan dengan baik. Kamu bisa cek informasi lengkapnya di astralife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!