Awal Tahun Lebih Sehat, Berikut Manfaat dan Latihan Gym Pemula

Memasuki tahun baru dengan semangat untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat, salah satunya dengan olahraga. Seperti apa manfaat dan latihan gym pemula?

Manfaat dan latihan gym untuk pemula

Memasuki tahun baru 2023 dengan semangat untuk terus menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi sehat. Apalagi selama beberapa tahun terakhir, pandemi Covid-19 membatasi aktivitas banyak orang dengan social distancing yang dilakukan. Untungnya, kehidupan sosial sudah mulai kembali normal yang membuat banyak orang mulai aktif melakukan aktivitas fisik juga, salah satunya yaitu latihan gym.

Bahkan, gym menjadi salah satu latihan fisik yang paling diminati saat ini. Pasalnya, olahraga fisik memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Melansir CDC, aktif secara fisik dapat meningkatkan kesehatan otak, membantu mengatur berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena itu, banyak remaja hingga orang dewasa zaman sekarang yang mulai aktif berolahraga di gym. Mulai dari untuk mengecilkan perut hingga menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal. Lalu, seperti apa manfaat gym untuk tubuh?

5 Manfaat Latihan Gym Pemula untuk Tubuh Lebih Sehat

Melansir Medline Plus, rajin nge-gym bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Makanya tidak heran kalau manfaat gym untuk pria dan manfaat gym untuk wanita memiliki manfaat yang sama baiknya, seperti:

1. Membantu mengontrol berat badan

Selain menjaga pola makan dengan diet, ternyata gym bisa membantu mengendalikan berat badan dan mencegah seseorang mengalami obesitas. Selain itu, manfaat gym untuk orang kurus juga bisa membantu menaikkan berat badan tubuh, lho. Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, jumlah kalori dari makanan dan minuman yang dikonsumsi harus sama dengan jumlah kalori yang dibakar tubuh. Jika goals kamu adalah untuk menurunkan berat badan, maka kamu perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi.

2. Menjaga tulang dan otot tetap sehat

Tanpa disadari, banyak sekali aktivitas yang dilakukan dalam gym yang bisa menjaga kekuatan serta kesehatan tulang dan otot. Contohnya seperti gerakan angkat beban yang bisa merangsang pembentukan otot di lengan dan perut. Tentunya pembentukan otot bisa dimaksimalkan dengan asupan protein yang tepat juga, ya.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Rajin berolahraga memperkuat dan meningkatkan sirkulasi jantung agar lebih sehat. Aliran darah yang meningkat juga akan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan risiko penyakit yang bisa menyerang jantung seperti kolesterol tinggi, penyakit arteri koroner, dan serangan jantung mendadak. Tak hanya itu, olahraga teratur juga dapat menjaga  tekanan darah agar tetap normal.

4. Meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati

Manfaat gym tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. Pasalnya, selama berolahraga, tubuh akan melepaskan bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kamu merasa lebih rileks. Kondisi rileks inilah yang dapat membantu mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi. Selain itu, manfaat fitness juga bisa memproduksi hormon endorfin yaitu hormon yang membantu seseorang merasa lebih bahagia dan mengurangi rasa nyeri di tubuh.

5. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Bukan rahasia lagi bahwa manfaat gym lainnya bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ketika seseorang berolahraga selama 30 menit setiap harinya, aktivitas itu bisa membantunya tidur lebih nyenyak. Mengapa demikian? Karena olahraga meningkatkan suhu tubuh yang bisa memicu tubuh untuk menghasilkan senyawa kimia yang memberi dorongan untuk tidur pada malam harinya, sehingga untuk kamu yang punya kesulitan tidur di malam hari, olahraga bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

Latihan Gym Pemula yang Bisa Kamu Coba

Jika kamu baru mau memulai gym, ada beberapa latihan yang bisa kamu coba. Berikut lima latihan gym pemula untuk kamu!

1. Mulai dengan latihan pemanasan terlebih dahulu

Sama seperti olahraga lainnya, sebelum memulai gym kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari otot kaget dan kram saat sedang melakukan workout. Tak perlu terlalu lama, 10 menit sudah cukup untuk melakukan pemanasan dan pastikan semua gerakan pemanasan tidak ada yang terlewat. Baik itu pemanasan yang fokus pada kepala, pergelangan tangan, kaki, dan sebagainya.

2. Membentuk otot bagian atas

Untuk melatih otot bagian atas, gerakan arnold press akan cocok untuk kamu. Gerakan ini cukup mudah dan kamu bisa melakukannya sambil duduk di bangku atau sambil berdiri. Caranya, pegang dumbbell di masing-masing tangan, angkat dumbbell tersebut setinggi bahu dengan meletakkan telapak tangan yang menghadap ke bagian dada. Setelah itu, dorong dumbbell ke atas kepala dan luruskan lengan sambil memutarnya sampai telapak tangan berada di atas kepala. Usahakan untuk tetap menekuk siku sedikit dan ulangi gerakan ini kurang lebih 10 sampai 12 kali.

3. Mengecilkan perut dan membentuk abs

Jika kamu berniat gym untuk mengecilkan perut dan membentuk abs, kamu bisa fokus untuk melakukan latihan sit-up. Selain baik untuk mengecilkan perut, sit-up juga baik untuk membangun keseimbangan, menjaga stabilitas, dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Caranya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kamu hanya perlu berbaring di lantai atau di atas matras dengan posisi lutut yang ditekuk dan kaki menapak di lantai dengan posisi rata. Letakkan kedua tangan di belakang kepala atau menyilang di dada, kemudian gunakan otot perut untuk mengkontraksikan otot inti dan secara perlahan angkat tubuh dari lantai tanpa menggerakkan bagian bawah tubuh.

Usahakan bagian pinggul dan kaki tetap diam di tempat selama kamu mengangkat tubuh bagian atas. Ulangi gerakan ini selama kurang lebih 15 kali pengulangan dan lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal. Ini merupakan salah satu gerakan gym untuk pemula wanita karena termasuk gerakan dasar.

4. Membentuk otot bagian bawah

Sebenarnya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membentuk otot bagian bawah bisa dilakukan tanpa harus pergi ke gym, seperti rutin jogging ataupun bersepeda. Namun, kamu bisa memaksimalkan pembentukan otot di bagian bawah tubuh dengan olahraga menggunakan sepeda statis atau treadmill di tempat gym.

Selain itu, kamu bisa coba gerakan gym reverse lunge, yaitu gerakan yang bisa melatih otot di kaki dengan mengarahkan kaki menghadap lurus ke depan sambil dibuka selebar pinggul. Kemudian, pindahkan satu kaki ke bagian belakang dan tekuk bagian lututnya sampai tubuh menunduk sedikit. Setelah itu, gerakkan badan ke depan untuk berdiri kembali dan ulangi langkah ini kurang lebih 10 sampai 15 kali pengulangan.

5. Lakukan pendinginan

Setelah semuanya selesai dilakukan, jangan lupa untuk melakukan pendinginan untuk membuat otot kembali rileks pasca-workout. Gerakan pendinginan bisa dilakukan dengan santai dan durasinya akan disesuaikan dengan kebutuhan kamu sampai otot di tubuh terasa sudah benar-benar kembali rileks.

Memiliki tubuh yang bugar dan sehat tentu adalah keinginan tiap orang. Apalagi jika bisa hidup sehat tanpa risiko dan terus menjalani olahraga tanpa ragu.

Untuk memaksimalkan pengalaman olahraga demi hidup lebih sehat, penting memberikan proteksi dini seperti asuransi olahraga untuk melindungi semua aktivitas olahragamu agar terhindar dari risiko yang mungkin terjadi.

Salah satunya seperti iSport dari Astra Life yang dapat melindungi berbagai  jenis olahraga. Dengan menggunakan iSport, kamu bisa mengatur sendiri masa perlindungan, masa aktif, hingga nilai perlindungannya. Tak hanya berlaku di dalam negeri, asuransi iSport juga berlaku di luar negeri dan manfaatnya bisa ditambahkan dengan manfaat penggantian biaya fisioterapi dan biaya pemulihan, serta santunan patah tulang saat olahraga.

Tersedia Manfaat Meninggal Dunia akibat kecelakaan sebesar 100% Uang Pertanggungan (UP) atau 200% UP jika kecelakaan terjadi saat menggunakan transportasi umum atau di hari libur nasional setempat dan Manfaat Penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat maksimal sebesar 10% dari UP apabila mengalami rawat jalan akibat kecelakaan saat berolahraga yang disebabkan oleh Dehidrasi Berat, Heat Stroke, Cedera Kepala Berat, Cedera Spinal Cord, Strain, Sprain, dan Dislokasi. Untuk informasi lebih lanjut, langsung cek di ilovelife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!