Hidup Tenteram Penuh Berkah, Kenali Asuransi Syariah dan Manfaatnya!

Astra Life hadir dengan unit syariah ASLI Asya Proteksi Syariah yang dijalankan berdasarkan prinsip syariah untuk mewujudkan hidup #TenteramPenuhBerkah. Seperti apa manfaat yang ditawarkan?

manfaat asuransi syariah

Hidup Tenteram Penuh Berkah, Kenali Asuransi Syariah dan Manfaatnya!

Ini adalah rangkuman artikel versi Mobile. Buatlah sekitar 1-2 kalimat untuk rangkuman artikel untuk membimbing pembaca mengerti isi artikel.

Memilih asuransi untuk diri sendiri dan keluarga memang tidak selalu mudah, tetapi harus dilakukan dengan pemikiran yang matang karena kamu perlu mencari asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan hidupmu sekarang dan di masa depan, baik itu asuransi konvensional maupun asuransi syariah.

Sebagai salah satu elemen dalam perencanaan keuangan, asuransi diharapkan bisa mendukung tujuan keuangan (financial goals) yang telah ditetapkan sebelumnya serta memitigasi berbagai risiko yang mungkin atau berpotensi terjadi di masa depan.

Namun, sebelum memilih asuransi, biasanya kamu perlu mempertimbangkan bagaimana konsep dan mekanismenya memberikan ketenangan dan menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Oleh karena itu, pasti kita sering mendengar, membaca, atau bahkan mendapat tawaran produk asuransi jiwa baik itu dengan mekanisme konvensional maupun syariah. Ya, seperti produk keuangan bank, asuransi pun menerapkan prinsip syariah dengan beragam manfaat dan fitur menariknya. 

Mengutip data Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), pertumbuhan asuransi ini di Indonesia mengindikasikan kemajuan yang sangat positif. Hal ini ditunjukkan dengan capaian kontribusi bruto asuransi syariah yang menembus angka Rp16,8 triliun per September 2021 atau mengalami pertumbuhan sekitar 48% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Lantas, apa yang membuat asuransi syariah semakin diminati & berbeda dengan asuransi konvensional?

Mengenal Asuransi Syariah

Persamaan syariah dan konvensional pada dasarnya sama-sama menawarkan manfaat untuk melindungi penggunanya dari risiko yang mungkin terjadi. Asuransi syariah sendiri memiliki arti sebagai usaha untuk saling tolong menolong dan melindungi di antara penggunanya (pemegang polis). Bentuk usahanya berupa hibah kontribusi dana tabarru’ yang dalam pengelolaannya untuk menghadapi risiko disesuaikan dengan prinsip syariah.

Menurut Widyaningsih, Head of Syariah Business Astra Life, asuransi dengan prinsip syariah lebih dari sekadar perlindungan atas risiko untuk para peserta ataupun pemegang polis. Pasalnya, akad tolong menolong di antara para peserta atau pemegang polis secara tidak langsung merupakan perwujudan dari berbagi kebaikan yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama. Berbagi kebaikan, saling menolong, bahkan memberi manfaat bagi sesama juga merupakan bentuk sikap sebagai insan yang bermanfaat bagi manusia yang lain.

Sehingga dengan memilih asuransi ini, kita tak hanya mendapatkan perlindungan sesuai kebutuhan, tetapi juga berkontribusi dalam kebaikan untuk menolong. Selain itu, sesuai dengan akad-akad atau prinsip syariah yang diterapkan, maka pengelolaan serta pemisahan kepemilikan dana dipastikan jadi lebih transparan. Ada pula Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang bertugas untuk mengawasi perusahaan asuransi dalam menjalankan operasional atau kegiatan bisnis syariahnya.

Kalau begitu, apa saja manfaatnya?

Manfaat Asuransi Syariah

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi ini memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Dana dikelola sesuai dengan prinsip syariah

Pengelolaan dana asuransi syariah sangat berbeda dengan asuransi konvensional. Di mana dalam menjalankan pengelolaan dananya, asuransi syariah harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang berlaku. Misalnya, dana tidak bisa diinvestasikan pada saham dari emiten yang memiliki usaha dagang atau jasa yang tidak sesuai (dilarang) menurut prinsip syariah dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

2. Adanya transparansi dalam mengelola dana pemegang polis

Pengelolaan dana dilakukan secara transparan agar keuntungan pemegang polis yang didapatkan secara kolektif maupun individu bisa dioptimalkan. Pengelolaan dana ini dilakukan terkait penggunaan kontribusi, pembagian hasil investasi, dan surplus underwriting.

3. Keuntungan hasil investasi yang dibagi

Keuntungan dari hasil investasi yang diperoleh nantinya dapat dibagikan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi syariah sesuai dengan prinsip atau akad yang digunakan. Hal ini berbeda dengan asuransi konvensional, di mana hasil dari investasi menjadi milik perusahaan asuransi (kecuali untuk produk yang berkaitan dengan investasi).

4. Pembagian kepemilikan dana

Pembagian kontribusi dalam asuransi ini sebagian akan menjadi milik pemegang polis baik secara kolektif maupun individual, dan sebagian lain menjadi milik perusahaan asuransi dalam bentuk fee/ upah pengelola. Pasalnya, hal ini juga yang membedakan asuransi syariah dengan konvensional. Bisa begitu karena dalam asuransi konvensional, premi yang masuk akan menjadi milik perusahaan kecuali produknya dikaitkan dengan investasi.

5. Tidak ada sistem dana hangus

Dalam asuransi syariah tidak ada yang namanya sistem dana hangus. Kontribusi yang disetorkan sebagai dana tabarru akan tetap diakumulasikan ke dalam dana tabarru’ dan menjadi milik pemegang polis secara kolektif meskipun tidak diklaim selama masa perlindungan aktif.

6. Surplus underwriting

Surplus underwriting ialah selisih lebih dari total kontribusi pemegang polis ke dalam dana tabarru. Selisih itu setelah dana tabarru ditambah recovery klaim dari reasuransi, dikurangi pembayaran klaim atau santunan, kontribusi reasuransi, dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. Pada asuransi konvensional, surplus underwriting akan jadi milik perusahaan asuransi. Namun dalam asuransi jenis ini, surplus underwriting dapat dibagikan ke dana tabarru’, pemegang polis, dan perusahaan asuransi syariah sesuai dengan ketentuan polis.

Selaras dengan banyaknya manfaat asuransi jenis ini dan untuk terus menjalani komitmen mendampingi kamu dan keluarga agar memiliki kehidupan yang aman, tenteram, serta bahagia, Astra Life menghadirkan produk asuransi unit link syariah, ASLI Asya Proteksi Syariah.

Produk asuransi dari Astra Life merupakan Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI) berdasarkan prinsip syariah agar hidupmu dan keluarga menjadi #TenteramPenuhBerkah.

ASLI Asya Proteksi Syariah hadir dengan pembayaran kontribusi berkala yang terjangkau dan memberikan perlindungan menyeluruh untuk mendukung perencanaan keuangan kamu. Melalui kampanye #TenteramPenuhBerkah, Astra Life mengajakmu untuk mencapai keberkahan tujuan finansial tanpa ragu karena telah memiliki perlindungan finansial yaitu asuransi yang sesuai kaidah syariah. Selain sebagai proteksi dini dan perlindungan finansial, memiliki asuransi juga merupakan bentuk cinta nyata untuk keluarga. Maka dari itu, kami tidak menyebutnya asuransi, kami menyebutnya cinta. Ya, Insurance is Love.

ASLI Asya Proteksi Syariah memberikan perlindungan menyeluruh dalam satu produk yang menyediakan beragam manfaat asuransi dasar dan tambahan. Tak hanya itu, kamu bisa alokasi investasi optimal sejak awal sesuai dengan rencana keuanganmu. Ada pula perlindungan saat mudik lebaran, bonus loyalitas, booster investasi, hingga manfaat nilai dana 100% di akhir masa polis.

Mari wujudkan kehidupan yang  #TenteramPenuhBerkah di masa sekarang dan depan dengan berbagai jenis dana investasi sesuai prinsip syariah dan profil risiko kamu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung kunjungi website ilovelife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!