Manfaat Lomba 17 Agustus untuk Tumbuh Kembang Anak

Selain untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, lomba 17 Agustus bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, lho. Seperti apa kira-kira manfaat lomba 17 Agustus untuk anak?

manfaat lomba 17 agustus buat anak

Manfaat Lomba 17 Agustus untuk Tumbuh Kembang Anak

Ini adalah rangkuman artikel versi Mobile. Buatlah sekitar 1-2 kalimat untuk rangkuman artikel untuk membimbing pembaca mengerti isi artikel.

Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus selalu memberikan kesan yang hangat dan mendalam bagi seluruh masyarakat tanah air. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, semuanya bersama-sama bersatu untuk merayakan hari yang bersejarah ini. Salah satu cara merayakannya adalah dengan mengadakan lomba 17 Agustus.

Menurut sejarahnya, lomba 17 Agustus tak langsung dilakukan saat Indonesia merdeka, melainkan baru pertama diadakan usai Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke-5 pada 1950. Perlombaan tersebut dilakukan sebagai bentuk perayaan akan perjuangan para pahlawan Indonesia yang akhirnya membuahkan hasil, yaitu Kemerdekaan Indonesia.

Lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu tak hanya sebagai aktivitas untuk merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, ternyata lomba 17 Agustus bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, lho. Seperti apa kira-kira manfaat lomba 17 Agustus untuk anak?

Manfaat Lomba 17 Agustus untuk Anak

1. Membangun rasa percaya diri

Lomba 17 Agustus bisa membantu anak untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pasalnya, setiap perlombaan yang dilakukan, tak terkecuali lomba 17-an, memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan juara yang nantinya akan diberikan hadiah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Karena ada tujuan yang ingin dicapai, yaitu menjadi juara satu agar mendapatkan hadiah, rasa kompetitif anak bisa muncul sejalan dengan keberaniannya untuk mengikuti lomba tersebut.

2. Memupuk semangat cinta tanah air

Selain bisa membangun rasa percaya diri yang tinggi, manfaat lomba 17 Agustus lainnya yaitu bisa memupuk semangat cinta tanah air atau rasa nasionalisme anak sejak dini. Dengan melibatkan mereka dalam kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, anak-anak secara perlahan bisa mengenal alasan hadirnya 17 Agustusan dan semakin kenal dengan sejarah kemerdekaan Indonesia.

3. Mengasah kreativitas dan keberanian anak

Lomba 17 Agustus yang dilakukan tak jarang mendorong anak untuk bisa berpikir secara kritis, cerdas, cepat, dan cermat. Pemikiran seperti ini bisa memicu kreativitas anak serta memunculkan keberaniannya untuk mencoba hal yang baru. Contohnya ketika lomba makan kerupuk, anak harus memikirkan strategi yang paling tepat agar bisa menghabiskan kerupuk yang tergantung lebih cepat dibandingkan lawan-lawannya. Strategi yang muncul ketika sedang menjalankan lomba seperti ini bisa membuat kreativitas anak semakin terbentuk.

4. Mendorong anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Tak semua lomba 17 Agustus dilakukan secara individual, ada pula lomba yang harus dilakukan secara berkelompok. Maka itu, manfaat anak mengikuti lomba 17-an adalah bisa mendorong kemampuannya untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Tak hanya kemampuan sosialisasinya yang bertambah, tetapi juga kemampuan untuk bekerjasama di dalam sebuah tim/kelompok dengan sportif untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu untuk menjadi juara.

5. Melestarikan budaya Indonesia

Meskipun anak-anak di zaman sekarang telah banyak terpengaruh oleh budaya asing, momen seperti 17 Agustusan ini sangat penting untuk mengingatkan anak pada budaya Indonesia yang ada. Ketika anak mengikuti lomba 17 Agustus, generasi muda bisa terus melestarikan budaya Indonesia dengan meramaikan tradisi lomba yang ada, sehingga budaya lomba 17 Agustus akan tetap ada dan bisa dilakukan hingga ke generasi-generasi berikutnya.

Contoh Lomba 17an di Masa Pandemi

Sebelum pandemi berlangsung, lomba 17an yang unik dan kreatif umumnya dilakukan di sekolah maupun lingkungan rumah yang akan diikuti banyak orang secara bersamaan. Namun, pandemi berlangsung selama 2 tahun lebih memengaruhi pelaksanaan lomba 17 Agustus juga, lho. Ini beberapa contoh lomba 17 Agustusan unik dan lucu yang bisa dilakukan saat pandemi.

1. Lomba berfoto tema merah putih bersama keluarga

Lomba Agustusan lucu yang bisa kamu coba bersama keluarga adalah lomba berfoto dengan tema merah putih. lomba 17 Agustus yang hemat biaya ini bisa kamu coba, lho. Misalnya menggunakan aksesoris merah putih atau menggunakan baju merah putih, ditambah dengan riasan yang menonjolkan suasana merah putih untuk membuat tampilan menjadi lebih sempurna lagi. Kamu bisa memamerkan hasil fotonya di media sosial untuk mendapatkan banyak engagement dan sekaligus menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

2. Lomba kreasi bento khas Indonesia

Lomba memasak mungkin terlalu sulit untuk anak, tetapi kamu bisa mengajak anak mengasah kreativitasnya dengan lomba kreasi bento atau menghias bento. Bento adalah bahasa Jepang dari makanan bekal yang biasanya dimakan pada siang hari. Nah, lomba ini semakin relate dengan anak-anak karena biasanya si kecil suka dibawakan bekal oleh orang tuanya dan semangat jika bekalnya menarik. Contoh menghias bento misalnya nasi dibuat menjadi bola-bola yang diberikan mata, hidung, dan mulut. Lalu, mie atau rumput laut dipotong panjang dan digunakan sebagai rambut. Dengan begitu, anak bebas untuk menyalurkan kreativitasnya.

3. Lomba fashion mengenakan baju adat atau bergaya ala pahlawan Indonesia

Fenomena Citayam Fashion Week semakin menarik perhatian dan membuat orang-orang juga semakin tertarik dengan acara fashion week. Nah, salah satu lomba 17 Agustusan yang bisa dicoba untuk memupuk rasa percaya diri anak adalah lomba fashion show, di mana anak bisa mengenakan baju adat atau bahkan cosplay menjadi pahlawan Indonesia. Selain bisa menumbuhkan kepercayaan diri, kreativitas dalam berbusana dan berdandan menjadi pahlawan Indonesia bisa mengenalkan anak dengan para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur. Nantinya, hasil fotonya bisa kamu unggah di media sosial juga, lho.

4. Lomba-lomba tradisional sebelum pandemi

Saat ini, pemerintah sudah memberikan kelonggaran dan memberikan kesempatan untuk anak-anak bisa bersekolah secara tatap muka lagi. Hal ini tak menutup kemungkinan anak-anak kembali punya kesempatan untuk bisa mengikuti lomba 17-an secara langsung. Lomba-lomba seperti lomba makan kerupuk, lomba memasukkan pensil dalam botol, lomba membawa kelereng menggunakan sendok yang digigit, lomba panjat pinang, hingga lomba memindahkan bendera bisa kembali dilakukan.

Dengan memberikan kesempatan untuk anak mengekspresikan kreativitasnya lewat lomba 17 Agustus, kamu telah menunjukkan rasa cinta melalui kebebasan tersebut kepada si anak.

Selain memberikan kebebasan, peran kita sebagai orang tua juga penting untuk menjaga keluarga agar memiliki kehidupan yang aman, nyaman, serta bahagia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan proteksi dini kepada mereka menggunakan asuransi. Karena asuransi merupakan bentuk cinta nyata untuk keluarga, maka dari itu kami tidak menyebutnya asuransi, tapi kami menyebutnya cinta. Ya, Insurance is Love.

Untuk menemani kamu dan keluarga untuk terus bahagia, Astra Life menghadirkan produk asuransi jiwa dan kesehatan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Salah satunya seperti Flexi Life dari Astra Life yang memiliki keunggulan di mana kamu bisa menentukan perlindungan jiwa hingga Rp5 miliar, dan tidak perlu medical check-up. Kamu tak perlu repot mendaftar ulang karena asuransi ini auto renew atau diperpanjang secara otomatis tiap tahun.

Selain itu, kamu bebas mengubah besarnya Uang Pertanggungan, Masa Pertanggungan, Frekuensi Pembayaran Premi, dan mengajukan perubahan lainnya sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupanmu secara online hanya dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, lho! Klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online. Tunjukkan rasa cinta terhadap keluarga dan jaga mereka dengan perlindungan jiwa. Cari tahu selengkapnya dengan kunjungi Insurance is Love melalui link ini, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!