Orang Korea Tak Punya Gen Bau Badan, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Gen bau badan menentukan apakah keringat seseorang menghasilkan bau yang kurang sedap atau tidak. Berikut cara untuk menghilangkan bau badan dan ketiak!

Cara menghilangkan bau ketiak

Ternyata, bau badan seseorang ada hubungannya dengan gen ABCC11. Melansir Scientific American, gen ABCC11 sendiri adalah gen yang menentukan apakah seseorang menghasilkan kotoran telinga basah atau kering. Di samping itu, gen ini juga menentukan apakah keringat seseorang menghasilkan bau yang kurang sedap atau tidak. Sehingga, orang yang tidak memiliki gen tersebut tak perlu mencari cara menghilangkan bau ketiak.

Orang Korea Tak Punya Gen Bau Badan, Bagaimana dengan Orang Indonesia?

Melansir Kompas.com, ada fakta menarik mengenai gen bau badan ABCC11 ini, di mana seorang ahli epidemiologi genetik di University of Bristol, Day mengatakan kepada Live Science bahwa kebanyakan orang Asia Timur dan Korea kekurangan gen bau badan. Sementara itu, hanya sekitar 2% dari jumlah populasi orang di Eropa yang kekurangan gen ini.

Menurut fakta tersebut, bisa disimpulkan bahwa hampir semua orang Korea dan orang-orang di Asia Timur mengalami mutasi genetik yang menyebabkan mereka tidak memiliki bau badan. Meski begitu, produksi keringatnya tidak berkurang. Mereka tetap memproduksi keringat secara normal tapi keringat mereka tidak mengeluarkan bau sama sekali.

Lalu, bagaimana dengan orang Indonesia? Melansir CNN Indonesia, selain faktor gen bau badan, ternyata alasan orang Indonesia sering memiliki bau ketiak yang kurang sedap disebabkan kelenjar keringat mengandung lemak dan protein yang menjadi asupan bagi bakteri di kulit. Lemak dan protein yang dihasilkan oleh keringat tersebut nantinya akan dirombak oleh bakteri, yang di mana prosesnya bisa menimbulkan bau keringat yang tidak sedap.

Inilah sebabnya banyak orang Indonesia yang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bau ketiak, karena keringat seringkali banyak muncul di area tersebut. Selain itu, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada bau badan seseorang. Misalnya di Jakarta dengan kondisi kelembaban yang tinggi, ini aku membuat keringat menumpuk.

Penyebab Munculnya Bau Ketiak

Sebelum masuk ke cara menghilangkan bau ketiak, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan munculnya bau badan. Beberapa di antaranya, yaitu:

Pertama, mengonsumsi makanan dan minuman pemicu bau badan seperti brokoli, kembang kol, buncis, dan bawang-bawangan. Makanan tersebut mengandung zat yang allicin dan belerang yang bisa memengaruhi bau keringat dan bau mulut kamu.

Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan bau ketiak, lho. Hal ini disebabkan ketika alkohol masuk ke dalam tubuh, alkohol akan diproses menjadi asam asetat yang bisa membuat cairan di tubuh seperti keringat dan urine menjadi bau.

Kedua, seseorang yang mengidap hiperhidrosis bisa memiliki bau badan yang lebih parah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Hiperhidrosis merupakan kondisi di mana tubuh seseorang menghasilkan cairan yang berlebihan. Kondisi ini tidak berkaitan dengan aktivitas, suhu, dan udara, sehingga produksi keringatnya menjadi tidak normal.

Ketiga, malas menjaga kesehatan keringat juga bisa menjadi penyebab munculnya bau badan. Misalnya, rambut ketiak dibiarkan tumbuh dengan lebat, tidak mengeringkan area keringat setelah habis mandi atau ketika berkeringat, dan lain-lain. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan mikroorganisme di ketiak berkembang biak karena kondisi di sekitar ketiak sangat lembab. Akhirnya ketiak jadi menghasilkan bau yang tidak enak.

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh

Untuk menghindari bau ketiak, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan!

1. Menggunakan deodoran setelah mandi

Menggunakan deodoran bukanlah hal yang baru sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Meskipun deodoran tidak bisa mengurangi produksi keringat yang dihasilkan tubuh setelah beraktivitas, tetapi deodoran bisa meminimalkan bau keringat yang disebabkan bakteri keringat di tubuh.

Gunakanlah deodoran dua kali sehari atau setelah mandi. Jangan lupa untuk mengeringkan ketiak terlebih dahulu sebelum menggunakan deodoran agar kondisi ketiak sudah kering dan bersih. Jika kamu punya kulit ketiak yang sensitif, pilihlah produk deodoran dengan bahan organik yang aman dan tidak memicu iritasi kulit.

2. Menggunakan antiperspiran

Selain menggunakan deodoran, antiperspiran juga bisa menjadi pilihan kamu mengurangi bau ketiak. Melansir CNN Indonesia, antiperspiran dapat menutup sementara pori-pori yang mengeluarkan keringat sehingga akan membantu mengurangi produksi keringat berlebih, khususnya di keringat.

Keringat berlebih menjadi salah satu penyebab utama munculnya bau ketiak. Maka dari itu, semakin sedikit produksi keringat yang dihasilkan, maka akan semakin sedikit juga bau badan yang dihasilkan. Sama seperti deodoran, kamu bisa menggunakan ‚Äč‚Äčantiperspiran setelah mandi ataupun sebelum tidur.

3. Rutin membersihkan ketiak dan mandi setiap hari

Membiarkan rambut ketiak tubuh dengan lebat bukanlah hal yang baik. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, rambut ketiak yang lebat justru akan memicu bau ketiak dan menjadi tempat mikoorganisme untuk berkembang biak di ketiak. Maka dari itu, rutin membersihkan ketiak akan menjadi cara menghilangkan bau ketiak yang ampuh.

Mulailah rajin mencukur rambut ketiak ketika kamu merasa ketiak sudah menghasilkan bau yang tidak enak. Selain mencukur, kamu bisa mencoba waxing untuk membersihkan ketiak dan memperlambat pertumbuhan rambut ketiak.

Tak lupa rajin mandi setiap hari minimal satu kali sehari terutama setelah kamu melakukan aktivitas di luar. Selain bisa menyebabkan bau badan, malas mandi juga bisa menyebabkan munculnya jamur dan penyakit kulit lainnya di tubuh.

4. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Terlihat sepele, tetapi sebenarnya pakaian yang terlalu ketat di tubuh bisa memicu bau ketiak, lho. Bagaimana bisa? Karena ketika kamu mengenakan baju yang ketat, tubuh akan lebih mudah menghasilkan keringat akibat kurangnya space untuk kulit bernapas. Apalagi jika baju yang dikenakan tidak menyerap keringat dengan baik, ini bisa memicu bau badan karena kondisi badan menjadi lembab dan lengket dengan bajunya.

Untuk itu, gunakanlah pakaian yang longgar dan berbahan katun agar bisa menyerap keringat dengan baik. Terutama ketika memasuki musim panas, pakaian yang longgar akan lebih nyaman digunakan dibandingkan pakaian yang ketat.

5. Menjaga konsumsi makanan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, makanan seperti brokoli, kembang kol, buncis, dan bawang-bawangan bisa memicu bau keringat dan bau mulut. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut untuk menghindari bau badan yang tidak sedap. Selain itu, makanan yang memicu keringat seperti cabai atau makanan pedas lainnya juga berisiko menyebabkan bau badan.

Mengonsumsi makanan bernutrisi yang tinggi serat tak hanya membantu mengurangi bau ketiak, tetapi juga menjaga tubuh agar tetap sehat. Tubuh yang sehat bisa menjaga kamu agar tidak mudah terserang penyakit, sehingga bisa merasa aman dan nyaman.

Namun, kita tidak pernah tahu kapan penyakit bisa menyerang tubuh, maka dari itu penting untuk kita memberikan proteksi dini seperti asuransi kesehatan untuk hidup yang lebih aman, nyaman, dan bahagia.

Pasalnya, asuransi kesehatan berguna untuk melindungi kamu dari biaya pengobatan yang tinggi dan tidak terduga, meminimalkan pengeluaran ketika kamu atau anggota keluarga ada yang jatuh sakit, dan memberikan akses pengobatan langsung saat terkena musibah kecelakaan atau sakit. Asuransi juga merupakan bentuk cinta nyata untuk keluarga, karena itu kami menyebutnya Insurance Is Love.

Jika kamu mencari asuransi kesehatan yang lengkap dan mudah dalam proses klaim, Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life dapat jadi pilihanmu. Apalagi, asuransi ini memberikan manfaat berupa fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, memberikan fasilitas medical check up tiap 2 tahun sekali, hingga klaim secara cashless dengan menggunakan e-card.

Tak hanya itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat. Nah, menariknya lagi, kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra Life ini dengan mengunjungi ilovelife.co.id!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!