6 Keuntungan Layanan Telemedicine yang Bisa Kamu Peroleh

Keuntungan layanan telemedicine merupakan teknologi kedokteran yang bisa kamu rasakan manfaatnya. Apa kamu sudah menikmatinya?

keuntungan layanan telemedicine yang bisa kamu peroleh

6 Keuntungan Layanan Telemedicine yang Bisa Kamu Peroleh

Keuntungan layanan telemedicine merupakan teknologi kedokteran yang bisa kamu rasakan manfaatnya. Apa kamu sudah menikmatinya?

Teknologi telah menyentuh setiap aspek kehidupan, termasuk di bidang kedokteran. Tak terhitung berapa juta jiwa yang diselamatkan berkat kemajuan teknologi di bidang kedokteran. Saat dunia sudah dalam genggaman tangan, praktik kedokteran modern juga bisa dirasakan lewat sentuhan jari. Salah satu teknologi di dunia kedokteran yang bisa kamu rasakan manfaatnya hari ini adalah keuntungan layanan telemedicine, yakni pelayanan kesehatan yang diberikan paramedis secara jarak jauh atau dokter online.

Melalui aplikasi layanan telemedicine, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau paramedis lainnya, kemudian paramedis bisa mendiagnosa, merekomendasikan obat, serta memberikan saran perawatan bagi pasien melalui video call atau video conference. Dengan layanan telemedicine, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan dari ujung jari semudah belanja online atau memesan taksi.

Ketahui 6 Keuntungan Layanan Telemedicine

Sejak pembatasan sosial berskala besar akibat pandemi virus corona, layanan telemedicine berkembang pesat. Meskipun sebenarnya, World Health Organization (WHO) sudah mulai menggalakkan layanan telemedicine sejak tahun 2010.

Kini, dengan kewajiban jaga jarak, aplikasi dokter online menjadi praktik kedokteran yang memberikan banyak manfaat. Tanpa harus keluar rumah, seorang dokter bisa memanfaatkan layanan telemedicine untuk mendiagnosis hingga menyembuhkan pasien yang sakit. Selain tetap memperhatikan jaga jarak, berikut beberapa keuntungan layanan telemedicine yang bisa kamu peroleh, di antaranya:

1. Mempermudah pemerataan informasi kesehatan lewat layanan telemedicine

Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk yang besar dan tersebar di ribuan kepulauan, pelayanan kesehatan di Indonesia selama ini belum merata. Apalagi jumlah tenaga kesehatan juga masih terbatas. Jangan heran, bila kamu masih mendengar berita, orang yang terlanjur sakit parah harus menempuh perjalanan panjang berjam-jam untuk mendapatkan layanan di klinik kesehatan.

Kini dengan layanan telemedicine, pemerataan informasi kesehatan bisa berlangsung lebih cepat. Asalkan ada akses internet dan telepon pintar, setiap orang bisa mendapatkan informasi kesehatan, pelayanan kesehatan, obat, penyakit dll, sehingga masyarakat dapat lebih dini melakukan pencegahan atau mendapatkan pengobatan penyakit yang diderita.

2. Meningkatkan layanan kesehatan di klinik dan puskesmas

Paramedis di klinik dan puskesmas biasanya hanya terdiri dari dokter umum, dokter gigi, dan bidan. Padahal, pasien dengan penyakit tertentu membutuhkan konsultasi atau diagnosa dari dokter spesial yang saat ini biasanya terdapat di rumah sakit besar. Selain harus repot membawa pasien ke rumah sakit besar, tentunya ada biaya tambahan dan butuh waktu lagi untuk antre.

Dengan layanan telemedicine, klinik dan puskesmas berkesempatan menghadirkan pelayanan dokter spesial secara online. Pasien pun bisa mendapatkan arahan langsung dari dokter spesial lebih cepat.

3. Mempercepat akses pasien ke rumah sakit rujukan

Lewat layanan telemedicine, dokter bisa langsung mengarahkan pasien harus dibawa ke rumah sakit rujukan mana. Pasien dan keluarga tidak perlu lagi repot-repot ke klinik hanya untuk mencari rujukan. Cukup akses ponsel pintar, dokter di aplikasi telemedicine akan mengarahkan rumah sakit mana yang tepat untuk merawat pasien tersebut.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, memang terdapat banyak rumah sakit. Namun setiap rumah sakit punya fasilitas dan peralatan yang berbeda-beda. Ada rumah sakit yang spesial untuk kanker dan jantung, ada rumah sakit untuk pernafasan. Telemedicine bisa mengarahkan secara cepat dan tepat, mana rumah sakit yang pas untuk pasien dengan penyakit tertentu.

Mengantre dokter di rumah sakit bisa membutuhkan waktu lama dan pasti menjemukan. Apalagi jika dokter tersebut sudah terkenal, banyak pasien yang ingin berobat kepadanya. Orang normal saja bisa stres saat menunggu antrean, apalagi yang sedang sakit.

4. Pemantauan penyakit kronis lebih akurat

Biasanya dokter memantau kondisi pasien penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, kanker hanya saat pasien berkunjung. Meskipun kunjungan tersebut sudah dijadwalkan, tapi biasanya hanya dalam periode tertentu seperti seminggu sekali atau sebulan sekali.

Dengan layanan telemedicine, dokter bisa memantau perkembangan pasien penyakit kronis setiap hari. Pemantuan kondisi pasien tidak perlu bertatap muka, tapi pasien bisa mengirimkan data-datanya ke aplikasi telemedicine yang disepakati bersama. Pemantuan yang lebih intensif setiap hari diharapkan dapat memberikan pengobatan dan pengendalian penyakit yang lebih efektif dibandingkan dengan seminggu sekali atau yang hanya satu kali dalam sebulan.

5. Mengurangi penumpukan antrean pasien di rumah sakit / klinik kesehatan

Antrean orang berobat di klinik atau rumah sakit sudah menjadi pemandangan biasa selama ini. Ada yang sudah sakit parah, banyak pula yang hanya sakit ringan. Semua berkumpul dalam satu titik untuk bertemu paramedis.

Layanan telemedicine bisa mengurangi penumpukan antrean pasien. Dengan layanan telemedicine, dokter bisa langsung menyeleksi mana pasien yang perlu dibawa ke rumah sakit dan yang cukup tinggal di rumah.

6. Mencegah pasien stres

Mengantre dokter di rumah sakit bisa membutuhkan waktu lama dan pasti menjemukan. Apalagi jika dokter tersebut sudah terkenal, banyak pasien yang ingin berobat kepadanya. Orang normal saja bisa stres saat menunggu antrean, apalagi yang sedang sakit.

Dengan aplikasi dokter online, dokter dan pasien bisa membuat jadwal pengobatan lebih tepat. Apalagi jika sudah ada seleksi sebelumnya, tentu antrean di tempat berobat bisa dikurangi dan kondisi pasien tidak tertekan akibat stres.

Ilmu pengetahuan dan teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia, untuk meringankan pekerjaan, untuk menyembuhkan yang sedang sakit. Namun, kesehatan memang mahal harganya. Apalagi semakin canggih pengobatan, biayanya biasanya juga semakin mahal. Apa kamu sudah siap menanggung beban biaya kesehatan yang semakin mahal?

Oleh karenanya, sebelum musibah itu datang, persiapkan perlindungan. Pepatah berkata, jangan bertempur di medan perang dengan tangan kosong. Jangan biarkan kamu dan keluarga tersayang menjalani lika-liku kehidupan tanpa perlindungan.  Jika kamu ingin melindungi dirimu atau keluarga dari risiko kejatuhan finansial akibat kematian, saatnya miliki Medicare Premier dari Astra Life.

Medicare Premier adalah asuransi kesehatan yang berlaku di seluruh dunia, dengan limit hingga Rp30 miliar dan membayar penuh tagihan di rumah sakit (as charged) tanpa terpengaruh inflasi kesehatan yang naik setiap tahunnya. Medicare Premier memberikan jaminan fasilitas rawat inap rumah sakit di kamar satu tempat tidur dengan kamar mandi di dalamnya. Keluarga pasien yang menemani juga diberikan fasilitas extra bed di rumah sakit, atau menginap di hotel terdekat sesuai ketentuan polis. Dengan memiliki Medicare Premier dan mengenal enam keuntungan layanan telemedicine, kamu dan keluarga pun bisa lebih tenang menjalani hidup karena Astra Life mendukung kebutuhan proteksimu dengan komitmen #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke iLoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog iLoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.