Berbagai Alat Olahraga Agar Tetap Sehat di Rumah

Masyarakat dihimbau untuk berolahraga 3-5 kali dalam seminggu. Dengan adanya waktu yang flexible, kira-kira apa saja alat olahraga yang bisa kita simpan di rumah?

Berbagai-Alat-Olahraga-Dari-Rumah

Berbagai Alat Olahraga Agar Tetap Sehat di Rumah

Masyarakat dihimbau untuk berolahraga 3-5 kali dalam seminggu. Dengan adanya waktu yang flexible, kira-kira apa saja alat olahraga yang bisa kita simpan di rumah?

Menonton serunya Olimpiade Tokyo memang menjadi hiburan tersendiri untuk kalian penggemar olahraga. Secara resmi dikenal dengan nama Games of the XXXII Olympiad, Olimpiade Tokyo 2020 ini seharusnya dijadwalkan untuk diselenggarakan di Tokyo, Jepang pada tanggal 24 Juli – 9 Agustus 2020. Namun, karena adanya pandemi, maka penyelenggaraan pun harus ditunda. Alhasil, nama yang digunakan adalah Olimpiade Tokyo 2020, bukan Olimpiade Tokyo 2021 sesuai dengan tahun penyelenggaraan. 

Pandemi COVID-19 yang terjadi memang membuat banyak hal berubah. Pemerintah juga sempat menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) guna membatasi mobilitas masyarakat. Sibuk di rumah aja, kadang memang menjenuhkan. Jadi, penting untuk kita selalu berolahraga secara rutin di rumah, agar tubuh tetap sehat dan bugar dan tak kalah dengan atlet yang sedang berlaga.

Pada dasarnya olahraga  terlalu sering ataupun terlalu jarang memang tidak direkomendasikan. Dikutip dari American College of Sports Medicine (ACSM) masyarakat dihimbau untuk berolahraga 3-5 kali dalam seminggu, dengan total waktu 150 menit. Tak hanya sehat, olahraga di rumah tentunya juga menyenangkan dan lebih hemat biaya bukan?

Olahraga Yoga dan Pilates

Yoga adalah salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia beberapa tahun kebelakang. Selain sehat, olahraga ini terkesan simple serta fleksibel karena bisa dilakukan di mana saja tanpa memerlukan banyak peralatan. 

Begitu pula dengan pilates yang merupakan olahraga perut dan pembentuk postur tubuh. Baik yoga maupun pilates cocok untuk pria dan wanita. Jika kamu ingin coba memulai yoga dan pilates, berikut adalah beberapa alat yang bisa kamu persiapkan agar olahraga menjadi optimal. Supaya sehat, tetapi tetap hemat!

1. Yoga Mat

Yoga mat atau matras bisa dibilang merupakan komponen yang utama. Kegunaan matras dalam olahraga ini yaitu sebagai peminimalisir resiko jatuh saat melakukannya di atas lantai atau tanah. Matras yang paling cocok untuk melakukan olahraga yoga adalah Natural Yoga Mat. Jenis matras ini terbuat dari bahan karet sehingga cukup aman apabila terkena bagian tubuh. Harga yoga mat tentunya bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp150.000.

2. Resistance Bands (Tali Karet)

Resistance bands merupakan alat olahraga sejenis karet. Walaupun terlihat hanya seperti karet berukuran besar, akan tetapi alat ini sangatlah membantu dalam membangun fisik dan keseimbangan tubuh. Benda ini seringkali digunakan untuk melakukan berbagai olahraga gym, yoga ataupun olahraga yang berbau senam. Resistance Bands umumnya dibagi menjadi dua, yaitu Flat dan Loop. Harga resistance bands tentunya bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp70.000.

A. Tipe Flat

Adalah yang mudah untuk disesuaikan karena bahannya yang panjang dan lebar. Model ini biasa digunakan saat Rehabilitasi ataupun untuk Strecthing (Pemanasan) sebelum memulai olahraga.

B. Tipe Loop

Adalah jenis tali karet yang berbentuk seperti cincin. Model yang satu ini biasanya dipakai untuk melakukan gerakan yang lebih khusus, misalnya gerakan pull up. Dengan demikian Band jenis ini tidak terlalu dianjurkan untuk pemula.

3. Yoga Block (Blok Yoga)

Yoga block adalah alat yang digunakan untuk membantu bagi para pemula olahraga yoga saat akan mencoba gerakan yang dirasa cukup sulit. Kegunaan Yoga Block adalah sebagai alat penopang tubuh saat akan melakukan gerakan yang membutuhkan kelenturan, seperti saat posisi duduk dan saat melakukan posisi yang menekuk salah satu bagian tubuh. Harga yoga block tentunya bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp30.000.

4. Magic Circle

Alat ini adalah sebuah lingkaran karet yang dapat direnggangkan dengan diameter rata-rata 14 inchi. Magic cirlce digunakan untuk melatih ketahanan, seperti membangun dan mengencangkan otot. Misalnya, untuk mengecilkan otot paha saat digunakan pada inner thigh, atau otot punggung.

Harga magic circle ini tentunya bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp150.000.

Olahraga Firming & Toning

Selain yoga dan pilates, selama PPKM  kita juga bisa melakukan olahraga yang tujuannya untuk membuat tubuh lebih bugar dan memperbaiki postur tubuh. Olahraga ini biasanya digemari mulai dari anak-anak remaja yang masih giat-giatnya dalam membentuk tubuh yang bagus. Berikut adalah beberapa alat bantu yang bisa kamu pakai untuk melakukan gerakan firming dan toning. Badan tetap sehat dan tentunya kantong tetap hemat.

1. Push Up Bars

Push up bars merupakan alat yang digunakan untuk menunjang gerakan olahraga “Push Up” supaya hasilnya lebih maksimal. Push up apabila hanya menggunakan tangan kosong dikhawatirkan dapat berdampak kurang baik pada otot pergelangan tangan.

Saat memilih push up bars, pastikan ia terbuat dari bahan yang kuat sehingga tak terpengaruh berat tubuh kita, tidak licin, serta memiliki gagang cengkeram yang halus dan tidak melukai telapak tangan. Saat ini juga sudah tersedia push up bars otomatis yang juga bisa menghitung jumlah push up yang dilakukan.

Harga push up bars ini bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp40.000.

2. Dumbbells

Dumbbell bisa dibilang adalah adik dari barbel, melihat dari ukurannya yang memang seperti barbel namun lebih kecil. Satu hal yang cukup membedakan kita saat berlatih menggunakan dumbel dan barbel ialah gerakan penyeimbangan otot yang berbeda.

Saat menggunakan barbel, umumnya satu saja sudah cukup untuk melatih dua otot. Namun untuk dumbell, karena ukurannya yang lebih mini, biasanya kita akan membutuhkan dua dumbell untuk dilakukan bersamaan. Tapi, jika kamu hanya memiliki satu dumbbell, tidak masalah! Kamu bisa melakukan latihan otot tangan kanan dan kiri secara bergantian. Harga dumble ini bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp50.000.

3. Core Slider

Core Slider digunakan untuk melakukan olahraga yang menggunakan otot inti, gludes, serta menggunakan hamstring kita. Berguna untuk menciptakan efek geser dari tangan atau kaki kita. Alat ini biasanya digunakan untuk olahraga ketahanan, fleksibilitas, bahkan untuk rehabilitasi.

Harga core slider ini bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp70.000.

4. Body Trimmer

Body Trimmer merupakan alat fitness untuk membakar kalori dan mengencangkan otot. Alat ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita untuk membentuk perut, pinggul lengan, kaki dan paha. Dengan alat ini, semua anggota tubuh akan bergerak aktif sehingga bermanfaat untuk meratakan perut, menguatkan betis, paha, kaki, bisep dan punggung.

Harga body trimmer ini bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp30.000.

5. Balance Dome

Balance Dome/ BOSU Ball adalah alat olahraga berbentuk setengah lingkaran yang terbuat dari karet plastik. Sesuai namanya, BOSU (Both Side Up) dapat digunakan di kedua sisinya, baik sisi bulat ataupun sisi data. Alat ini berfungsi untuk mengencangkan otot perut, paha, lengan dan kaki.

Harga balance dome ini bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp500.000

6. Walking Pad

Walking pad adalah sebuah alat treadmill sederhana yang dapat di gunakan di rumah. Alatnya simple dan praktis karena dapat dilipat kembali setelah selesai digunakan. Walaupun simple, fitur-fitur canggih dari alat ini tentunya tidak kalah dengan treadmill. Dilengkapi dengan remote, WIFI, smartphone apps alat ini sangatlah modern dan mudah digunakan. Olahraga jadi mudah dan tentunya menyenangkan.

Untuk walking pad ini kamu perlu merogoh budget yang lebih besar karena harganya dimulai dari Rp2.000.000.

Tingkatkan Motivasi Berolahraga

1. Gunakan Baju Dengan Bahan Yang Nyaman

Sebagai penunjang olahraga, penting untuk kamu memperhatikan bahan yang dikenakan. Kenapa? karena ini akan mempengaruhi kelincahan dan kenyamanan mu. Bahan sintetis, microfiber, spandex, dan katun adalah beberapa bahan yang bisa dipertimbangkan. Selain daya serap yang baik, bahan-bahan tersebut juga lentur dan breathable. Badan jadi sehat dan tentunya tetap nyaman, bukan?

2. Pilih Warna Yang Menarik

Percaya atau tidak, warna memang dapat mempengaruhi mood kamu. Untuk menambah keceriaan dan meningkatkan suasana hati, pilihlah warna cerah dan sejuk. Biru, Hijau, Tosca, atau Ungu bisa jadi beberapa pilihan untuk menemanimu berolahraga.

3. Siapkan Musik Yang Bersemangat

Musik sedikit banyak memegang peran untuk membangkitkan semangat. Berolahraga di pagi hari yang cerah tentunya tak akan lengkap tanpa iringan lagu. Ritme lagu yang bersemangat bisa membangkitkan suasana hati menjadi lebih energik. Walaupun harus olahraga di rumah, tapi tentunya semangatnya tak kalah seru dengan berolahraga di gym. Menyiapkan musik untuk berolahraga tentunya tak hanya menyenangkan untuk diri sendiri. Jadi, kamu bisa ajak anak dan pasanganmu untuk berolahraga bersama. Aktivitas ini tentunya tak hanya menyehatkan tetapi juga sangat menyenangkan.

4. Tetapkan Jadwal Berolahraga

Menjalani hari pastinya akan lebih mudah dan nyaman apabila sudah terencana. Menetapkan satu waktu khusus untuk berolahraga bisa jadi salah satu langkah membangun semangat. Adanya perencanaan khusus juga jadi bukti komitmen untuk kami mengutamakan kesehatan fisik dan mental. Masih ingat aturan 21-90? Hanya dengan rutin berolahraga selama 21 hari kamu bisa menjadikan olahraga sebagai sebuah kebiasaan baru. Selanjutnya, jika kamu terus melakukan rutinitas ini selama 90 hari, maka ini bisa menjadi gaya hidup permanen. Menarik bukan? Siapa tau ini bisa jadi hobi baru kamu. Sehat dan pastinya menyenangkan.

Online Class Subscription (Mengikuti kelas online)

Di masa pandemi seperti ini, di mana interaksi sosial kita kian terbatas, seringkali kita merasa jenuh apabila semua hal dilakukan di rumah saja, termasuk olahraga. Untuk kamu yang merasa butuh semangat tambahan dalam berolahraga di rumah, kamu bisa coba untuk mengikuti kelas-kelas online.

Saat ini, sudah banyak tersedia kelas online khusus untuk olahraga ringan seperti yoga, pilates, serta senam. Dengan mengikuti kelas online, kamu bisa melihat teman-teman lain berolahraga bersama dan juga mendapat arahan yang tepat dari instruktur. Sekarang ini olahraga virtual sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari single class dari masing-masing gym provider, sampai multi-class yang mewadahi berbagai provider. Di Jakarta terdapat beberapa studio fitness (single class) yang menyediakan kelas virtual seperti Sana Studio, 20Fit, Paradigm, Empire Fit Club, F45, dan Soulbox. Selain itu, ada pula provider multi-class seperti Doogether, Fitnesia, atau Fitco.

Nah itulah beberapa olahraga yang bisa kita lakukan selama pandemi dan PPKM untuk mengisi keseharian kita. Pastikan kamu melakukan olahraga ringan minimal 30 menit per hari untuk menjaga kesehatan. Akan lebih baik juga jika olahraga dilakukan di pagi hari sambil memaparkan diri di bawah sinar matahari.

Untuk kamu yang gemar berolahraga, Astra Life menghadirkan proteksi kenyamanan olahraga pertama di Indonesia, yaitu iSport Protection! iSport memberikan banyak benefit untuk penggunanya, seperti manfaat dalam penanganan cidera akibat olahraga mulai dari yang rigan sampai ekstrem. Kapan lagi olahraga tanpa harus takut cidera?

Untuk mengetahui manfaat lengkap layanan iSport Protection dan produk lainnya, kunjungi laman astralife.co.id dan follow Instagram @AstraLife untuk terus tahu informasi dan tips-tips menarik lainnya. Urusan Sehat, Jadi Tenang #IGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!